Home » Pendidikan » 4 Cara Mengulas (Resensi) Buku

4 Cara Mengulas (Resensi) Buku

Cara Mengulas Buku oleh CaraRahasiaBerbeda dengan sinopsis buku, resensi buku adalah sebuah tulisan berupa ulasan sebuah buku berdasarkan pemahaman pembaca.  Sementara sinopsis hanyalah keterangan mengenai penyusun buku, kapan buku tersebut, penerbit buku, halaman buku dan informasi-informasi pembuatan sebuah buku. Resentor yang baik adalah ia yang resensi bukunya membuat pembaca resensinya tertarik untuk membaca buku yang diresensi oleh resentor tersebut. Fungsi dari resensi buku ada 2, yaitu fungsi kepada diri sendir dan fungsi pada orang lain. Fungsi kepada diri sendiri membuat anda tidak mudah lupa mengenai substansi sebuah buku. Sementara fungsi untuk orang lain adalah berbagi pemahaman tentang substansi sebuah buku. Berikut ini adalah kumpulan tips bagaimana meresensi sebuah buku.

1. Resensi Berdasarkan Bab

Maksud dari meresensi berdasarkan bab adalah meresensi sebuah buku dari kumpulan beberapa bab buku tersebut. Setidaknya satu bab, satu paragraf. Jadi, jika dalam suatu buku terdapat 8 bab, maka terciptalah 8 paragraf yang sudah utuh menjadi sebuah tulisan. Jangan lupa untuk membuat satu paragraf tambahan sebagai kesimpulan anda tentang buku tersebut.

2. Resensi Berdasarkan 5W+1H

Cara resensi berikut seringkali digunakan oleh wartawan dalam menyusun sebuah berita. Adapun 5w+1H yang dimaksud adalah What, Who, Where, When, Why dan How. Jelaskan terlebih dahulu apa yang menjadi obyek pembahasan buku. Kemudian siapa penulis buku tersebut dan siapa saja yang terkait di dalam buku tersebut. Dimana buku tersebut diterbitkan dan bercerita tentang daerah mana. Kapan buku tersebut diterbitkan. Mengapa pembaca harus membaca buku tersebut dan bagaimana perkara yang ada pada buku tersebut diselesaikan (solusi).

3. Resensi Berdasarkan Metode Ilmiah

Hal pertama yang harus anda lakukan dengan cara inilah dengan menentukan latar bekakang penulisan buku tersebut. Kemudian rumusan masalah atau apa yang menjadi permasalahan buku tersebut. Kemudian teori-teori yang digunakan dalam buku tersebut. Kemudian bagaimana pembahasan mengenai rumusan masalah buku tersebut dan terakhir menyimpulkan buku tersebut disertai dengan saran dari resentor.

4. Resensi Berdasarkan Ide Pokok

Cara terakhir adalah meresensi sebuah buku dengan berdasar pad aide pokok buku tersebut. Setiap penulis tentu ingin menyampaikan pesan pada buku tersebut kepada pembaca. Nah, pesan tersebutlah yang menjadi ide pokok sebuah buku. Ide pokok sebuah buku biasanya tercantum pada daftar isi. Mulailah dengan melihat daftar isi kemudian jelaskan ide pokok tersebut dengan gaya menulis Anda.

Selamat meresensi buku!

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Don_Big

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*