Home » Kesehatan » Intrauterine Insemination (IUI) Untuk Cepat Hamil

Intrauterine Insemination (IUI) Untuk Cepat Hamil

Intrauterine Insemination untuk cepat hamilIUI atau Intrauterine Insemination adalah salah satu opsi metode yang bisa dipertimbangkan pasangan yang ingin cepat hamil. IUI ini adalah prosedur yang melibatkan injeksi sperma ke dalam uterus wanita untuk menfasilitasi pembuahan. Terapi kehamilan ini tidak melibatkan manipulasi sel telur wanita, sehingga tidak digolongkan sebagai salah satu metode ART atau Assisted Reproductive Technology (ART).

Banyak pasangan yang telah lama mencoba segala cara cepat hamil namun masih belum berhasil, bahkan setelah bertahun-tahun lamanya. Mungkin Anda salah satunya. Jika tersedia dana dan fasilitas yang memadai di tempat Anda, salah satu opsi yang bisa Anda pertimbangkan adalah IUI ini.

Sebelum Anda memutuskan, saya akan bantu Anda dulu untuk memahami lebih jauh mengenai IUI atau Intrauterine Insemination.

Apa itu IUI?

IUI adalah sebuah metode fertilitas yang menggunakan kateter untuk memasukkan sejumlah sperma langsung ke dalam uterus. Tujuan dari IUI adalah untuk meningkatkan jumlah sperma yang mencapai tuba falopi dan secara langsung meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan atau kehamilan.

Kapan IUI Digunakan?

Tidak semua pasangan disarankan untuk menggunakan metode IUI ini. Ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi oleh pasangan sehingga baru dapat disarankan untuk mengikuti program IUI ini. Pada kebanyakan kasus, pasangan yang melakukan IUI adalah mereka yang telah menjalankan program kehamilan mereka secara normal setidaknya selama setahun.

Adapun kondisi-kondisi yang dianggap perlu untuk diberikan metode IUI ini antara lain:

  • Ketidaksuburan yang tidak dapat ditemukan sebabnya
  • Rendahnya jumlah sperma
  • Berkurangnya mobilitas sperma
  • Dibutuhkannya donor sperma
  • Kondisi serviks yang tidak memungkinkan
  • Disfungsi ejakulasi

IUI memberikan bantuan kepada sperma untuk dengan mudah mencapai sel telur. Tapi sperma ini masih harus tetap membuahi sel telur dengan sendirinya.

Bagaimana Proseder IUI?

Prosedur IUI sangat mudah walaupun memang harus dilakukan langsung oleh tenaga medis. Prosedur awal yang dilakukan adalah pemeriksaan USG untuk melihat besarnya ukuran folikel. Kemudian, hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) akan diberikan untuk merangsang lepasnya sel telur dari folikel tersebut.

Sperma yang akan dimasukkan sebelumnya diproses terlebih dahulu di dalam lab untuk memaksimalkan jumlah sel sperma. Proses ini tentunya juga bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan.  Sperma dimasukkan melalui kateter dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Walaupun IUI dalah salah satu cara cepat hamil, tetapp saja wanita di bawah umur 35 tahun memiliki kemungkinan hamil lebih tinggi daripada wanita di atas 35 tahun. Pada umumnya tingkat keberhasilan IUI antara 10% hingga 20% dalam satu siklus. Tingkat keberhasilan metode IUI ini pada dasarnya sangat bergantung kepada kondisi kesehatan sperma dan kondisi kesehatan sang wanita.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*