Home » Asmara » 5 Cara Menghadapi Pacar yang Kekanak-Kanakan

5 Cara Menghadapi Pacar yang Kekanak-Kanakan

menghadapi-pacar-yang-kekanak-kanakanBanyak orang yang menghindari tugas baby sitting, karena tidak semua orang memang punya kesabaran yang cukup untuk menangani anak-anak. Kamu memang bisa melarikan diri dari babysitting adik atau kemenakan kamu. Tapi bagaimana kalau pacar kamu sendiri punya sifat seperti anak-anak? Kamu tidak bisa melarikan diri tapi juga tidak bisa menanganinya dengan tendangan putar. Bingung kan?

Pacar yang kekanak-kanakan bukan sebuah hal yang langka ditemukan. Sikap tidak dewasa datang dari ketidakmampuan kita mengendalikan ego dan emosi. Ini kenapa setiap orang dewasa punya kecenderungan untuk bersikap tidak dewasa. Yang menjadi pembedanya cuma seberapa parah sikap tidak dewasa seseorang dan seberapa sering itu terjadi.

Pacar kamu mungkin bersifat kekanak-kanakan karena sesuatu hal. Tapi yang pasti, berurusan dengan pacar seperti ini dalam waktu yang lama bisa bikin kamu kena penyakit darah tinggi atau serangan jantung ringan, KALAU kamu tidak tau caranya. Jadi daripada mati muda karena jengkel, berikut ini 5 cara menghadapi pacar yang kekanak-kanakan dengan bijak.

1. Analisa

Kenapa hujan turun, kenapa bumi berputar, kenapa ada kecoak yang bisa terbang sampai kenapa Ahmad Dhani menjengkelkan, semua ada penyebabnya. Begitu juga pacar kamu yang kekanak-kanakan, pasti ada asal-muasal penyebab kenapa dia bisa seperti itu. Dan ini yang harus kamu analisa dulu sebagai pacar yang baik.

Kebanyakan orang dewasa bersikap kekanak-kanakan karena datang dari latar belakang orangtua yang suka memanjakan anak. Mereka tidak pernah merasa kecewa karena  mereka mendapatkan semua yang mereka mau, kapanpun mereka inginkan. Dan karena kekecawaan adalah bagian dari proses pendewasaan, mereka tidak pernah ada dalam fase ini.

Atau bisa juga pacar kamu seperti itu karena anak cewek satu-satunya, atau karena kurang perhatian dari orangtua, atau bahkan karena dibesarkan oleh single parent. Ada banyak anomali yang bisa menjadi penyebab sifat kekanak-kanakan seseorang. Dan penyebab ini perlu kamu ketahui untuk mengenal dan mengerti pacar kamu lebih dalam.

2. Lebih Pengertian

Setelah kamu menemukan apa yang kira-kira menjadi penyebab sifat kekanak-kanakan si doi, ini bisa sangat membantu kamu untuk menjadi lebih pengertian. Karena tidak semua sifat kekanak-kanakan doi harus selalu diladeni dengan keras atau tegas. Pada akhirnya memang kita akan membantu si doi untuk mengenali sifat kekanak-kanakannya sendiri secara tegas. Tapi untuk saat ini, kita belum sampai ke fase itu.

Pengertian berarti memberikan apa yang dibutuhkan si doi berdasarkan analisa yang kamu lakukan di poin sebelumnya. Misalnya, jika si doi kekanak-kanakan karena kurang kasih sayang Ayah, jadilah sosok yang mengayomi dia untuk setidaknya memberikan sedikit peran Ayah dalam kehidupannya. Kalau misalnya si doi kekanak-kanakan karena terlalu dimanja oleh orangtuanya, tampakkan kesan bahwa dia tidak akan mendapatkan semua yang dia mau dari kamu. Pengertian berarti memberikan apa yang si doi butuhkan, bukan apa yang si doi inginkan.

Pacar yang kekanak-kanakan, terkadang harus juga diladeni seperti cara kita meladeni anak-anak. Dan layaknya anak-anak, terkadang kita harus menggunakan janji atau pemberian untuk sekedar menenangkan mereka. Dan ini tidak masalah dilakukan, asalkan tidak selalu menjadi pilihan sampai si doi kebiasaan. Di artikel soal menghadapi cewek ngambek sudah saya sebutkan bahwa salah satu caranya adalah membujuk dengan pemberian kado. Tapi cara tersebut sebaiknya cuma digunakan saat cara yang lain tidak berhasil dan itupun tidak sebaiknya dijadikan kebiasaan. Karena seperti layaknya anak-anak, pacar kamu juga bisa jadi pacar yang manja dan pacar yang manja adalah bencana buat dompet, bung!

3. Bersikap Dewasa

Sebuah hubungan tidak akan berhasil kalau keduanya punya kecenderungan yang sama. Misalnya, pasangan yang dua-duanya pemarah, pasangan yang dua-duanya cuek, pasangan yang dua-duanya kekanak-kanakan, pasangan yang dua-duanya ambeyen (heh?) atau apapun itu.

Hubungan percintaan bukan tempat untuk mempermasalahkan perbedaan, tapi justru tempat untuk saling mengisi dalam kekurangan. Jadi kalau pacar kamu kekanak-kanakan, tidak ada pilihan lain kecuali menjadi pacar yang bersikap dewasa. Bersikap dewasa berarti lebih pengertian dan lebih sabar saat cewek kamu sedang bersikap seperti anak di bawah 5 tahun.

Kecenderungannya, kamu akan merasa selalu dirugikan memang. Karena di satu sisi, bersikap dewasa juga akan berarti lebih sering mengalah. Terkadang kamu malah harus meminta maaf saat bukan kamu yang sebenarnya bersalah. Atau kamu yang malah harus membujuk saat si doi yang sebenarnya memulai pertengkaran.

Tapi tidak seperti anak kecil, orang dewasa masih bisa menyadari sifat kekanak-kanakannya sendiri. Dan salah satu cara membuat mereka menyadarinya adalah dengan memperlihatkan mereka cara bersikap dewasa.

4. Memberi Pengertian

Pada dasarnya, pacar yang kekanak-kanakan punya masalah dalam mengontrol emosi dan egonya. Ini membuat mereka susah diajak berdiskusi karena kecenderungan ingin menang sendiri. Dan ini juga yang membuat mereka susah dihadapi saat bertengkar karena egonya membuat mereka lebih sulit mengakui kesalahan dibandingkan orang-orang kebanyakan.

Tapi setelah kamu berhasil menenangkan situasi dengan bersikap dewasa, coba beri si doi pengertian bahwa apa yang dia lakukan adalah sifat yang kekanak-kanakan. Komunikasikan dengan baik seperti apa seharusnya dia menyikapi masalah yang sama ketika terjadi lagi nantinya, atau komunikasikan apa yang harus dia lakukan untuk menghindari masalah yang sama terjadi lagi.

Bahkan pacar yang paling egois sekalipun punya sisi lembut yang akan mendengarkan nasehat kamu, selama kamu mengkomunikasikannya dengan baik. Tapi pastikan si doi sudah dalam keadaan tenang dan tidak lagi marah saat memberikan dia pengertian. Jika si doi mengerti apa yang kamu maksud, si doi akan minta maaf tanpa harus kamu minta.

5. Tegas Saat Dibutuhkan

Ketika pengertian sudah kamu berikan dan ketika sikap dewasa sudah kamu tampakkan tapi si doi masih saja bersikap kekanak-kanakan, sudah waktunya untuk bersikap tegas. Tegas disini tidak berarti membentak atau menggunakan kekerasan fisik ya. Ngambek ke pacar juga adalah salah satu bentuk ketegasan sebenarnya, walaupun dalam bentuk yang paling primitif.

Pada intinya, tunjukkan kepada si doi bahwa kamu tidak senang dengan apa yang dia lakukan. Jangan tunjukkan tanda-tanda bahwa kamu akan meminta maaf atau membujuk lebih dulu. Biarkan si doi sendiri untuk sementara waktu tanpa perhatian dan kasih sayang dari kamu biar si doi bisa berintrospeksi sendiri. Dalam situasi tertentu, diam adalah teguran yang paling keras. Dan ini adalah salah satu situasi yang tepat untuk itu.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*