Page 10

19 Hadiah Ulang Tahun Paling Cocok Buat Cewek

hadiah-ultah-untuk-cewekMomen ulang tahun adalah momen yang sangat penting untuk dirayakan. Ulang tahun adalah penanda bahwa kamu 1 tahun lebih dekat dengan kematian, kamu makin banyak tanggung jawab dan kamu sebentar lagi punya masalah dengan pinggul dan tulang bekalang. Ini wajib dirayakan bung!

Tapi bicara soal ulang tahun, tidak ada spesies yang menghadapi ulang tahun dengan lebih dramatis dan emosional ketimbang cewek. Kamu boleh cinta setengah mati sama si doi. Kamu boleh rela menerobos api neraka demi si doi. Kamu boleh menghinakan diri jadi pegawai pemerintahan yang korup demi si doi. Tapi kalau kamu dengan manusiawinya lupa ngasih kado saat si doi ulang tahun, kamu bisa aja dianggap tidak sayang.

Jujur aja, saya adalah satu dari banyak cowok yang tidak merayakan ulang tahun. Saya tidak menunggu setahun dan bikin acara ulang tahun sebagai bentuk syukur karena usia yang diberikan. Secara karena saya pribadi mensyukuri kesempatan hidup yang diberikan setiap saya bangun tidur di pagi hari (oke, lebih tepatnya siang hari). Tapi kepercayaan ini bakal bikin kamu cenderung lupa dengan ulang tahun si pacar, yang akhirnya bikin kita dalam posisi diambekin akbar sekali setahun.

Nah karena itu, pada artikel ini akan saya berikan 19 kado ulang tahun yang cocok buat cewek kamu, dalam segala kondisi.

5 Alasan Cewek Selingkuh

alasan-cewek-selingkuhMulai dari infotainment sampai teras Ibu-Ibu tetangga, kasus perselingkuhan selalu didominasi oleh cowok. Padahal faktanya, bukan cuma cowok yang selalu selingkuh dalam hubungan percintaan (walaupun kebanyakan memang begitu).

Mulai dari hubungan pacaran, kawin sirih sampai kawin kontrak, ada juga cewek-cewek yang kedapatan selingkuh. Apapun bentuknya dan siapapun pelakunya, selingkuh itu tetap perbuatan terkutuk, tercela dan terhina, terutama kalau sampai ketahuan (hehe).

Saya sudah pernah beberapa kali selingkuh dan juga pernah beberapa kali diselingkuhi. Saya bahkan sudah pernah kena timpuk kaleng Blueband yang masih terisi penuh karena kedapatan selingkuh.

Jadi percayalah, tidak ada orang yang lebih tepat menulis tentang perselingkuhan daripada orang yang sudah pernah ditimpuk kaleng margarin di pintu masuk mall karena kedapatan selingkuh (super sekali).

Dari pengalaman-pengalaman itu, saya bisa menarik beberapa kesimpulan mengenai alasan cowok selingkuh dan alasan cewek selingkuh.

Nah, artikel kali ini khusus dibuat untuk para cowok yang sudah pernah jadi korban perselingkuhan saat pacaran. Disini kita tidak melihat siapa yang salah, tapi apa penyebabnya. Karena pada dasarnya, ada 5 alasan cewek selingkuh dalam hubungan pacaran, dan 4 dari 5 alasan tersebut juga karena salah kamu sendiri.

Tanpa basa dan basi lagi, kita lompat ke poin pertama.

1. Kurang Perhatian

Setiap cewek itu berbeda-beda pembawaannya. Ada yang cuek, ada yang tomboi, ada yang kemayu, ada yang cengeng, pokoknya macam-macamlah. Tapi masing-masing cewek juga punya kesamaan, terlepas dari seperti apa kepribadian mereka yang terlihat dari luar: mereka sama-sama menjengkelkan sama-sama butuh perhatian. Lagipula, ngapain mereka nyari cowok kalau cuma buat dicuekin?

Di artikel-artikel soal PDKT sebelumnya, selalu saya sebutkan soal menjaga keseimbangan cuek dan perhatian dalam proses PDKT. Justru, semakin cuek seorang cowok, semakin mudah si cewek penasaran, dan semakin penasaran semakin tertarik pula ceweknya.

Hanya saja, proses PDKT itu sudah jauh berbeda dengan saat pacaran. Ketika kamu sudah berkomitmen menyandang status pacaran, si cewek tentu berharap lebih daripada sekedar dibuat penasaran siang malam. Dia berharap disayangi dan dicintai, dan salah satu cara menunjukkannya adalah dengan perhatian.

Kurang perhatian adalah salah satu alasan cewek selingkuh. Kalau gak, setidaknya jadi alasan cewek kamu minta putus. Logikanya, ketika sang cowok yang tadinya sudah berkomitmen jadi pacar tapi gagal memberikan perhatian yang dibutuhkan, apa salahnya mendapatkan perhatian dari cowok lain yang dengan ikhlas menyediakan?

Di satu sisi, si cewek memang salah karena sudah melanggar komitmen pacaran dengan berselingkuh. Tapi kalau si cowok gagal memberikan perhatian yang dibutuhkan sang pacar, bukannya itu juga pelanggaran komitmen? Sama aja kan?

2. Sebenarnya Gak Cocok

Cinta itu harusnya datang dari hati… Seharusnya ya. Tapi pada prakteknya, cewek terkadang jatuh hati ke cowok cuma karena hal-hal yang berbau fisik aja. Setelah jadian baru si cewek sadar bahwa ternyata tidak ada kecocokan diantara mereka yang seharusnya menjadi fondasi hubungan asmara.

Buat kamu-kamu yang sudah pernah baca dan mempraktekkan buku Formula Cinta, saya yakin 100% setidaknya pernah 1 atau 2 kali menjadi korban perselingkuhan. Saya tau, karen itu sudah pernah terjadi pada saya dan semua teman-teman saya yang juga mempraktekkan metode Formula Cinta.

Apa yang salah? Apa bukunya yang salah? Atau kita yang salah praktekkannya?

Yang salah itu konsepnya bro. Biar jelas, sini saya kasih contoh.

Buku Formula Cinta mengajarkan kita untuk memanipulasi pola pikir cewek seperti yang kita mau. Kalau cewek yang kita target suka cowok pinter, kita buat dia berpikir dan percaya kita cowok pinter. Kalau si cewek suka cowok cuek, kita ciptakan image bahwa kita ini adalah cowok cuek.

Kita bisa jadi apa saja yang kita mau dengan memanipulasi kelemahan psikologis cewek. Tapi masalahnya, terkadang image yang kita ciptakan bukan diri kita sendiri. Jadinya ketika sudah pacaran, si cewek lambat laun menyadari sebenarnya tidak ada kecocokan sama sekali antara kita.

Dalam kasus seperti ini, si cewek akhirnya selingkuh. Ini terutama buat teman-teman yang sudah khatam metode Formula Cinta tapi belum khatam bab bagian “menciptakan cinta” yang terkadang malah diskip.

Jadi kalau kamu gak mau diselingkuhin, pilihannya cuma 2:

  1. Tampil apa adanya di depan cewek tanpa Formula Cinta, dengan risiko ditolak
  2. Khatamkan bab “Menciptakan Cinta” di buku Formula Cinta, yang menurut saya bab yang paling susah dipraktekkan.

3. Kurang Terbuka

Terkadang cowok memulai hubungan tidak dengan niat serius. Jadi rasanya tidak layak juga kalau cowok seperti ini merasa berhak meminta pacarnya serius. Kalau satu pihak menjalankan hubungan asmaranya dengan tertutup, ini membuat pihak yang satunya juga merasa berhak untuk tertutup.

Dalam sebuah hubungan, biasanya cowok yang paling tegas mematok garis batas-batas privasi. Menolak hapenya dicek lah, menolak smsnya dibuka lah, dan lain sebagainya. Jadinya, aturan seperti ini juga berlaku ke si cewek. Si cowok gak mungkin boleh mengecek isi chat dan sms di hape si cewek, tapi si cewek gak boleh melakukan hal yang sama di hape si cowok kan?

Jadinya terciptalah hubungan 2 arah yang tertutup (ya gak terhubung dong).

Padahal, cewek selingkuh itu tidak selalu diawali oleh kemauan. Biasanya diawali oleh kesempatan aja. Kalau kamu menciptakan aturan-aturan yang membuat hubungan pacaran kamu jadi tertutup, ini memberikan kesempatan juga bagi si cewek untuk selingkuh.

Biasanya, cowok yang paling banyak bikin batas-batas privasi dalam hubungan pacaran justru cowok-cowok yang memang ada niatan selingkuh. Aturan-aturan ini dibuat supaya si cowok bisa lebih leluasa bergerak dalam perselingkuhannya. Tapi sebenarnya, aturan-aturan ini justru bikin kamu lebih gampang ketahuan selingkuh. Atau dalam kasus yang lebih buruk, malah keduluan diselingkuhi.

Kalau mau selingkuh, baca dulu teknik selingkuh ala ninja yang sudah saya tulis sebelumnya di artikel cara agar tidak ketahuan selingkuh.

Hubungan yang tidak terbuka tidak cuma jadi alasan selingkuh, tapi juga bisa jadi penyebab pertengkaran-pertengkaran kecil yang ujung-ujungnya kalau tidak putus, ya selingkuh juga.

4. Belum Jatuh Cinta

Cinta pada pandangan pertama itu memang ada. Tapi, kemungkinannya cuman sekitar 0,01% aja kalau gak lebih sedikit lagi. Bayangkan aja skenario seperti ini: kamu ketemu cewek yang cuantiknya naudzubillah. Dari gelagatnya yang keibuan, kamu tau bahwa dia cewek yang bisa kamu gandeng seumur hidup sampai mati. Saat kamu ngobrol dan natap matanya, kamu seperti melihat bayangan bayi-bayi mungil calon anak-anak kamu…. Kamu yakin telah jatuh cinta pada pandangan pertama…. sampai akhirnya kamu tau ternyata si doi bencong….. Nah, masih cinta gak?

Jadi, 99,9% hubungan pacaran dimulai dengan ketertarikan dan simpatik. Karena cinta tumbuh setelah ada kadar kecocokan dan perhatian yang tepat dan konstan selama beberapa waktu. Dan jujur aja, setia itu susah dipertahankan ketika cinta belum tumbuh.

Kamu mungkin tertarik dengan si cewek dan si cewek tertarik dengan kamu. Jadilah kalian teken kontrak buat jadi pacar. Tapi sebelum cinta tumbuh, baik kamu atau si doi masih aja bisa tertarik dengan orang lain.

Lagi-lagi ini pentingnya membaca bab “Menciptakan Cinta” di buku Formula Cinta. Tujuannya untuk membuat cewek kamu jatuh cinta secepat mungkin di awal-awal pacaran, sebelum kamu disalip cowok lain yang lebih menarik. Karena sebuah hubungan yang hanya berlandaskan ketertarikan semata punya risiko yang besar untuk hancur seketika.

5. Ceweknya Brengsek Aja

Terlepas dari semua kesalahan yang bisa kamu lakukan sebagai alasan untuk cewek kamu selingkuh, kita juga tidak bisa menutupi fakta bahwa cewek-cewek brengsek di luar sana memang ada (hehe).

Terlepas dari seberapa tertutupnya hubungan kamu, terlepas dari setidak perhatian apa kamu ke doi, terlepas dari seburuk apa kamu dalam hal membuat si doi jatuh cinta, memang ada cewek yang kerjaannya cuman numpang sayang dari satu cowok ke cowok lain.

Faktornya bisa banyak. Mungkin si ceweknya punya pengalaman traumatik dengan cowok. Mungkin si ceweknya punya pengalaman traumatik ketika masih kecil yang berhubungan dengan orangtua. Atau mungkin, si ceweknya brengsek aja.

Kabar baiknya, cewek brengsek bisa dideteksi sejak dini (polio kali’). Kalau semua tanda-tanda cewek brengsek sudah kelihatan dan kamu masih melanjutkan PDKT, ya risikonya silahkan tanggung sendiri. Buat kamu yang belum baca, silahkan baca lagi artikel tanda-tanda cewek matre yang sudah pernah ditulis sebelumnya.

4 Cara Jitu Agar Tidak Ketahuan Selingkuh

cara-agar-tidak-ketahuan-selingkuhFaktanya, 80% cowok berakhir pacaran atau nikah dengan 1 cewek saja. Sebagai cowok yang lahir di era kesetaraan gender, hampir semua cowok bisa menghargai konsep monogami. TAPI, ada sesuatu di dalam diri setiap cowok yang selalu mau berpoligami, setidaknya dalam tahap pacaran. Mungkin karena setiap cowok punya 2 bola ya?

Saya pribadi melarang, mengharamkan dan mengutuk poligami. Bagi saya pribadi, poligami tidak ada bedanya dengan perselingkuhan dan penghianatan. Logikanya sederhana aja. Perselingkuhan adalah sesuatu yang tidak akan saya terima ketika dilakukan kepada saya, maka saya tidak akan lakukan kepada orang lain. Saya selalu berharap pacar saya setia dan makanya saya selalu setia ke pacar saya (takut dibaca sama pacarnya ya? hayooo)

TAPI (lagi-lagi ada tapi-nya), saya tidak akan menutup pintu tips, cara dan solusi buat para pejuang cinta yang mau mencoba berpetualang dengan punya lebih dari satu pacar. Dorongan untuk selingkuh itu memang susah dilawan, secara memang sudah tercetak dalam kode genetik masing-masing cowok. Jadi kalau mau tau cara biar tidak ketahuan selingkuh, sebagai admin cakep nan dermawan, akan saya bagikan caranya.

Tidak banyak poin yang perlu saya bagikan karena selingkuh ala ninja itu sebenarnya simple aja, yang penting tau caranya. Tanpa basa dan basi lagi, berikut ini 4 cara agar tidak ketahuan selingkuh.

1. Pintar Bagi Waktu

Sebelum memutuskan untuk jadi pengkhianat tingkat dewa alias selingkuh, tanyakan dulu ini pada diri kamu: apakah kamu punya cukup waktu?

Masalahnya, biar tidak ketahuan selingkuh kamu harus bisa membuat pacar pertama kamu merasa tidak kehilangan waktu dengan kamu. Berarti kamu harus berusaha memberikan waktu luang untuk si pacar kedua tanpa mengurangi jatah waktu yang selama ini kamu berikan untuk pacar pertama.

Kalau kamu bajingan tengik yang tidak becus sekolah atau kampret yang tidak punya pekerjaan, mungkin kamu masih punya waktu yang cukup untuk keduanya.

Kenapa harus pintar bagi waktu?

Biar tidak ketahuan selingkuh, si pacar pertama sebaiknya tidak merasa ada perubahan jatah waktu. Karena tentunya ada hal-hal kecil yang bakal berubah dari cara kamu memperlakukan pacar pertama. Dan perubahan itu jangan dibuat semakin jelas dengan perubahan perhatian dan waktu yang kamu berikan.

Nah, jadi kalau kamu merasa punya cukup waktu dan kemampuan untuk membagi adil waktu tersebut, silahkan selingkuh.

2. Jangan Pernah Lupa Bilang Sayang

Seperti yang saya sebutkan di poin pertama, selalu ada hal yang berubah dari perlakuan kamu ke pacar pertama ketika kamu memutuskan jadi bajingan… eh maksud saya memutuskan selingkuh. Perubahan ini tentu saja tidak bisa kamu rasakan. Ini terjadi biasanya karena keletihan bagi waktu, kecapekan ladeni pacar kedua, dan sebagainya.

Jadi setidaknya, jangan pernah lupa bilang sayang ke pacar pertama kamu. Kebanyakan cewek sangat emosional dengan kata-kata manis dari orang yang mereka sayangi. Dengan sering bilang sayang, bilang cinta, atau apapun rayuan yang bisa bikin kamu merinding geli, setidaknya bisa menutupi sedikit perubahan sifat kamu ke pacar pertama.

Tapi ingat, ada satu kesalahan umum yang bisa bikin kamu ketahuan selingkuh. Kesalahan saat kamu memanggil pacar pertama kamu dengan panggilan sayang yang kamu tujukan untuk pacar kedua (nah lo).

Kalau kamu salah panggil, tidak peduli kamu bilang sayang, bilang cinta, wo ai ni, to pai pai, puyung hai, kamu tetap bakal ketahuan selingkuh.

Jadi untuk ini, saya sarankan untuk menggunakan panggilan yang sama untuk kedua pacar kamu. Mau itu ndut, mbrot, ncrot, terserah deh. Yang penting samakan aja biar mengurangi risiko salah panggil.

3. Hapus Jejak

Penghianat profesional adalah penghianat yang tidak pernah meninggalkan jejak penghianatannya. Tetap menjadi musuh dalam selimut, setiap saat setiap waktu (semoga kamu bangga dengan title ini hehe).

Apapun bentuk jejaknya, semua sama berbahayanya. Jadi jangan pernah berpikir satu sms pendek dari pacar kedua kamu tidak akan menjadi masalah kalau kedapatan oleh si pacar pertama, begitu pula sebaliknya. Ketika si pacar pertama melihat ada perubahan dari cara kamu memperlakukan dia, satu sms pendek saja bisa bikin acara makan malam jadi musibah nasional.

Hapus semua sms, hapus semua chat, hapus semua foto, apapun itu. Jangan tunggu sampai saat kamu akan berangkat nge-date, tapi lakukan ritual penghapusan jejak dan dosa setiap kali kamu selesai nge-date dengan keduanya.

Misinya simple: setiap kali selesai nge-date, jangan pulang ke rumah sebelum memastikan tidak ada lagi jejak yang tertinggal di hape, di mobil, di leher (if you know what i mean) dimanapun itu.

4. Tentukan Pilihan

Akhirnya kamu tiba pada titik dimana kamu harus membuat keputusan layaknya laki-laki jantan yang bertanggung jawab. Tentunya hanya kalau kamu memang mau memikul title tersebut.

Karena pada akhirnya, hubungan pacaran yang menghabiskan banyak waktu, uang dan cairan (heh?) harus dikonklusikan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat ketimbang cuma senang-senang saja. Akan datang harinya kamu harus memutuskan untuk memilih satu dari dua, tiga, empat atau tujuh belas cewek yang sedang kamu pacari di saat bersamaan.

Tidak ada yang bisa memastikan kapan waktu yang tepat untuk menentukan pilihan. Cuma kamu yang bisa merasakan kapan tepatnya untuk bilang putus ke semua cewek kamu dan meninggalkan satu cewek untuk dijadikan ratu. Kalau kamu merasakan momen yang tepat untuk melantik salah satu pacar kamu untuk menjadi pacar tunggal, jangan cuekin perasaan itu. Segera lakukan sebelum ketahuan selingkuh.

Petualangan kamu mungkin lagi asik-asiknya. Kamu bisa bilang “kenapa saya harus berhenti? Gini terus aja kan asyik?”

Ingat pepatah:

Sepandai-pandainya tupai melompat, lebih pandai lagi kanguru. Kanguru aja kalau lompat tetap jatuh juga….

Oke, mungkin pepatah di atas udah versi reboot ya. Tapi intinya, banyak kok orang yang teknik selingkuhnya udah kayak ninja ngeres, toh pada akhirnya ketahuan juga. Ketahuan selingkuh bisa bikin kamu kehilangan SEMUA cewek yang sedang kamu pacari, mau itu dua, tiga atau delapan belas, kecuali kalau kamu Eyang Subur.

Jadi, akhiri petualangan kamu sebagai penghianat cinta dan jadilah laki-laki yang hakiki sebelum ketahuan (lebay banget yak).

Semoga artikelnya bermanfaat buat yang suka selingkuh.

Admin Cuakep, OUT!

Gimana Cara Hindari Mantan yang Masih Ngejar-Ngejar?

Aq udah putus 6 bulan lalu tapi mantan aq masih aja ngejar ngejar minta balikan. dia marah kalau aq dekat dengan cowok lain malah mau ribut dgn cowok yg lagi deketin aq padahal kami udah gak ada ikatan apa apa lagi. gimana cara buat dia ngerti supaya ga ngejar-ngejar aq lagi dan ga ganggu hubungan aq lagi dgn cowok lain. makasih

Gimana Mengobati Sakit Hati Setelah Dibohongi Pacar?

Pacar aku suka bohong ternyata. Aku baru tau setelah 2 tahun pacaran dan semua kebohongannya ketahuan. Aku dah dibohongin sejak 2 bulan pacaran sampai sekarang. Tapi aku dah lama banget pacarannya dan ragu-ragu buat putus. gimana cara mengobati sakit hati ini biar bisa lanjut pacaran lagi tanpa rasa benci?

8 Trik Mendapatkan Mantan Kamu Kembali

mendapatkan-mantan-kembaliMendapatkan mantan kembali sebenarnya bukan perkara yang saya sarankan. Menurut saya pribadi, ketika kata ‘putus’ sudah diketuk palu, kedua pihak seharusnya juga sudah berkomitmen untuk tidak balikan lagi. Ibarat kata, buah apel yang udah jatuh ke tempat sampah sebaiknya tidak dimakan lagi….. kecuali mungkin kalau apelnya montok, baru sekali gigit dan tempat sampahnya masih kosong karena baru aja dicuci (yah sama aja dong!)

Tapi bicara soal hubungan, setiap kasus pasti beda-beda. Setelah terakhir nulis artikel arti memimpikan mantan, dari kolom komen yang tumpah ruah ternyata masih banyak sekali pejuang cinta yang ngarep balikan dengan mantannya. Kamu mungkin salah satunya.

Karena bisa aja kamu terjebak dalam kondisi seperti ini: Kamu putus karena kesalahpahaman. Kemudian kamu pacaran lagi dengan cewek lain yang ternyata suka ngambek, suka ngupil di tempat umum dan cewek matre pula. Kamu lalu teringat sama si mantan dan tersadar sebarapa indahnya hubungan kamu yang dulu. Kamu memutuskan untuk meninggalkan pacar kamu di dalam tumpukan upilnya dan mengejar si mantan lagi (ini misal loh ya).

Tapi apakah si mantan merasakan hal yang sama? Apakah si mantan bersedia balikan lagi cuman karena kamu yang mau? Apakah si mantan masih sayang seperti kamu sayang ke dia?

Nah, artikel ini saya tulis buat kamu-kamu yang mau mendapatkan mantan kembali. Tujuannya bukan untuk tau apakah si mantan mau kembali atau apakah si mantan masih sayang. Tapi membuat si mantan mau kembali dan sayang lagi.

Tanpa basa dan basi lagi, kita langsung masuk ke poin pertama.

1. Obati Luka Dulu

Serusak-rusaknya hubungan, pasti ada hal-hal indah yang bisa dikenang. Kenangan ini bisa bikin hati kamu yang tadinya cuma luka gores karena putus, jadi luka hati borok yang infeksi. Mendapatkan mantan kembali membutuhkan proses dan kamu bakal susah melewati proses itu kalau belum betul-betul move on pasca musibah putus kemaren.

Masa-masa awal putus pasti seperti neraka level vip. Makan susah, mandi malas, tidur pun sampai memimpikan si mantan. Jangan berpikir cuma kamu yang mengalami hal ini. Hal yang sama juga setidaknya pasti terjadi ke mantan kamu walaupun mungkin dengan kadar yang berbeda. Saya sarankan beri waktu sekitar 2-3 bulan untuk kalian berdua menenangkan diri dulu.

Dalam proses ini, lakukan semua yang bisa kamu lakukan untuk move on dari si mantan. Ini penting, karena pada akhirnya kamu harus melakukan pendekatan ke mantan sebagai orang yang baru. Kamu harus berada dalam kondisi pikiran yang jernih dan emosi yang sudah tidak galau karena persoalan putus sebelum mulai PDKT lagi dengan si mantan.

Kalau kamu belum tau cara untuk move on yang pasti berhasil dalam waktu singkat, baca dulu artikel cara move on dari mantan yang sudah lengkap membahas ritualnya dari A sampai Z.

Setelah galau hengkang dari hati dan pikiran kamu, kita lompat ke poin berikutnya.

2. Mantapkan Niat

Apapun yang dilakukan manusia selalu diawali dengan niat. Kecuali soal boker, kadang memang gak niat tapi tetap aja mules. Sebelum mulai berusaha balikan dengan mantan, telaah lagi niat kamu. Apakah memang kamu siap berhubungan lagi dengan si mantan atau lebih baik move on dari mantan dan cari yang lebih kinclong?

Kita memang gak pernah bisa tau apa yang bakal terjadi di masa depan. Tapi setiap keputusan sudah bisa diprediksi kemungkinan efek baik dan buruknya kedepan nanti. Jadi pertama-tama, yakinkan diri bahwa balikan bakal jadi keputusan yang tepat.

Waktu putus dulu, apa sih alasannya? Apakah alasan yang sama tidak bakal jadi alasan putus lagi nantinya? Apakah kesalahan di hubungan sebelumnya bisa diperbaiki? Apakah memang masih ada cinta yang bersisa buat si mantan? Apakah kamu yakin hubungan kamu berikutnya akan lebih baik dengan orang yang sama? Apakah Indomart bakal jual bir dingin lagi? Pokoknya, tanyakan pada diri kamu semua hal-hal yang berhubungan dengan keputusan kamu balikan dengan mantan.

Setelah semua pertanyaan sudah terjawab dan setelah semua logika dan emosi mengarah pada keputusan yang sama, kini kamu boleh siap-siap melakukan perburuan mantan lagi. Tutup semua kemungkinan dengan orang lain. Kalau ada yang PDKT, cuekin aja. Kalau kamu lagi PDKT dengan orang lain, hapus aja nomernya. Waktunya pejuang cinta berburu mantan!

3. Maafkan Kesalahan Mantan

Setiap hubungan yang berakhir tragis dengan kata ‘putus’ pasti punya penyebab. Selalu ada salah satu atau bahkan kedua belah pihak yang salah. Gimana dengan hubungan kamu dengan si mantan dulu? Siapa yang salah sampai kalian harus putus?

Di poin ini, anggap aja mantan kamu yang salah. Kalau kalian dulu putus karena si doi selingkuh dengan mas-mas tukang tambal ban (misalnya ya), apakah kamu rela memaafkan si doi? Apakah kamu yakin si doi tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi nantinya?

Atau misalnya kalian putus karena si doi keseringan ngambek tentang hal-hal yang tidak penting sampai kamu dongkol bin eneg. Nah, apakah kamu siap memaafkan ambekan lebay-nya si doi yang dulu-dulu? Apakah kamu udah siap menerima ambekan si doi lagi kedepannya dengan lebih dewasa?

Pertanyaan-pertanyaan ini seharusnya sudah kamu tanyakan pada diri kamu di poin pertama, saat membangun niat untuk balikan ke mantan. Pada titik ini, kamu sudah harus bisa memaafkan si mantan apapun kesalahannya di masa lalu, baik yang menjadi penyebab kamu putus ataupun yang menjadi penyebab kamu ilfil.

Sebagai pihak yang ngarep balikan, sudah sepantasnya kamu menyiapkan diri untuk lebih sabar menghadapi kekurangan-kekurangan mantan kamu nantinya, kalau sudah berhasil balikan. Jadi gimana? Udah dimaafkan? Oke deh, kita lompat ke jurang bareng-bareng ke poin berikutnya

4. Tunjukkan Kamu Sudah Berubah

Beda lagi urusannya kalau kamu adalah pihak yang salah yang menyebabkan hubungan kamu ditikam kata ‘putus’. Sebagai pihak yang salah dan menyebabkan si mantan terluka (cieh), ada beban yang lebih berat untuk membuktikan bahwa kamu udah berubah dan siap mengobati luka hati si mantan yang mungkin udah infeksi.

Membuktikan perubahan kamu kepada orang lain sih gampang. Semua orang dengan bakat acting level sinetron Indosiar juga bisa berpura-pura sedemikian rupa agar kelihatan berubah di mata orang. Yang susah adalah membuktikan perubahan itu kepada diri sendiri.

Kalau kamu dulu putus karena ketahuan selingkuh dengan SPG yang ternyata produk transgender dengan nama asli Tukiman (misalnya ya), apakah kamu siap menutup mata untuk cewek-cewek lain demi mantan kamu? Apakah kamu siap berkomitmen serius dengan si mantan saat kamu nanti diterima balikan?

Kalau kamu dulunya putus karena suka ngupil pakai jempol di depan umum saat jalan bareng doi (misalnya ya), apakah kamu yakin bisa mengubur kebiasaan buruk kamu itu? Apakah kamu yakin bisa merubah semua sikap jelek-brengsek-bejat yang mantan kamu tidak suka?

Sebagai pihak yang salah sekaligus pihak yang ngarep balik dengan mantan, kamu tidak bisa bilang “Saya udah berusaha kok! Dia yang harus ngerti aku sekali-kali!”

Ingat, mantan kamu gak berharap kamu kembali. Kamu berada dalam posisi untuk berusaha membuat si mantan jatuh cinta lagi dan setuju untuk kembali. Jadi kamu tidak berada dalam posisi untuk dimengerti, tapi untuk mengerti. Oke ya? Kalau udah ngerti, kita lanjut ke poin sebelah.

5. Tunjukkan Niat Baik

Okeh, akhirnya kita masuk ke poin-poin awal eksekusi. Sekarang kondisinya, kamu dan si mantan sudah tidak berhubungan dalam rentan waktu tertentu. Dan jangan kuatir, memang seharusnya begitu. Si mantan perlu waktu untuk menenangkan diri dan sedikit kesempatan untuk mengenang lagi masa-masa indah pacaran kamu. Jadi sebelum kamu menampakan wajah miris kamu sekali lagi dihadapan mantan, pastikan dia sudah menenangkan diri paling tidak 2 hingga 3 bulan.

Terus, apa yang seharusnya kamu lakukan saat pertama kali masuk lagi ke kehidupan si mantan?

Mantan kamu mungkin aja sudah nyaris move on. Jadi melihat kamu masuk kembali ke dalam kehidupannya yang sudah mulai tertata rapih pasca putus, wajar aja kalau mantan kamu bakal merespon dengan sedikit sewot.

Waktu pacaran dulu, mungkin banyak hal yang belum pernah kamu lakukan ke si doi. Hal-hal tersebut penting untuk kamu lakukan sekarang sebagai bentuk niat baik kamu ke doi. Misalnya, selama pacaran dulu kamu belum pernah ketemu langsung ortu si mantan. Nah, sekarang bisa jadi saat yang tepat untuk akhirnya datang bertamu ke rumah si mantan, disaksikan kedua orangtuanya (nah lo).

Melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan saat pacaran dulu mengirimkan 2 sinyal kepada si doi:

1. Kamu punya niat baik,
2. Kamu sudah berubah

Dan 2 sinyal tersebut adalah 2 sinyal paling penting yang harus diterima dulu oleh si mantan sebelum kamu mulai PDKT lagi. Jika si mantan sudah menerima 2 sinyal ini, dia bakal membuka kesempatan lagi untuk kamu ber-PDKT dan membuktikan bahwa kamu memang menginginkan dia kembali.

6. Jangan Perlihatkan Kesedihan Kamu

Satu hal yang tidak boleh kamu perlihatkan kepada si mantan: tanda-tanda bahwa kamu pernah hancur lebur karena putus sama dia (haha!). Pada titik ini kamu selangkah lagi untuk melakukan PDKT ulang ke si mantan. Tapi kali ini, kamu datang sebagai seorang yang baru dan tidak ia kenal setelah 3 bulan tanpa komunikasi.

Kalau kamu datang sebagai orang yang berbeda, PDKT ke mantan jadi lebih mudah karena diri kamu yang baru bisa merangsang rasa penasaran dalam diri si doi. Dan rasa penasaran adalah bumbu-bumbu ketertarikan awal dalam PDKT man!

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel 12 kesalahan cowok dalam pdkt, jangan selalu mengikuti logika dalam proses PDKT. Kebanyakan cowok dengan logisnya berpikir bahwa dengan menceritakan seberapa hancurnya mereka setelah putus akan membuat si mantan jadi sayang lagi. Sorry, tapi kenyataannya tidak begitu.

Menjelaskan betapa hancurnya kamu pasca putus hanya bakal bikin si mantan kasihan. Tapi kasihan itu bukan berarti tertarik atau sayang atau cinta. Kasihan ya berarti kasihan, dan tidak lebih. Parahnya, semakin jauh kamu menjelaskan betapa hancurnya kamu pasca putus, semakin si mantan berpikir kamu butuh dia dan semakin kamu kehilangan kontrol dalam PDKT.

Bingung? Untuk memperjelas poin ini, silahkan baca lagi 12 kesalahan cowok dalam PDKT.

7. PDKT Lagi

PDKT ke mantan tidak ada bedanya dengan PDKT ke cewek yang baru kamu kenal. Apalagi karena kamu memulai ini semua sebagai orang baru dengan niatan yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi karena itu, jangan pernah bawa-bawa soal kenangan yang dulu dengan si doi. Anggap aja tidak pernah terjadi apa-apa sebelumnya dan kamu lagi PDKT ke cewek yang baru kamu kenal.

Semua teknik PDKT berlaku disini. Jadi untuk mempertajam insting kamu, baca lagi artikel-artikel soal PDKT yang sudah saya tulis sebelumnya:

10 Tips PDKT Untuk Pemula
7 Tips PDKT Ke Cewek Cuek
Tips Mencari Topik Obrolan Saat PDKT

8. Jangan Kelamaan Nembak

Ada satu hal aja yang beda dalam soal PDKT ke mantan dan ke cewek yang baru. Buat PDKT ke mantan, jangan lama-lama sebelum akhirnya nembak. Sedikit banyaknya, si mantan pasti udah kenal kamu terlepas dari seberapa baru image yang kamu presentasikan. Pastikan untuk nembak si mantan sebelum rasa penasarannya hilang.

Kalau bingung mau nembak dimana, baca 7 tempat paling cocok untuk nembak.

Saat nembak adalah saat yang tepat untuk mengungkit masa lalu. Kalau kamu berhasil bikin si doi senang selama PDKT, ungkit lagi masa lalu hubungan kamu yang gagal supaya si mantan bisa ingat lagi seberapa sayangnya dia sama kamu. Jadi biar gak bingung, saya kasih contoh prolog deh sebelum nembak si mantan. Misalnya nih ya:

Gw udah tau apa yang salah dengan hubungan kita yang dulu. Gw yang salah. Gw harusnya bisa lebih ngerti dan lebih dewasa dalam hubungan. Emang udah jadi tanggung jawab gw untuk membimbing hubungan kita jadi lebih dewasa. Hubungan kita dulu indah banget, dan gw baru sadar itu setelah kehilangan kamu. Kalau kamu mau kasih gw kesempatan lagi untuk memperbaiki hubungan kita, gw bakal bikin kamu bahagia semampu gw…

Setelah kata-kata itu, silahkan tambahkan kata-kata penembakan yang sesuai style kamu sendiri. Yang penting ingat konsep ini:

– Jangan bahas kenangan kamu dulu dengan terlalu spesifik
– Jangan salahkan siapa2 kecuali kamu di hubungan sebelumnya
– Jangan jelaskan betapa terpuruknya kamu setelah putus
– Persingkat aja, gak usah terlalu bertele-tele
– Jangan tunda nembaknya. Setelah semua kata-kata itu udah kamu bilang, jangan nunggu besok baru nembak.
– Jangan lewat perantara. Katakan langsung ke mantan dengan tatap muka.
– Pertahankan kontak mata selama prosesnya.
– Rendahkan nada suara dan pelankan bicara.
– Jangan tunda minta jawaban. Minta jawaban si mantan saat itu juga.

Udah itu aja. Kalau kamu lakukan dengan cara yang benar, kata-kata penembakan kamu seharusnya bikin di mantan merinding. Kalau si mantan tidak langsung menjawab, terus yakinkan doi dan arahkan terus si doi untuk segera menjawab.

Kalau kamu melakukan semua trik dengan benar, saya jamin kemungkinan keberhasilan kamu 97%. Gimana hubungan kamu selanjutnya, terserah kamu aja deh.

Tapi gimana kalau masih ditolak juga?

Kemungkinan berhasil 97% berarti juga masih ada kemungkinan gagal 3%. Banyak sekali faktor yang bisa jadi penyebab kalau kamu gagal, secara alasan putus setiap orang itu bervariasi.

Mungkin kamu tidak melakukan PDKT dengan benar. Atau mungkin saja si mantan sudah terlalu terluka sampai berkomitmen dengan diri sendiri untuk tidak balikan lagi dengan kamu. Atau si mantan sudah dekat dengan orang lain yang lebih menjanjikan menurut dia.

Kalau memang tidak berhasil, tidak banyak lagi yang bisa kamu lakukan. Setidaknya kamu sudah berusaha sebisa kamu dan dia juga sudah tau itu. Di poin awal kamu sudah move on dari si mantan yang mana bakal membuat kamu lebih mudah menghadapi penolakan ketika gagal. Anggap saja kegagalan yang kamu alami adalah pertanda bahwa jodoh kamu bukan dia, saatnya move on dan mencari jodoh kamu yang sebenarnya yang sedang terlantar di luar sana.

Kalau ada pertanyaan, tambahan atau mungkin hujatan, lempar aja langsung ke kolom komentar di bawah.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Admin cakep, out!

12 Kesalahan Cowok Saat PDKT yang Tidak Kamu Sadari!

12 kesalahan cowok saat pdktBanyak orang yang bilang PDKT itu sederhana. Padahal faktanya di lapangan, banyak pejuang cinta yang menyelesaikan proses PDKTnya dengan ending yang tragis. Sudah banyak pengorbanan yang dilakukan, tapi PDKT berakhir dengan luka hati yang infeksi dan dompet yang terkoyak…

Sebenarnya, tidak ada orang lain yang bisa disalahkan untuk ending PDKT yang tragis kecuali kamu sendiri. Kebanyakan cowok melakukan kesalahan demi kesalahan dalam PDKT tanpa mereka sadari. Misalnya, pengorbanan.

Ya, percaya atau tidak, pengorbanan buat gebetan kamu adalah salah satu kesalahan umum yang justru bikin kemungkinan diterimanya kamu makin kecil. Di artikel ini akan saya tarik kamu keluar dari metode PDKT umum yang tingkat keberhasilannya cuma sekitar 4%.

Artikel ini agak panjang jadi terpaksa dipisah menjadi beberapa bagian. Kalau kamu pingsan sebelum khatam, dibookmark aja dulu biar bisa dibaca lagi lain waktu.

Catatan: Kebanyakan poin dalam artikel ini diambil dari inti-inti buku Formula Cinta dalam bab kesalahan PDKT. Beberapa poin diambil dari pengalaman sendiri setelah baca bukunya. Buat kalian yang tertarik membaca versi lengkap, langsung aja beli bukunya disini mumpung masih diskon.

Tanpa basa dan basi lagi, berikut ini 12 kesalahan cowok saat PDKT.

5 Cara Membuat Cewek Penasaran

cara buat cewek penasaran oleh cararahasiaSecara umum, membuat cewek penasaran itu sebenarnya gak begitu susah. Bahkan cewek adalah mahkluk yang paling gampang penasaran di muka bumi, setingkat di atas kucing peranakan Persia bermata jereng dan Lumba-lumba kembung Laut merah (heh??). Pokoknya, cewek itu paling gampang dibuat penasaran tentang hal-hal yang tidak begitu penting, dan terutama yang berhubungan dengan urusan pribadi orang lain (hehe). Maaf nih ya, tapi semua orang juga tau kalau infotainment aja khusus dibuat untuk cewek (dan cowok pencinta Korea).

Tapi lucunya, cewek tidak gampang dibuat penasaran soal cowok. Ini bukan karena ceweknya yang bego, tapi lebih karena si cowoknya yang gak tau gimana caranya bikin cewek penasaran. Padahal untuk membuat cewek tertarik, langkah awal keberhasilan cowok adalah dengan membuat si cewek itu penasaran. Dan cewek yang sudah terlanjur penasaran akan melakukan APA AJA untuk memuaskan rasa penasarannya (nah lo). Ini kenapa rasa penasaran cewek adalah tanda ketertarikan pertamanya kepada cowok. Dan ini alasan kenapa membuat cewek penasaran itu penting dalam ritual PDKT kamu.

Nah, ada 5 cara paling ampuh untuk bikin cewek klepek-klepek sendirian dengan rasa penasarannya. Pembahasannya agak sedikit panjang jadi usahakan untuk melakukan setidaknya 15 menit pemanasan mata biar biji matanya gak mental karena kecapean baca. Tanpa maju-mundur lagi, langsung aja kita lompat ke poin pertama.

Mr. Bad Guy Selalu Lebih Menarik

Banyak cowok berpikir bahwa cewek tertarik pada cowok yang ramah, murah senyum dan suka cengar-cengir seperti orang yang sedang punya masalah pencernaan. Intinya, banyak cowok yang berpikir cewek suka dengan tipe Mr. Nice Guy. Dan pola pikir yang salah ini yang membuat kebanyakan cowok itu tidak menarik di mata cewek.

Di sisi lain, cowok yang bertipe Bad Guy, yang bermuka datar, jarang senyum dan berjalan dengan kepala tegak memang kelihatan sombong, tapi menarik di mata cewek. Bad Guys dimata cewek memang terkadang kelihatan sombong, tapi disisi lain juga memancarkan aura pria yang percaya diri (cieh memancarkan nieh..).

Cowok kehilangan kendali adalah masalah paling besar yang biasa terjadi saat lagi ngumpul dengan cewek. Kadang ngomong kebanyakan kelihatannya jadi kayak Ibu-Ibu. Guyon kebanyakan kelihatannya jadi kayak badut. Tapi kebanyakan diem juga jadi keliatan semi-autis. Tampil sebagai The Bad Guy, kamu juga gak mesti harus keliatan cemburut setiap saat seperti orang yang sedang terganjal utang nasi kuning. Menjadi The Bad Guy kamu cuma perlu kelihatan lebih cool, lebih memilih momen yang tepat kapan harus bicara serius, kapan harus guyon dan kapan harus ketawa. Menjaga keseimbangan ini bisa membuat cewek di sekitar kamu jadi penasaran.

Kenalan Tanpa Perantara

Kebanyakan cowok selalu mengandalkan ‘makcomblang’ sebagai perantara untuk kenalan dengan cewek. Memang banyak juga alasan pembenaran: lewat perantara lebih sopan lah, lewat perantara lebih cepat lah, lewat perantara lebih afdol lah, pokoknya macam-macam. Terkadang alasan-alasan ini cuman jadi pembenaran buat nyali yang ciut saat akan kenalan tanpa perantara. Padahal kenalan bukan cuma sekedar soal menanyakan nama si cewek dan menyebutkan nama kita, tapi juga meninggal kesan buat si cewek. Salah satu kesan yang bisa kamu tinggalkan buat si cewek adalah rasa penasaran, dan kesan ini tidak bakal kamu dapatkan dengan berkenalan pakai perantara.

Di beberapa artikel pernah saya tulis soal cara berkenalan dengan cewek buat yang pemalu. Di situ sudah saya sarankan bahwa kenalan yang ideal dengan cewek itu sebaiknya memang tidak menggunakan perantara. Memang, setiap cewek punya reaksi yang berbeda-beda saat diajak kenalan oleh cowok secara langsung. Ada yang dengan lapang dada mempersilahkan si cowok kenalan, ada juga yang mau kenalan tapi dengan muka bringas bin jutek. Terlepas dari bagaimana reaksi yang tampak saat cewek di ajak kenalan secara langsung, rasa penasaran yang mereka rasakan terhadap sosok cowok asing yang dengan beraninya baru saja mengajak dia kenalan tetap akan terasa. Dan kalau kamu sudah berhasil membuat si cewek penasaran bahkan saat baru kenalan, cowok-cowok lain yang jadi kompetitor kamu sudah boleh mulai gigit jari…

Buka Mulut Di Saat yang Tepat Aja

Saat cowok naksir sama seorang cewek, sudah sewajarnya kalau si cowok berusaha mati-matian mencari perhatian dari si cewek. Apalagi kalau di sekitar si cewek ada cowok-cowok lain yang sudah sah menjadi kompetitor kamu. Secara insting, kamu akan berusaha menguasai pembicaraan dan tampil dominan di antara cowok-cowok lain demi mendapatkan perhatian si cewek. Ini insting yang manusiawi sebenarnya, tapi bukan insting yang bisa bikin kamu berhasil mendapatkan cewek yang kamu mau. Percaya deh!!! (kalau penulis udah pakai 3 tanda seru, ini berarti bener-bener serius loh)

Insting ini bukannya membantu kamu, tapi cenderung bikin kamu lebay dan berakhir bikin si cewek eneg sama kamu. Saat lepas kendali karena insting ini, cowok biasanya jadi terlalu banyak ngomong, terlalu banyak bicara soal diri dan pencapaiannya atau kadang terlalu banyak guyon sampai lelucon-lelucon yang gak lucu pun di muntahkan. Mengontrol insting “jantan” ini memang tidak gampang. Biar lebih mudah, kamu cuma perlu ingat kalimat ini saat kamu merasa ada dorongan buat mendominasi di sekitar cewek “buka mulut di saat yang tepat aja”.

Biarkan orang lain di sekitar kamu yang membuka pembicaraan di depan si cewek. Biarkan mereka menjadi dominan dan terus-menerus menguras poin dirinya sendiri di mata si cewek. Sementara kalau kamu menjadi satu-satunya cowok yang tidak kelihatan berusaha mendominasi pembicaraan, rasa penasaran cewek-cewek akan mengarah kepada kamu. Ini tentunya kalau kamu tau kapan harus buka mulut dan kapan harus diam. Usahakan untuk tidak bicara terlalu banyak, tapi tetap berbobot ketika kamu memutuskan untuk bicara.

Di awal-awal saya mempelajari poin ini, saya menghafal sekitar 30 guyonan yang bisa diaplikasikan dalam setiap situasi. Leluconnya juga saya dapatkan dari buku-buku humor murahan di ruang tunggu dokter, dari internet atau yang pernah saya dengar dari tivi. Jumlahnya memang tidak banyak, karena saya memang tidak berencana untuk bicara banyak. Tapi ketika saya berhasil menyelipkan 1 lelucon yang tepat dalam sebuah pembicaraan dan berhasil membuat cewek-cewek ketawa, saya sudah berhasil membuat mereka lebih penasaran ke saya ketimbang ke teman-teman saya yang dari tadi ngoceh dari Sabang sampai Segitiga Bermuda.

Jadi sekali lagi ingat, “buka mulut di saat yang tepat aja”. Akan ada waktu yang dikorbankan untuk mempelajari cara mengenali waktu yang tepat buat bicara dan apa yang tepat untuk dikatakan. Tapi pada saat sudah kamu kuasai, rasa penasaran yang dirasakan cewek ke kamu bakal kelihatan sangat jelas.

Tarik dan Ulur

Ini istilah yang sudah dikenal cowok sejak tahun 3. Cara yang paling manjur bin mujarab untuk bikin cewek penasaran adalah dengan mengaplikasikan teknik tarik ulur. Tapi sayang, tidak semua cowok bisa melakukan teknik tarik dan ulur yang pas untuk gebetannya. Ini karena cowok yang lagi naksir cewek kadang-kadang hilang kendali dan jadinya terlalu agresif. Dalam kata lain, “narik terus tapi lupa diulur”.

Ada satu fakta soal “tarik ulur” yang tidak banyak diketahui cowok: teknik tarik ulur itu berbeda-beda untuk masing-masing cewek. Banyak cowok yang berusaha membukukan teknik tarik ulur. Ada yang bilang katanya tunggu 3 hari dulu sebelum menghubungi si cewek lagi, ada yang tunggu seminggu sebelum menghubungi si cewek lagi, ada yang bilang tunggu reinkarnasi dulu baru menghubungi si cewek lagi, macam-macam lah. Padahal, beda cewek beda formulanya loh.

Ada cewek yang bisa ditarik ulur bahkan kalau kamu menghubunginya setiap hari. Tidak ada masalah dengan itu, selama kamu tau apa yang apa yang tepat kamu bicarakan di saat yang tepat (nah loh, bingung kan?) Pokoke, tidak ada formula tarik ulur yang tepat untuk SEMUA cewek, karena tidak semua cewek itu sama kalau bicara soal rasa penasaran. Cara meracik konsep tarik ulur yang paling pas untuk masing-masing cewek adalah dengan mengenal tipe kepribadian cewek itu.

Gimana mengenali kepribadian cewek yang kamu taksir agaknya kepanjangan kalau harus dijelaskan disini. Di buku Formula Cinta, ada satu bab khusus yang menelanjangi 4 kepribadian utama setiap cewek dan masing-masing kelemahan psikologis mereka yang bisa dimanfaatkan cowok. Mungkin lain waktu bisa saya tuliskan sedikit bocorannya. Sabar aja ya.

Percaya Diri

Semua cewek setuju dengan pernyataan ini, baik secara sadar ataupun tidak: cowok yang percaya diri itu bikin penasaran (kecuali mereka yang baru jadi cewek setelah melewati proses potong memotong kelamin). Cowok yang percaya diri bisa bikin cewek penasaran. Tapi percaya diri yang dimaksud gak sesimple definisi percaya diri yang dikenal banyak orang. Ada cowok-cowok yang mengaku percaya diri, tapi dimata cewek ternyata belum cukup percaya diri. Ada yang mengaku gak pedean, tapi dimata cewek ternyata pedenya udah lebih annoying daripada Farhat Abbas.

Percaya diri yang dimaksud bisa membuat cewek tertarik ada pada titik tertentu, dimana kalau kurang jadinya kelihatan cupu dan kalau kelewatan bisa kelihatan menjengkelan. Jadi gimana dong cara agar bisa percaya diri di kadar yang pas buat bikin cewek klepek-klepek?

Nah, ini sebenarnya memang poin yang agak susah. Di buku Formula Cinta aja, belajar jadi cowok yang percaya diri itu dibahas di satu bab khusus! Disini akan saya coba ambil aja poin-poin yang umum dari buku Formula Cinta di bab soal percaya diri. Pada dasarnya, melatih kepercayaan diri itu dilakukan dengan beberapa poin berikut:

  • Menjaga Penampilan

Salah satu ciri orang yang percaya diri itu punya jati diri yang pasti, termasuk dalam soal pemilihan tema style kamu dalam berpakaian. Tentukan pilihan kamu soal dress code yang akan kamu gunakan. Kamu bakal konyol kalau hari ini bergaya seperti anak band, tapi besok pakai style ala penyanyi dangdut. Apa tema gaya kamu harus sinkron mulai dari potongan rambut sampai sepatu, dan sebaiknya tetap konsisten seperti itu.

  • Kebersihan

Banyak cewek yang mengaku suka dengan cowok yang urakan dan cuek, tapi ini tidak berarti kamu harus keluar rumah dengan berbau mayat tikus karena tidak mandi 13 minggu. Cewek punya satu kesamaan soal selera cowok: mereka suka cowok yang bersih dan harum, terlepas dari gaya kamu urakan, korengan, blusukan atau apapun itu.

  • Kecakapan Bicara

Susah buat bisa percaya diri kalau ngomong ke orang lain aja tiba-tiba kayak keselek kodok bunting. Gagap adalah masalah paling besar yang bikin cowok gak pede, dan cewek bisa melihat ketidak-pedean ini bahkan kamu sempat buka mulut. Jadi apapun masalah yang bikin kamu gagap, usahakan untuk melakukan latihan apapun juga untuk menghilangkan kondisi terkutuk itu.

  • Fokus pada Kelebihan Diri

Tidak ada umat Adam yang bisa menemukan rasa percaya diri kalau tidak mengenal dirinya sendiri. Dalam diri setiap orang pasti ada kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Ya, semua orang, termasuk kamu man.

Banyak cowok yang tidak percaya diri karena memang tidak merasa punya kelebihan-kelebihan yang bisa ia banggakan. Jangan cuma fokus sama mata kamu yang jereng, atau rambut kamu yang gersang, atau motor kamu yang keriput atau apapun kekurangan lain yang kamu punya. Tapi fokuskan diri pada kelebihan apapun yang kamu punya, sekecil apapun kelebihan itu. Karena menyadari kelebihan yang kamu miliki adalah motivasi besar yang membuat kamu merasa unik, berbeda dari orang lain, dan yang paling penting: percaya diri.

  • Fokus pada Kekurangan Orang Lain

Ini poin favorit saya (hehe). Salah satu cara paling gampang meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan percaya bahwa setiap orang punya kekurangan juga, termasuk semua cowok yang jadi kompetitor kamu. Mungkin kamu merasa terintimidasi berada di sekitar cowok-cowok bermobil sport sementara kamu cuma punya motor prasejarah. Kalau kamu selalu ingat pada kelebihan yang kamu punya dan menyadari kekurangan orang-orang lain di sekitar kamu, tidak ada alasan kamu gak pede lagi.

4 Hal yang Akan Kamu Sesali Setelah Putus

hal yang disesali saat putus oleh cararahasiaSiapa sih yang gak senang pacaran? Masa-masa indah yang kamu lewati mulai saat PDKT sampai masa-masa mendebarkan saat merencakan penembakan adalah bagian paling seru dalam hubungan. Tapi pernah tidak terpikir bahwa dalam setiap hubungan ada risiko pertikaian, perselisihan dan ketidakcocokan yang bisa berakhir dengan kata “putus” yang juga kadang-kadang datang dengan bonus tamparan? Ya, setiap hubungan pacaran yang dimulai punya risiko putus dan itu bisa terjadi kapanpun dengan alasan apapun.

Setelah putus, ada banyak hal yang patut kamu sesali. Terutama kalau kamu sudah menjalin hubungan lebih dari 1 tahun. Dalam 365 hari tersebut, sudah banyak perjuangan dan pengorbanan yang kamu lakukan dengan harapan hubungan kamu bisa langgeng sampai ajal datang dan bilang “bubar!”. Diantara banyak hal yang akan kamu sesali saat putus, berikut ini 4 penyesalan yang paling menyesakkan.

Mengenali semua hal-hal ini bisa membantu kamu dan si doi untuk memperbaiki hubungan dan berusaha lebih baik agar hubungan kamu tidak harus berakhir dengan penyesalan, air mata dan darah para pejuang (heh???). Tanpa basa dan basi lagi, berikut ini 4 hal yang akan paling kamu sesali saat putus.

Waktu

Hal pertama yang bakal paling kamu sesali adalah seberapa banyak waktu yang sudah kamu buang. Kalau mau dihitung-hitung, jangan cuman masa pacarannya aja, tapi masukkan juga waktu yang kamu habiskan saat “bergeli-geli” ria dalam proses PDKT. Kebanyakan orang menghabiskan waktu setidaknya 3-4 bulan PDKT sebelum akhirnya nembak. Segelintir orang yang profesional dan orang yang nekat menghabiskan kurang dari waktu tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan hubungan pacaran yang berlangsung mungkin selama beberapa bulan sebelum berubah menjadi neraka dunia. Tapi pada intinya, sebanyak atau sesedikit apapun waktu yang kamu habiskan bersama si mantan tetap sama berharganya. Waktu itu sudah terbuang sia-sia dan patut kamu sesali saat putus.

Bayangkan hal-hal lain yang bisa kamu lakukan dengan sejumlah waktu itu kalau kamu tidak harus ketemu dan terlibat hubungan yang menyeramkan dengan si mantan. Kamu bisa lebih banyak ngumpul dengan teman, ngumpul dengan keluarga, have fun sendirian ataupun mungkin, ketemu dengan orang lain yang lebih pantas dijadikan pacar ketimbang belatung lumpur yang kemarin kamu pacari. Walaupun waktu yang terbuang adalah salah satu hal yang patut kamu sesali saat putus, setidaknya ada pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari hubungan yang gagal tadi. Mudah-mudahan pelajarannya cukup penting buat kamu supaya tidak semua waktu kamu terbuang sia-sia.

Harapan

Satu hal yang tidak bisa disangkal setiap umat manusia yang berpacaran adalah adanya harapan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius dengan si pacar. Karena pacaran jadi gak guna kalau harapan itu tidak pernah ada. Disadari atau tidak, semua yang kamu lakukan selama berpacaran dimotori oleh harapan ini. Saat ngajak si doi nonton, saat ngajak si doi makan malam, saat ngajak si doi berantem karena boros beli sepatu, semua ini karena kamu punya harapan masa depan dengan si doi.

Tapi ketika kata putus itu datang dibarengi dengan rasa sakit pada liver dan puluhan status facebook yang galau, semua harapan jadi ikut sirna (cieh, sirna nih ye). Semua mimpi siang bolong tentang kamu dan si doi yang melangkah dengan bangga ke liang kubur pelaminan cuma tinggal mimpi aja. Sekarang tidur siang kamu cuma dihiasai mimpi yang kosong dan bantal yang banjir air mata campur iler. Semua yang tadinya harapan berubah menjadi penyesalan seiring dengan datangnya kata putus yang terkutuk itu…

Sebenarnya kalau dilihat dari sisi lain, harapan itu tidak harus berubah seluruhnya menjadi penyesalan. Karena bayangkan kalau kata putus itu datang terlambat dan harapan kamu menjadi kenyataan. Bayangkan harus berpisah ketika hubungan kamu sudah terikat pernikahan…. bayangkan harus menjalani pernikahan itu dengan orang yang salah… bayangkan harus membagi harta gono-gini yang cuma berupa sepetak tanah dengan pohon karsen di atasnya…. urusannya akan lebih parah lah pokoknya. Intinya, dalam penyesalan itu ada sedikit rasa syukur yang patut kamu sadari karena kamu tidak harus melangkah ke pernikahan dengan orang yang salah.

Kepercayaan

Kepercayaan kamu  harus sampai ke tingkat tertentu sebelum kamu bisa memulai hubungan pacaran dengan seseorang. Tidak mungkin kamu setuju menjalin hubungan dengan orang yang tidak kamu percayai. Kepercayaan ini tidak cuman menyangkut kesetiaan aja, tapi juga percaya bahwa si doi bakal jadi pacar yang pengertian, percaya bahwa si doi bisa jadi pacar yang bertanggungjawab, percaya bahwa si doi bisa membawa harapan kamu ke jenjang yang lebih serius suatu hari nanti.

Tapi ketika kata putus itu datang, semua kepercayaan kamu runtuh dalam waktu sekejap. Walaupun alasan putus kamu tidak didasari kehadiran pihak ketiga, tapi tetap aja ada kepercayaan di dalam diri kamu yang rasanya sudah dikhianati. Apalagi kalau si doi, maaf maksud saya si mantan (hehe) pernah menabur janji politik seperti “aku akan bikin kamu bahagia” atau “aku mau serius dengan kamu” atau “nonton berikutnya aku yang bayar” atau semacamnya lah. Rasa percaya yang sudah kamu berikan ke si mantan memang sesuatu yang layak kamu sesali ketika putus. Karena menurut saya pribadi sih, rasa percaya itu gak pantas diberikan kepada mereka yang gak pantas…… (boros kata banget ya?).

Rasa Takut Berhubungan

Satu hal yang paling banyak membuat orang menyesal saat putus adalah datangnya rasa takut berhubungan pasca perpisahan. Pada kebanyakan cowok ini biasanya gak terjadi. Tapi bagi cewek, rasa takut berhubungan setelah putus itu hal yang lumrah sekali terjadi. Apalagi kalau, maaf, sudah pernah terjadi serangkaian kegiatan “plus-plus” dengan si mantan waktu berhubungan.

Ini memang patut disesali karena takut berhubungan lagi itu bukan sesuatu yang logis untuk dilakukan. Kenapa harus takut berhubungan? Toh kamu tidak akan berhubungan dengan orang yang sama lagi. Dalam setiap bentuk hubungan, bahkan dalam hubungan persahabatan sekalipun, selalu ada risiko perselisihan yang bakal bikin kamu ditonjok atau minimal ditimpuk tong sampah yang berisi sisa makanan 3 bulan lalu. Tapi risiko-risiko dalam hubungan ini tidak lantas menjadi alasan pembenaran untuk tidak mencoba berhubungan kan?

Pengorbanan Finansial

5 jam pertama setelah putus, penyesalan yang satu ini memang belum datang. Detik demi detik kamu isi dengan kegalauan tingkat dewa mabuk untuk 5 jam kedepannya. Tapi saat kamu sudah mulai menata diri dan keluar dari zona kegalauan (yang biasanya terjadi saat kamu sudah mulai lapar), kamu baru bakal menyadari satu hal yang juga patut disesali saat putus: banyaknya uang yang terbuang selama pacaran. Ini khususnya terjadi pada cowok dan biasanya baru disadari ketika di dapur cuman ada indomie goreng kadaluarsa beberapa saat setelah putus.

50% dari pacaran adalah perjuangan dan pengorbanan. Karena dalam hubungan pacaran, kamu setidaknya pernah diharuskan untuk menjemput si doi melalui lautan kendaraan di lalu lintas yang lebih menjengkelkan dari mukanya Farhat Abbas. Dan ini tentunya dengan pengorbanan duit bensin yang tidak sedikit. Itu cuma contoh kecilnya aja. Pacaran bagi cowok itu adalah perjuangan fisik dan pengorbanan finansial.

Ini bukannya mau perhitungan ya. Tapi bayangkan skenario seperti ini: kalau seandainya kamu tau bahwa si doi nantinya bukan orang yang tepat untuk jadi pendamping seumur hidup kamu, kira-kira kamu mau tidak mengeluarkan semua dana tersebut saat pacaran? Cowok yang kepalanya belum pernah terbentur bamper truk kontainer pasti akan menjawab “tidak”. Tapi karena semua pengorbanan finansial itu sudah kamu lakukan selama pacaran hanya untuk akhirnya mengetahui si doi bukan orang yang tepat, sudah sewajarnya kamu menyesal. Apalagi kalau selama ini ternyata kamu pacaran dengan cewek siluman ular sawah Zimbabwe, atau yang dikenal dengan nama lain “cewek matre”.

Catatan: Biar kamu tidak terjebak hubungan dengan cewek macam begini, jangan lewatkan artikel cara mengenali cewek matre yang sudah saya tulis sebelumnya.

Kesimpulan

4 poin di atas hanyalah beberapa poin penyesalan yang paling umum terjadi pasca putus. Masih banyak hal lain yang bisa saja kamu sesalkan saat hubungan kamu berakhir tragis, tapi hal-hal itu sangat bervariasi untuk masing-masing pasangan tergantung dari bagaimana kebiasaan dan lamanya hubungan tersebut. Buat kamu yang merasa terzolimi oleh rasa penyesalan karena si mantan, tidak ada salahnya melakukan sesuatu untuk membuat si mantan kamu juga ikut menyesal. Untuk itu, baca juga artikel cara membuat mantan menyesal mutusin kamu.

Mudah-mudahan artikelnya bisa bermanfaat. Kalau ada salah-salah kata, mohon ditelan aja bulat-bulat ya XD

Admin cakep Out!

7 Tempat Paling Cocok Untuk Nembak

tempat nembak yang romantisPemilihan tempat untuk nembak itu sama pentingnya dengan penyusunan kata-kata romantis menggelikan buat nembak (wekh). Karena kata-kata puitis kamu saat nembak bisa lebih ngefek kalau sinkron dengan suasana tempat yang kamu pilih. Ini serius loh, bukannya mendramatisir. Coba aja kamu nembak dengan berlutut ala Romeo and Juliet di pasar tradisional. Bukannya diterima malah kena tampar 13 ikat sayur kangkung! Jadi pemilihan tempat yang salah bisa bikin kamu berkahir ditolak atau ditonjok, yang mana dua-duanya gak enak.

Pada artikel ini akan saya berikan 7 tempat yang paling cocok buat nembak cewek. Jadi pastikan dulu kamu khatam maksud dan inti dari artikel ini sebelum memutuskan lokasi penembakan kamu. Jangan sampai cuma karena tidak paham pemilihan tempat nembak yang cocok, kamu terpaksa jadi jomblo lapuk sampai lebaran kecoa terbang! (ah lebay!)

Tanpa basi dan basi lagi, kita langsung lompat ke poin pertama.

Sunset

Okay, kamu mungkin berpikir “bleh, apa sih bagusnya sunset?”. Memang sunset itu cuma seperti bola oranye raksasa yang kecemplung di air. Gigitan nyamuk pantai dan kemacetan brengsek yang harus kamu lalui cuman untuk lihat bola raksasa nyemplung memang tidak pernah bisa sepadan. Tapi percaya lah bung, reaksi cewek melihat sunset itu seperti reaksi anak cowok ketika main game console untuk pertama kalinya… Matanya berkaca-kaca.

Kita skip saja penjelasan kenapa sunset itu indah di mata cewek. Cowok tidak akan dan tidak seharusnya mengerti. Entah hormon apa yang melunjak ketika melihat sunset, tapi pastinya cewek memang lebih emosional di depan gelembung oranye yang akan tenggelam itu. Ini adalah salah satu momen yang paling pas untuk nembak cewek gebetan kamu.

Memang ada suasana romantis yang tercipta dari kombinasi sunset dan suara ombak di pinggir pantai (buat kamu yang gak romantis seperti saya, udah percaya aja deh). Tapi namanya suasana romantis juga akan berasa kurang kalau perut kamu dan si doi keroncongan. Jadi jangan lupa bawa cemilan, minuman dan serangkaian kata-kata indah buat nembak. Kemungkinan sukses kamu bakal meningkat kalau nembak sambil lihat sunset, begitu juga dengan kemungkinan kena demam berdarah karena nyamuknya..

Taman Hiburan

Kalau kamu geli dengan semua kegiatan yang berbau romantis, kamu bisa coba menggantikannya dengan suasana yang fun. Dimana lagi tempat yang lebih fun buat nembak cewek selain di taman hiburan? Saya bukan penggemar taman hiburan karena entah kenapa taman hiburan selalu dipenuhi orang-orang aneh yang selfie alay di depan wahana.

Kenapa taman hiburan adalah salah satu tempat yang pas buat nembak cewek? Karena taman hiburan bisa menciptakan momen yang fun bersama si gebetan tanpa kamu harus berusaha keras. Di tempat-tempat lain misalnya, kamu harus punya skill PDKT yang baik untuk bisa menciptakan suasana fun bersama si gebetan mungkin dengan jokes atau cerita-cerita yang lucu. Tapi kalau kamu masih pemula dalam persoalan PDKT, taman hiburan bisa mengemban tugas mencairkan suasana bahkan tanpa kamu harus banyak ngomong. Coba aja naik wahana yang bikin isi perut kamu dan si doi keluar, dan lihat seberapa keras kalian berdua ngakak setelahnya (atau muntah man).

Kalau suasana sudah cair dan fun, temukan tempat yang lebih private untuk melancarkan niat jahat penembakan kamu. Pastikan kamu nembak sesaat sebelum kamu meninggalkan taman hiburan, sekedar buat jaga-jaga aja. Karena naik wahana apapun pasca penolakan rasanya pasti pahit man!

Kafe

Opsi yang satu ini sebenarnya buat cowok-cowok yang merasa punya kemampuan sosial yang baik. Dalam artian bisa merubah suasana menjadi romantis ataupun fun lewat kombinasi bahasa verbal dan bahasa tubuh. Kamu bisa bilang “lah, kalau gue bisa menciptakan suasana semau gue, ngapain pilih kafe? kan dimana aja bisa?

Tidak juga sih. Lokasi bisa dibilang berpengaruh 50% dalam usaha kamu menciptakan suasana yang nyaman buat si doi. Tidak peduli seberapa jago kamu ngomong, coba aja bikin suasana fun di taman makam pahlawan, gak mungkin kan? Tapi dengan bantuan konsep yang benar, kafe bisa menjadi tempat paling romantis untuk nembak.

Nah kafe adalah faktor pendukung yang paling pas untuk rencana penembakan kamu. Bagaimana konsep kafenya juga sangat berpengaruh loh. Misalnya, kalau si target bukan tipe cewek yang suka romantisan, kamu bisa pilih kafe dengan konsep yang fun dan up-to-date. Sementara buat si target yang suka romantisan, kamu bisa pilih kafe yang lebih privasi dengan lampu kuning atau kalau perlu yang pakai lilin (sekalian sambil ngepet lah). Bagaimana mengembangkan mood mengikuti konsep kafenya, ya tergantung skill kamu. Buat kamu yang bingung, bisa baca dulu artikel soal mencari bahan obrolan saat pdkt. Atau kamu bisa baca buku Formula Cinta yang lebih lengkap mengajarkan kamu cara jadi pria sejati yang berlidah emas di depan cewek hehe.

Tempat Sepi

Oke, mungkin saya seharusnya lebih spesifik di poin ini. Karena sumur kedalaman 8 meter juga sepi, tapi bukan tempat sepi seperti itu yang saya maksud cocok buat nembak cewek. Tempat sepi yang saya maksud misalnya belakang sekolah, di kantin kampus saat semua orang udah pulang atau dimana aja yang penting sepi.

“Di kuburan Cina boleh dong min?”

Terserah deh!

Nah, tempat yang sepi punya aura yang beda lagi. Di poin-poin sebelumnya kita udah bahas sunset dan kafe untuk menciptakan suasana romantis, dan taman hiburan buat dapat suasana yang lebih fun. Gak ada yang romantis ataupun romantis di tempat sepi (kecuali kamu psycho atau pedofil). Tapi yang jelas, berdua dengan si doi tanpa gangguan siapa-siapa menciptakan suasana yang serius. Kalau kamu nembak dalam suasana yang serius, setiap kata-kata dalam kalimat penembakan kamu jadinya bermakna lebih dalem…

Di Depan Umum

Kamu pasti ingat program TV yang bertajuk “Katakan Cinta”. Buat kamu-kamu yang baru lahir tahun 90-an ke atas mungkin aja gak ingat, secara waktu program TV itu tayang kamu kayaknya masih bongkar pasang Pampers.

Lah admin kok tau? Admin udah tuir ya?”

Gak, saya pubernya sejak kelas 2 SD”

Katakan Cinta adalah program TV pertama di Indonesia yang menayangkan mahkluk-mahkluk yang secara sukarela melakukan pembakannya di depan umum, ditayangkan oleh secara nasional pula. Cara penembakannya harus unik, itu yang membuat program TVnya menarik. Banyak cewek yang menganggap nembak depan umum itu romantis, karena berarti kamu siap berkorban untuk si target dan siap dipermalukan di depan umum demi si doi.

Kamu bisa nembak di lapangan upacara sekolah, kamu bisa nembak di atas panggung saat kampus kamu sedang ada pagelaran musik, atau kamu bisa nembak di ruang rektor saat sedang ada rapat petinggi-petinggi kampus. Semakin gila ide kamu, akan semakin menjadi surprise buat si gebetan.

Cuman ingat, gak semua cewek tahan menjadi pusat perhatian. Banyak yang berpikir nembak di depan umum itu romantis, tapi ada juga yang berpikir itu malu-maluin. Kalau kamu berniat nembak di depan umum, pastikan dulu kamu kenal betul karakter gebetan kamu.

Puncak Gunung

Ada yang bilang udara yang dingin di puncak gunung itu bikin 2 insan manusia yang berlawanan jenis terdorong untuk nempel… entah kata-kata ini pertama kali keluar dari mulut seorang filsuf atau seorang yang ngeres. Tapi faktanya memang, ada nuansa romantis yang berbeda ketika kamu berduaan dengan si gebetan di dinginnya puncak gunung, jauh dari hiruk pikuk kota yang penuh pengendara kesurupan.

Di Rumah Si Cewek

Bicara soal serius, tidak ada penembakan yang paling serius kecuali penembakan yang dilakukan di rumah si cewek, langsung di depan potret keluarga besarnya (nah loh). Kafe mungkin tempat yang lebih romantis dan taman hiburan mungkin tempat yang lebih fun. Tapi kafe dan taman hiburan sama-sama zona yang netral buat kamu dan si doi. Bedanya, rumah si doi adalah zona nyaman buat si doi. Kalau kamu berani menginjakkan kaki disana dan melakukan penembakan, ini pesan keras ke si doi bahwa kamu mau menjalin hubungan yang serius.

Belum lagi nilai tambah yang kamu dapatkan dengan menampakkan tampang miris kamu ke keluarga si doi (seengaknya bokap doi tau pemuda mana yang harus dicari pertama kali kalau anak ceweknya gak pulang). Kalau kamu berencana menjalin hubungan serius dengan gebetan kamu, rumah si doi adalah salah satu tempat paling cocok buat nembak.