Home » Kesehatan » Cara Menghitung Masa Subur

Cara Menghitung Masa Subur

cara menghitung masa suburMendapatkan kehamilan adalah dambaan setiap pasangan yang telah menikah. Bagi pasangan-pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, perlu diingat bahwa terdapat pengetahuan-pengetahuan seputar kehamilan yang wajib dimiliki pasangan untuk mensukseskan program kehamilan mereka. Salah jika pasangan berpikir bahwa pengetahuan dasar mengenai terjadinya kehamilan hanya perlu diketahui oleh tenaga-tenaga dan ahli-ahli medis di bidang kandungan saja. Sebenarnya, beberapa pengetahuan dasar mengenai kehamilan ini sangat penting bagi pasangan yang merencanakan kehamilan. Misalnya saja, pengetahuan mengenai masa subur atau masa ovulasi.

Masa subur adalah satu-satunya kesempatan yang dimiliki wanita untuk dapat dibuahi, yang terjadi hanya dalam beberapa hari saja sebelum haid berikutnya. Ini berarti, hubungan intim yang dilakukan diluar masa subur tidak akan memberikan Anda kehamilan. Sebagai pasangang yang sedang menjalankan program kehamilan, ini tentunya adalah pengetahuan yang wajib Anda miliki bukan?

Kapan masa subur tersebut datang? Ada tanda-tanda yang bisa Anda kenali sebagai wanita ketika masa subur sedang terjadi. Misalnya, kenaikan suhu tubuh ataupun ketidakstabilan mood. Tanda-tanda ini bisa saja berbeda untuk masing-masing orang tergantung produksi hormon yang terjadi. Cara yang paling baik adalah dengan menghitung dan memastikan kapan masa ovulasi tersebut datang.

Kami telah menulis beberapa seri artikel tentang cara dan tips untuk menghitung masa subur sebelumnya. Cara-cara tersebut akan kami rangkum pada artikel ini untuk memberikan Anda lebih banyak opsi dalam melakukan perhitungan.

1. Sistem Kalender

menghitung masa subur sistem kalenderSalah satu cara mengetahui masa subur Anda adalah dengan menggunakan rumus sistem kalender. Tingkat keakuratan sistem kalender ini sangat bergantung pada teratur tidaknya siklus haid wanita tersebut. Pada umumnya, perhitungan menggunakan sistem kalender akan sangat akurat jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur. Walaupun begitu, ada juga rumus sistem kalender sendiri untuk menghitung masa ovulasi wanita dengan siklus haid yang tidak teratur, hanya saja tidak akan begitu akurat.

Pada artikel sebelumnya sudah kami tuliskan rumus tersebut beserta contoh penggunaannya. Selengkapnya bisa Anda baca disini: menghitung masa subur dengan sistem kalender.

2. Suhu Tubuh

menghitung masa subur dengan suhu basalPerhitungan masa subur juga dapat dilakukan dengan suhu tubuh. Masa subur diikuti dengan pelepasan hormon yang membuat suhu tubuh berbeda dengan suhu basal dan suhu tubuh rata-rata biasanya. Untuk ini memang harus dilakukan pencatatan beberapa bulan sebelum dapat menentukan secara akurat kapan masa ovulasi tersebut jatuh. Tingkat keakuratan cara ini bisa mencapai 80%.

Kami telah menulis cara mengukur suhu tubuh Anda dan membandingkan hasil hariannya untuk mengetahui masa subur. Selengkapnya bisa Anda baca disini: menghitung masa subur dengan suhu tubuh.

3. Pemeriksaan USG

cara menghitung masa subur dengan usgUSG atau Ultrasonografi adalah salah satu cara untuk menghitung masa subur dengan paling akurat. Sayang sekali, pemeriksaan USG ini tidak dapat Anda lakukan di rumah sendiri. Untuk melakukan pemeriksaan USG, Anda harus dibantu oleh ahli medis yang berkompeten. Pemeriksaan ini dapat berlangsung 3 hingga 5 hari untuk dapat memastikan masa subur Anda.

Segala yang perlu Anda ketahui mengenai kegunaan USG untuk mengetahui masa subur bisa Anda baca selengkapnya disini: menghitung masa subur dengan USG.

Berhubungan intim pada saat masa subur datang secara signifikan akan meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Jangan salah, selain pengetahuan mengenai masa subur ini, masih banyak faktor lain yang juga dapat membantu, misalnya jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi serta posisi bercinta yang Anda pilih saat berhubungan intim.

Dalam program kehamilan, jangan remehkan pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai kehamilan. Semoga program Anda berjalan lancar sesuai harapan.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*