Home » Kesehatan » Cara Mengatasi Kecanduan Gula/Makanan Manis

Cara Mengatasi Kecanduan Gula/Makanan Manis

cara mengatasi kecanduan gula oleh cararahasiaKonsumsi gula yang sangat banyak baik bagi tubuh kamu, bisa memberikan energi besar kepada tubuh dan ketajaman setiap indera yang kamu miliki. Ini benar kalau kamu seekor semut. Sayangnya, kamu seorang manusia dan efek konsumsi gula yang berlebihan tidak seindah kata-kata saya barusan. Gula memang dibutuhkan oleh tubuh untuk tenaga. Di samping itu, konsumsi gula yang banyak juga dikenal sebagai cara yang paling praktis menggemukkan badan (ini kenapa “menghindari gula” menjadi poin pertama di artikel cara menguruskan badan terbukti cepat). Tapi gula yang berlebihan tidak hanya bertransformasi menjadi tumpukan lemak, tapi juga bisa menyebabkan diabetes, yang mana adalah salah satu penyakit pembunuh paling seram sedunia.

Gula menjadi masalah yang serius khususnya bagi kamu-kamu yang sangat suka makanan manis atau bahkan kecanduan. Pada tahun 2011, survey di Inggris membuktikan terdapat 35% orang yang gemar sekali rasa manis, mulai dari minuman hingga cemilannya. 72% persen dari angka itu adalah wanita, dan 97% memiliki kelebihan berat badan. Sekarang korelasinya kelihatan kan? Kesimpulan sederhana dari survey tersebut jadinya kira-kira seperti ini: orang-orang yang paling suka makan manis rata-rata cewek dan itu membuat kebanyakan mereka menjadi gemuk.

Jadi pada artikel ini akan saya berikan beberapa tips sederhana untuk mengatasi kecanduan kamu dengan gula atau makanan manis.

  • Pemanis Natural

Semua yang manis sebenarnya tidak selalu karena pengaruh gula (saya contohnya hehe..). Jadi untuk pemanis pada makanan dan minuman, coba substitusi dulu dengan bahan-bahan yang lain, misalnya madu. Madu bisa membantu memaniskan makanan dan minuman kamu tanpa menggandeng risiko diabetes. Kalau kamu tidak suka madu, kamu bisa coba gula-gula sehat seperti tropicana slim (tanpa maksud promosi).

  • Jangan Stok Cemilan Manis

Cewek utamanya, sering sekali menimbun cemilan-cemilan manis untuk alasan yang kami pria tidak bisa mengerti. Nah, menyetok cemilan-cemilan ini adalah salah satu kebiasaan yang membentuk pola hidup kecanduan terhadap gula atau makanan manis. Jadi awali pola hidup sehat kamu dengan berhenti menyetok makanan-makanan dan cemilan yang manis. Kalau kamu mau, kamu bisa mengganti stok cemilan manis ini dengan cemilan sehat seperti cemilan berbahan rumput laut, lidah buaya, dsb (ini cemilan apa shampoo sih?).

  • Olahraga Konsisten

Olahraga sebenarnya tidak serta-merta melepaskan diri kamu dari kebiasaan mengkonsumsi manis atau gula. Faktanya, tentu saja olahraga tidak dapat merubah selera makan seseorang kan? Lalu kenapa olahraga menjadi salah satu poin di artikel ini?

Begini, kebiasaan makan gula itu tidak dapat dihilangkan begitu saja. Bahkan dengan membiasakan diri mengganti gula dengan pemanis alami atau berhenti menyetok cemilan-cemilan “beracun” itu, mengkonsumsi gula tidak selalu terjadi di rumah. Kamu secara tidak sadar bisa saja mengkonsumsi gula dengan gila-gilaan di kantor, di rumah teman, di stasiun kereta api, di wc umum pertamina atau di tribun selatan stadion geloran bung Karno (intinya dimana saja!). Jadi olahraga adalah kunci menyelamatkan diri kamu dari efek buruk gula. Olahraga yang teratur dapat menghindarkan kamu dari risiko terkena diabetes (atau setidaknya mengurangi risiko tersebut bagi mereka yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga).

  • Biasakan Rasa Pahit

Dari survey yang dilakukan di Inggris tahun 2011 di atas, ada satu fakta yang sengaja saya simpan untuk poin ini. Faktanya adalah, 98% dari mereka yang gemar manis memang tidak tahan dengan rasa pahit. Ini menyimpulkan bahwa kecanduan seseorang terhadap rasa manis salah satunya didasari oleh kebencian lidah mereka terhadap rasa pahit, mulai dari obat hingga makanan.

Tapi selera terhadap rasa manis dan pahit ini tidak dibawa sejak lahir, tapi tercipta dari pola kebiasaan sejak kecil. Ini berarti, kebencian kamu terhadap rasa pahit masih bisa dihilangkan dengan kebiasaan yang konsisten pula. Dengan membiasakan diri dengan rasa pahit, kecintaan kamu terhadap rasa manis akan semakin bisa kamu toleransi. Tapi bagaimana caranya membiasakan diri dengan rasa pahit? Sederhana saja sebenarnya. Usahakan untuk sesekali minum kopi atau teh tanpa gula. Untuk makanan, coba makan sayur paria tanpa dibantu dengan gula atau makanan lain yang menyeimbangkannya dengan rasa manis.

4 tips di atas adalah hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melepaskan diri kamu dari kecanduan gula dan makanan manis. Silahkan dicoba kalau kamu memang punya motivasi besar untuk mengurangi konsumsi gula kamu demi kesehatan. Tapi kalau kamu datang ke halaman ini hanya mencari pembenaran untuk tidak berhenti makan gula, sebaiknya kamu mulai googling “estimasi biaya rumah sakit untuk penderita diabetes“. Mungkin kamu bakal dapat artikel-artikel yang lebih cocok buat kamu :D.

 

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*