Home » Asmara » Cara Keluar Dari Friendzone (Buat Cowok)

Cara Keluar Dari Friendzone (Buat Cowok)

keluar-dari-friendzoneKeluar dari friendzone, khususnya buat cowok, memang sedikit lebih sulit. Makanya, dimana-mana saya (tepatnya kami) lebih menyarankan orang-orang buat lebih hati-hati jangan sampai kejebak friendzone sejak awal, khususnya buat cowok. Soalnya setelah masuk bakal susah keluar lagi. Yang jadi masalah, masuk ke dalam friendzone itu mudah sekali sampai-sampai kadang tidak sengaja. Di kesempatan lain udah pernah saya tulis cara menghindari friendzone yang mengerikan (bleh lebay!). Tapi untuk kali ini kita akan bahas dulu gimana cara keluar dari friendzone ketika sudah terjebak di dalamnya (sebelum saya digebukin bro @soelmaes :D)

Artikel ini pesanan bro @soelmaes. Karena pembahasannya menarik, saya bakal pecah menjadi dua artikel mulai dari cara keluar sampai cara menghindari friendzone.

Sebelum kita ngangkang lebih lebar lagi, sebaiknya kita samakan persepsi dulu mengenai apa itu friendzone (atau yang banyak orang sebut “zona teman”).

Apa itu friendzone?

Friendzone itu adalah kondisi dimana kamu dan si target sudah dekat sekali, tapi si target tidak menganggap kamu lebih daripada seorang teman. Mungkin menurut kamu si target sudah siap buat ditembak, tapi saat nembak kamu malah dapat jawaban penolakan universal seperti “kita sebaiknya jadi temen aja deh,” atau “kamu udah aku anggap seperti abangku sendiri”, dsb. Atau dalam kasus yang lebih parah, kamu keduluan orang lain.

Kenapa bisa terjebak friendzone?

Jujur aja, saya sebelumnya tidak tau apa penyebab cowok terjebak friendzone. Awalnya saya berpikir cowok masuk friendzone cuma karena si ceweknya memang tidak suka sejak awal. Tapi di buku Formula Cinta dijelaskan secara masuk akal bahwa cowok terjebak friendzone karena kesalahan PDKTnya sendiri. Waktu PDKT, bahasa verbal dan bahasa tubuh cowok itu sendiri yang menggiring si cewek untuk menganggap dia teman. Padahal sejatinya PDKT adalah membuat si cewek tertarik kepada kita secara seksual. Selengkapnya soal kesalahan-kesalahan PDKT ini bakal saya bahas di artikel lain deh.

Nah, kalau udah ngerti apa itu friendzone, kita masuk deh ke masalah yang sebenarnya.

Cara Keluar dari Friendzone

PDKT yang paling ideal dan gampang sebenarnya adalah PDKT yang dilakukan ke cewek yang baru kita kenal. Kenapa? Karena ketertarikan awal lawan jenis SELALU datang lewat rasa penasaran. Rasa penasaran ini yang dikembangkan jadi ketertarikan seksual lewat PDKT kita.

Jadi amannya, kalau kamu naksir cewek yang sudah lama kamu kenal, anggap saja diri kamu sudah masuk ke friendzone. Kalau ceweknya sudah lama kamu kenal, tentunya dia sedikit banyaknya sudah tau tentang kamu. Jadi mau tidak mau, kita harus membawa diri keluar dari zona teman untuk membuat si cewek penasaran lagi layaknya baru kenal. Ini intinya.

Tapi masalanya, yang inti itu tadi yang justru susah dilakukan. Apalagi kalau kamu bukan cuma sekedar kenal, tapi juga dekat dengan si target untuk sekian lama. Salah satu kasus friendzone yang paling parah adalah ketika si cewek bahkan sudah berani curhat masalah cowok yang dia suka ke kamu. Kalau sudah begini, pilihannya cuma nenggak Baygon atau gantung diri di atap rusun.

Jadi sebelum kita masuk pembahasan, kamu perlu ingat bahwa tingkat keberhasilan kamu sangat kecil kalau kamu naksirnya dengan cewek yang sudah lama jadi teman kamu. Saya pribadi sih menyarankan cari target baru aja. Tapi kalau kamu ngebet dengan target yang satu ini, yang silahkan lanjut dibaca.

  • Putuskan Hubungan

Tugas pertama adalah me-reset hubungan kamu dengan si target. Saat ini si target mengenal kamu sebagai temannya. “Me-reset” disini berarti berusaha membuat si target berpikir kamu bukan lagi temannya. Kedengarannya ekstrim kan? Ya memang harus begitu.

Tanpa me-reset hubungan ini, apapun yang kamu lakukan ke target TIDAK BAKAL ngefek. Walaupun kamu menunjukkan perhatian atau pengorbanan, si target cuma akan berpikir kamu sayang ke dia seperti layaknya seorang teman. Tanpa me-reset hubungan kamu cuma membuang-buang semua tenaga dan waktu untuk tingkat keberhasilan yang terlaaaaaluuuu kecil (kalau penulis sudah pakai huruf “a” dan “u” berlebihan, ini sudah serius artinya).

Memutuskan hubungan yang dimaksud disini ya memutuskan hubungan dalam arti sebenarnya: menghindari kontak mata atau komunikasi dalam bentuk apapun, bahkan lewat sosial media.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan, gan?

Nah ini dia. Berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung dari seberapa dekat kamu dengan si target. Saya pernah terjebak friendzone beberapa kali dalam kisah samudera percintaan saya (cieh lebay). Untuk cewek yang sudah terlanjur mengenal saya sebelumnya, setidaknya membutuhkan waktu 3 bulan tanpa kontak sama sekali untuk me-reset hubungan. Itu cuma sekedar kenal doang loh. Sedangkan untuk cewek yang sudah terlanjur berteman, setidaknya butuh waktu 1 sampai 2 tahun tanpa kontak.

Lama banget ya gan?

Iya memang lama. Selama itu itupun sebaiknya tidak ada kontak sama sekali, kalau perlu sampai si target berpikir kamu sudah mati (sereem).

Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan juga selama masa me-reset hubungan ini:

– Jangan lepas jejak si target

Jangan lepas mata kamu dari jejak si target. Walaupun tanpa kontak sama sekali, usahakan tetap tau perkembangan si target, mulai dari tempat tinggal, nomer kontak, sampai ke kehidupan asmaranya (apakah si target sudah dicaplok orang lain atau belum). Tapi tetap lakukan ini tanpa ketahuan si target. Kalau istilah pedalamannya sih, stalking. Stalking ini penting, agar nanti saat kamu sudah mau kembali melanjutkan PDKT, kamu sudah punya semua informasi tentang si doi dan tidak perlu buang-buang waktu untuk cari tau lagi dari awal.

– Jangan lepas kontrol

Salah satu kesalahan paling umum adalah lepas kontrol diri saat mencari jejak target. Misalnya, saat kamu mendapatkan nomer terbaru si target dari teman dan langsung meng-sms si target karena gak tahan. Sabar bung, tahan diri.

  • Kembali dari Kematian!

Setelah hubungan berhasil kamu reset, waktunya untuk kembali ke kehidupan si target. Apa aja tanda-tanda bahwa kamu sudah berhasil me-reset hubungan dan keluar dari zona teman bin friendzone ini?

Sebenarnya tidak ada tanda pasti yang bisa dikenali. Tapi berhasil tidaknya bisa kamu ukur sendiri dari seberapa lama kalian tidak berhubungan dan seberapa banyak perubahan dalam kehidupan si target.

Saat kembali dalam kehidupan si target, kamu bisa saja kembali terjebak friendzone apalagi karena si target pernah kenal dengan kamu. Kamu tidak boleh kembali sebagai teman, tapi sebagai sosok yang asing bagi si target. Jadi ada 3 hal yang perlu diperhatikan:

– Pastikan si target masih jomblo

Membiarkan si target “bergerak bebas” sendirian selama beberapa waktu, tentunya kamu ada risiko keduluan cowok lain. Kalau ini terjadi, apa boleh buat, tai kambing bulat-bulat…

Jadi sebelum kamu melakukan kontak pertama dengan si target lagi, pastikan dulu bahwa si target dalam status jomblo. Lebih baik lagi kalau si target dalam masa-masa yang “rentan”, misalnya habis putus dengan pacar. Karena cewek memang dalam kondisi psikologis yang tidak stabil pasca bencana cinta, dan ini bisa membuat kamu jauh lebih mudah PDKT (memang kedengarannya jahat, tapi begitulah faktanya).

– Tidak perlu nostalgia

Terkadang karena kekurang bahan pembicaraan, kamu terpaksa membawa-bawa kenangan masa lalu. Misalnya “Eh kamu inget gak tempat kita ama anak-anak dulu sering ngumpul?” atau “Eh kamu inget gak mesjid tempat kita dulu sering nyolong sendal jepit bareng?” yah,  hal-hal semacam itu lah.

No, ini salah. Ini akan membuat si target ingat lagi dengan sosok kamu di masa lalu sebagai temannya, yang nantinya bakal membuat kamu lebih mudah masuk lagi ke dalam friendzone. Jadi jangan bahas masa lalu dengan si doi sama sekali. Kalaupun si doi yang berusaha bernostalgia, cukup respon dengan pendek dan dengan tidak antusias aja.

– Datang dengan pribadi baru

Terkadang kamu memang harus sedikit “palsu” demi mencapai tujuan dalam hal PDKT. Ini adalah salah satu waktu yang tepat untuk jadi “palsu”. Kalau image kamu dimata si target dulunya adalah orang yang periang, suka becanda dan lucu (misalnya), ketika pertama kali bertemu lagi dengan si target jangan datang dengan image yang sama. Kurangi sedikit candaan dan lebih banyak bersikap serius. Kamu bisa membuat image yang berbeda sesuai keinginan kamu selama itu image yang lebih positif ketimbang image yang dulu dikenal si target.

Ini penting karena kamu harus membuat si target berpikir kamu adalah sosok yang baru dan bukan sosok yang dulu ia kenal. Kamu adalah sosok cowok yang lebih baik dan dewasa ketimbang cowok yang dulu si target kenal. Datang sebagai sosok yang tidak dikenal seperti ini akan membuat si target kembali penasaran dengan kamu, dan rasa penasaran inilah ketertarikan awal yang kita butuhkan buat PDKT.

  • Waktunya PDKT!

Pada titik ini kamu sudah siap PDKT. Bagaimana metode dan teknik kamu, terserah deh. Tapi saya sarankan mengiktui metode-metode yang sudah terbukti berhasil aja. Di bawah ini referensi-referensi PDKT yang bisa kamu baca:

Atau bagi kamu yang sudah punya buku Formula Cinta, baca lagi bab-bab PDKT yang penting buat penyegaran sebelum melancarkan aksi jahat PDKT kamu.

Mudah-mudahan bermanfaat buat kalian pejuang-pejuang cinta.

Admin cakep, out!

 

 

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

1 jawaban

  1. Gan ane mau naya atau mau saran,, ane memutuskam break sama mantan, dan ane mengilang tampa kabar awal masalah doi mengkontak mantan ane sebelom dia,, ane kesel knp singkat cerita kita komunikasi lagi,, dan ane mau balikan atau hubungan seperti semula lagi,, tapi setiap tlp atau bbm bahkam kita ketemua selalu dia bilang kita bertemen kan,, gtu gan,,, tapi dia lagi dekat sama adek temenya,, kita mis contak sebulanan,, apa langkah yang baik gan

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*