Home » Kesehatan » Fakta Tentang Diet Mayo

Fakta Tentang Diet Mayo

fakta diet mayo di indonesiaDiet mayo di Indonesia lagi marak-maraknya. Kalau kamu punya berat badan yang mampu merusak alat penimbang berat, setidaknya kamu pasti sudah pernah dengar soal diet mayo, baik itu dari kerabat sesat atau langsung dari internet. Ada yang bilang (banyak malah) bahwa diet mayo bisa menguruskan badan 5 sampai 10 kilogram dalam waktu paling lama 2 minggu saja. Dari semua metode diet yang pernah ada di Indonesia, belum pernah ada program diet yang memberikan janji muluk-muluk seperti ini sebelumnya. Tapi bagi mereka yang punya masalah berat badan + mager permanen, diet mayo ini adalah sebuah kabar yang disambut dengan gegap gempita. Kabar gembira ini dibarengi dengan menjamurnya jasa katering yang menawarkan menu makanan ala diet mayo. Ironinya, mereka mematok harga yang bahkan jauh lebih tinggi dari biaya makan sehari-hari 5 orang tergemuk sekalipun (dengan range 1 sampai 1,5 untuk 13 hari katering).

Pertanyaan yang kemudian datang adalah, apa sebenarnya diet mayo ini? Apakah benar dengan diet mayo berat badan bisa turun berkilo-kilo dalam hanya 2 minggu saja? Ataukah diet mayo ini cuma janji-janji php saja buat mereka yang sudah putus asa menguruskan badan? Nah, dipostingan ini akan kita kupas tuntas fakta tentang diet mayo di Indonesia.

Sebelum kita bahas seperti apa program diet mayo yang asli, kita bahas dulu program diet mayo yang ada di Indonesia.

Diet Mayo Di Indonesia

Untuk keperluan mengumpulkan data, saya sempat bertanya-tanya sebagai seorang calon pelanggan di salah satu jasa katering diet mayo di kota saya berdomisili. Dari jasa katering tersebut, saya mendapat banyak keterangan soal diet mayo.

Katering diet mayo ini minimal diambil untuk 13 hari. Selama masa itu, mereka menyuplai makanan-makanan khusus yang “katanya” ala diet mayo. Kata mereka, pada dasarnya makanan yang mereka buat terbebas dari minyak ataupun garam, dan semuanya diolah dengan cara direbus atau dikukus sesuai metode diet mayo. Menu mereka katanya akan banyak didominasi oleh sayur-sayuran hijau dan buah-buahan segar (yuck!). Mengakhiri penjelasan mereka tentang diet mayo, mereka mengumbar janji politik yang kira-kira berbunyi seperti ini: Dengan hanya mengkonsumsi menu makanan dari kami, berat badan Bapak bakal turun sampai 10 kilogram dalam 2 minggu saja, tanpa olahraga!

Ada dua hal yang perlu saya garis bawahi dari pernyataan mereka ini:

1. Saya tersinggung dipanggil Bapak,

2. Bagaimana caranya bisa turun 10 kilogram tanpa pembakaran dari olahraga?

Pertama, mereka sudah menghina saya bahkan sebelum saya resmi jadi pelanggan! (okay, ini mungkin memang tidak nyambung dengan persoalan diet mayo)

Kedua, apa penjelasan logis yang membuat sayur-sayuran kukus bisa memangkas berat badan sebanyak 10 kg dalam 2 minggu, tanpa olahraga?

Saya sudah pernah berhasil menurunkan berat badan 10kg dalam waktu 2 bulan dengan metode OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet). Menjaga pola makan + olahraga ala OCD menurut saya cukup masuk akal dan 10kg dalam 2 bulan adalah prestasi yang cukup memuaskan. Tapi 10 kg dalam 2 minggu hanya dengan makanan? Ini hanya bisa terjadi pada pasien koma yang hanya diberi asupan makanan dari infus berkualitas rendah yang disediakan Askes.

Cerita horornya tidak hanya sampai disitu. Ketika saya tanyakan harga katering diet mayo untuk 13 hari itu, coba tebak berapa harga yang mereka patok? Tidak tanggung-tanggung, 1,3 juta rupiah untuk 13 hari! Ya, mereka meminta saya membayar 1,3 juta untuk makanan hewan herbivora selama 13 hari.

Saya tidak bilang makanan ala diet mayo itu tidak sehat. Sebaliknya, saya percaya bahwa makanan diet mayo itu sehat karena kaya protein dan rendah karbohidrat. Secara sederhana, ketika tubuh tidak mendapatkan karbohidrat yang cukup untuk beraktivitas, tubuh secara otomatis akan mengambil tenaga dari cadangan gula dan lemak. Ini pastinya akan sangat membantu pembakaran penumpukan lemak kita. HANYA SAJA, pembakaran inipun tidak akan pernah cukup untuk memangkas 10 kg dalam 2 minggu.

Saya yakin sudah banyak orang (terutama cewek) yang jadi korban katering diet mayo ini. Orang-orang yang sudah putus asa menurunkan berat badannya selalu jadi sasaran mudah dari pembodohan ini. Uang jutaan rupiah dalam 2 minggu pastinya bukan jumlah yang sedikit untuk kebanyakan orang. Sayang sekali jika harus dikeluarkan cuma untuk sebuah program diet yang salah.

Karena inilah saya tertarik untuk menelusuri asal muasal diet mayo yang sebenarnya. Dari hasil penelusuran tersebut, saya temukan bahwa diet mayo di Indonesia bukanlah diet mayo yang sebenarnya. Diet mayo yang digembar-gemborkan para pengusaha katering ini diambil dari sebuah buku program diet  yang dirilis tahun 2010 dan dengan sengaja dijadikan kesempatan untuk meraup keuntungan (miris!).

Berikut faktanya…

Apa Sebenarnya Diet Mayo Ini?

Bagi kamu-kamu yang belum pernah dengar, diet mayo adalah sebuah metode dan program diet yang dibuat berdasarkan penelitian oleh organisasi Mayo Clinic. Organisasi ini didirikan pada 30 September 1889, diiisi oleh tenaga-tenaga medis dan fisikawan yang saat ini berpusat di Rochester, Minnesota. Situs resminya adalah mayoclinic.org (silahkan dicek sendiri).

Nah, diet mayo ini adalah program diet yang mereka rampungkan dalam sebuah buku berjudul The Mayo Clinic Diet yang dirilis pada tahun 2010. Dari buku inilah umat nabi Adam pertama kali mengenal istilah diet mayo. Lalu apakah mereka juga menjanjikan penurunan berat badan 10kg dalam 2 minggu hanya dengan makanan kuda? Tentu saja tidak!

Berikut ini lansiran yang saya comot langsung dari mayoclinic.org beserta terjemahannya (buat kamu-kamu yang suka bolos pelajaran bahasa Inggris waktu sekolah dulu).

 The Mayo Clinic Diet is the official diet developed by Mayo Clinic, based on research and clinical experience and detailed in the book of the same name, published in 2010. You might have tried what you thought was a Mayo Clinic diet — something you saw on the Internet or that was passed along by friends — but it was probably bogus. The true Mayo Clinic Diet says that successful, long-term weight control needs to focus on your overall health, not just what you eat. It also emphasizes that the best way to manage weight long-term requires changing your lifestyle and adopting new health habits. The Mayo Clinic Diet can be tailored to your own individual needs and situations — it isn’t a one-size-fits-all approach.

Artinya kira-kira:

Mayo Clinic Diet adalah program diet resmi yang dikembangkan oleh Mayo Clinic, berdasarkan penelitian dan pengalaman klinik dan detail di dalam buku dengan judul yang sama (Mayo Clinic Diet), yang dipublikasikan pada 2010. Anda mungkin sudah pernah mencoba apa yang Anda anggap adalah Mayo Clinic Diet – mungkin dari yang Anda lihat di internet atau diberikan oleh kerabat Anda – tapi kemungkinan itu palsu. Mayo Clinic Diet yang asli mengatakan bahwa program diet yang sukses dan kontrol berat badan jangka panjang harus berfokus pada kesehatan secara umum, bukan hanya terhadap apa yang Anda makan. Mayo Clinic Diet juga menekankan bahwa cara terbaik untuk mengatur berat badan jangka panjang mengharuskan Anda merubah gaya hidup dan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan sehat baru. Mayo Clinic Diet bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi individual Anda – it isn’t a one-size-fits-all approach. (sori, kalimat yang terakhir ini saya bingung terjemahinnya).

Yang ini juga penting:

This is a two-week phase that allows you to jump-start your weight loss, losing as much as 6 to 10 pounds (2.7 to 4.5 kilograms) in a healthy way. In this phase, you focus on lifestyle habits. You learn how to add five healthy habits, break five unhealthy habits and adopt another five bonus healthy habits. This phase also includes getting at least 30 minutes of physical activity or exercise every day.

Artinya kurang lebih:

Ini adalah fase 2 minggu yang bisa menurunkan berat badan Anda dengan cepat, menurunkan 6 sampai 10 pounds  (2.7 sampai 4.5 kilogram) dengan cara yang sehat (sudah jelas bukan 10 kg dalam 2 minggu!). Anda belajar untuk menambahkan 5 kebiasaan sehat, menghilangkan 5 kebiasaan yang tidak sehat dan menambahkan 5 bonus kebiasaan sehat yang lain. Fase ini juga termasuk dengan aktivitas fisik dan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari (nah lo!).

Kamu bisa baca langsung halamannya disini: http://www.mayoclinic.org/healthy-living/weight-loss/in-depth/mayo-clinic-diet/art-20045460

Kesimpulan

Diet mayo dan bisnis pembodohan yang mengikutinya ini cuma salah satu trend diet aja di Indonesia. Setelah diet mayo, mungkin akan ada lagi program-program diet palsu berikutnya yang siap memangkas isi rekening kamu. Dari artikel ini kamu sudah bisa belajar beberapa hal:

Untuk semua program diet yang ditawarkan, cari dulu asal usulnya. Jangan pernah percaya testimoni dan foto before-after yang digembar-gemborkan orang-orang, karena kalau kamu menguasai program Photoshop, kamu akan lihat betapa mudahnya membuat tubuh Pretty Asmara jadi seperti Luna Maya.

– Untuk semua program diet yang ditawarkan, selalu ingat satu hal yang pasti: Program diet yang sukses selalu melibatkan hidup sehat dengan olahraga, apapun menu makanan yang mereka rekomendasikan.

Mengetahui 2 poin di atas saja sudah lebih dari cukup untuk menghidarkan kamu dari risiko menjadi korban program-program diet pembodohan, seperti diet mayo ala Indonesia. Semoga bermanfaat.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

21 jawaban

  1. may

    Anda belum pernah mencoba diet mayo versi Indonesia tapi udah jelek-jelekin.
    Kenyataannya, saya sudah pernah mencoba diet mayo versi indonesia yang katanya banyak melenceng. Saya menggunakan menu yang ada di website mona ratuliu, tidak menggunakan jasa catering. Dan hasilnya, berat badan saya turun 7kg dalam 13 hari. Itu fakta, silahkan cek instagram saya @dedemaiaa. Jangan bicara sembarangan kalo anda belum membuktikannya.

    • quardsonic

      Iya nih, ada baiknya sebelum membuat artikel berjudul “fakta” sang penulis seharusnya sudah menjalankan sendiri secara langsung, bukan hanya berdasarkan pemikiran sendiri tanpa praktek.

      Saya sendiri sudah jalani diet mayo versi Indonesia 9 hari sudah turun 5kg, dan tentunya masak sendiri, tanpa catering, karena menunya mudah kok =)

      • rubisoho

        Ini bukti lain bhw diet mayo palsu bkn cuma menguruskan badan secara paksa, tp jg bikin geblek. Baca dulu dong. yg penulis maksud fakta bahwa diet mayo di indonesia beda sama diet mayo original yg dirilis lwt buku. Itu faktanya. linknya jg ada tuh. Diet mayo kw aja bangga banget. jgn2 buka jasa catering mayo ya kalian berdua? Mau nyelamatin bisnis nih?

        • supernova

          @may gak nyambung luh gebleng!

          • Ahmad Gazali

            @May, @Quardsonic: Anda berdua jauh melenceng dari konteks. Fakta yang disebutkan adalah bahwa program diet yang disebut – sebut diet mayo di Indonesia sebenarnya bukan program diet mayo yang asli tapi mengadopsi nama dan sebagian metode saja.

            Ini kan sudah disebutkan juga di situs pemilik diet mayo sendiri bahwa “anda mungkin pernah mendengar tentang diet mayo di internet, tapi kemungkinan besar diet tersebut palsu”

            Konteksnya bukan semata-mata program diet mayo Indonesia itu tidak berhasil. Terserah jika anda bisa turunkan berat badan dgn diet tersebut. Yg jelas faktanya, program diet tersebut bukanlah program diet mayo yg sebenarnya.

            Kalau anda malas baca artikel (yg tampaknya adalah kesamaan dari anda berdua), cukup baca penjelasan pendek komen saya biar mengerti.

  2. scoreblux

    Sy jg udah coba diet mayo,, hasilnya gagal total! Uang udah ludes tapi badan msh aja melar. Jd korban penipuan deh carering sialan.

    • ribuo88

      sama gw jg gatot diet mayonya… udah makanannya bukan selera indonesia (ampe mau muntah),, badan gak turun jg… untung gak pake catering2an..

  3. D'Big Human

    Waahhh, May asik banget kata-katanya, mirip ama sales-sales affiliate-ny yg nawarin barang dgn hasil dan pembuktian. Woi akun sosmed sih gampang di bikin, modal bli hape murah bikin email fake, daftar deh. Yakin fotony bukan hasil photo shop? gw akuin gw bodoh krn udah ketipu dgn Diet Mayo ini, udah habisin duit jutaan hasilnya taik dan ternyata gw baru tau kalo diet yang di tanah air tercinta (sayangnya penipu) beda jauh! faktanya cuma ampe 4kg tp dibilangin 10, beda banget. Makin pintar aja ya para penipu kampungan yg makan duit dari hasil nipu #korbangagaldiet

  4. tori tori crackers

    yaah diet mayo indo ternyata palsu ya….
    gak bener nih…
    seharusnya nama diet mayo gak usah dipake kalau mmg program diet yg berbeda…
    nyontek sebagian aja kok pake bawa-bawa nama diet mayo…

  5. ShadowXhado

    Gua sebenarnta gak tau diet mayo, tapi yang penting makasih udah diberitahu bahwa diet mayo indonesia ternyata palsu (btw nama gua cuma samaran) dan anggap saja typo kalau ada kata yang slalah

  6. Cerita seks dan foto bugil tante girang -> http://www.tantegirangbugil.com

  7. kayla

    bener banget diet mayo ala indonesia bener2 fake dah, aku coba hari 1 diet mayo tanpa garam dan makanan kudu direbus hasilnya lemesssss banget nih badan. Mosok kudu makan 2 menunya kudu makan 2 butir telur rebus, duh kuning telur khan mengandung kolesterol yang gak baik, yang ada bisa2 kolesterol naik.
    jadi aku rubah menunya dan yang pasti pemakaian garam aku gak aku hilangkan tapi kurangi , khan sekarang ada jual garam diet serta hilangkan penggunaan MSG.
    aku mengikuti pola 5 kebiasaan baik dan menghilangkan 5 kebiasaan buruk. diet tanpa olahraga = NOL BESAR.

    so kalo mau yang melakukan diet mayo lebih baik search yang bener dulu deh, apa itu diet mayo dan penyusunan menunya.

  8. Calysta Zea

    Saya olahraga dengan bersepedah setiap hari 10 km. Hasilnya 3 minggu turun 6 kg. Badan tambah vit. Makan juga normal. Cuma lebih banyakin sayur dan kurangi nasi aja. Oh iya saya juga hilangkan kebiasaan nyemil. Masih lanjut sih.. berharap bisa ideal.

  9. Rino

    Saya sekarang sedang mengikuti diet mayo dan menurut saya biasa saja dalam menjalankan prosesnya,mungkin karena saya anak kos dan jarang makan atau telat makan jadi terbiasa dengan asupan seperti ini.Kalau menurut saya kalau diet mayo memang fake,ya sudah lalu apa gunanya menjelek-jelekkan program ini?toh yang menjalankan saja ada yang berhasil.Menurut saya diet ini baik juga karena tidak makan nasi yang mengandung gula terlalu banyak dan tidak makan berlemak dan belajar menjadi seorang vegetarian.Memang apa salahnya menjadi seorang vegetarian selama 2 minggu?kalau kalian bisanya hanya mengeluh,lebih baik tidak usah mengikuti diet yang menurut kalian susah.Karena namanya juga diet ya pasti ada sengsaranya.Bukan berarti saya berkata seperti ini lalu saya disebut sebagai penjual catering diet mayo.Kalau menurut saya lebih murah memasak sendiri daripada harus catering yang begitu mahal karena kita juga tidak tau bagaimana proses pembuatan catering tersebut.

  10. Permisi Numpang Promo
    Refiza Souvenir menyediakan paket undangan pernikahan cantik nan elegan, paket yasin untuk souvenir acara pengajian tahlilan dan berbagai macam souvenir tasbih cantik dan elegan untuk oleh-oleh haji dan umroh. cek katalog kami di http://www.refiza.com

  11. Natasya

    Sebaiknya yang nulis monggo dicoba lebih dulu sebelum men judge, saya buktinya, saya ga pake catering2an, masak sendiri, udah genap 13 hari dan alhamdulillah turunnya 10 kilo. Emang semua makanannya tanpa garam, tapi itu porsinya besar sekali, ayam aja 150 gram udah banyak, saya gapernah ngerasa laper dan pusing, karna kalori yg ditentukan sudah sesuai dengan yg dibutuhkan dalam kita harian, daripada ocd 2 bulan 10 kg, saya aja udah turun 10kg dalam 2 minggu. Tanpa olahraga. Tp skrg sy olahraga soalnya badan jadi ga bentuk otot. Sebaiknya jgn ikut catering, karna biasanya catering tidak sesuai dengan. Menu yg seharusnya ditentukan oleh diet mayo. Hanya share pengalaman. Saya berhasil kok dari 69 jd 59. Mungkin yg ga berhasil itu karna banyak cheat nya.

    • Romulus

      gila…. orang indo emang gak bisa baca ya??
      kan udah dibilang ini bukan soal berhasil ga berhasil…. ini soal diet mayo di indonesia bukan diet mayo yg sebenarnya!!
      lalu yang dibayar 1,3 juta per 13 hari itu apa dong??? itu pertanyaannyaaa

  12. Robby MN

    Aturan pertama dari diet adalah : TIDAK ADA METODE DIET YANG BISA DITERAPKAN UNTUK SEMUA ORANG.
    Setiap orang mempunyai metabolisme nya masing-masing. Jadi kalau seseorang melakukan satu diet kemudian tidak berhasil, mungkin salah satu faktor nya adalah diet ini bukan diet yang ideal untuk tubuhnya. Jadi bukan terus menyalahkan diet nya semata.

    Memang dari segi penamaan diet mayo ini salah. Karena mereka mengutip nama Mayo Clinic (yang menu diet nya berbeda dari diet mayo Indonesia). Tapi apalah arti sebuah nama. Mari kita pelajari sejenak apa isi diet nya.

    Menurut saya tidak ada yang salah dengan menu nya. Saya orang yang mempelajari kesehatan selama bertahun-tahun. Dan pola makan seperti pada menu diet mayo ini adalah pola makan yang baik buat tubuh kita.

    Inti diet mayo ini adalah low salt, low carbohydrates. Ada yang salah dengan ini? Tidak. Kita malah jadi lebih sehat. Kalori yang dihasilkan pun juga terkontrol.

    Kita juga dipaksakan untuk memakan RAW food. Bukan processed food seperti yang selama ini kita konsumsi sehari-hari.

    Jadi intinya saya setuju dengan menu nya. Tapi saya tidak setuju dengan penamaan nya. Alangkah baiknya kalau pakai nama yang lebih menggambarkan isi diet nya. Seperti : Low Salt Diet. DASH diet. Paleo diet. Mungkin itu nama yang cocok.

    Dan sekali lagi kembali ke awal. Tidak ada diet yang berhasil untuk semua orang. Jadi kalau tidak berhasil tinggalkan. Tidak perlu menghujat. Karena belum tentu yang tidak berhasil untuk kita, juga gagal untuk orang lain.

    • Ilham S

      Kalau dibaca, sebenarnya yang jadi fokus dari artikelnya itu begini:
      Diet mayo di Indonesia adalah rendah karbo dan garam biasa yang menggunakan nama DIET MAYO biar bisa meraih keuntungan lewat fenomena yang lagi tenar.
      Iya memang benar metabolisme orang beda-beda dan tidak semua program diet bisa berhasil untuk semua orang, lantas kenapa mereka mencharge dengan harga mahal dan menjanjikan kepada SEMUA orang kalau diet mayo palsu mereka bakal berhasil?
      Itu intinya. Jangan cuma liat sense negative-nya terus melawan dengan membabi buta.

  13. Di luar endonesia ini namanya PALEO DIET
    Atau kembali kecara makan jaman atok adam. Tanpa overcook, santan, susu dan di goreng.. juga kafein.

    Tetapi lvl nya berbeda.. ada yg masih pake garam ada yg gak, ada yg masih pake dikit.. kekuatan batin ini sih yah.

    Kalau di search paleo diet nih katanya

    a diet based on the types of foods presumed to have been eaten by early humans, consisting chiefly of meat, fish, vegetables, and fruit, and excluding dairy or grain products and processed food.
    “I’ve recently started the Paleo diet and have also given up caffeine”

    Lebih lanjutnya search aja sendiri.
    Dengan paleo diet ini ( diet mayo di indonesia) saya turun 8kg tetapi dalam waktu sebulan. Dengan cheatday di hari minggu. Dan pak suami yang masih seminggu sudah turun 3,5kg.

    Dengan catatan, HITUNG KALORI. Bukan berati bisa makan sayur satu gerobak, ayam satu ekor, daging satu kilo.
    Hitung masa kebutuhan kalori perhari berapa.. nah buat yg pengen cepat turun yang harus lebih sedikit dr kebutuhan kalori perhari..
    Karna mau kurus itu 70% dr mulut, 30% olah raga.
    Setelah turun 8kg. Kurang keliatan tuh yah.. tp kulit udah mulai melar sana sini.. baru lah aku olahraga setiap hari 1 jam.
    Nah berhubung kmrin aku masuk cele***** fitness
    Ikut kelas sampe 2 kali.. satu kelas 1 jam. Perhari jadi 2jam. Dan waktu olah raga saya gak di anjurin diet.. makan seadanya ( BUKAN RAKUS)

  14. Dinda Rahayudewi

    Saya sudah menjalankan diet mayo indonesia dan tanpa olahraga (karena keharusan bekerja pagi hingga malam hari)… Saya berhasil menurunkan berat badan hingga 14 kg dalam 13 hari…
    diet mayo indonesia (resepnya) tidak jauh berbeda dengan diet mayo yang ada di mayo clinic usa karena berbeda bahan diindonesia disesuaikan.. sebenernya tidak ada yg salah dengan diet mayo di indonesia.. karena tidak cuma saya tapi teman-teman saya pun berhasil menurunkan berat badan hingga 14 kg seperti saya…

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*