Home » Pertanyaan » Bisnis » Apa Itu Freight Forwarder?

Apa Itu Freight Forwarder?

Buku Formula Cinta

Ane kemarin lagi jajakin cara utk kirim baju bayi dalam jumlah besar dari pabrik di Cina. Wkt lg ngomongin soal pengiriman, pihak di Cinanya ngomong soal freight forwarder yg juga terlibat dalam proses pengiriman barang dari Cina ke Indonesia. Ini jadinya ane sedikit bingung soalnya selama ini mikir dari jasa ekspedisi langsung dikirim ke Indonesia. Ada yang bisa mengejelasin gak apa sih itu freight forwarder?

8 jawaban

  1. Tambunan

    wah ini soal ngimpor lagi nih. jasa freight forwarder atau forwarding agents itu hampir seperti ekspedisi sih, cuman biasanya utk barang jumlah besar atau yg harus pakai container. bedanya, kebanyakan freight forwarder gak nganter barang sampai ke rumah pembeli atau ke kantor perusahaan. biasanya cuma mereka taro di gudang mereka di negara tujuan, trus barangnya dijemput ekspedisi utk kemudian diantar ke alamat si pemilik barang.

  2. Klapaukius

    iya setau gw gan,, freight forwarder itu gak meladeni pengiriman dalam negeri. kebanyakan cuma pengiriman luar negeri aja. itupun utk barang dgn jumlah besar yg pake container..

  3. Bambibu Petualang

    ane pernah tuh pake freight forwarder buat ngirim baju bola dari cina dgn jumlah banyak.. kebetulan freight forwardernya punya cabang di jakarta. jd si freight forwarder ini cuma ngirim barang dari gudang mereka di cina ke gudang mereka di indonesia.. itupun barang ane dianter ama jasa ekspedisi dr pabrik ke gudang mereka.

    sampainya di tanah air,, barang ane jg ditaroh aja di gudang mereka aja. tp ane sempat lobi2 akhirnya mereka mau anterin ke salah satu jasa ekspedisi di jakarta pusat. nah dari jasa ekspedisi itu deh barangnya dikirim ke rumah. gitu…

  4. Rocket Rockers

    makasih bang bambibu…. penjelasannya udah jelas banget. udah kebayang nih seperti apa itu jasa freight forwarder sebenarnya.

  5. Klorofil

    tapi apa memang gak bisa dalam negeri?? klo gw beli barang jumlah besar dan mesti pake container dalam negeri (antar pulau tapi),, itu pake apa dong??

    • Nasi Kombat

      Klo itu mah bisa pake jasa ekspedisi antar pulau biasa aja… di pelabuhan jg banyak gan.

  6. Tambunan

    iya bener.. di pelabuhan jg banyak itu ekspedisi buat antar pulau aja. nah freight forwarder jg banyak di pelabuhan kok 😀

  7. Domba Kencing

    ah ane pernah kok ngirim barang pake container dgn freight forwarder dari papua ke sumatera selatan.. ada jg kok freight forwarder yg nerima jasa pengantaran dalam negeri.. tp klo gak salah emang ada jarang minimalnya deh..

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*