Home » Asmara » 13 Cara Atasi Cemburu yang Berlebihan

13 Cara Atasi Cemburu yang Berlebihan

cara mengatasi cemburu berlebihanCemburu adalah bumbu-bumbu cinta yang wajib ada dalam sebuah hubungan romantis antara dua insan mamalia yang mengaku diri manusia. Kalau kamu cemburu, itu tanda bahwa kamu sayang sama si doi. Dan segoblok-gobloknya doi kamu itu, ia pun pasti tau bahwa cemburu adalah tanda-tanda cinta (kalau masih gak tau juga berarti autis deh). Jadi cemburu lah, wahai umat manusia.

Tapi…

Semua hal yang kedengaran bagus memang selalu ada “tapi”nya. Cemburu memang layak kamu pertahankan dalam hubungan percintaan demi menyulut api cinta dari waktu ke waktu (wekh!). Tapi ada cemburu yang sifatnya lebih seperti air comberan yang tidak cuma bau, tapi juga mematikan api cinta. Cemburu yang saya sebut dengan cemburu lebay, atau cemburu buta, alias cemburu berlebihan.

Kalau kamu cemburu karena doi jalan berdua dengan orang yang lebih keren, itu wajar. Tapi kalau kamu cemburu karena si doi jalan berdua dengan sepupunya yang tonggos, itu aneh. Kalau kamu cemburu karena si doi ngobrol sama SPG cantik nan genit, itu sah-sah aja. Tapi kalau kamu cemburu karena si doi nganterin nyokap kamu ke pasar, kamu gila! Udah tau kan “yin dan yang” nya cemburu ini?

Di artikel ini, saya akan coba bantu kamu agar bisa mengatasi cemburu yang bagaikan air comberan itu tadi. Baik itu cemburu karena alasan yang tidak jelas ataupun cemburu yang keseringan sampai bikin doi kamu jadi eneg. Artikelnya lumayan panjang, karena disini saya menuangkan jiwa dan raga saya untuk menulis. Ini bukan sekedar tips, tapi panduan hidup… (lebay!)

Kenapa Mengatasi Cemburu Berlebihan Itu Penting?

Manusia adalah makhluk sosial, dimana dalam berhubungan dengan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari adalah kepastian yang tidak bisa terelakkan lagi. Saat kamu lagi dimabuk cinta, rasa egois sepertinya tidak mengizinkan si doi untuk dekat-dekat dengan lawan jenis lain. Padahal kadang-kadang, si doi tidak punya pilihan lain kecuali berhubungan dengan lawan jenis yang mungkin lebih kaya, lebih waras, dan lebih keren daripada kamu (karena tuntutan pekerjaan, misalnya).

Rasa egois tentunya tidak akan mengizinkan kamu mengalah. Tapi kalau kamu memilih untuk berkeras, berarti kamu harus menemukan pasangan yang rela menerima kamu apa adanya, dan rela hidup dalam hubungan yang serba terkekang dan serba salah. Setau saya, kebanyakan orang tentunya tidak mau hidup dalam hubungan percintaan yang lebih mirip neraka seperti itu hehe..

Jadi cemburu buta yang lebay memang layak dibunuh demi kelangsungan masa depan kehidupan percintaan kamu.

Tanpa si basa dan si basi lagi, kita langsung lompat ke poin pertama.

Tips Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan

  • Akui Alasan Cemburu

akui-rasa-cemburuPertama dan yang paling berat adalah mengakui alasan cemburu kamu. Kenapa? Karena cemburu yang lebay dan cemburu buta punya satu kesamaan: sama-sama tidak punya alasan. Masalahnya, memang susah mengakui alasan kenapa kamu harus cemburu. Tapi dengan mengakuinya, kamu bisa menelaah apakah cemburu kamu itu perlu atau tidak.

Biar gampang dimengerti, saya kasih contoh. Misalnya kamu cemburu karena cewek kamu hari ini diantar pulang oleh teman cowoknya. Nah, sekarang tanyakan pada diri kamu, apa sebenarnya alasan kamu cemburu? Apakah karena cowok itu lebih ganteng? Apakah karena cowok itu lebih tajir? Atau apakah karena dua-duanya?

Mengakui alasan kecemburuan kamu kadang-kadang sama dengan mengakui keunggulan orang lain yang membuat kamu merasa tidak aman. Tentu saja, mengakui kelebihan si pihak ketiga adalah hal yang sulit dilakukan. Tapi percayalah, dengan mengakui hal-hal tersebut, kecemburuan kamu tidak akan berlebihan alias lebay. Kita lompat ke poin berikutnya.

  • Logiskah Untuk Cemburu?

logiskah-untuk-cemburuKalau kamu sudah membaca dengan seksama dan sudah meresapi poin nomer satu di atas dengan segenap jiwa (bah!), berarti sekarang kamu sudah punya beberapa alasan di kepala tentang kenapa kamu cemburu. Sekarang, tarik napas dalam-dalam dan tahan sampai pingsan, hembuskan perlahan dan tanyakan ini pada diri kamu: “Logiskah Untuk Cemburu?”

Logis tidaknya alasan kecemburuan kamu bisa dilihat dari banyak faktor, misalnya siapa sosok pihak ketiga yang kamu cemburui, berapa lama usia hubungan kamu dengan si doi, bagaimana kondisi hubungan kamu dengan si doi belakangan ini, apakah doi pernah selingkuh sebelumnya dan sebagainya. Ketika kamu sedang diserang virus cemburu buta, terkadang kamu lupa dengan fakta-fakta yang sebenarnya bisa membuat kecemburuan kamu itu tidak logis. Nah, kecemburuan yang tidak logis itulah yang dilabeli cemburu berlebihan alias cemburu buta. Di poin-poin berikutnya akan saya coba ingatkan beberapa faktor yang mungkin tidak kamu ingat karena demam cemburu kamu.

  • Yakini Kualitas si Doi

yakini-kualitas-si-doiMemilih pasangan berdasarkan harta, tampang, ataupun status sosial adalah sebodoh-bodohnya cara untuk memilih pasangan. Saya yakin para pembaca setia cararahasia adalah orang-orang yang pintar, alim, murah hati dan keren, tidak mungkin memilih pasangan dengan dasar yang dangkal seperti itu… iya kan?

Kualitas diri doi tentunya adalah alasan kuat kenapa kamu memilih dia sebagai pasangan kamu saat ini diantara jutaan pilihan lainnya (atau karena cuma si doi yang mau ama kamu?). Nah, kalau kamu yakin bahwa si doi adalah orang yang tepat, berarti kamu yakin si doi akan tetap mendampingi kamu apapun godaan dan rintangan yang melintang. Lalu kenapa sekarang harus cemburu?

  • Yakini Kualitas Hubungan Kamu

yakini-kualitas-hubunganCemburu berlebihan adalah sebuah tanda bahwa kamu tidak yakin akan kualitas hubungan kamu dan kesetiaan si doi. Pada dasarnya, setiap hal yang bisa membuat kamu cemburu adalah godaan dalam sebuah hubungan, apalagi pihak ketiga. Tapi jika dalam hubungan kamu selalu menjaga keterbukaan, kejujuran dan kedewasaan, rintangan dan godaan seperti pihak ketiga jadi tidak lebih berbahaya daripada setoples kripik kentang kadaluarasa.

Tapi kalau dalam hubungan sudah pernah terjadi kebohongan, pernah ada hal yang ditutup-tutupi, terjadi saling kekang-mengekang, maka wajar saja kalau kamu tidak yakin dengan kualitas hubungan kamu. Nah, tidak ada yang lebih tau kualitas hubungan kamu kecuali kamu sendiri, si doi dan Tuhan. Sekarang, tanyakan pada diri kamu: Apakah kamu yakin dengan kualitas hubungan kamu? Kalau jawabannya ya, maka tidak ada alasan untuk cemburu. Tapi kalau jawabannya tidak, rasanya tidak ada alasan untuk mempertahankan hubungan… iya kan?

  • Percaya Diri

percaya-diriSalah satu alasan lain terjadinya cemburu berlebihan adalah ketidakpercayaan diri. Mengatasi rasa cemburu yang berlebihan ini memang seharusnya dimulai dari diri sendiri dulu. Pada poin pertama tentunya kamu sudah punya alasan kenapa kamu cemburu. Kalau kecemburuan kamu datang karena adanya pihak ketiga, belum tentu si pihak ketiga itu memang punya kualitas yang lebih daripada kamu. Mungkin saja kamu yang tidak percaya diri sehingga tidak bisa melihat kelebihan kamu sendiri.

Ingat bahwa semua orang punya kelebihan yang tampak, tapi tidak semua orang memperlihatkan kekurangannya. Kalau kamu merasa cemburu karena pihak ketiga punya kelebihan-kelebihan yang patut dikhawatirkan, ingat bahwa ia tentunya juga punya kekurangan yang tidak kamu ketahui. Tidak adil jika kamu memperbandingkan kelebihan orang-orang dengan kekurangan yang kamu miliki. Tentu saja kamu kalah telak!

Kalau kamu bisa menghargai kelebihan-kelebihan kamu sendiri dan menyadari adanya kekurangan-kekurangan orang lain, rasanya tidak ada yang perlu kamu cemburukan.

  • Komunikasikan

yang-penting-komunikasiTidak ada yang lebih menjengkelkan daripada orang yang ngambek, setidaknya menurut saya. Si doi tentu menyadari ada hal yang aneh dengan kamu saat bersama si dia, tapi setiap ditanya kamu dengan juteknya cuma bilang “gak apa-apa kok”. Ini betul-betul membetekan, tidak cuma buat si doi tapi juga buat kamu.

Pertama, ngambek itu adalah bentuk komunikasi yang paling tidak dewasa yang bahkan tidak dilakukan oleh simpanse sekalipun saking kekanak-kanakannya. Ngambek itu seperti memaksa pihak kedua untuk berpikir apa yang salah sementara si pihak kedua memang belum tentu salah. Kalau kamu ngambek, masalah yang sebenarnya bisa terselesaikan jadinya tertunda, apalagi kalau si doi orangnya cuek dan kurang peka. Kedua, bisa terjadi perang dahsyat karena kamu meledak saat merasa ambekan kamu dicuekin, atau si doi yang meledak karena eneg sama ambekan kamu. Mau pilih kemungkinan pertama atau kedua, sama-sama gak enak.

Cemburu memang layak dikomunikasikan secara baik-baik dan dewasa ke pasangan kamu. Biar si doi tau kalau kamu memperhatikan dan si doi tau kalau kamu sayang ke dia. Kalau kamu serius dalam berhubungan, komunikasi yang baik selalu menjadi solusi untuk setiap masalah. Komunikasi adalah tiang sebuah pernikahan yang sudah lama dan menjemukan, apalagi cuma untuk hubungan pacaran.

  • Ambil Pelajaran

ambil-pelajaranSelalu ada pelajaran yang bisa dipetik dari setiap kejadian. Setelah rasa cemburu kamu terselesaikan dengan komunikasi yang apik dengan si doi, saatnya memetik poin-poin penting dari kejadian ini.

Misalnya, apakah memang ada yang kurang dalam hubungan kamu yang membuat kamu mudah cemburu buta kepada pihak ketiga? Atau apakah memang kamu harus lebih berlapang dada untuk pergaulan si doi karena rasa percaya kamu untuk dia? Tapi ingat, apapun nilai yang bisa kamu petik kemudian bukan untuk menghindari rasa cemburu yang akan datang kedepannya, karena cemburu itu wajib ada diantara insan yang saling menyayangi. Tapi pelajaran yang kamu petik seharusnya bisa membuat rasa cemburu kamu tidak berlebihan yang harus menyebabkan pertengkaran dan kerusakan terhadap hubungan kamu kedepannya.

  • Kembangkan Diri Kamu

percaya diriCemburu memang adalah bumbu-bumbu wajib cinta. Tapi kebanyakan cemburu buta juga bisa bikin kedua belah pihak stress dan pada akhirnya terlalu lelah untuk melanjutkan hubungan. Jadi ada baiknya kamu mulai menekan frekuensi cemburu agar tidak terlalu sering terjadi dan tidak bikin eneg si doi.

Ingat bahwa salah satu faktor besar yang sering membuat seseorang cemburu, khususnya cemburu kepada pihak ketiga, adalah kurangnya percaya diri. Nah, orang yang tidak percaya diri adalah orang-orang yang sadar betul akan kekurangan-kekurangannya, tapi lupa betul akan kelebihan-kelebihan yang sebenarnya ia punya.

Untuk menekan frekuensi cemburu berlebihan, pertama-tama kembangkan diri kamu. Kamu tentu sadar dengan kekurangan kamu sendiri, kamu bahkan benci dengan beberapa kekurangan kamu. Lakukan segala cara untuk mengembangkan diri agar kamu dapat merasa lebih nyaman untuk menerima kekurangan kamu. Pengembangan diri ini tidak mudah dan tentunya terlalu panjang untuk saya tuliskan khusus disini. Khusus untuk cara pengembangan diri nantinya akan saya paparkan secara khusus diartikel tersendiri. Jadi sabar ya :)

  • Lakukan 10x Lebih Baik

lakukan 10 kali lebih baikSalah satu cara pengembangan diri yang paling cepat, dan juga cara atasi rasa cemburu berlebihan dalam hubungan adalah dengan menggunakan kecemburuan itu sebagai motivasi untuk berkompetisi. Ini khususnya terjadi jika hal yang kamu cemburui adalah pihak ketiga.

Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, rasa cemburu kepada pihak ketiga datang karena kamu melihat si pihak ketiga ini punya kelebihan-kelebihan yang membuat kamu patut merasa khawatir. Disinilah pentingnya sifat kompetitif seseorang. Dalam kondisi ini, kamu bisa menggunakan rasa cemburu itu untuk memotivasi diri kamu mengembangkan diri untuk melampaui kelebihan pihak ketiga tersebut. Gunakan segala cara untuk membuat diri kamu lebih baik. Karena dengan begitu, secara tidak langsung kamu akan membuat si pihak ketiga kelihatan jelek dan kehilangan kualitasnya.

Konsepnya sederhana: “Kenali kelebihan si pihak ketiga, dan lakukan 10 kali lebih baik!”
Well, tentunya akan lebih sulit dilakukan daripada dikatakan. Tapi kamu punya rasa cemburu sebagai motivasi, sementara si pihak ketiga tidak punya apa-apa.

  • Simpan, Pendam, Matikan

simpan-pendam-matikanHarus diakui, beberapa orang memang terlahir sebagai pencemburu. Terkadang tidak ada alasan bagi seseorang untuk cemburu, karena ia sendiri tau kalau dia jauh lebih baik dan lebih berkualitas daripada pihak ketiga yang ia cemburui. Tapi tetap saja, rasa cemburu berlebihan itu tetap datang dan merusak harmonisnya hubungan. Tenang, ini tidak berarti kamu psikopat ya (mudah-mudahan).

Manusia memang dikaruniai otak agar dapat menyelesaikan semua masalahnya dengan solusi yang logis. Tapi kecerdasan manusia bisa ditelan oleh emosi yang lebih cenderung mendatangkan masalah tanpa memberikan solusi. Masalahnya, persoalan cemburu ini lebih dekat dengan faktor emosional jadi wajar saja kalau rasa cemburu kamu terkadang tidak logis sama sekali.

Kalau ternyata kamu adalah pacar yang posesif dan pencemburu, ini adalah masalah serius tentunya. Konsep yang harus kamu latih adalah “simpan, pendam, matikan”. Memang sulit menahan luapan emosi saat cemburu. Rasanya mau mencelupkan kepala ke baskom air raksa atau menenggak sekaleng sianida murni kan? (Saya bukannya menyarankan ya) Tapi ada beberapa cara biar kamu bisa mensukseskan program “simpan, pendam dan matikan” ini:

1. Curhat ke orang yang kamu percaya. Ingat, bahwa curhat itu bukan untuk cari solusi karena sebenarnya solusi terbaik datang dari orang yang paling tau masalahnya, yang tidak lain dan tidak bukan adalah kamu sendiri. Curhat cuma untuk buang uneg-uneg ke seseorang yang berusaha pura-pura peduli. Tapi ingat, jangan curhatnya sama pacar sendiri. Ini bukan disimpan namanya.

2. Setelah luapan emosi kami dilepaskan ke seseorang yang pura-pura peduli lewat curhat tadi, kamu seharusnya sudah bisa terlihat normal di depan pacar kamu. Tidak perlu ada ambekan dan sebagainya.

3. Waktu adalah obat paling mujarab untuk setiap rasa sakit (kecuali kalau berakhir mati tentunya), tapi dengan terus “simpan dan pendam”, tentunya rasa sakit karena cemburu yang tidak perlu itu akan mati dengan sendirinya. Jika kamu sudah terlatih dengan konsep “simpan, pendam, matikan” ini, kamu bisa mensortir mana kecemburuan yang pantas kamu komunikasikan dengan si doi dan mana rasa cemburu yang pantasnya dibunuh saja.

Mata saya sudah menyembul dan jari-jari tangan saya sudah mengkribo, ini berarti saatnya saya undur diri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang suka cemburu buta. Ciao!

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

10 jawaban

  1. romah

    iya pacar gw juga suka cemburuan. makasih tipsnya admin

  2. nabinuh

    pacar aku cemburunya bukan sm org lain tp sm aktivitas aku dgn teman teman. katanya aku lebih sering abisin waktu ama teman daripada sama dia gitu. gimana?

  3. TompelBeracun

    mantap bener artikelnya mimin :)

  4. makasih infonya mimin. soalnya gw juga salah satu org yang termasuk suka cemburuan. artikelnya bermanfaat sekali

  5. Rombeng

    makasih infonya min

  6. elfi

    cemburu yang berlebihan emang bisa jadi penyakit buat pasangan. apalagi kalau hubungan udah lama. aku tau soalnya dulu pacar aku pencemburu kelas tinggi. kemana-mana ama temen-temen aja cemburu. katanya aku lebih sering abisin waktu dengan teman ketimbang ama dia. hubungan rasanya jadi kayak neraka. harapan aku, mudah-mudahan semua orang yang merasa sering cemburuan bisa baca artikelnya mimin karena lengkap sampai alasan kenapa cemburu berlebihan tidak baik juga dijelaskan. salut buat tulisannya.

  7. tumewu

    gw juga pernah ngerasain jadi orang yang suka cemburu. dan gw jadi org kayak gini lama banget soalnya dulu gak tau cara mengatasi rasa cemburu gw sendiri. udah banyak pacar yang jadi korban lantaran gw emang gak bisa nempatin rasa cemburu gw secara logis. tapi yah, kata admin emang ini susah soalnya persoalan cemburu itu berhubungan banget dgn emosional. tapi apa pacar kita mau ngerti? apa kita selalu mau berharap pacar kita yang ngerti? gak bisa juga kan?

    kita sebgai lakilaki harus menempatkan diri di posisi sebagai pemimpin di dlm hubungan. soal cemburu yg tepat atau gak, seharusnya kitalah sebagai cowok yg bisa membimbing pacar kita untuk cemburu dgn alasan yg logis. dgn dasar ini gw memutuskan untuk belajar cara mengatasi kecemburuan yang selalu lebay itu. akhirnya berhasil dgn perjuangan panjang. buat kalian2 yang berusaha utk berubah beruntunglah sudah ada artikel yang lengkap banget buat kalian. metode yang dulu gw lakuin gak beda-beda jauh dengan tips dari admin malah lebih lengkap artikelnya. jadi gw yakin banget temen-temen yang mau belajar jadi pacar yang dewasa bisa berubah karena artikel ini. makasih admin buat infonya

  8. Untari88

    perasaan gw aja apa emang poinnya kurang ya?? hehe

  9. luvfist

    org yang kayak gini mah bukannya cemburuan aja,, tapi nyaris gila kali

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*