Home » Kesehatan » Cara Rahasia Agar Kuat dan Tahan Saat Puasa

Cara Rahasia Agar Kuat dan Tahan Saat Puasa

tahan lapar dan tahan haus saat puasaAkhirnya tiba juga bulan Ramadhan, bulan berkah dimana kita-kita yang hidupnya kayak orang-orang zaman jahiliah ini bisa dapat pengampunan. Bulan ramadhan ini ekslusif cuma dateng sekali setahun loh. Jadi kalau kamu masih berkesempatan untuk ketemu Ramadhan bulan ini, itu patut disyukuri. Soalnya tidak ada yang pernah bisa menjamin apa kamu masih bisa ketemu Ramadhan lagi atau malah udah jadi cemilan cacing tanah tahun depan.

Makanya, buat kamu-kamu yang muslim saya sarankan untuk berpuasa sebaik-baiknya. Kalau biasa puasanya full, biar setidaknya bisa menutupi dosa-dosa kamu selama setahun yang udah kayak Samudra Hindia luasnya.

Tapi puasa itu memang tidak gampang. Menahan lapar dan haus memang tidak bakal terasa kalau seharian cuma diisi dengan tidur. Tapi bagi kamu-kamu yang harus sekolah, ke kampus atau kerja, rasa lapar dan haus bisa bikin aktivitas kamu jadi tidak maksimal. Jadi bagaimana sih caranya biar tahan lapar dan tahan haus selama aktivitas? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekkan biar kamu puasanya full sebulan penuh tanpa mengurangi produktifitas.

1. Sahur Dekat Imsak

Kebanyakan orang (terutama cowok) malas buat tidur dulu sebelum sahur. Soalnya makan dan minum juga tidak enak kalau sambil terkantuk-kantuk kan? Nah tapi masalahnya, kalau sudah tidak kuat begadang kebanyakan orang langsung memilih sahur lebih cepat terus molor. Sahur terlalu cepat bakal bikin kamu letoy alias lemas bin loyo saat aktivitas.

Jadi sangat disarankan buat sahur dekat-dekat dengan waktu imsak. Kalau imsak jam setengah lima, sahur jam 3 berarti menyia-nyiakan. Kalau kamu mengisi “bekal” perut jam 4, kamu akan lebih tahan puasa ketimbang mereka yang sahur jam 3 (atau yang malah tidak sahur sama sekali).

2. Perbanyak Air Mulai Buka

Kebiasaan buruk kebanyakan orang yang berpuasa adalah makan terlalu banyak saat buka. Memang susah menahan godaan untuk makan seperti orang kesurupan setelah 12 jam lebih tidak menelan apa-apa. Tapi makan kebanyakan saat buka biasanya yang bikin kita tidak lagi punya tempat sama sekali untuk air di lambung kita.

Begitu bedug sudah diterjang, sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan kamu sebanyak yang kamu bisa. Jadi mulai dari buka, sebaiknya banyak-banyak minum air. Ini bukan cuma karena kamu kekurangan cairan saat puasa, tapi air yang kamu minum sampai sahur juga akan jadi bekal kebutuhan tubuh kamu saat puasa nanti.

3. Jangan Sahur Terlalu Banyak

Kali ini saya tidak bicara soal sains, jadi apa yang akan saya jelaskan berikut ini sama sekali cuma berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak ada dasar sainsnya sama sekali. Tapi saya yakin kamu juga pernah merasakan hal yang sama; makan terlalu banyak waktu sahur bikin makin cepat lapar saat puasa.

Secara logis, seharusnya makin banyak makan sahur berarti makin tahan lapar kan? Tapi logika “bekal” sederhana ini tidak bisa diaplikasikan di ritual puasa. Soalnya makin banyak “bekal” yang kamu masukkan ke perut waktu sahur semakin cepat juga kamu merasa keroncongan. Jangan tanya kenapa. Coba saja buktikan sendiri.

4. Makan Berkuah Saat Sahur

Kali ini kita bicara soal tantangan terbesar yang sebenar-benarnya saat puasa: haus. Banyak orang yang bisa tahan tidak makan 12 jam lebih karena kesibukannya, tapi tidak banyak yang bisa tahan haus selama itu. Saya pribadi sudah 2 kali membatalkan puasa karena gak tahan haus (gak usah sewot! nanti juga saya ganti..).

Ternyata, ada 2 faktor yang bikin saya cepat haus saat puasa. Pertama, karena saya tidak makan apa-apa yang berkuah saat sahur. Ini memang sudah menjadi tabiat buruk laki-laki kebanyakan: ada nasi + sambel + dan apapun yang digoreng (ayam, ikan), kami sudah cukup puas. Masalahnya, tanpa makanan berkuah seperti sayur ataupun sup saat sahur bikin kerongkongan kamu makin cepat kering.

Faktor kedua karena terlalu banyak gorengan. Saya sudah 2 kali membatalkan puasa karena waktu sahur makan nasi goreng dan kfc paha atas crispy. Asli, begitu mata melek siangnya, saya langsung menenggak galon air karena kehausan. Jadi coba deh; makan sahur dengan menu berkuah dan hindari makanan berminyak/gorengan.

5. Kurangi Gerakan Tidak Perlu

Saat ponsel kamu lobet, tentu saja kamu menghindari aktivitas ponsel yang tidak begitu perlu mulai dari mendengar musik sampai selfie narsis yang tidak jelas. Ini namanya hemat tenaga. Nah, saat puasa, tenaga yang kamu punya tidak sebanyak tenaga yang kamu punya saat tidak berpuasa. Selain kurang, tenaga ini baru bisa di recharge nanti setelah bedug buka. Ini juga adalah 2 alasan logis buat “hemat tenaga”.

Jadi pintar-pintar lah untuk menghemat tenaga saat beraktivitas di sekolah, kampus atau kantor. Pada dasarnya, semua pergerakan kamu memakan kalori dan tenaga yang kamu punya. Jadi hemat tenaga kamu dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak begitu penting, seperti; ngakak kesurupan saat ngumpul, jungkir-jungkiran saat becanda dengan teman-teman, salto belakang sebelum masuk kamar mandi, atau apapun itu.

Nah, itu tadi 5 cara rahasia yang bisa bikin kamu tahan lapar dan tahan haus lebih lama saat puasa. Mudah-mudahan bisa membantu kamu jadi jagoan puasa tahun ini. Oh ya, ngomong-ngomong soal puasa, baca juga artikel saya soal apakah merokok membatalkan puasa, khususnya buat kamu-kamu yang perokok yang masih bingung soal dalil mendasar perihal rokok dalam ritual berpuasa.

Saya akhiri artikel ini dengan “Selamat menunaikan ibadah puasa”.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

3 jawaban

  1. artikel nya bagus bentar lagi puasa

  2. gan nuhun infona :)

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*