Home » Pertanyaan » Asmara » Aku Dipaksa Nikah Oleh Orangtua, Apa yang Harus Aku Lakukan?

Aku Dipaksa Nikah Oleh Orangtua, Apa yang Harus Aku Lakukan?

Buku Formula Cinta

Aku udah pacaran ama cowok aku selama lebih 4 tahun. Cowok aku emang masih nyari kerja. Tapi dia udah janji kalau udah dapat kerja dan udah ada tabungan bakal langsung ngelamar aku. Cowok aku ini baik dan orangtua serta keluarga juga udah kenal banget ama dia. Tapi di usia aku yang sekarang udah masuk ke 30, Mama mutusin untuk jodohin aku dengan orang lain yang sebenarnya masih keluarga juga. Aku udah jelasin ke kedua orangtua aku kalau aku gak mau dan masih mau nunggu cowok aku untuk ngelamar. Perjodohan ini udah aku tolak berkali-kali di jauh-jauh hari. Tapi ternyata pembicaraan keluarga tetap berlanjut sampai akhirnya minggu depan keluarga si cowok udah mau dapat secara formal untuk melamar. Aku syok banget jadinya. Orangtua aku udah gak mau lagi mendengarkan dan tetap maksa. Bukan cuma itu, aku juga udah dilarang ketemuan lagi ama cowok aku. Aku gk mau dijodohin dan aku bahkan belum pernah ketemu cowok yang bakal aku nikahi. Cowok aku sendiri juga gak tau mau bikin apa karena udah pernah diusir waktu datang ke rumah. Tolong bantu solusinya kalau ada dari teman-teman yang punya masalah seperti masalah aku ini. Solusi buat aku atau buat cowokku, semuanya bisa diterima. Makasih banyak sebelumnya.

8 jawaban

  1. portegue

    ada banyak solusi sih, tapi jujur aja gak ada yg gampang. antara lain:
    1. bersikeras ke ortu gak mau merit
    2. lari dari rumah
    3. kawin lari
    udah kebayang kan? yang kayak gini solusinya emng gak pernah gampang

  2. islamakbar

    Kalau menurut sy coba cari bantuan ke pemuka agama atau ustadz yang dipercaya oleh kedua ortu
    Karena dalam islam, orangtua tidak berhak memaksakan anak perempuannya utk menikahi seseorang kalau anak perempuannya menolak..
    Apapun alasan si anak perempuan menolak, orangtua gak punya hak untuk memaksakan..
    Kalau dari sy solusinya gitu aja sih

  3. liomel

    apa yg dilakukan orangtua selalu yang menurut mereka terbaik bagi kita
    tp namanya jg manusia pasti bisa salah kan?
    seharusnya kamu lebih tegas bilang gak mau dan pastikan tidak ada pembicaraan lanjutan ke keluarga cowok
    dan, cowok kamu juga harusnya langsung aja melamar begitu mendengar ada kabar kamu mau dijodohkan
    kalau keadaannya sdh kayak gini rasanya udah mulai terlambat

  4. romulus

    kalau konteksnya udah ‘dipaksa’, ya solusi satu-satunya cuma siapa yg lebih ngotot maksa aja
    percaya atau tidak kamu punya hak utk menolak utk dijodohkan, baik secara agama atau sosial
    kalau sy pribadi, mending kawin lari aja
    mangnya cuma ortu aja yang bisa maksa?

  5. tompelberacun

    Kalau orangtua tetap maksa kamu nikah sama cowok yang gak kamu kenal, mungkin si keluarga cowok lebih mau mendengarkan
    Usahakan lakukan komunikasi ke keluarga cowok utk minta tolong, kalau bisa langsung ke orangtua si cowok itu
    Jelaskan bahwa kamu gak bisa dan gak mau dinikahkan karena udah punya pacar yg siap melamar
    Mungkin pihak cowok mau mundur duluan

  6. ulilabu

    kenapa juga cowok kamu harus nunggu sampe kamu umur 30 tahun??
    orangtua maksa kamu nikah kayaknya mang beralasan
    kalau cowok kamu belum ada pergerakan sampai kamu umur 30 ini udah tanda kalau dia gak serius dan gak bertanggungjawab
    krn dari pihak cewek, umur adalah salah satu pertimbangan… ini berkaitan dgn beban sosial dan kesuburan
    klo menurut sy udah gak ada solusi sih… udah telat

  7. optimus

    ane setuju dgn solusi di awal2: kawin lari aja
    gak ada cara lebih tegas utk bilang klo kamu gak mau dijdohkan ketimbang kawin lari dengan si pacar
    tp ini kalau pacar kamu jg sama ngebetnya dengan kamu

  8. abigail

    pacar kamu mang minta kamu nunggu sampe umur berapa?? 45 tahun?
    minta cewek nunggu sampe umur 30 tahun emang rasanya kurang ajar makanya ortu kamu maksa kamu nikah
    saat ini kamu masih dibutakan cinta sampai gak lihat kenyataannya
    cewek bakal susah punya anak setelah lewat 30 tahun
    kalaupun msh bisa,, apa kata orang kalau kamu belum nikah umur 30 tahun?
    solusinya ya si cowok kamu itu harus segera datang melamar dan kalau bisa lebih dulu daripada cowok yg dijodohkan ama kamu itu
    tapi rasa2nya udah telat juga sih

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*