Home » Definisi » Definisi Ultrasonografi

Definisi Ultrasonografi

pengertian ultrasonografi atau usgUltrasonografi atau yang lebih kita kenal dengan USG, adalah teknologi medis berbasis gelombang ultrasonik yang digunakan untuk menampilkan pemetaan dan gambaran organ dalam yang diperiksa.

USG biasanya digunakan untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada organ dalam secara fisik, seperti kerusakan jaringan otot. USG menggunakan frekuensi setinggi 250 kHz sampai 2300 kHz, tergantung kebutuhan. Gelombang ultrasonik kemudian menunjukkan gambaran organ dalam dengan menampilkannya lewat monitor.

Masyarakat lebih mengenal USG sebagai alat untuk memeriksa kehamilan yang berhubungan dengan panjang dan usia janin. Tapi selain itu, kelainan pertumbuhan janin juga dapat diperiksa dengan USG. Bahkan, mengetahui masa subur juga dapat dilakukan melalui pemeriksaan dengan alat ini.

Bergantung dari hasil yang ditampilkan, USG dibagi menjadi:

2 Dimensi

Seperti definisi 2D pada umumnya, USG 2D juga hanya akan menampilkan gambar dengan panjang dan lebar saja. Hasil yang diberikan dengan 2D tidak akan berbeda dengan foto biasa.

3 Dimensi

Dengan USG 3D, gambar akan ditampilkan dengan sudut panjang, lebar dan dalam. Melalui hasil ini, objek yang terlihat akan tampil dengan sudut-sudut dan kedalaman yang sebenarnya, hampir seperti objek yang timbul. Untuk pemeriksaan yang lebih dalam, 3D dibutuhkan untuk diagnosa yang lebih akurat.

4 Dimensi

Biasanya digunakan untuk melihat janin. Dengan 4D, gambar diambil dari sudut panjang, lebar dan dalam seperti layaknya 3D. Hanya saja, 4D dapat juga memperlihatkan pergerakan janin. Ini biasanya digunakan oleh calon-calon Ibu saat mendekati hari kelahiran buah hatinya.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*