tanda cowok tidak setiaSalah satu masalah yang paling sering bikin hubungan percintaan berakhir seperti perang dunia adalah perselingkuhan. Saat ini terjadi dalam hubungan kita, kita lebih sering menyalahkan si pihak ketiga. Padahal belum tentu si pihak ketika tau bahwa pacar kita udah punya pacar.

Ada kasus dimana pacar selingkuh karena kamu sendiri. Sebelumnya sudah pernah saya tuliskan penyebab cowok selingkuh dan penyebab cewek selingkuh. Tapi pada kebanyakan kasusu, kamu dengan sialnya memang dapat pacar yang tidak setia. Dan kalau pacar kamu memang bukan tipe pacar yang tidak setia, perselingkuhan cuma tinggal menunggu waktu aja.

Tapi pacar yang tidak setia itu punya tanda-tanda yang bisa diidentifikasi sejak awal, bahkan sebelum perselingkuhan terjadi. Pada artikel ini akan saya bantuk kalian, khususnya cewek, untuk mengenali tanda-tandanya.

Artikel ini tidak berarti penghianatan buat kamu-kaum Adam. Karena buat cowok saya sudah sempat tuliskan artikel cara agar tidak kedapatan selingkuh. Biar fair, kali ini biar saya bantu cewek-cewek waspada sama ninja-ninja selingkuh hehe.

Saya sendiri juga pernah berada dalam posisi sebagai cowok yang tidak setia, jadi saya tau betul kecenderungan umum yang kami miliki sebagai cowok ketika hubungan percintaan di kepala kami hanya seperti petualangan.

Berikut ini adalah 15 tanda dan ciri cowok kamu tidak setia. Jangan gunakan info ini untuk menuduh, tapi gunakan sebagai pegangan untuk was-was aja.

1. Gak Bisa Diajak Spontan

Sialnya buat cewek, cowok yang tidak setia itu adalah cowok-cowok yang sangat mahir mengorganisir. Cowok seperti ini mahir mengatur waktu untuk pacar, untuk teman dan untuk calon cewek baru. Dan karena ini juga, mereka paling anti diajak berspontan ria.

Mereka susah diminta untuk melakukan sesuatu secara dadakan. Ini karena cowok yang tidak setia harus memastikan dulu bahwa gebetan atau cewek-cewek lain di hpnya tidak mengirim pesan selama dia lagi jalan bareng pacarnya.

Coba kamu tes dulu pacar kamu dengan ajakan yang spontan. Misalnya kamu tiba-tiba minta ditemani jalan, nonton atau makan. Penolakan mereka biasanya masuk akal dengan mengatasnamakan pekerjaan, tugas kuliah atau urusan keluarga. Jadi tidak perlu langsung dipaksakan.

Berikutnya, coba perhatikan jadwal kerja atau kuliah cowok kamu. Pilih tanggal dimana kamu bisa memastikan bahwa cowok kamu sedang tidak terikat pekerjaan, tugas kuliah ataupun urusan keluarga. Kemudian lemparkan ajakan jalan dengan tiba-tiba dan lihat reaksinya. Kalau cowok kamu masih saja berusaha mencari alasan yang mengada-ngada, sudah sepantasnya kamu curiga neng.

2. Mata Jelalatan

Oke, kita pakai analogi biar gampang. Semua cowok itu seperti kucing. Dan cewek yang berpinggul dan berdada “extra” terlihat seperti ikan yang gemuk di mata kami. Ini bukannya ngeres, tapi sudah insting bawaan setiap insan yang mengaku cowok sejak lahir. Maklum, kami mengemban tugas untuk memastikan spesies manusia tidak punah. Makanya kami diciptakan seperti ‘kucing lapar’ hehe…

Oh jadi cowok cuma doyan cewek yang berisi gitu? Terus kami cewek-cewek yang kurus gimana dong?

Oh, gapapa. Kamu gak harus jadi ‘ikan gemuk’ untuk dapat perhatian kucing. Karena namanya juga kucing, ikan kering pun kami embat kok (peace).

Kembali ke topik. Walaupun semua cowok punya ketertarikan yang hebat ke cewek secara fisik, tapi ada kode etik dimana kami harus jaga mata ketika sedang bersama pacar. Ketika sedang bersama sang pacar, mata dan perhatian kami cuma untuk si doi, dan menjaga mata ini bukan sesuatu yang sulit. Kecuali buat cowok yang tidak setia alias hidung belang.

Salah satu ciri cowok yang tidak setia adalah mereka yang tidak mampu menjaga matanya saat sedang jalan bareng ceweknya. Kalau mata cowok kamu sering jelalatan saat kamu lagi jalan bareng, ini adalah bentuk ketidakmampuan dia menahan diri demi kamu. Kalau di depan kamu aja si doi sudah tidak mampu menahan diri, kira-kira gimana di belakang?

3. Gampang Akrab Sama Cewek

Status pacar selalu datang sepaket dengan kewajiban untuk menjaga jarak dengan lawan jenis yang lain. Ini bukan kode etik khusus cowok ataupun khusus cewek aja, tapi kode etik setiap mahkluk yang berani menyebut diri manusia beradab.

Semua cowok punya kelemahan yang sama ketika bicara soal lawan jenis. Dan karena kelemahan ini, cowok wajib menjaga jarak dengan cewek lain ketika sudah dalam komitmen pacaran. Tapi tidak demikian dengan cowok-cowok yang tidak setia.

Mereka juga tau betul kelemahan umum cowok yang bisa bikin mereka terjerumus perselingkuhan, tapi ini tidak cukup untuk membuat mereka menjaga jarak dengan cewek lain. Karena pada dasarnya memang, mereka sendiri yang mencari-cari kesempatan buat selingkuh.

Kamu boleh berkilah dengan bilang “Ah, cowok aku emang supel makanya punya banyak temen cewek

Tapi faktanya, cowok yang sebenar-benarnya cowok tidak bergaul dengan cewek untuk ‘bersahabat’. Karena cowok tulen tidak akan 100% nyambung dengan cewek manapun itu, termasuk kamu sebagai pacarnya sendiri. Yang bisa menjadi sahabat sejati seorang cowok cuma cowok lain, dan ini adalah hukum alam.

Kalau cowok kamu punya banyak sahabat cewek ketimbang cowok, cuma ada 2 kemungkinan: cowok kamu tidak setia atau cowok kamu banci. Dua-duanya sama gak enaknya.

4. Tidak Jujur

Saya pribadi tidak bisa mentoleransi kebohongan dalam hubungan, apapun bentuknya. Karena fondasi sebuah hubungan adalah kejujuran, dan tanpa fondasi hubungan bakal rubuh kayak bangunan murah…. kecuali fondasinya pakai cakar ayam kualitas tinggi dengan batu gunung pilihan dan ketebalan semen campuran 1 – 1 yang diracik pakai mesin (heh?)

Oke, analoginya mungkin rada gak nyambung. Tapi intinya, tidak jujur adalah pangkalnya selingkuh dan ini adalah ciri-ciri utama seorang cowok yang tidak setia dalam hubungan.

Kalau pacar kamu sudah pernah ketahuan bohong, apalagi soal yang berhubungan dengan cewek lain, sudah sewajarnya kamu meninjau ulang hubungan kamu.

Tapi setelah sekian lama, cowok aku baru bohong sekali. Gimana dong?

Sekali saja bohong, seseorang jadinya punya kecenderungan untuk terus berbohong. Jadi pacar kamu BUKAN baru sekali bohong, tapi baru sekali KETAHUAN bohong. Artinya, cowok kamu emang jago bohong karena setelah sekian lama si doi baru ketahuan satu kali. Nah, setelah melihat dari sudut pandang ini, masih mau lanjut?

5. Tidak Transparan Soal HP

Banyak orang yang tidak mau terbuka soal hal-hal tertentu saat pacaran, salah satunya dalam persoalan hp. Katanya “HP adalah hal yang privasi. Nanti kalau udah merit baru boleh main cek-cek HP.” Dan konyolnya, mereka berdalih bahwa hubungan yang tidak transparan ini adalah bentuk hubungan yang ‘dewasa’ (preeet).

Kalau memang tidak ada yang perlu disembunyikan, kenapa pacar sendiri aja tidak boleh cek HP kita? Iya kan?

Ini adalah dalih paling umum yang dipakai oleh cowok-cowok yang tidak setia. Dan SEMUA teman-teman sepergaulan saya yang berlabel cowok hidung belang memberlakukan larangan ‘cek HP’ ini ke pacarnya. Dan yang juga pernah saya berlakukan di hubungan-hubungan saya waktu masih jaman jahiliyah dulu hehe…

Segala bentuk kebohongan dan ketidaksetiaan ada di dalam HP seorang cowok yang tidak setia. Mungkin berupa chat dengan cewek lain, mungkin foto dengan cewek lain, atau mungkin video mesum jalan bareng sama cewek lain. Apapun bentuknya.

Itulah kenapa HP adalah tempat paling privasi buat mereka dan tempat haram khususnya buat makhluk-makhluk yang mereka sebut pacar. Jadi saya tidak menyarankan kamu untuk percaya bahwa semua cowok itu anti dengan ritual cek-cek HP. Aturan itu cuma terbatas buat cowok-cowok idung belang yang salah satunya mungkin baru aja jadian ama kamu hehe

6. Lambat Balas Komunikasi

Salah satu tanda cowok tidak setia adalah suka telat balas komunikasi. Apapun bentuknya, mulai dari chat, sms, telepon, radio, kode morse, telepati, macam-macamlah pokoknya. Terutama justru di jam-jam dimana mereka seharusnya sudah tidak terikat jam kerja atau perkuliahan. Aneh kan?

Sebenarnya ada 2 tipe cowok yang umumnya ditemukan di era komunikasi modern sekarang ini. Sebagian besar cowok selalu sibuk dengan hpnya karena mulai dari urusan pekerjaan, pertemanan, pacaran sampai keluarga semuanya terkumpul di sana. Tapi ada juga sebagian kecil cowok yang suka menelantarkan hp karena benci dengan komunikasi digital tanpa tatap mata, contohnya saya dan beberapa teman yang saya kenal.

Nah, kalau pacar kamu orangnya memang seperti sebagian kecil cowok yang benci sosmed, telat balas komunikasi itu wajar-wajar aja. Tapi kalau cowok kamu adalah satu dari sebagian besar cowok yang berlabel ‘zombie gadget‘, terlambat balas komunikasi itu patut dipertanyakan.

Kenapa?

Karena pada kebanyakan kasus, cowok dengan sengaja tidak membalas chat atau sms dari pacarnya untuk menghindari ajakan-ajakan tiba-tiba (yang saya sebutkan di poin 1 tadi), saat dia lagi sibuk sama cewek lain. Baik itu sibuk komunikasi lewat hp dengan cewek lain atau bahkan lagi jalan dengan cewek lain.

Untuk menghindari ini, kamu sebaiknya punya kerabat dekat cowok kamu yang bisa dihubungi saat si doi lambat balas chat. Sekedar untuk memastikan si doi sedang ngapain saat dia sedang tidak membalas chat kamu.

7. Terlalu Sering Ngumpul

Ada satu hal yang kebanyakan cewek tidak tau soal cowok. Dan ketidaktahuan mereka ini sering dimanfaatkan oleh cowok-cowok yang tidak setia, termasuk saya dulu (hehe).

Bahwa cowok sebenarnya tidak segila yang cewek pikirkan soal ngumpul-ngumpul. Cowok juga butuh waktu untuk sendirian, mungkin sekedar untuk berdiam diri di kamar main game atau nonton film horor yang rada mesum. Tapi kebanyakan cowok yang tidak setia menggunakan alasan “ngumpul bareng anak-anak” untuk menutupi kegiatan-kegiatan haramnya dengan cewek-cewek lain.

Jadi kalau pacar kamu keseringan ngumpul, kamu sudah patut curiga. Ada baiknya kamu punya orang kepercayaan di dalam lingkaran pergaulan cowok kamu yang bisa diutus jadi detektif cinta. Untuk sekedar memastikan aja.

8. Susah Ditemui Malam Minggu

Rata-rata cuma ada 4 malam minggu dalam sebulan. Bagi kebanyakan cowok, ini jumlah yang sudah bisa bikin eneg untuk ketemuan sama pacar. Tapi ini adalah masalah buat cowok-cowok yang tidak setia, karena mereka butuh lebih banyak malam minggu untuk koleksi cewek-cewek gebetannya.

Cowok yang tidak setia biasanya menjatah malam minggu untuk setiap cewek yang dia dekati. Malam minggu pertama untuk si A, malam minggu kedua untuk si B, dan seterusnya. Malam mingguan dengan pacarnya sendiri juga sudah dijadwalkan dengan baik. Ingat, cowok-cowok yang tidak setia memang punya kemampuan manajemen waktu yang aduhai.

Nah, ini makanya kenapa mereka tidak bisa seenaknya diajak malam mingguan, bahkan sama pacarnya sekalipun. Saat diajak malam mingguan, cowok-cowok ini punya ribuan alasan untuk menolak. Walaupun kedengarannya logis, jangan sampai ini bikin kamu lengah. Kalau cowok kamu susah diajak malam mingguan, sudah sepatutnya kamu curiga.

9. Jarang Menghubungi

Ada cewek yang percaya bahwa cowoknya sangat cuek sampai-sampai jarang menghubungi duluan. Saking cueknya, si cewek yang harus selalu menghubungi lebih dulu. Padahal, secuek-cueknya pembawaan seorang cowok, tidak akan bisa secuek itu ke pacar sendiri sampai-sampai harus selalu dihubungi lebih dulu.

Satu-satunya penyebab kenapa cowok jarang menghubungi pacarnya adalah distraksi. Distraksi bisa disebabkan oleh pekerjaan, tugas kuliah atau urusan-urusan keluarga. Tapi kalau pacar kamu tidak disibukkan oleh pekerjaan, tugas kuliah ataupun urusan-urusan penting lain, kemungkinan besar dia disibukkan oleh cewek lain.

Saya tidak bilang semua cowok yang jarang menghubungi pacarnya sudah jelas tidak setia. Tapi maksud saya, salah satu tanda cowok tidak setia adalah jarang menghubungi pacarnya. Kalau cowok kamu seperti ini, sudah sepantasnya kamu lebih was-was.

10. Punya Banyak Nomer

Saya pribadi tidak melihat adanya alasan untuk punya lebih dari satu nomer, kecuali diharuskan oleh pekerjaan, dikejar oleh penagih utang atau tentunya, punya selingkuhan. Tapi bagi cowok yang tidak setia, selalu ada alasan untuk pakai lebih dari satu nomer. Ini karena selalu ada komunikasi dengan orang lain yang tidak boleh dilihat oleh pacarnya. Jadi satu nomer khusus untuk keluarga, satu nomer untuk pacar, satu nomer untuk teman-teman, satu nomer untuk cewek-cewek lain, satu nomer untuk rentenir, satu nomer untuk band kasidah, satu nomer komunitas loncat tebing, pokoknya gitu aja deh seterusnya…

Pada poin sebelumnya juga sudah saya sebutkan bahwa salah satu ciri cowok tidak setia adalah tidak senang hpnya dicek oleh ceweknya. Kalau ciri tersebut sudah digabungkan dengan ciri pada poin ini, kemungkinan besar cowok kamu punya banyak hal yang dia sembunyikan dari kamu. Dan tidak transparan dalam hubungan adalah tanda bahwa seseorang tidak setia.

11. Punya Banyak Akun Sosmed Palsu

Saya sendiri juga punya akun facebook palsu sebenarnya. Tapi ini lebih kepada tuntutan pekerjaan…. dan sedikit tuntutan stalking tanpa ketahuan (hehe). Tapi intinya, pembuatan akun palsu pasti selalu ada tujuannya. Dan tujuannya adalah sesuatu yang disembunyikan.

Nah, kalau cowok kamu punya satu akun palsu, ini mungkin masih bisa dimaklumi. Tapi kalau pacar kamu punya 5 akun palsu di setiap sosial media, ini sudah patut kamu pertanyakan sebagai pacar. Apalagi kalau cowok kamu menolak memberikan akses ke akun-akun palsu tersebut.

Dari sekian banyak cowok tidak setia yang pernah saya kenal, punya banyak akun sosmed palsu adalah salah satu kesamaan umum yang mereka punya. Mereka punya koleksi cewek-cewek tertentu di masing-masing akun palsunya yang tidak akan bisa ditemukan di akun aslinya. Dengan akun palsu, mereka bisa ‘nyari mangsa’ dengan lebih leluasa tanpa harus takut ketahuan sama si target atau pacarnya sendiri.

12. Sifat Suka Berubah Drastis

Ciri ini khususnya ada pada cowok-cowok yang sudah terlanjur masuk dalam dunia selingkuh. Makanya poin ini sebenarnya lebih tepat sebagai tanda-tanda cowok yang selingkuh. Ada satu hal yang tidak pernah bisa dipelajari dari pengalaman oleh cowok-cowok seperti ini: selingkuh itu bikin stress.

Selingkuh akan bikin seseorang dihantui rasa was-was secara konstan setiap saat. Apalagi saat jalan bareng dengan salah satu pihak, baik itu pacarnya sendiri atau selingkuhannya. Belum lagi pembagian jadwal dan waktu untuk jalan dengan kedua pihak harus sempurna biar tidak ketahuan. Beban pikiran ini pada akhirnya akan bikin depresi dan bikin tidak stabil secara emosional.

Ini yang membuat cowok-cowok yang selingkuh itu seperti cewek yang lagi haid. Kadang-kadang baik, tapi bisa aja tiba-tiba ngamuk karena alasan sepele. Ini karena sebenarnya ada beban pikiran yang terus dia emban dan tidak boleh dibagikan bahkan sama pacar sendiri (ya iyalah).

Jadi kalau cowok kamu suka mood swing, cuma ada 2 kemungkinan: dia gila atau selingkuh.

13. Gak Suka Tempat Ramai

Salah satu ciri cowok yang tidak setia adalah paranoid tingkat dewa. Mereka benci tempat ramai terutama saat lagi jalan bareng ceweknya. Ini karena di tempat ramai ada kemungkinan bisa ketemu dengan cewek-cewek yang selama ini dia sembunyikan dari pacarnya.

Bahkan saat dia tau sebenarnya sedang tidak dekat dengan cewek manapun, cowok yang tidak setia akan tetap paranoid di tempat ramai. Saya tau pasti, karena dulu saya juga begitu.

Saat itu memang saya sedang tidak dekat dengan cewek manapun. Tapi karena sudah terlalu banyak kebohongan dan kegiatan ‘haram’ yang saya sembunyikan dari pacar saya dulu, saya tidak lagi bisa memprediksi siapa yang akan saya temui di tempat ramai dan kemungkinan buruk apa yang bisa terjadi. Dan ini menjelma menjadi paranoid yang datang sepaket dengan keringat dingin dan perut mules. Dan ini ternyata adalah kesamaan yang umum dimiliki kebanyakan cowok berlabel ‘idung belang’.

Pacar yang tidak setia akan cenderung mengajak kamu jalan ke tempat yang tidak lazim dan tidak ramai. Terkadang kesannya lebih ‘mojok’ daripada jalan bareng. Ini adalah salah satu tanda pacar kamu tidak setia, jadi sudah sebaiknya kamu mulai was-was.

14. Gelisah Saat Ketemuan

Gelisah saat ketemuan juga adalah salah satu ciri pacar tidak setia. Apalagi kalau ketemuannya tiba-tiba dan di tempat ramai pula. Ini karena cowok yang tidak setia sudah membagi waktu ketemuan dan komunikasi dengan cewek-ceweknya secara matang dan terencana. Jadi pertemuan tiba-tiba itu tentu aja bikin dia mules, seperti bencong lorong yang kena grebek satpol PP.

Kalau kamu mau tes, coba datangi cowok kamu yang katanya lagi “ngumpul ama anak-anak” di tempat ramai. Pastikan kedatangan kamu tidak diketahui si doi ataupun teman-temannya. Kalau pas ketemu cowok kamu kelihatannya gugup, kemungkinan besar dia punya sesuatu yang disembunyikan.

15. Terlalu Peduli Sama Penampilan

Kaum hawa selalu punya kewajiban menjaga penampilan bahkan saat sudah punya pasangan. Ini karena (menurut yang saya dengar) cewek juga peduli betul dengan komentar cewek lain soal penampilan.

Ini berbanding 360 derajat dengan cowok. Kita tidak perduli apa yang dikatakan cowok lain soal penampilan kita. Cuma ada 2 alasan umum dan utama kenapa cowok menjaga penampilan: biar tidak dikira gembel dan untuk menarik perhatian lawan jenis.

Biar tidak dikira gembel, cowok cuma perlu berpenampilan ‘sepantasnya’. Yang bikin cowok gila-gilaan dalam persoalan penampilan adalah untuk menarik perhatian lawan jenis. Tapi alasan ini sudah rada luntur ketika cowok sudah terikat komitmen pacaran. Kasarnya, sudah minim alasan untuk terlalu memperhatikan penampilan karena kita sudah ada yang punya.

Cowok yang sudah punya pacar umumnya sudah malas melakukan kegiatan tambahan yang rempong cuma sekedar buat penampilan. Misalnya pakai sepatu mid-high saat jalan, pakai pomade sekilo tiap mau keluar atau pakai jaket kulit yang bikin ruam tiap kali ngumpul.

Tapi, kalau cowok kamu masih serempong dulu dalam hal berpenampilan, ada yang patut dipertanyakan. Kecuali kalau cowok kamu publik figur, salesman dealer mobil, gay atau publik figur merangkap salesman dealer mobil yang kebetulan homo (nah lo).

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY