Home » Pertanyaan » Bisnis » Gimana Cara Urus Passpor?

Gimana Cara Urus Passpor?

Buku Formula Cinta

Banyak peluang bisnis yg bisa dibawa dari luar. Ane penasaran gimana caranya urus passport biar bisa gampang ke luar negeri. Apalagi di Cina sekarang ini banyak sekali barang murah yang bisa dibawa masuk. Klo nanya orang di kantor pembuatan passport, biasanya gak jelas, berbelit-belit dan ujung-ujungnya nawarin jadi calo. Ada gak diantara agan2 yang bisa menjelaskan birokrasinya pengurusan paspor ini? Makasih sebelumnya utk bantuannya.

7 jawaban

  1. Tompel

    cara bikin paspor mudah aja, yang penting rela berkeringat dan ketemu org2 pemerintahan yg kadang menjijikkan.. tahap2nya antara lain:

    1. datangi kantor imigrasi terdekat atau ke kantor imigrasi yg alamatnya ada di ktp kamu.
    2. formulir disediakan di counter. formulir permohonan ini dibeli lalu isi kolom2nya sesuai data di dokumen2 kamu. ingat, utk pengurusan selalu bawa dokumen asli + fotokopi.
    3. klo formulir udah diisi, setor kembali ke loket.
    4. kamu akan diberikan nomer antrian utk jadwal foto. selain itu akan diberikan tanda terima. simpan tanda terima baik2. klo nomer antrian kamu masih lama, bisa kembali lg besok buat foto dan pengambilan sidik jari.
    5. setelah foto, kamu akan diwawancarai oleh petugas. ingat, bawa dokumen2 asli kamu krn biasanya petugas mengecek kembali saat wawancara.
    6. setelah melewati proses wawancara, kamu harus membayar biaya buku paspor plus tanda tangan di buku tsb.
    7. kamu akan diberikan tgl kapan kamu bisa mengambil paspor tersebut. setelah jadwalnya ditentukan, kembali ke kantor imigrasi utk mengambil buku paspor kamu.

    kedengarannya gak ribet kan? coba ja deh kesana. semua yg berurusan dengan cecunguk2 pemerintahan itu selalu aja ada ribetnya…

  2. Saribattang

    Perasaan skrg sudah ada itu pendaftaran paspor via internet?

  3. Saibul Jambil

    Iya memang ada… tapi secara orang pemerintahan kt kolot, kampungan dan gaptek,, untung2 aja klo permohonan pembuatan paspor kamu diladeni klo setornya lewat online.

  4. Tambokat

    urus paspor secara online di indonesia itu sebenarnya gak sepenuhnya online jg sih.. soalnya setelah permohonan kamu setor tetap aja kamu harus ke kantor imigrasi utk penyelesaiannya.. parahnya lg, kamu harus nunggu surat rujukan dari kantor imigrasi pusat dl sbg respon permohonan yg kamu setor di internet. itu biasanya lama…

  5. Balamuda

    kalau mau membuat paspor itu mending offline aja deh… klo kt datengin langsung kan artinya kt meminimalisir ketergantungan kt ama orang lain, jadinya bisa lbh cepat selesai.. klo mau via online, mending nunggu 20 tahun lg deh klo negara kt udah melek internet.

  6. Sujukambang

    Lah, bukannya sekarang negara kt udah melek internet?

  7. Tompel

    Udah emang, tp meleknya cuma di fb, twitter, path, instagram,,, kampungan bener dah.

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*