Home » Kesehatan » Cara Mengatasi Rasa Mengantuk Setelah Makan

Cara Mengatasi Rasa Mengantuk Setelah Makan

mengatasi rasa kantuk setelah makan oleh cararahasia Mengantuk setelah makan, baik itu makan pagi, siang ataupun malam, memang wajar terjadi pada siapa saja. Maksudnya, hal ini tidak selalu berhubungan dengan penyakit ataupun kondisi kesehatan secara medis. Sebagian besar orang tidak mempermasalahkan rasa kantuk yang datang setelah makan. Ini karena pada umumnya orang-orang tidak menyadari apa saja yang bisa disebabkan oleh kebiasaan tidur setelah makan ini. Sebenarnya banyak yang bisa disebabkan, antara lain naiknya berat badan dan insomnia atau kesulitan tidur.

Mengantuk setelah makan malam mungkin memang bukan masalah, walaupun memang tidak akan mendapatkan tidur berkualitas saat kekenyangan. Tapi bagaimana jika rasa kantuk tersebut datang setelah sarapan atau makan siang ketika kamu masih harus menjalani setengah hari lebih dengan berbagai kegiatan? Bagi mereka yang bekerja atau sekolah, ini tentu saja menjadi masalah. Rasa kantuk yang datang setelah makan bisa membuyarkan konsentrasi, menimbulkan kesulitan untuk melanjutkan aktivitas kerja dan belajar.

Apa Penyebab Rasa Kantuk Setelah Makan?

penyebab rasa kantuk setelah makan oleh cararahasiaApa yang menyebabkan rasa kantuk setelah makan? Fenomena ini lebih dikenal dengan food coma atau keadaan dimana seseorang merasa lemas dan mengantuk karena energi yang dihabiskan untuk mencerna makanan. Kemungkinan terjadinya food coma lebih besar ketika kamu baru saja makan banyak. Energi yang digunakan untuk mencerna makanan ini hampir sama dengan energi yang dihabiskan setelah berolahraga ringan. Rasa kantuk yang datang ini biasanya tidak berlangsung lama, hanya sekitar 1 hingga 2 jam saja. Tapi terkadang rasa kantuk yang datang sangat sulit untuk ditahan.

Tips Mengatasi Rasa Kantuk Setelah Makan

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa kantuk ini? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dimana saja, termasuk di kantor atapun di sekolah:

1. Perbanyak Karbohidrat dan Gula

karbohidrat dan gula oleh cararahasia Karbohidrat dan glukosa (gula) adalah bahan makanan yang ditransformasi menjadi energi di dalam tubuh. Ketika banyak energi yang kamu keluarkan untuk mencerna makanan, energi pengganti adalah solusi yang kamu butuhkan. Maka dari itu, tambahkan lebih banyak karbohidrat dan makanan manis (yang mengandung glukosa) dalam menu makanan kamu. Ini agar energi yang terpakai dapat terganti dengan cepat.

2. Bantuan Kafein

minum kafein oleh cararahasiaKafein juga dapat digunakan sebagai solusi ketika rasa kantuk menyerang pasca melahap makanan besar. Bukan rahasia lagi bahwa kafein dapat membantu kamu terjadi, keluar dari rasa mengantuk saat beraktivitas. Selama kafein yang kamu konsumsi tidak berlebihan, ini bisa dijadikan jalan keluar. Tapi ingat bahwa tidak semua orang merespon kafein dengan cara yang sama. Sebagian orang bisa kembali merasa bergairah dan kehilangan rasa kantuknya dengan bantuan kafein, sementara sebagian orang lagi tidak terbantu sama sekali. Kalau kamu tidak merasa kafein dapat membantu, tidak perlu buang-buang uang untuk kopi atau teh lagi. Coba tips berikutnya.

3. Gerakan Ringan

olahraga planking oleh cararahasiaGerakan ringan yang membantu peredaran darah dan oksigen bisa membantu menghilangkan rasa kantuk kamu. Segala bentuk gerakan kecil seperti melompat-lompat, push up, peregangan ataupun berjalan cepat mengelilingi kantor dapat membantu. Salah satu gerakan terbukti paling manjur menghilangkan kantuk adalah planking, yaitu berbaring telungkup dengan bertumpu pada kedua siku (seperti pada gambar). Hanya saja, pastikan kamu tidak melakukan olahraga yang terlalu berat karena tentunya kamu tidak ingin jadi pusat perhatian karena kemeja/seragam sekolah kamu basah kuyup karena keringat. Lagipula, itu memang sangat tidak perlu.

4. Perbanyak Air Putih

minum banyak air putih oleh cararahasiaSalah satu penyebab food coma adalah kekurangan air setelah makan. Ya, dehidrasi sebenarnya memperburuk rasa kantuk kamu. Jika rasa kantuk datang setelah makan, kemungkinan besar kamu memang kurang minum air setelah makan. Air yang kamu konsumsi dibutuhkan oleh semua organ tubuh untuk memperlancar dan mempercepat proses kerjanya, termasuk organ-organ pencernaan.  Silahkan buktikan sendiri. Cobalah minum lebih banyak air putih saat mengantuk setelah makan dan lihat perbedaannya.

5. Tidur Sebentar?

tidur di kantor oleh cararahasiaTerkadang ada kondisi dimana rasa kantuk yang membebani kamu tidak dapat hilang dengan mudah, apapun yang kamu lakukan. Ketika tips-tips di atas tidak berhasil menolong, sangat disarankan untuk mencoba tidur sebentar. Rasa kantuk yang datang tersebut tidak akan bertahan lama maka kamu dijamin juga tidak akan tertidur terlalu lama. Ini adalah solusi yang lebih baik ketimbang terus membuang waktu berusaha melawan rasa kantuk. Selama proses ‘perjuangan’ tersebut, kamu juga tidak akan bisa bekerja atau belajar maksimal karena kesulitan konsentrasi. Jadi beristrahat sejenak lebih baik daripada memaksakan diri dalam kondisi tidak produktif seperti itu. Tapi jangan jadikan ini sebagai kebiasaan karena tidur siang adalah salah satu penyebab insomnia di malam hari. Dan harap berhati-hati, karena tidur siang di kantor juga tidak sehat untuk kesehatan ketika ketahuan oleh atasan.

 

 

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

1 jawaban

  1. thanks ya, artikel ini menjawab kenapa saya sering mengantuk kalau habis makan

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*