Home » Kesehatan » 5 Cara Mengatasi Kemandulan Secara Alami

5 Cara Mengatasi Kemandulan Secara Alami

Mengatasi kemandulan bukanlah sebuah hal sederhana yang dapat dilakukan dengan pengobatan medis yang murah. Kemandulan yang ditangani secara medis membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan juga dengan kemungkinan berhasil 50-50%. Dalam kasus kemandulan, dokter akan berusaha meningkatkan kesuburan pria dengan obat-obatan dan juga terapi langsung untuk menyembuhkan kemandulan ini. Adapun penanganan dan obat yang diberikan kepada sang penderita disesuaikan dengan penyebab kemandulan jika ditemukan.

Pihak medis juga biasanya melakukan pemeriksaan juga kepada sang istri. Jika masalah kemandulan kemudian ditemukan ketika pasangan sedang dalam program kehamilan, membantu sang istri meningkatkan kesuburannya juga akan memberikan efek yang baik bagi keduanya karena akan mengimbangi ketidaksuburan sang suami.

Di negara-negara yang sudah maju dalam teknologi medis saat ini seperti Korea dan Amerika, mereka sudah memiliki alat-alat kedokteran yang dapat menyembuhkan kemandulan dengan tingkat persentase yang lebih tinggi. Hanya saja tentunya, biaya pengobatan dengan teknologi baru ini sangat mahal dan tidak akan terjangkau oleh sebagian besar masyarakat.

Selain pengobatan medis langsung, terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kemandulan pada pria.

Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat diperhatikan pria untuk menghindari terjadinya kemandulan atau dapat mengatasinya dengan cepat sebelum bertambah parah.

1. Hindari Tekanan Psikis yang Berat

Tekanan psikis seperti stress dan depresi bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada produksi jumlah sperma. Para ahli menyimpulkan bahwa stress dan depresi pada pria memicu produksi hormon tertentu yang menghambat produksi sperma. Karena ini, baik bagi pria untuk menjaga kesehatan psikisnya dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan datangnya serangan stress dan depresi.

2. Berhenti Merokok

Saya tahu bahwa beberapa dari Anda mungkin sudah muak mendengar teguran untuk berhenti merokok. Saya tahu pasti betapa sulitnya berhenti merokok, tidak perduli berapa kali saya harus membaca “Merokok dapat menybabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin” pada bungkus rokok saya.

Tapi sehubungan dengan artikel ini, rokok juga adalah salah satu penyebab kemandulan dan impotensi. Mengatasi dan mencegah mandul salah satunya adalah dengan berhenti merokok (ya benar, SALAH SATUnya). Rokok mengandung banyak sekali toksin bagi tubuh yang dapat menyebabkan efek negatif secara keseluruhan pada kesehatan, termasuk kesehatan organ reproduksi pria.

3. Olahraga yang Berlebihan

Saya tidak tahu jika ini juga terjadi di daratan dengan suhu dingin seperti Eropa, tapi olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan mandul karena suhu yang terlalu tinggi di sekitar testis pria. Maka sangat disarankan bagi pria (terutama mereka yang tinggal di wilayah yang tropis) untuk mengurangi olahraga jika dirasa sudah sangat berlebihan. Suhu yang tinggi di sekitar testis dan untuk waktu yang cukup lama dapat mengurangi produksi sperma, dan untuk jangka panjangnya dapat menyebabkan kemandulan.

4. Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin

Makanan yang sehat akan membantu mengatasi ketidaksuburan yang terjadi secara alami. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan yang bervitamin, khususnya vitamin yang memberikan efek langsung terhadap kesuburan. Vitamin B9 misalnya adalah vitamin yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Vitamin ini bisa ditemukan pada buah alpukat.

5. Menghindari Celana Dalam Ketat

Suhu di sekitar penis sangat berpengaruh pada produksi jumlah sperma pria. Menurut penelitian, pria yang mengenakan celana boxer sebagai pengganti celana dalam memiliki kecenderungan produksi jumlah sperma yang lebih banyak ketimbang pria yang mengenakan celana dalam. Ini karena celana dalam yang sempit di bagian selangkangan menyebabkan suhu tinggi yang dalam waktu lama mempengaruhi produksi sperma pria.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

1 jawaban

  1. terimakasih infonya min sangat bermanfaat.

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*