Home » Pendidikan » Cara Merawat Gitar

Cara Merawat Gitar

Cara Merawat Gitar Akustik oleh CaraRahasiaBanyak cara dilakukan untuk merawat gitar akustik. Anda tentu tidak ingin sudah membeli mahal-mahal gitar akustik, tetapi hanya beberapa kali anda pakai mungkin sudah rusak? Ingat biarpun hanya gitar akustik, dalam penyimpanan harus anda perhatikan. Berikut adalah cara menyimpan gitar akustik dan merawatnya dengan benar agar awet;

1. Hardcase

Usahakan agar gitar akustik anda disimpan di dalam hardcase. Selain untuk menghindari benturan, hardcase juga berguna sebagai ruang isolasi suhu dan kelembapan. Tips lainnya agar gitar anda tidak terlalu lembap di dalam hardcase, anda bisa menggunakan Silica gel di dalamnya, tetapi disarankan agar tidak terlalu banyak.

2. Dibersihkan

Untuk merawat gitar akustik anda, anda perlu juga untuk membersihkan senarnya. Bersihkanlah senar gitar anda dengan kain berbahan kaos. Bersihkan senar gitar anda sebelum dan setelah memainkan gitar. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan agar senar gitar anda tidak cepat berkarat.

3. Hindari Tempat Keringat dan Minyak

Akankah lebih baik agar tempat peletakan gitar bersih dari keringat dan minyak bahkan tangan anda sendiri. Lakukan hal ini dengan menggunakan lap kain.

4. Siklus Udara

Untuk daerah di Indonesia memiliki iklim tropis dan cuacanya cukup tinggi. Hal yang mustahil dilakukan adalah menyalakan AC terus menerus di ruangan anda agar gitar anda tetap terawat. Anda tidak perlu melakukan demikian dan dapat diantisipasi dengan cara lain yaitu usahakan agar ruangan tersebut memiliki siklus udara yang cukup baik dan usahakan agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Yang penting ruangan untuk menyimpan gitar akustik anda adem ayem.

5. Cari Alternatif Lain selain AC

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa di Indonesia memiliki cuaca cukup tinggi dan tidak mungkin juga anda menggunakan AC secara terus-menerus, makan anda dapat mengatasinya dengan cara yang lain yang lebih dampang dan murah yaitu menggunakan Silica Gel.

6. Membeli Termometer

Belilah termometer atau pengatur suhu ruangan. Anda juga dapat membeli hygrometer untuk mengukur kelembapan udara anda. Setiap harga relatif dan disarankan untuk tidak membeli yang sembarangan karena hasilnya pastilah tidak akurat. Hal ini berguna untuk gitar anda agar kualitasnya terjaga. Suhu ideal untuk menaruh gitar anda adalah 18-27 derajat celcius. Suhu ini tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah melainkan menengah.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Don_Big

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*