Home » Definisi » Definisi Insomnia

Definisi Insomnia

apa itu insomniaInsomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan ketidamampuan untuk tertidur ataupun tetap tidur selama yang mereka inginkan.

Insomnia bisa disebabkan oleh beberapa hal, yang secara garis besarnya digolongkan menjadi 2, yaitu pengaruh obat dan penyakit. Beberapa obat medis memiliki efek samping yang membuat sang penderita kesulitan untuk bisa tidur ataupun tetap tidur untuk waktu yang lama. Mereka yang mengalami insomnia karena ini tidak dapat menikmati tidur yang panjang ataupun tidur yang berkualitas.

Insomnia dapat terjadi pada segala usia, tergantung dari penyebabnya. Sementara insomnia yang tidak disebabkan oleh obat-obatan tertentu lebih cenderung terjadi orang-orang dewasa hingga manula. Insomnia dapat terjadi dalam jangka panjang ataupun jangka pendek. Jangka pendek insomnia terjadi setidaknya selama 3 minggu dan jangka panjangnya dapat terjadi dari 3 hingga 6 minggu.

Insomnia yang tidak ditangani dalam jangka yang panjang akan menyebabkan datangnya gangguan-gangguan lain, seperti masalah ingatan, depresi, meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan kemungkinan kecelakan berkendara.

Umumnya di masyarakat, insomnia ditangai dengan obat tidur. Tapi menangani insomnia dengan obat tidur dapat membuat sang penderita mengelami ketergantungan terhadap obat tidur tersebut jika dikonsumsi secara tertatur dan dalam waktu yang lama.

Ada 3 jenis insomnia berdasarkan keparahannya:

Transient Insomnia

Ini adalah tahap ketika insomnia terjadi dalam jangka waktu kurang dari satu minggu. Ini biasanya disebabkan oleh perubahan jam tidur, perubahan di lingkungan tempat tidur atau depresi dan stress yang berat. Konsekuensinya akan terjadi kelainan pada respon dan refleks motorik.

Acute Insomnia

Ini adalah tahap ketika insomnia sudah terjadi selama beberapa minggu, kurang dari satu bulan. Penyebab insomnia pada tahap ini sudah lebih tersaring hingga penyebab paling umumnya antara lain stress dan depresi berat, konsumsi kafein berlebihan ataupun efek samping obat-obatan tertentu. Walaupun begitu, acute insomnia ini masih digolongkan insomnia jangka pendek.

Chronic Insomnia

Ini adalah tahap ketika insomnia sudah terjadi selama lebih dari satu bulan. Insomnia pada tahap ini bisa disebabkan oleh stress dan depresi berat berkepanjangan yang menyebabkan ketidakstabilan hormon ataupun pola hidup siang-malam yang tidak tertatur karena hal-hal tertentu seperti shift pekerjaan. Hal yang bisa disebabkan oleh insomnia tahap kronis ini juga bisa berbeda-beda bergantung pada penyebabnya tejradinya insomnia tersebut pada awalnya. Pada umumnya, insomnia kronis menyebabkan kelelahan pada otot-otot tertentu, halusinasi ataupun kelelahan mental.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*