Home » Kesehatan » Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

mendapatkan tidur berkualitas oleh cararahasiaTidur yang berkualitas adalah salah satu faktor esensial untuk menjaga vitalitas tubuh. Tanpa tidur yang berkualitas, kamu akan menjalani hari dengan kelelahan, otak jadi lemot, susah konsentrasi dan badan kurang energi. Kurangnya tidur yang berkualitas bisa memberikan kamu efek buruk saat berkendara atau mengerjakan tugas, bahkan saat berhubungan sosial dengan orang lain.

Kenapa kamu susah mendapatkan tidur yang nyenyak? Sebenarnya, susah tidur nyenyak juga adalah ciri-ciri dari insomnia. Insomnia tidak hanya menyebabkan kamu susah tidur, tapi juga susah mendapatkan tidur yang lama dan nyaman. Kalau kamu memiliki masalah dalam mendapatkan tidur yang berkualitas, coba tips-tips sederhana di bawah ini:

Tips Tidur Berkualitas

1. Perhatikan Minuman

Awas, jangan sembarangan minum sebelum tidur. Sudah bukan rahasia bahwa kopi mengandung kafein yang bisa buat kamu terjaga sepanjang malam. Tapi hati-hati karena teh dan beberapa jenis minuman coklat juga mengandung kafein. Mengkonsumsi terlalu banyak kafein adalah salah satu penyebab insomnia yang paling umum. Terlalu banyak minum air putih sebelum tidur juga bisa membuat kamu sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil. Jadi perhatikan baik-baik apa yang kamu minum sebelum tidur.

2. Olahraga di Siang Hari

Berolahraga di siang hari bisa sangat membantu kamu untuk tidur nyenyak di malam hari. Ada anggapan bahwa olahraga sebelum tidur bisa membuat kamu tidur nyenyak. Ini salah, karena olahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru memberikan kamu energi yang besar di saat yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Jadi, olahraga pada siang hari atau sore hari adalah pilihan paling tepat.

3. Lakukan Relaksasi

Relaksasi dengan cara apapun baik untuk dilakukan sebelum tidur. Misalnya mandi air hangat, membaca buku atau meditasi. Sebagian orang bahkan mendapatkan relaksasi dari berdoa. Jadi apapun yang bisa membuat kamu relaks, lakukanlah sesaat sebelum kamu tidur.

4. Perhatikan Makanan

Makan banyak sebelum tidur bisa membuat kamu food coma dan ini bisa memudahkan kamu merasa mengantuk. Tapi tidur disaat organ pencernaan bekerja bisa membuat kamu sakit perut atau bahkan bisa menimbulkan efek serius lainnya. Jadi pastikan untuk tidur beberapa jam setelah kamu makan berat.

5. Jadwal Konsisten

Tentukan jadwal tidur dan tentukan pula jadwal bangun yang pasti. Tidur dan bangun di jam yang sama secara konsisten akan memudahkan kamu tidur cepat dan tidur dengan nyenyak.

6. Gunakan Tempat Tidur dengan Benar

Gunakan tempat tidur kamu hanya untuk tidur atau berhubungan seks dengan pasangan (jika telah menikah). Jangan gunakan tempat tidur untuk aktivitas lain seperti membaca, menonton TV atau makan.

Saran-Saran Lain

Tumpahkan Pikiran

Salah satu fakor yang membuat kamu susah tidur adalah depresi dan stres. Jika sesuatu mengganggu pikiran, ambillah kertas dan pulpen kemudian tulis semua hal yang mengganggu pikiran kamu. Ini dapat membantu mengeluarkan masalah dari kepala. Kamu dapat berurusan dengan masalah-masalah kamu tersebut ketika bangun tidur nanti.

Kenali Diri

Efek kafein, alkohol dan nikotin tidak sama untuk semua orang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kafein bahkan merangsang sebagian kecil orang untuk mengantuk. Jika kafein, alkohol atau nikotin ternyata dapat membantu kamu tertidur dengan nyenyak, tidak alasan untuk menghindarinya. Sebagian orang juga bisa tidur lebih nyenyak ketika lampu dinyalakan. Jadi kenali diri kamu dan ketahui semua hal yang bisa membantu kamu mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas.

Tidak Berhasil?

Jika tips-tips di atas tidak berhasil membuat kamu tidur nyenyak, konsultasikan langsung kepada dokter. Ini apalagi jika kamu sudah mengalami kesulitan tidur selama 1 bulan lebih. Sebagai penanganan awal, cari informasi dan referensi mengenai cara mengatasi insomnia.

 

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

1 jawaban

  1. saya sulit sekali tidur harus di coba nie

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*