Home » Asmara » Cara Melupakan Mantan Dengan Menjentikkan Jari!

Cara Melupakan Mantan Dengan Menjentikkan Jari!

cara-melupakan-mantan-oleh-cararahasia

Oke, saya akui judul artikelnya sedikit lebay. Maksud yang sebenarnya ingin saya sampaikan dengan ungkapan “menjentikkan jari” berarti melupakan mantan dengan cepat, tanpa harus meratapi nasib selama bertahun-tahun. Mungkin kedengarannya sedikit berlebihan, tapi di luar sana memang benar-benar ada orang-orang yang meratapi nasib pasca putus cinta selama bertahun-tahun! Bahkan kadang tidak disadarinya sendiri. Kalau setelah putus kamu masih menolak untuk pacaran lagi dan kadang-kadang masih memimpikan si mantan, berarti kamu juga masih meratapi nasib.

Terpukul saat putus cinta itu biasa. Kesedihan yang datang saat putus cinta adalah ekspersi diri terhadap kehilangan. Jangankan kehilangan pacar, kehilangan kunci motor saja kamu pasti sedih kan? Apalagi kalau kehilangan pacar, kehilangan orang yang disayangi, atau menatap foto Andika Kangen Band setengah jam, pasti lah sedih.  Sedih pasca kelihangan itu wajar. Nah, yang tidak wajar adalah ketika kesedihan kamu sudah berlalu tapi kamu masih mengharapkan yang telah hilang itu kembali lagi. Atau yang dalam bahasa ilmu kedokteran psikologi tingkat master regional Amerika/Eropa disebut dengan istilah “ngarep”.

Saya pribadi sudah melewati banyak sekali kata “putus” sampai-sampai saya sudah kepayahan menghitung jumlah pastinya. Yang jelas, sebagian besar kata putus itu tidak keluar dari mulut saya (miris….). Tapi cenderung menjadi pihak yang ditinggalkan tidak lantas membuat saya jadi kapok cinta, apalagi sampai gantung diri di pohon karsen tetangga. Kecenderungan ini membuat saya menjadi orang yang berpengalaman tentang cinta, tau cara membuatnya indah dan tau cara mengatasi rasa sakitnya. Nah, buat kamu-kamu yang galau pasca ditinggalkan oleh pacar psikopat, pada artikel ini akan saya berikan cara melupakan mantan yang cepat, maksimal 2 minggu! Nah lo…

Langsung saja kita mulai pembahasannya sebelum kamu semakin galau dan mulai berpikir untuk mengiris nadi dengan alat cukur punya teman kos.

1. Dimulai dengan Niat

tekad bulat melupakan mantanSegala sesuatu harus dimulai dengan niat, mulai dari makan sampai main layang-layang, semuanya harus diawali dengan niat. Begitu pula dalam proses melupakan mantan, harus juga dimulai dengan niat. Bedanya, niat kamu kali ini harus super kuat!!

Saya tau memang agak susah untuk melupakan sosok yang masih kamu sayangi, apalagi karena otak selalu tunduk terhadap kata hati (apalagi kalau kamu cewek). Untuk membangun niat yang kuat untuk melupakan si doi dan segala kenangan-kenangan bersamanya, yakinkan dulu logika dan hatimu untuk setuju. Pikirkan alasan yang kuat dan masuk akal kenapa kamu tidak lagi mau balikan dengan si mantan. Lalu yakinkan hati kamu bahwa rasa sayang dan cinta yang kamu miliki tidak pantas diberikan kepada orang yang bukannya memperjuangkan hubungan ini bersama kamu, tapi malah berlenggang pergi cuma dengan modal kata “putus”!

Kalau perlu, pikir kan semua hal tentang dia yang bisa membuat kamu marah. Mentransformasi kesedihan menjadi kemarahan juga cara yang bagus untuk membangun tekad awal. Setelah otak dan hati kamu sudah sama-sama yakin ingin move on dari mantan, bulatkan tekad sebulat-bulatnya (sebulat muka Farhat Abbas kalau bisa) untuk melupakan si doi. Lalu katakan pada diri kamu dengan tegas “Saya siap melupakan dia!”

Catatan: Jangan sampai ada yang mendengar kamu bicara sendiri. Nanti disangka gila.

2. Kenangan dan Abu…

bakar jejak mantanBahkan dalam sebuah hubungan singkat pun, pasti ada saja benda-benda yang bisa mengingatkan kamu kepada si mantan. Apakah itu kado pemberian si mantan, cd lagu-lagu kasidah cinta yang biasanya kamu dengar dengan mantan, foto polaroid berkualitas murahan dengan mantan, atau apapun itu. Nah, dimana biasanya benda-benda ini kamu tumpuk? Tentu saja di kamar tidur kamu (kecuali kamu kuntilanak yang ngorok di pohon jambu).

Tempat pembaringan kamu sehari-hari ini justru adalah tempat yang paling bisa menggagalkan usaha kamu melupakan si mantan. Semua benda-benda ini dapat memutar ulang kembali kenangan-kenangan indah nan alay bersama mantan di masa lalu, dan ini bisa membuyarkan usaha kamu bahkan setelah tadi membulatkan tekad.

Jadi, apa perlu saya pindah tidur ke pekarangan rumah aja?

Silahkan kalau mau adem dan kena malaria. Untuk keperluan melupakan si mantan, sebenarnya kamu cuma perlu menyisihkan waktu kamu untuk mengumpulkan semua barang ini dan jika perlu, bumi hanguskan! (benda-bendanya, bukan kamarnya)

Dalam beberapa artikel mengenai mantan, saya memang menyarankan kepada pembaca untuk membakar pemberian mantan dalam usahanya untuk move on. Ini bukannya tidak beralasan. Kalau barang-barang tersebut cuma kamu kumpulkan lalu disimpan di gudang misalnya, suatu hari barang-barang tersebut bisa kamu lihat lagi, baik disengaja ataupun tidak. Kalau barang-barang tersebut mau kamu kembalikan kepada si mantan, kamu malah harus ketemuan lagi dengan si mantan yang justru lebih parah! Jadi, jalan tengahnya adalah membakar semua pemberian tersebut. Kedengarannya memang sedikit ekstrim. Tapi demi masa depan percintaan kamu, kenangan dengan mantan lebih baik menjadi abu yang bercampur dengan tanah gembur.

3. Please, Jangan Curhat…

jangan curhat soal mantanOke, kalau kamu sudah membaca artikel-artikel dari situs lain dengan pembahasan yang sama, poin kali ini justru berlawanan dengan artikel-artikel mereka yang malah menyarankan kamu buat “sharing”. Katanya, dengan curhat bisa membagikan sebagian beban di hati kamu ke orang lain yang kamu percayai. Biar saya jelaskan lebih jauh kenapa curhat adalah keputusan yang tolol pasca putus cinta.

Curhat kepada sahabat atau keluarga disaat kamu sedang dirundung masalah memang bagus untuk kesehatan psikologis kamu. Kenapa? Karena sahabat dan keluarga bisa mendengarkan dan memberikan masukan solusi untuk masalah kamu. Curhat membuat masalah yang tadinya terasa pelik menjadi lebih mudah. Apa bedanya curhat tentang masalah sehari-hari dan curhat soal mantan?

Mantan bukan masalah yang ingin diselesaikan, tapi masalah yang ingin dilupakan! Curhat mengenai mantan kepada saudara ataupun sahabat tidak akan membuat beban kamu meringan, karena kamu justru kembali bernostalgia dengan pahitnya kenangan putus. Curhat mengenai mantan juga tidak akan memberikan solusi, karena setelah kata “putus” sudah diketuk palu, tidak ada lagi jalan untuk kembali. Jadi buat apa curhat?

Pada poin pertama di atas, kamu sudah membulatkan niat dan tekad untuk melupakan mantan. Kamu sudah memikirkan alasan logis untuk tidak lagi berharap dan move on dengan hidup kamu. Nah, dengan curhat, kamu akan mematahkan tekad yang sudah bulat tadi dengan menjerumuskan diri kembali kepada kesedihan pasca putus.

Jadi saudara-saudari yang saya hormati dan masih sangat galau, please, jangan curhat….

4. Sibuk Ala Pengusaha…

sibuk-ala-pengusaha-oleh-cararahasiaPernah lihat bagaimana sibuknya pengusaha? Sedikit-sedikit ada urusan bisnis, sedikit-sedikit ada meeting, dan sebagainya sampai-sampai tampaknya tidak pernah sempat buat menikmati dunia percintaan. Yah, walaupun mungkin kita-kita pantasnya cuma jadi juru ketik kecamatan seumur hidup, tidak ada salahnya sekali-kali hidup sibuk seperti pengusaha demi mendepak mantan dari dalam kepala.

Sibuk adalah salah satu solusi yang bisa membantu kamu mengarahkan fokus pikiran menjauh dari bayang-bayang si mantan psikopat itu. Jadi sibukkan diri kamu dengan berbagai aktivitas yang bisa kamu nikmati. Sibuk ala pengusaha tidak perlu benar-benar meeting sana sini. Meeting sama teman-teman kampus sambil nonton di bioskop kan bisa? Atau meeting sama keluarga sambil karokean kan mantap juga? Pokoknya, perbanyak sibuk dan perbanyak ngakak aja.

5. Siapkan Diri Untuk Berburu Mangsa Baru…

cari pacar baru oleh cararahasiaOke, saya tau ini sulit, tapi hidup terlalu pendek untuk dihabiskan berlama-lama dengan kekosongan cuma karena kamu baru saja putus. Ketika tekad kamu sudah bulat dan yakin untuk tidak akan balikan lagi dengan mantan, bahkan kalaupun kamu dibujuk oleh Pak Presiden atau dibujuk oleh kiper timnas Uruguay (heh??), maka tidak ada gunanya lama-lama menutup hati untuk orang lain yang mau masuk. Mungkin saja orang berikutnya justru adalah jodoh kamu yang sebenarnya. Siapa yang tau?

Banyak yang bilang “saya belum siap pacaran lagi” atau “saya masih mau sendiri” yang sebenarnya kurang masuk di akal dalam kondisi ini. Membuka diri untuk PDKT ke orang lain atau membiarkan orang lain PDKT ke kamu tidak berarti kamu harus langsung pacaran dengan siapapun yang dekat dengan kamu. Hanya saja, membuka hati kamu untuk berhubungan dengan orang lain adalah salah satu cara yang baik untuk membantu kamu membuang mantan dari otak. Selain itu, membuka diri untuk orang lain juga membantu kamu untuk melihat kenyataan bahwa di dunia ini masih banyak yang jauh lebih baik dari mantan kamu itu.

Jadi jangan menutup diri cuma karena baru putus cinta. Kalau kamu cowok, jangan ragu untuk minta nomer telepon cewek yang kamu nilai baik. Kenalan dan sekedar saling mempelajari tidak ada salahnya kan? Kalau kamu cewek, jangan pelit-pelit membagikan nomer ke cowok yang naksir kamu. Sekedar untuk memberi kesempatan si cowok mempresentasikan dirinya kepada kamu. Siapa tau saja kamu malah lebih nyaman dengan si cowok baru itu daripada dengan mantan kamu, ya kan?

Ingat, jodoh kamu yang sebenarnya ada diluar sana. Jangan sampai kalian tidak pernah bertemu cuma karena kamu menutup hati saat ia mencoba datang … (cieeh)

Kesimpulan

5 cara di atas adalah cara yang saya gunakan untuk melewati ratusan kepedihan pasca putus cinta. Saya tidak pernah berlama-lama galau cuma gara-gara putus cinta, karena menurut saya galau itu mubatzir waktu. Kamu juga sudah tidak seharusnya galau lagi pasca putus cinta, asalkan 5 cara melupakan mantan di atas kamu lakukan dengan serius. Mudah-mudahan bermanfaat, selamat mencoba :)

Catatan: Pembahasan soal mantan ini sudah dibahas lebih lengkap di artikel Cara Move On Dari Mantan

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

7 jawaban

  1. Selain cara di atas, mencari pelampiasan dengan hal yang positif juga bisa menjadi salah satu solusi yang terbaik untuk dilakukan gan !!!

  2. sippp … keren caranya ?

  3. niat dan bakar semua barang dari mantan 😐

  4. cara melupakan mantan ya langsung move on dan berkarya :)

  5. Memang rasanya susah sekali melupakan mantan. Setelah membaca artikel ini membuat saya bisa kembali move on melupakan mantan :) Thanks cararahasia!

  6. djarum super

    Paling ngenes nya itu kalo dia malah jadian sama sahabat kita min😂 sahabat aku kan udah biasa setiap hari sama-sama kalo pulang sekolah main bareng dulu ah sudahlah cuma itu yang gue takutin sih

  7. Terimakasih caranya sangat membantu nih Min,, Unik juga

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*