Home » Pertanyaan » Bisnis » Cara Memulai Bisnis Makanan (Restoran)

Cara Memulai Bisnis Makanan (Restoran)

Buku Formula Cinta

Saya sedang berencana untuk memulai bisnis makanan, ya kurang lebih seperti restoran. Saya punya kenalan seorang chef yang punya pengalaman kerja di hotel. Temen saya ini tentu sudah tau semua seluk beluk dapur sampai ke penyajiannya. Tapi sebagai pemilik bisnis nantinya, saya sama sekali tidak tau harus mulai bisnis ini dari mana dan bagaimana nanti memanage nya. Mungkin teman-teman ada yang bisa bantu dengan saran-saran? Terima kasih sebelumnya.

7 jawaban

  1. Bedak Dinginx

    ane akui kok, salah satu bentuk usaha yg paling susah itung2annya adalah usaha makanan atau resto kyk gini.. sy saranin beli dulu buku referensi utk buka usaha makanan. soalnya itungannya gak simple… maen2 persen keuntungan dari tiap piring! belum lg klo menunya banyak… cara memprediksi persediaan makanan jg ribet tuh.

  2. Tomi Kontrao

    Paman saya kebetulan pengusaha rumah makan jd beliau pernah jelasin sedikit soal hal-hal yg mesti diperhatikan saat mau buka:

    1. tentu aja siapin tempat.
    2. dekorasi tempat sebaiknya mengikuti tema makanan dan pangsa pasar yg ditarget.
    3. susun menu makanan yg bakal ditawarkan.
    4. beli peralatan dapur sesuai menu yg ditawarkan.
    5. cari suplier bahan yg murah berdasarkan menu yg sudah disusun.
    6. dari harga yg diberikan suplier2, hitung harga setiap menunya dan keuntungan dari setiap piringnya.
    7. prediksikan berapa banyak bahan yg harus distok dan berapa banyak bahan yg harus diambil perhari berdasarkan ketahanan bahan dan prediksi jumlah pesanan.
    8. susun kebutuhan jumlah pegawai dan gaji masing2 pegawai.
    9. buat target perbulan yg harus dicapai berdasarkan jumlah pengeluaran oprasional.
    10. lakukan promosi rumah makan utk mencapai target.

    Perasaan itu aja deh.. ngelistnya gampang kok, cuman ngejalaninnya harus fokus dan gak boleh setengah2. mudah2an bisa membantu :)

  3. Tomi Kontrao

    Oh ya lupa bilang. Saya saranin beli buku referensi jg buat acuan memulai bisnis makananya, sesuai yg dibilang ama @Bedak DinginX

  4. Tompel Kocak

    mulai bisnis rumah makan itu yg penting ada modal dl buat beli tempat.. sebenarnya pengurusan yg paling lama buat rumah makan itu tempatnya. kenapa?? soalnya berurusan dgn cecunguk2 pemerintahan buat ngurus izinnya… jd modal harus ada.

  5. Black Sableng

    bro @tomi rasanya udah lengkap banget deh kasih bocoran.. ane saranin lg satu hal. klo narget pasar baeknya target pasar keluarga aja.. resto keluarga biasanya tahan lebih lama daripada resto gaul yg ngikutin trend. prinsip bisnis pertama: sediakan utk yg berduit.. anak muda indo gak ada duitnya 😀

  6. Lombij

    wah @black sableng extreme jg nih sarannya.. tapi masuk akal 😀

  7. Robi TUmewu

    Banyak diskusi ama chefnya deh.. yg paling penting dlm usaha resto itu adalah menu dan harga yg bersaing dr resto lain.. toh nntinya kebutuhan harga, bahan dan konsep restonya tergatung dari menu yg dijagoi sama chefnya.

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*