Home » Asmara » Ini Dia 6 Cara Menghadapi Pacar yang Cemburuan

Ini Dia 6 Cara Menghadapi Pacar yang Cemburuan

menghadapi pacar cemburu oleh cararahasiaPacar yang pencemburu memang bikin eneg. Bikin ini salah, buat itu salah. Telepon teman cewek salah, terima telepon dari teman cewek juga salah. Pokoknya semua serba salah. Hubungan yang tadinya mesra jadi berasa seperti jadi tahanan rumah, dimana kamu mending mengurung diri di kamar karena ngapa-ngapain juga tetap salah.

Cemburu memang adalah tanda-tanda cinta, dan simpanse bonobo pun tau ini. Tapi terkadang cemburu buta dengan frekuensi yang terlalu tinggi terkadang bikin kamu bertanya-tanya “doi ini sebenarnya waras gak sih?” Dan pertanyaan ini wajar-wajar aja.

Nah, sebenarnya siapa sih yang salah? Apakah memang kamu yang terlalu berlebihan dalam bergaul sampai-sampai bikin si doi cemburu terus? Ataukah si doi yang kurang bergaul sampai-sampai lihat kamu bergaul aja jadi cemburu? Apakah ini tanda-tanda kalau hubungan tidak bisa lagi dipertahankan?

Sebelum kamu mengambil keputusan salah, baca dulu 6 cara menghadapi pacar yang cemburuan. Setelah kamu hatam artikel ini, mau putus, mau lanjut, mau salto, mau kayang, terserah deh.

Kenapa Kamu Harus Tau Cara Menghadapi Pacar yang Cemburuan?

Kalau kamu serius menjalani hubungan, tentu saja titik akhir tujuan kamu adalah pernikahan. Mungkin saat ini kamu masih asik-asik aja dengan sikap pacar kamu yang cemburuan. Tapi kalau kamu tidak mempelajari cara yang baik untuk menghadapi dan meredam sikapnya itu, lama kelamaan kamu akan capek bin muak sendiri. Pertengkaran demi pertengkaran yang tidak penting akan kalian hadapi sampai salah satu memutuskan untuk pisah. Untung kalau masih pacaran, kalau sudah diikat pernikahan? Nah jadi adilnya, kamu sebaiknya mempelajari cara menghadapi pacar kamu yang pencemburu dan si doi juga sebaiknya belajar cara mengatasi rasa cemburu yang berlebihan itu. Ini adalah bentuk keseriusan kamu dalam berhubungan.

6 Tips Menghadapi Pacar yang Pencemburu

  • Tanggapi Dengan Sabar

Semua orang tentu aja bisa cemburu, termasuk kamu. Yang menjadi pembeda cuma seberapa cepat seseorang bisa cemburu. Kamu mungkin berpikir pacar kamu terlalu cemburuan, apalagi cuma dengan hal-hal yang tidak penting. Tapi belum tentu si doi juga berpikir begitu. Salah satu kunci utama untuk menghadapi pacar yang sedang beringas karena rasa cemburu buta adalah dengan menyadari bahwa standar cemburu masing-masing orang itu berbeda.

Jadi tanggapi kekesalan si doi dengan sabar. Kalau kamu menyadari bahwa standar kecemburuan orang-orang itu berbeda, kamu tidak ada alasan untuk marah balik ke doi kalau dia cemburu. Pada akhirnya, kalian harus membicarakan masalah apa yang patut dicemburui dan mana yang tidak patut dicemburui. Dan ini tidak bisa kamu raih kalau pertengkaran karena cemburu harus kalian selesaikan dengan tonjok-tonjokan.

  • Kenali Sebabnya

Setiap kecemburuan pasti ada sebabnya. Well, semua orang tau cemburu itu disebabkan oleh rasa sayang. Kalau tidak sayang kan tidak mungkin ada cemburu. Tapi alasan cemburu yang saya maksud lebih spesifik. Maksudnya, apakah si doi cemburu pada pihak ketiga? Apakah pihak ketiga yang dimaksud adalah orang atau sekedar benda atau aktivitas kegemaran kamu? Apakah kecemburuan itu datang karena kamu memang kurang membagi waktu dengan si doi?

Pertanyakan semua pertanyaan introspeksi yang kamu rasa perlu untuk mencari tau apa sebenarnya alasan si doi cemburu. Pada akhirnya, kamu akan tiba pada satu kesimpulan yang akan membuat kamu lebih mengenal si doi ketimbang cuma sekedar label “tukang cemburu”.

  • Buat si Doi Nyaman

Pada artikel sebelumnya saya sempat bahas soal cara mengatasi rasa cemburu buat mereka yang merasa diri sering cemburu buta. Disitu saya sebutkan bahwa salah satu penyebab datangnya cemburu (terutama cemburu pada pihak ketiga) adalah kurangnya percaya diri. Atau terkadang, cemburu ini datang karena si doi menyadari bahwa orang ketiga tersebut punya sesuatu yang lebih sehingga dia patut merasa was-was. Nah, menghadapi pacar yang cemburuan bisa dilakukan dengan membuat dia nyaman dengan kualitas dirinya sendiri.

Masalahnya, terkadang manusia tidak sadar akan kelebihan sendiri dan lebih aware dengan kelebihan orang lain. Ini yang biasanya jadi pemicu utama cemburu berlebihan seorang pacar terhadap pihak ketiga. Tugas kamu sebagai pacar adalah dengan membangun kepercayaan diri si doi. Buat ia merasa nyaman dan buat ia merasa kamu sangat menghargai semua kelebihan dan semua hal yang sudah ia berikan buat kamu. Dengan begitu, rasa percaya diri si doi bisa terbangun dan tidak ada lagi alasan buat doi untuk cemburu.

  • Tau Diri!

Menghadapi pacar yang cemburuan juga sebaiknya kamu awali dari diri kamu sendiri dulu. Karena hubungan percintaan memang tidak cukup hanya sekedar ditopang dengan rasa percaya. Rasa percaya juga tidak bisa dibangun kalau kamu memang tidak pantas mendapatkan kepercayaan. Banyak sekali kasus pertengkaran yang disebabkan karena salah satu pihak tidak bisa menempatkan diri sebagai seorang yang sudah punya pacar. Masih sering jalan berdua dengan cewek lain lah, masih sering telponan dengan cewek lain lah, masih sering sms-an dengan cewek lain lah, dan hal-hal lain yang bahkan membuat dia sebenarnya pantas mendapatkan suvenir telapak tangan di pipi.

Kamu tidak bisa menuntun pacar kamu untuk berpegang pada rasa percaya kalau kelakuan kamu juga masih seperti kuda jantan liar. Telponan berjam-jam dengan cewek lain yang kamu sebut sahabat mungkin aja sebuah hal yang normal menurut kamu, tapi belum tentu begitu menurut si doi. Ketika kamu memutuskan untuk menjalin hubungan, seharusnya kamu sudah tau bahwa kamu tidak bisa memaksakan semua standar kamu kepada si doi. Jadi sebagai seorang yang sudah punya pacar, mulailah “tau diri” dan mulailah berperilaku sebagaimana layaknya seorang yang sudah punya pacar.

  • Komunikasikan

Ada saat dimana kamu harus mengerti ketika pacar kamu merasa cemburu. Tapi ada juga saat dimana kamu harus memberi pengertian kepada si doi bahwa dia tidak perlu cemburu. Sekali lagi, standar kecemburuan setiap orang pasti lah berbeda. Tapi hubungan percintaan yang sehat adalah hubungan dimana kamu sebaiknya menyatukan persamaan, bukan mempermasalahkan perbedaan.

Jadi ketika si doi cemburu, biarkan si doi meluapkan kemarahannnya. Ladeni si doi dengan sabar dan berikan pengertian kepada dia kenapa dia tidak harus cemburu. Ketika permasalahan sudah mulai reda, mulailah bicarakan hal-hal yang bisa membuat dia cemburu dan hal-hal yang menurut kamu tidak perlu ia cemburui. Cari titik tengah supaya kamu dan dia sepakat dengan hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan yang sebaiknya tidak dilakukan ketika masalah yang sama menghampiri hubungan kamu lagi.

  • Waktunya Ambil Keputusan

Setelah komunikasi, tentunya ada poin-poin yang bisa kamu petik dari kepribadian si doi. Lewat komunikasi ini, kamu bisa melihat seperti apa hal-hal yang menurut doi bisa membuat dia cemburu. Nah, disini kamu sudah bisa mengenali standar kecemburuan si doi dalam hubungan.

Perbedaan dalam standar kecemburuan antara kamu dan si doi pastilah ada. Tapi, sebuah hubungan percintaan tidak akan bisa berhasil jika standar keduanya terlalu jauh berbeda. Misalnya menurut si doi kamu sebaiknya tidak lagi berhubungan sama sekali dengan teman-teman cewek kamu karena itu membuat dia cemburu. Sementara bagi kamu, berhubungan dengan teman-teman cewek kamu adalah hal yang penting karena bagian dari pekerjaan (misalnya). Kalau kemudian si doi tidak bisa mengerti kondisi kamu, sebaiknya kamu menimbang kembali apakah menjalin hubungan dengan si doi adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Perbedaan sebenarnya memang bukan masalah. Tapi dalam beberapa hal, perbedaan yang terlalu mendasar juga tidak bisa dipaksakan. Kalau kemudian kamu menemukan perbedaan standar yang terlalu jauh antara kamu dan si doi, memaksakan hubungan kamu terus berlangsung hanya akan menyebabkan kedua belah pihak saling menyakiti nantinya. Kalau begini, lebih baik kamu memberanikan diri mengambil keputusan pisah demi kebaikan bersama. Karena memang tidak semua orang diciptakan dengan tingkat kesabaran yang pas buat menghadapi pacar yang cemburuan. Tapi sebaliknya, kalau kamu bisa mendapatkan jalan tengah dari perbedaan kamu dan si doi, hubungan itu layak kamu pertahankan.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

2 jawaban

  1. Untari88

    awalnya gak baca tapi abis kopi pastein agan yg bertanya soal cemburu
    artikelnya bagus min :)

  2. Emirate

    pacar yg suka cemburu buta emang bikin eneg beneran
    pernah pacaran ama makluk kayak gini akhirnya nyerah 2 minggu

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*