Home » Kesehatan » 21 Cara Mengatasi Insomnia

21 Cara Mengatasi Insomnia

cara mengatasi insomnia oleh cara rahasiaMengatasi insomnia bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari penyabab insomnia yang terjadi. Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa faktor penyebab serangan psikologis seperti rasa cemas, depresi, stres, rasa takut, rasa bersalah, rasa gugup terhadap hal yang akan atau yang telah terjadi. Tapi selain itu, terdapat juga faktor penyebab luar atau faktor lingkungan seperti jadwal tidur yang tidak teratur karena shift kerja, tata ruang dan kebersihan kamar ataupun bentuk rutinitas dan kebiasaan-kebiasaan seperti mengkonsumsi kafein ataupun alkohol yang berlebihan.

Mengobati insomnia tidak harus selalu dengan bantuan obat tidur. Ini karena obat tidur yang dikonsumsi secara rutin dapat menyebabkan ketergantungan ataupun efek samping lain yang berbahaya. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan insomnia sebagai langkah awal untuk menghilangkan insomnia tersebut. Pada artikel kali ini akan saya berikan 21 cara mengatasi insomnia yang dirangkum dari hasil-hasil penelitan di beberapa referensi, situs terpercaya dan juga majalah. Ini adalah konten terlengkap di internet mengenai cara menyembuhkan insomnia kamu tanpa obat-obatan.

1. Hindari Kafein 5 Jam Sebelum Tidur

Kafein menstimulasi kamu tetap aktif, memacu jantung untuk lebih aktif memompa darah sehingga agak sulit untuk mengembalikan tubuh dan pikiran ke dalam kondisi yang rileks. Semua bentuk makanan dan minuma yang mengandung kafein memang baik bagi sebagian orang untuk memulai aktivitas. Tapi mengkonsumsi kafein 5 jam sebelum tidur adalah salah satu penyebab terjadinya gangguan tidur kamu.

2. Periksa Obat Kamu

Salah satu penyebab insomnia lain adalah efek samping obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat sakit maag saja misalnya, mengandung campuran bahan yang memberikan efek samping yang membuat penderitanya kesulitan untuk tidur. Kalau kamu tidak merasa memiliki beban pikiran tertentu yang membuat kamu susah tidur, coba cek lagi obat-obatan yang kamu konsumsi dan konsultasikan ke dokter.

3. Olahraga Teratur

Peredaran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, salah satunya gangguan tidur insomnia ini. Salah satu cara melancarkan peredaran darah dan metabolisme adalah dengan olahraga yang teratur. Coba saja jadwalkan permainan futsal secara teratur misalnya. Dijamin kamu akan melihat perbedaan pola tidur kamu secara signifikan.

4. Onani/Masturbasi

Oke, saya tau ini tabuh untuk dibahas tapi tetap saja ini adalah salah satu solusi. Pada intinya, kegagalan kamu mencoba tidur didasari oleh kegagalan kamu untuk merilekskan tubuh. Onani adalah salah satu cara yang paling cepat untuk merilekskan badan. Ketika kamu mencapai ejakulasi, terjadi pelepasan hormon-hormon yang membuat kamu merasa damai dan rileks. Tapi rasa rileks ini bisa cepat berlalu jika kamu abaikan. Jadi setelah ejakulasi, segera bersihkan diri dan cobalah untuk tidur.

Tapi ingat bahwa ada bahaya onani yang harus kamu waspadai. Kebiasaan onani dirujuk sebagai salah satu penyebab ejakulasi dini  dan penyebab impotensi yang paling banyak ditemukan pada pria. Jadi kamu boleh onani, hanya saja ingat bahwa ini tidak boleh dijadikan kebiasaan setiap hari. Karena keuntungan yang bisa kamu dapatkan tidak sebanding dengan kerugian jangka panjang dan permanen yang bisa saja disebabkannya. Saya pribadi lebih memilih susah tidur daripada susah ‘berdiri’, dan saya rasa semua pria sependapat… (untuk itu kamu bisa baca artikel cara menghentikan kebiasaan onani yang sudah saya rangkum lengkap).

5. Berhubungan Seks

Nah, bagi kamu yang sudah berkeluarga, insomnia bisa jadi alasan yang bagus untuk minta jatah (hehe). Pasalnya, berhubungan seksual juga bisa memberikan relaksasi yang baik, bahkan lebih baik dari onani. Selain itu, kamu mendapatkan bonus rasa capek yang bisa mempermudah untuk tidur. Tapi seperti layaknya onani, relaksasi yang terjadi pada otot tersebut bisa berlangsung sebentar saja. Jadi jangan tunggu hingga rasa rileks itu hilang sebelum mencoba untuk tidur.

6. Pastikan Jadwal Tidur

Disiplin adalah kunci kesuksesan. Konsep ini berlaku dalam semua hal, termasuk mengobati insomnia kamu. Kamu harus bisa menjadi tangan besi untuk diri kamu sendiri. Tentukan secara tegas waktu tidur kamu. Ketika waktu tidur itu datang, jangan tunda-tunda lagi untuk langsung menuju ke tempat tidur.

7. Jangan Lihat Jam!

Ingat bahwa faktor paling umum yang menyebabkan insomnia adalah faktor psikologis. Stres bisa menyebabkan insomnia, dan begitu pula SEBALIKNYA. Ketika kamu kesulitan untuk tidur, terus menerus melihat jam hanya akan membuat kesulitan kamu semakin besar. Ketika jam menunjukkan waktu yang sudah larut, alam bawah sadar kamu semakin tenggelam dalam stres dan membuat tubuh semakin kesulitan untuk bisa rileks. Jadi ketika jam tidur sudah datang, buang jauh-jauh mata kamu dari jam.

8. Merokok atau Tidak?

Merokok katanya dapat membuat seseoang terjaga. Faktanya sebenarnya tidak seperti itu, karena nikotin bisa membuat sebagian orang mengantuk dan bisa membuat sebagian orang terjaga. Efek nikotin bagi orang-orang bisa berbeda-beda. Jadi pelajari dengan seksama seperti apa efek merokok untuk kamu. Kalau rokok bisa membuat kamu terjaga, hindari rokok sebelum tidur. Tapi jika sebaliknya, jangan lupa merokok sebelum tidur.

9. Jauhkan Binatang Peliharaan

Binatang peliharaan tidak hanya mengganggu proses merilekskan tubuh dan pikiran kamu sebelum tidur. Tapi peliharaan juga bisa mendatangkan debu ataupun bulu-bulu yang bisa mengganggu pernapasan atau mendatangkan rasa tidak nyaman yang membuat kamu semakin sulit tidur. Jadi say no to pet di kamar tidur kamu.

10. Rilekskan Pikiran

Ketika tubuh kamu kesulitan untuk bisa rileks, coba rilekskan pikiran. Ingat sebuah ungkapan: “Guide the mind and the body will follow” alias “Bimbinglah pikiran sehingga tubuh akan mengikuti”. Merilekskan pikiran bisa dilakukan dengan menghayalkan diri kamu berada di tengah padang rumput atau lautan luas. Warna hijau dan biru memberikan efek ketenangan di dalam kepala.

11. Tubuh dan Kepala dalam Posisi Netral

Salah satu faktor lingkungan yang membuat kamu kesulitan tidur adalah posisi saat berbaring. Ketika kamu kesulitan untuk rileks, kamu tidak akan menemukan posisi memgnhadap kiri atau menghadap kanan yang nyaman. Ini yang membuat kamu guling-gulingan kanan dan kiri sampai pagi. Karena itu, pilihlah posisi netral yang berarti terlentang ataupun tengkurap.

12. Gunakan Bantal Guling

Sebagian orang malah tidak bisa tidur dalam kondisi terlentang ataupun tengkurap karena kebiasaan. Kalau ini terjadi, kamu boleh memilih posisi tidur menghadap ke kanan atau ke kiri tapi dengan menggunakan guling. Guling bermanfaat untuk tetap membuat sisi tubuh kamu tetap netral, menghadap kemana pun kamu tidur. Guling juga dapat menghindarkan kamu dari nyeri punggung saat bangun.

13. Bersihkan Tempat Tidur

Tidak peduli kalau kamu bahkan sudah terbiasa tidur di sawah. Secara natural, tubuh dan pikiran akan kesulitan mencapai tingkat rileks ketika berbaring di tempat yang kotor dan berdebu. Jadi bersihkan kamar dan tempat tidur kamu secara tertatur, atau setidaknya setiap kali sebelum kamu tidur.

14. Minimalisir Suara

Ada perbedaan nyata ketika kamu berusaha tidur di tempat yang sunyi senyap dan di tempat yang gaduh. Ini karena setiap manusia memiliki refleks untuk merespon kepada bunyi. Untuk tidur lebih cepat, usahakan untuk meminimalisir suara yang ada di sekitar kamar kamu. Kalau kamu memang tinggal di kawasan yang berisik sampai pagi, saya sarankan untuk membuat dinding kedap suara seadanya yang bisa dibuat dari rak telur dan serbuk gergaji.

15. Matikan Lampu atau Tidak?

Banyak yang bilang bahwa untuk bisa tidur lebih cepat kamu harus mematikan lampu. Ini tidak sepenuhnya benar juga, karena bagi sebagian orang gelap justru membuat mereka susah tidur. Gelap bisa membuat seseorang membayangkan hal-hal yang menyeramkan atau berhalusinasi melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada disana (khususnya mereka para pencinta mistis). Jadi kenali diri dan kebiasaan kamu. Jika lampu membuat kamu tidur lebih cepat, jangan paksakan diri untuk tidur dalam gelap.

16. Konsumsi Minuman Beralkohol Rendah

Solusi yang satu ini sebenarnya lebih sering digunakan di luar negeri karena sangat erat dengan kebiasaan budaya mereka. Tapi tetap saja, ini salah satu solusi yang tidak bisa disangkal manfaatnya dalam mengatasi insomnia. Minuman beralkohol rendah dalam jumlah yang sedikit, seperti sekaleng bir, sangat mempan membuat kamu mengantuk dan cepat tidur. Tapi ingat bahwa solusi ini juga tidak sebaiknya dijadikan kebiasaan, karena ketika kamu menjadi alkoholik (ketergantungan terhadap minuman) ini justru memperparah insomnia kamu.

17. Gunakan Musik

Musik juga sangat bisa membantu kamu untuk terlelap. Tapi kalau kamu memilih musik Slipknot atau Megadeath, terus terang saja kamu salah pilih. Musik yang baik sebelum tidur adalah musik yang merangsang relaksasi. Musik seperti ini adalah musik dengan nada yang merdu, dengan alat instrumen yang minim, tempo yang lambat dan berulang-ulang. Contohnya musik pengantar tidur anak-anak. Jangan salah, musik pengantar tidur anak-anak pun bisa membuat kamu tertidur. Tapi kalau harga diri kamu tidak memperbolehkan, coba gantikan dengan musik ala Kenny G atau musik instrumental gitar klasik.

18. Konsumsi Kangkung

Ini bukan lagi sebuah rahasia, tapi nyatanya tidak banyak dimanfaatkan. Kangkung adalah salah satu tanaman yang mengandung efek penenang dalam dosis yang sangat rendah. Ketika kamu mengkonsumsi kangkung dalam jumlah yang terbilang agak banyak, rasa kantuk tidak akan bisa kamu lawan. Silahkan buktikan sendiri.

19. Makan Banyak 2 Jam Sebelum Tidur

Pernah mendengar istilah food coma? Food coma adalah keadaan ketika kamu merasa mengantuk dan tidak bersemangat ketika baru saja makan banyak. Kamu setidaknya pernah merasakan ini saat buka puasa kan? Food coma terjadi karena ketika kamu makan banyak dan tubuh mengerahkan banyak tenaga untuk kinerja organ-organ pencernaan kamu. Food coma bisa kamu jadikan salah satu taktik untuk mengatasi insomnia. Kamu bisa makan sekenyang-kenyangnya, setidaknya 2 jam sebelum waktu tidur kamu. Tapi, lakukan ini sekedar untuk membiasakan diri dengan jadwal tidur kamu di awal-awal saja. Jangan jadikan kebiasaan.

20. Membaca/Menulis

Membuat mata kamu lelah adalah salah satu taktik yang lain. Kegiatan membaca ataupun menulis/mengetik sangat ampuh membuat mata kamu lelah dan mengantuk. Hanya saja, ketika mata kamu sudah kelelahan karena membaca atau menulis, jangan biarkan mata kamu pulih sebelum kami mencoba tidur. Karena ketika mata kamu sudah tidak lagi letih, kamu harus mengulang proses membaca dan menulis itu lagi.

21. Coklat Hangat

Segala sesuatu yang bisa membuat kamu rileks sangat disarankan sebelum tidur, terutama bagi para penderita insomnia. Coklat hangat dikenal sebagai minuman yang dapat melepaskan tubuh dan pikiran dari stres dan depresi, memberikan rasa nyaman dan rileks walaupun hanya sesaat. Kamu bisa mengkonsumsi coklat hangat atau susu coklat hangat setengah jam sebelum waktu tidur kamu.

 

 

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*