Home » Kesehatan » 18 Tips dan Cara Cepat Tidur

18 Tips dan Cara Cepat Tidur

cara cepat tidur oleh cararahasiaCepat tidur di malam hari tidak hanya penting buat kamu-kamu yang sudah bekerja, tapi juga penting untuk kesehatan tubuh kamu sendiri. Masalah tidur di zaman modern sekarang ini sudah menjadi fenomena yang meluas. Tingginya tekanan hidup dan pengaruh teknologi hiburan membuat seseorang bisa saja bolak-balik di tempat tidur sejak jam 10 malam, tapi baru berhasil terlelap pukul 4 dini hari. Jadinya, tidak banyak yang bisa dilakukan saat bangun karena kurang tidur. Kemampuan untuk berkonsentrasi dan berpikir menurun drastis karena tubuh tidak diistrahatkan dengan baik.

Apa Penyebab Kesulitan Tidur?

Susah tidur cepat atau tidur lebih awal selalu dihubungkan dengan insomnia, padahal pada kenyataannya tidak selalu begitu. Kesulitan tidur lebih cepat bisa dipengaruhi banyak faktor, mulai dari faktor psikis seperti depresi, stress dan rasa gugup, sampai ke faktor fisik seperti kebanyakan makan malam atau konsumsi kafein berlebihan. Apapun penyebabnya, kesulitan tidur ini harus diatasi untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih sehat dan produktif.

Bagaimana Cara Untuk Cepat Tidur?

Jalan paling pintas untuk cepat tidur adalah dengan mengkonsumsi obat tidur. Tapi ini sekaligus adalah cara paling buruk yang bisa kamu lakukan. Kenapa? Karena obat tidur dapat mendatangkan masalah baru, yaitu ketergantungan. Setiap obat tidur memiliki efek jangka panjang dan ketergantungan terhadap obat tidur akan membuat kamu sulit untuk menghindari efek samping tersebut. Berikut ini akan saya berikan rangkaian tips dan cara yang paling lengkap untuk mengantar kamu terlelap dengan segera, tentunya tanpa obat-obatan. Silahkan dicatat atau bookmark artikel ini di smartphone kamu agar bisa diakses kapan saja.

1. Matikan Semua Elektronik

TV, komputer, bahkan ponsel adalah hal-hal yang bisa membuat kamu terjaga lebih lama. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan semua eletronik yang dapat mengalihkan perhatian kamu saat mencoba tidur. Jika kamu tidak ingin mematikan ponsel, cukup setel ponsel kamu ke mode silent atau mode sunyi. Letakkan ponsel kamu dalam keadaan telungkup agar cahaya dari aktivitas ponsel tidak membangunkan kamu di malam hari.

2. Mandi Air Hangat

Meningkatkan temperatur tubuh sebelum tidur dapat melepaskan stress dan lelah pada fisik. Sebelum tidur, cobalah untuk mandi air hangat. Rasa nyaman yang diberikan oleh air hangat bisa membantu kamu rileks di tempat tidur saat mencoba untuk terlelap.

3. Dinginkan Ruangan

Ruangan yang sejuk akan menambah suasana rileks dan memudahkan kamu untuk terlelap. Mendinginkan ruangan tidak selalu harus dengan AC alias air conditioner bertenaga besar. Kipas angin dan ventilasi yang cukup sudah bisa membuat kamu merasa sejuk dalam kamar tidur. Initnya, berikan paru-paru kamu oksigen yang cukup dan segar di dalam kamar tidur.

4. Buat Ruangan Gelap/Remang-remang

Ruangan yang terang membuat sebagian besar orang kesulitan untuk tidur, karena cahaya yang terang dapat menyilaukan bahkan ketika kamu menutup mata. Jadi usahakan untuk mematikan semua cahaya di kamar saat kamu mencoba tidur. Kalau kamu justru tidak dapat tidur dalam suasana gelap gulita, cukup letakkan lampu remang-remang di sudut ruangan kamu.

5. Baca Buku

Tingkatkan aktivitas kontraksi mata sebelum tidur bisa membantu mata kamu lelah. Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang baik dilakukan sebelum tidur. Jika tidak ada buku, bacaan internet lewat smartphone atau tablet juga bisa digunakan. Para ahli menyarankan untuk membaca hal-hal yang berbau fantasi karena efek bacaan ini dengan mudah bisa melayangkan pikiran kamu sebelum tidur, dan bahkan bisa membawa mimpi yang indah dan menarik.

6. Tulis Jurnal

Selain membaca, menulis juga adalah cara yang baik untuk membuat mata lelah dan mengantuk. Menulis disini tidak harus betul-betul dengan jurnal dan pulpen. Kamu bisa menulis jurnal kamu dalam bentuk blog ataupun catatan dalam bentuk file di komputer kamu.

7. Minuman Hangat

Segala minuman hangat dapat membantu kamu rileks sebelum tidur, kecuali minuman yang dapat menstimulasi energi kamu tentunya. Susu coklat hangat atau bahkan air putih hangat baik diminum sebelum tidur. Sedangkan minuman hangat yang tidak disarankan antara lain kopi, teh dan minuman berkafein lainnya.

8. Buat Dirimu Senyaman Mungkin

Secepat apa kamu tidur juga ditentukan oleh senyaman apa kamu ketika berbaring. Kenakanlah pakaian yang longgar dan tidak mengekang. Jika kain baju terasa membuat kamu kepanasan ketika tidur, tidak apa-apa mencoba tidur bertelanjang dada. Ini tentu saja jika kamu tidak merasa risih. Posisi tidur juga adalah kunci kenyamanan kamu. Pastikan untuk menampatkan diri kamu pada posisi yang paling nyaman dulu sebelum menutup mata.

9. Hilangkan Semua Bunyi-bunyian

Segala bentuk bunyi-bunyian tentu saja akan membuat pikiran kamu terdistraksi dari alam relaksasi. Untuk menghindari ini, pastikan semua benda yang dapat menimbulkan bunyi di kamar kamu sudah dimatikan. Jika kamu tinggal di daerah yang memang ‘berisik’ hingga malam hari, sangat disarankan untuk menggunakan penutup telinga dari karet.

10. Gunakan aromaterapi

Aroma terapi seperti lavender juga sangat membantu kamu untuk cepat terlelap. Para ahli menyarankan untuk meneteskan beberapa tetes minyak lavender di bantal kamu untuk membantu proses relaksasi pikiran dan tubuh. Opsi lain yang bisa dipertimbangkan adalah lilin aroma terapi. Selain bisa membantu kamu rileks, lilin aroma terapi juga memberikan efek remang-remang yang menimbulkan efek nyaman di dalam ruangan.

11. Berhitung

Seperti yang biasa kamu lihat di kartun-kartun, mencoba tidur identik dengan menghitung domba. Ya benar, teknik ini memang bisa digunakan untuk membuat kamu cepat terlelap. Tapi pada kenyataannya kamu tidak harus menghitung domba, kambing ataupun petugas security mall. Pada intinya, kamu hanya perlu berhitung. Mulailah berhitung dari angka 1 secara perlahan sesuai hembusan napas kamu. Pada umumnya, seseorang sudah akan terlelap pada hitungan ke 200, tergantung dari kondisi kenyaman di sekitarnya.

12. Pastikan Kamar Selalu Bersih

Kalau selama ini kamu kesulitan untuk tidur lebih awal, mungkin ini karena faktor kebersihan kamar kamu yang kurang terjaga. Kebersihan kamar juga secara tidak langsung mempengaruhi proses relaksasi kamu sebelum tidur. Debu dan kotoran yang kamu hirup menciptakan kondisi yang tidak nyaman dan bahkan bisa membuat kamu terbangun di pagi hari dalam keadaan yang tidak segar.

13. Makan Malam Lebih Awal

Makan malam yang terlambat juga bisa membuat kamu susah tidur. Waktu makan malam yang baik adalah antara pukul 7 hingga 8 malam. Biarkan organ pencernaan kamu selesai bekerja mencerna makan malam kamu dulu sebelum berbaring di tempat tidur.

14. Jangan Olahraga Malam

Ada anggapan yang muncul bahwa membuat badan kamu letih sebelum tidur dapat membantu kamu lebih cepat terlelap. Mereka yang salah tanggap malah melakukan olahraga di malam hari sebelum tidur. Ini sebenarnya malah menstimulasi energi baru di saat kamu sebenarnya tidak membutuhkan banyak energi lagi.

15. Hindari Kafein Sejak Sore

Bagi kebanyakan orang, kafein memang sangat berpengaruh meningkatkan energi dan membuat mata tetap terjaga. Maka dari itu sangat disarankan untuk menghindari konsumsi kafein sejak pukul 5 sore. Tapi kalau kafein tidak begitu ngefek buat kamu, tidak apa-apa dikonsumsi hingga jam 7 malam, setidaknya sebelum makan malam.

16. Hindari Tidur Siang

Tidur siang juga adalah salah satu faktor yang akan membuat kamu susah tidur cepat di malam hari. Maka dari itu, menghindari tidur siang wajib dilakukan jika kamu berencana tidur lebih awal. Bagi sebagian orang, tidur siang sudah menjadi kebiasaan sejak kecil. Jika kamu salah satu dari mereka, pada artikel sebelumnya sudah saya rangkum cara menghilangkan kebiasaan tidur siang.

17. Tetapkan Jadwal Tidur

Untuk bisa sukses terlelap lebih awal, kamu terlebih dulu harus tegas pada jadwal tidur kamu sendiri. Pastikan secara tegas pukul berapa kamu seharusnya sudah tertidur. Setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur tersebut kamu sudah sebaiknya melakukan segala persiapan untuk tidur dan melakukan tips-tips yang sudah saya berikan di atas.

18. Berkonsultasi Ke Dokter

Jika kemudian semua tips di atas tidak bisa membantu kamu cepat tidur, ada kemungkinan kamu mengalami insomnia. Jika ini sudah berlangsung lebih dari 1 bulan, kamu sudah tergolong pengidap insomnia akut. Jika ini sudah terjadi, saya sarankan untuk mempelajari lebih spesifik cara menyembuhkan insomia atau berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mencegah dampak jangka panjang yang lebih buruk.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*