Page 2

8 Tanda Cewek yang Cuma Bikin Sakit Hati Daripada Diterusin Mending Sudahi!

0

8-Tanda-Cewek-yang-Cuma-Bikin-Sakit-Hati-oleh-CaraRahasiaNgeliat cewek yang cantik, putih bahkan yang kalo jalan kadang suka bikin “harga susu naik turun” sebenarnya menurut ane sih wajar kalau cowok-cowok pada langsung naksir berat. Yang bahkan mungkin bikin si dede kecil jadi cenatu cenut pengen muntah.

Tapi kalo menurut ane, kalo naksir sama cewek kamu jangan Cuma ngeliat cantik ama seksinya aja sob! kenapa? meski wajar kalo kamu naksir berat bahkan ngebuat kamu kayak tokek sange, yang namanya cinta itu harus dari hati bukan Cuma dari selangkangan aja. Lagian kamu-kamu tahu sendiri lah, gak semua cewek itu pengen kamu deketin karena emang suka. Ada kan cewek yang pengen dideketin Cuma buat manfaatin kamu aja? kamunya udah berusaha mati-matian naik turun pohon demi dia, tapi dianya malah bikin sakit hati.

Dilema sih emang, karena kebanyakan cowok itu kalo udah kepalang suka apalagi sampe kepalang nafsu bakal ngelakuin apa aja demi cewek yang dia suka. Yang bahkan bikin dia gak sadar kalo Cuma “dimainin” aja (jangan keburu ngeres kalo mainin yang itu mah enak!).

Nah, biar kamu-kamu gak kayak  babon geblek yang kehipnotis, kamu harus tahu nih sob! 8 tanda cewek yang cumua bikin sakit hati, daripada makan hati mulu mending kamu sudahi!!

8-Tanda-Cewek-yang-Cuma-Bikin-Sakit-Hati-oleh-CaraRahasiaCewek yang Katanya Suka Tapi Giliran Ketemu Dianya Malah Datar Kayak Mistar Mending Sadar Diri Dia Mungkin Emang Gak Ngarepin Kamu

Normalnya meski rasa cinta itu masih gak jelas, tapi namanya juga PDKT sadar atau tidak meski groginya udah kayak ketemu artis idola pasti tetep aja ada rasa senang disaat ketemuan. Nah, kalo nyatanya dia yang kamu suka jangankan melempar senyum, ngeliat kamu aja dianya ogah bukan gak mungkin dianya emang gak ngarepin kamu dateng. Yang kayak gini kalo kamu terus pertahanin bakal bikin sakit hati sob! mending tinggalin sebelum hati kamu mati.

Kalau Suka Pasti Ada Rasa Rindu Tapi Kalo Giliran Ketemu Dianya Kaku Kayak Cicak Baru Pertama Fitnes Segera Bentengi Diri Biar Gak Masuk Semak Berduri

Malam minggu itu identiknya dengan orang-orang kasmaran, gak Cuma yang pacaran sih yang baru sebatas PDKT juga kayak gitu. Namanya juga rindu pasti kalo udah ketemu bakal kayak lebah dan madu. Cuma kalo dianya kaku kayak cicak di fermentasi mending kamu pikir-pikir lagi deh sob! buat nerusin, daripada kamu terjebak di semak berduri mending kamu langsung bentengi diri.

Ngebuat Cewek Jatuh Hati Emang Butuh Usaha Pasti Tapi Kalo Setiap Ngobrol Dianya Kayak Orang Lagi Brojol  Mending Sudahi Daripada Makan Hati?

Waktu kamu deketin cewek, momen ngobrol pasti bakal ada kan? entah itu lewat chatting atau pun video call. Ane sih bisa bilang wajar-wajar aja kalo kamu pengeen ngobrol meski Cuma sekedar basa-basi. Tapi kalo setiap kamu ngobrol dianya Cuma kayak tempe basi yang hemat kata kayak orang lagi sembelit, mending sadar diri deh sob! jangan kayak babon sakit!

Sejaim Apapun Cewek Kalo Udah Jatuh Hati Pasti Ada Rasa Penasaran di Hati Tapi Kalo Dianya Jangankan Nanya Kabar Say Hello Aja Gak Pernah Buat Apa Kamu Bertahan?

Cewek itu emang makhluk paling jaim di dunia, Cuma sejaim apapun cewek kalo dia udah jatuh hati pasti dia juga bakal ngasih kode atau paling enggak dia bakal duluan ngehubungin kamu meski ujung-ujungnya ngaku salah pencet. Nah, kalo dianya jangankan ngehubungin duluan buat nanya kabar, basa basi busuk sekedar say hello aja gak pernah itu berarti dia emang bukan yang terbaik buatmu. Daripada ujung-ujungnya Cuma bikin sakit hati ya mending kamu sudahi.

Grogi Sih Wajar Kalo Udah Ketemu Tambatan Hati Tapi Kalo Setiap Kencan yang Dia Omongin Cuma Cowok Lain Mending Akhiri Sedini Mungkin

Jujur ya ane pernah nih denger pengakuan cewek yang katanya kalo dia grogi jangankan ngeliat kita, waktu ngomong aja dia bisa ngomong gak jelas. Ane sih bisa maklumin tapi satu hal yang pasti, se-grogi apapun cewek waktu kencan sama tambatan hati doi gak bakal ngomong tentang cowok lain. Okelah sesekali mungkin wajar, apalagi kalo Cuma ngomongin satu cowok otak selangkangan yang ngelirik-ngelirik dia. Tapi kalo udah keseringan ini sih Cuma cowok geblek yang gak ngerti kalo tuh cewek Cuma bikin sakit hati!

Ngakunya Sibuk Tapi Nyatanya Malah Kencan Sama Cowok Lain Udah Gitu Ngakunya Cuma Temen? Itu Cewek Cantik Kok Rela Digilir?

Selama masih belum punya status, wajar-wajar aja kalo cewek jalan ama cowok lain apalagi kalo dianya emang punya banyak temen cowok.  Cuma jangan gampang ketipu sob! salah satu tanda cewek yang Cuma bikin sakit hati itu sebenarnya “punya banyak temen cowok, hobi tebar pesona dan gampang nerima ajakan kencan dari cowok yang berbeda”. Cantik-cantik kok rela digilir?

Cewek Pun Tahu Kencan itu Penting Tapi Kalo Diajak Kencan Sering Ngakunya Gak Bisa Giliran Susah Baru Ngehubungin Itu Tandanya Kamu Emang Cuma Dimainin

Ane sih suka bilang kalo sebenarnya “cowok itu makhluk paling geblek kalo mau dibandingin sama cewek” kenapa? karena selalu aja kita gak bisa menahan diri kalo ada cewek yang minta bantuan. Kamu pasti langsung protes kan? tunggu dulu sob! kalo emang batasnya sekedar minta tolong itu sih wajar kalo kita bakal secepat kilat ngebantuinnya.

Cuma yang namanya minta tolong itu pasti ada batas wajarnya juga, kalo nyatanya giliran kamu ajak ngobrol dianya kayak tikus mati kejepit pintu, udah gitu giliran diajak kencan dianya langsung pura-pura gila lantas giliran susah aja langsung ngehubungin itu mah bukan minta tolong tapi emang Cuma manfaatin!

Cewek yang Seringnya Ngilang Giliran Udah Move On Muncul Lagi Itu Cewek Atau Jailangkung?

Kejadian kayak gini sering juga nih dialamin sama cowok-cowok autis yang masih jomblo. Waktu dia udah sadar kalau cewek yang dia dekati Cuma mainin perasaannya dan Cuma bikin sakit hati, pasti langsung ngejauh. Cuma giliran udah mulai menjauh, tuh cewek muncul lagi dengan segudang triknya. Entah itu dengan ngomong manja yang kalo ngomong kayak cewek-cewek penari stritis. Kalo kamu kejebak lagi berarti kamu emang autis sob!

Deketin cewek itu harusnya ngeliat hati, bukan Cuma modal cantik dan seksi. Kalo Cuma cantik ama seksi aja sih banyak di tempat prostitusi!

Tips Mendapatkan Hati Cewek yang Pemalu dan Pendiam

0

Tips-Mendapatkan-Hati-Cewek-yang-Pemalu-dan-Pendiam-oleh-CaraRahasiaProses PDKT itu bukan Cuma ngomongin tentang gimana caranya ngebuat si dia yang kita suka itu jatuh cinta, tapi yang namanya proses PDKT itu ngomongin proses dari mulai kenalan, ngobrol, kencan sampai ngebuat si dia jatuh hati.

Biasanya sih cowok-cowok banyak yang ngeluh tentang gebetannya. Ada yang ngeluh karena udah sering ngechat tapi dibalasnya Cuma iya, bahkan kadang Cuma di R aja sampe ada yang sampe nekat manjat pohon kelapa karena gebetan yang dia deketin 9 bulan malah jadian sama cowok yang dia kenal Cuma sehari. Momen PDKT emang macem-macem bro, apalagi kalo kamu naksirnya sama tipe cewek yang kayak kuntilanak. Yang kalo ketemuan diem aja udah gitu ditanya Cuma cekikian, ini mah serem kalo emang kejadian beneran.

Tapi ya ane bisa bilang sob, kalo deketin cewek pemalu dan pendiam itu kayak deketin kuntilanak. Yang saking malunya dideketin dia suka ngilang, udah gitu boro-boro ngebangun kenangan manis ngomong aja jarang. Tapi giliran dia ngomong kamu mungkin bakal keringat dingin plus kejang-kejang, gimana gak kejang kalo sekali ngomong doi cekikikan.

Beda sama tipe-tipe cewek supel, cewek yang pendiam apalagi pemalu itu emang butuh usaha ekstra buat ngedapetin hatinya. Nah, buat kamu nih yang lagi naksir sama tipe cewek pemalu dan pendiam. Sebelum kamu keburu sakit jiwa karena dia yang gak peka, nih tips mendapatkan hati cewek yang pemalu dan pendiam.

Mulai Usaha itu Harus Niat Biar Gak Dibilang Cowok Gak Minat

Problem kebanyakan cowok kalo lagi deketin cewek itu kayak gini:

Cowok: hai Angel, besok ngapain seharian?

Gebetannya: ya Bun besok sih gak ada kegiatan napa emangnya Bud?

Cowok: kita jalan yuk, udah kenal tapi gak ketemuan hehe

Gebetannya: besok ya? liat nanti deh Bud soalnya lagi gak mood banget buat keluar rumah

Cowok: oh ya udah *sambil nangis-nangis makan beling

Heran juga sih katanya suka, katanya mau dapetin hatinya tapi kok baru digituin udah mundur. Buat cowok kamu mungkin bakal bilang kalo “tuh cewek gak ngerespon, ngapain deketin terus kalo gak ngerespon?”, tapi itu menurut kamu bro! menurut cewek sikap yang kayak gitu tandanya kamu emang gak serius.

Makanya deketin cewek itu harus niat, kan kalo udah niat harus diusahain kan? asal niatnya jangan Cuma diawal saja entar dikira gak minat.

Deketin Cewek yang Minim Bicara itu Harus Kreatif Biar Gampang Mulai Obrolan Sesekali Stalking Sosmed Dia Tapi Jangan Jadi Hobi

Gimana udah niat gak nih deketin cewek pemalu dan pendiam? Ya anggap aja lah kamu udah niat ya, meski ane tahu kalo niatmu bakal palsu uang aja bisa dipalsuin apalagi Cuma kata.

Well, deketin cewek pendiam dan pemalu itu ibaratnya mandangin lukisan abstrak yang Cuma orang-orang tertentu aja bisa ngeliat seninya. Untuk ngebuat hatimu jadi ada di hatinya, kamu harus sekreatif mungkin. Untuk permulaan kamu bisa stalking sosmednya dia, cari tahu apa yang dia suka entah itu musik, buku, makanan, minuman ampe kucing kesukaan punya tetangganya. Pokoknya apa aja deh yang penting kamu punya modal untuk bisa masuk ke dunia dia, jangan Cuma tahunya nulis “makasih ea salam kenal”. Kalo dia emang terkesan sembunyiin jatidirinya, ane saranin supaya kamu perhatikan dengan detail status sampe foto-fotonya.

Cewek Pendiam dan Pemalu itu Paling Pas Sama Cowok yang PD dan Banyak Bertanya Jadi Kalo Udah Stalking Sering-Sering Nanya Biar Dia Buka Suara

Cewek pada umumnya gak bakal mau untuk mulai duluan, apalagi kalau si dia termasuk tipe cewek pemalu dan pendiam. Bisa-bisa kalo sama dia, suara nyamuk bakal lebih nyaring ketimbang suaranya dia. Itulah kenapa ane bilang cowok yang PD dan banyak bicara itu paling pas sama cewek tipe ini.

Tapi kamu juga gak harus sok ngartis PDnya. Minimal kamu itu gak boleh grogian banget sama cewek.Kalo kamu termasuk tipe cowok yang langsung panas dingin ketemu cewek, gak bakal bisa nyambung bro! Kalo udah gini mah hatinya gak bakal kamu dapetin.

Anggaplah kamu udah stalking sosmednya, terus kamu tahu dia itu sukanya asinan, suka film horor dan sukanya musik cadas Ya anggap aja ya. Nah biar dia buka suara tanya-tanyain aja tentang kesukaannya, tapi pertanyaan ya bukan pernyataan itu beda bro. Pertanyaan itu berarti kamu butuh jawaban, yaitu responnya dia. Misalnya:

Kamu: eh Len kamu ternyata anaknya unik juga ya?

Gebetanmu: hmm maksudnya?

Kamu: iya kamu tuh kelihatan pendiam tapi sukanya musik cadas

Gebetanmu: oohh

Kamu: haha nah, saya pengen tau nih menurut kamu lagunya SID itu “Bulan dan Ksatria” artinya apaan?

Gebetanmu: Oh artinya itu blablablablabla

Dan obrolanpun ngalir

Cewek Pemalu dan Pendiam itu Emang Terlihat Datar Jadi Jangan Nyerah Gitu Aja Kalo Dia Ngerespon Seadanya

Ada dua kemungkinan waktu kamu PDKT sama cewek pemalu dan pendiam. Sifatnya yang pemalu plus malas ngomong mungkin bakal ngebuat dia jadi kelihatan datar banget. Nah, kejadian yang banyak dilakuin cowok itu biasanya langsung kayak kucing disiram air.

Kamu harus tahu cewek pemalu dan pendiam yang sedingin freezer isi ikan emang bakal kayak gitu, yang kalau mau dia ngomong kayak harus bayar. Jadi sebaiknya kamu banyakin sabar bro, kalo dia udah gak grogian waktu deket kamu itu artinya dia udah nerima kamu di lingkungannya. Jadi jangan kayak cowok pecundang yang langsung main kabur aja.

Cewek Pemalu dan Pendiam Bakal Ilfeel Kalo Kamu Terlalu Banyak Nanya Tentang Privasinya Jadi Kalo Kamu Mau Dapetin Hatinya Kamu Juga Harus Tahu Batasan

Normalnya selain nanyain apa yang dia suka, kamu pasti pengen nanya tentang dirinya lebih dalam lagi kan? entah itu rumahnya, jam tidurnya atau bahkan jam-jam ngasih makan ikannya.

Sebelum nanya tentang privasinya dia, ada baiknya kamu tahu kalo cewek pendiam dan pemalu itu bakal gak suka kalo kamu langsung mengarahkan pembicaraan ke hal-hal yang sifatnya privasi. Pada akhirnya kamu boleh-boleh aja nanyain privasinya tapi pastikan dulu dia itu udah ngerasa nyaman sama kamu dan kalian pun udah makin deket. Kalo dia masih irit bicara mending di tahan dulu bro.

Cewek Pendiam dan Pemalu Gak Suka Dideketin Kayak Kambing Sange Jadi Pastikan Kamu Deketin Dia Pelan dan Mendalam

Mendapatkan hati si dia yang pemalu dan pendiam itu gak bisa kayak kambing sange yang pagi-siang-malam terus ngirim pesan. Bahkan ada juga yang sengaja ngejemputin gebetannya padahal gebetannya gak pernah ngasih alamat rumah. Persis kayak kambing sange yang lolos kurban.

Cewek yang pemalu dan pendiam itu sangat asik dengan dunianya sendiri, cara-cara kayak gitu justru bakal bikin dia ngejauh dari kamu. Jadi biar hatinya bisa kamu dapatkan, prinsip utama yang harus kamu pegang itu ala-ala keraton yang pelan tapi mendalam. Santai aja lah bro! tapi kamu juga harus tingkatkan biar dia gak Cuma nerima kamu di lingkungannya tapi juga nerima kamu sebagai cowoknya.

Nah, itu aja dulu selamat berjuang deh bro!

Ingin Menikah, Tapi Terhambat Restu Ayah

Saya ingin menikah cepat, ayah dan ibu sy sudah tdk tinggal serumah. Saya tinggal dengan ibu. Ibu dan sanak saudara sudah memilihkan jodoh yg baik bagi saya & orang tersebut memang baik, sangat baik malah. Pihak keluarga pria sudah menyanggupi.

Namun, ayah tak mengizinkan karena terhasut oleh orang lain mengenai pendidikan. Saya kuliah sedangkan pria tersebut hanya sebatas lulusan SMA. Padahal dia sdah memiliki pekerjaan dan sangat bertanggung jawab. Saya juga kuliah karena terpaksa tapi tak memiliki niat sama sekali. Saya merasa sangat tertekan sekarang. Karena pihak pria ingin pernikahan secepatnya dan begitu pula dengan saya. Mohon bantuannya, bagaimana saya menghadapi Ayah saya yang tidak merestui.

6 Hal yang Bikin Cewek Ngambek Padahal Bagi Cowok Biasa Aja

0

6-Hal-yang-Bikin-Cewek-Ngambek-Padahal-Bagi-Cowok-Biasa-Aja-oleh-CaraRahasiaAntara cowok dan cewek itu emang ditakdirkan untuk jadi pasangan, tapi bukan berarti diantara cowok dan cewek itu gak bisa ada konflik. Ya namanya juga makhluk yang beda, kadang cowok maunya main “suntik-suntikan” tapi cewek maunya main tanam-tanaman. Hayooo pada ngeres kan? gini deh kalo keseringan nontonin “si itu” yang udah pensiun.

Cuma ya emang sih cowok ama cewek itu meski di takdirkan buat jadi pasangan, cowok dan cewek gak selalu aman-aman aja termasuk mereka yang katanya lagi mabuk cinta. Salah satu dilema yang paling sering dialami cowok itu waktu ceweknya lagi ngambek. Dibaikin salah, didiemin malah tambah salah bahkan kadang udah berusaha ngebujuk masih aja salah.

Yang lebih mirisnya lagi penyebabnya itu kadang Cuma hal sepele, yang bahkan kalau kita cowok-cowok nih itu Cuma hal biasa banget yang sebenarnya gak butuh untuk dipermasalahkan. Seperti 8 hal yang bikin cewek ngambek padahal bagi cowok biasa aja berikut ini, yang mungkin salah satu diantara kalian ada yang pernah atau bahkan sering ngalamin. Yang kayak gimana sih?

Bagi Cowok Tugas atau Pekerjaan yang Menumpuk itu Biasa Aja Tapi Bagi Cewek itu Bikin Penat Jangan Kaget Kalau Si Dia Jadi Uring-Uringan

Yang namanya tugas kerjaan itu emang udah kewajiban, buat kita cowok-cowok mah biasa aja. Tapi gak semua sih karena ada juga yang doyannya ngeluh, dan cewek pun termasuk kayak gitu.

Saya kadang ngerasa lucu plus gemes juga bro! karena katanya sekarang itu jaman emansipasi wanita, tapi giliran kerja eh malah ngeluh juga. Lucu kan? Cuma ya namanya juga cewek yang gak hanya make logika tapi perasaan juga, ya gini deh kadang hal yang biasa jadinya malah dibawa baper. Apalagi kalau pas dia ngeluh kamu Cuma ngomong “ooohh”.

Nah, biar gak mancing keributan mending kamu diem aja bro sambil dengerin celotehannya. Karena cewek itu gak selalu pengen dikasih solusi, kadang cewek Cuma butuhnya didengerin aja.

Mantan itu Gak Selalu Sebagai Pemanis Masa Lalu Jadi Gak Perlu Baper Kalau Si Dia Cemburu

Ngomongin masalah mantan sama cewek sendiri itu kayak ngegosipin cewek kalo lagi M, super duper sensitif bro! Apalagi nih ya, cewek yang 70 persen ngandelin perasaan itu tau kalo yang namanya mantan gak selalu ada di masa lalu.  Jadi jangan kaget kalo dia tiba-tiba jadi ngambek kalo kamu ngomongin masalah mantan, meski “uniknya” kadang dia sendiri yang pengen tau.

Lupa Ngasih Kabar itu Hal Biasa Tapi Buat Cewek Kebiasaan ini Bisa Bikin Cemas Bin Dongkol

Kalau udah sibuk umumnya cowok-cowok itu jadi lupa banyak hal, jangankan makan ngasih kabar ke pacar aja sampe lupa. Kamu pasti mikirnya hal yang kayak gitu wajar-wajar aja kan?

Tapi buat cewek bro! itu sama sekali gak wajar. Sebenarnya sih cewek juga tau kalo kamu sibuk tapi lama-lama doi bakal ngerasa kamu cuekin dan akhirnya mulai deh mikir yang enggak-enggak. Entah itu bilangnya gak peduli atau bahkan “kamu selingkuh kan?”.

Gak Salah Sih Buat Ngabisin Waktu Bareng Temen tapi Jangan Kelewat Loyal yang Bikin Cewekmu Ngambek

Cowok-cowok nih biasanya sering ngalamin kayak gini:

Cowok: yank, entar malem aku gak bisa jemput deh kayaknya, aku lupa kalo hari ini ada futsal bareng temen-temen kampus

Ceweknya: oh gitu ya udah gak papa aku pulang sendiri aja

Cowok: yakin gak papa

Ceweknya: iya aku gak papa

Cowok: tapi pulangnya sama siapa?

Ceweknya: kan udah dibilang gak papa! ngefutsal aja bareng temen-temen kamu! gak usah peduliin aku lagi!

Bro! gak salah kalo kamu ngabisin waktu bareng temen-temen, lagian kalo tiap hari dari pagi sampe malem yang kamu liat Cuma dia aja kamu bakal bosan. Tapi jangan sampe kamu jadi lebih loyal ama temen ketimbang pacar kamu sendiri. Karena seperti yang saya jelasin di atas, cewek itu kalau udah ngerasa dicuekin bisa mikir yang enggak-enggak. Jadi sesekali mengalah seharusnya gak jadi masalah kan bro?

Lupa Emang Manusiawi Tapi Jangan Sampe Lupa dengan Hari-Hari Spesialnya Bisa-Bisa Bukan Ngambek Lagi Tapi Udah Kesel Setengah Mati

Sibuk atau emang karena hobi, lupa itu manusiawi banget. Kamu pasti tahu deh, Cuma kamu juga jangan sampe jadi lupa dengan hari-hari spesialnya dia atau hari spesialnya kamu ama dia. Bagi kita para cowok itu emang biasa-biasa aja tapi bagi cewek “cowok yang lupa dengan hari-hari spesial itu tanda kalau dia gak serius” bahkan mungkin ada yang sampe mikirnya kalo kamu itu gak beneran cinta sama dia. Kalo saya sih saranin kamu buat reminder aja deh bro!

Ngelakuin Hobi Sah-Sah Aja Asal Jangan Bikin Dia Merasa Terabaikan

Futsal, main PS, nobar klub andalan sampe ngumpul bareng sama temen-temen komunitas. Ya entah itu komunitas motor atau komunitas barang-barang antik sekaliber upil yang ditempelin di kursi. Apapun itu yang namanya hobi cowok-cowok pasti rela buat ngabisin banyak waktu untuk ngelakuin hobinya, iya kan? tapi giliran diminta anterin cewek nge-mall ada jutaan alasan bakal kamu sebutin.

Hayoo ngaku deh siapa yang kayak gini? Sah-sah aja sih bro kamu ngelakuin hobimu, Cuma jangan sampe kamu kayak lebih milih hobi ketimbang cewekmu sendiri. Karena kalo udah gitu, cewek manapun pasti bakal ngambeknya setengah mati.

Yang namanya cewek ama cowok itu beda banget bro! sebagai cowok kita musti pintar-pintar ngadepinnya.

8 Hal yang Bikin Gebetan Gak Ngerespon Kamu

0

8-Hal-yang-Bikin-Gebetan-Gak-Ngerespon-Kamu-oleh-CaraRahasiaDimulai dengan perasaan tertarik lama-lama jadi suka terus jadian, kalau jodoh lanjut ke pelaminan. Yang namanya romansa pasti bakal mengalami semua fase itu, tapi yang namanya urusan hati setiap orang pastinya bakal ngalamin kejadian yang berbeda di setiap fasenya.

Biasanya yang jomblo mulai mengerutkan dahi nih, hehe bener begitu mblo? Kamu boleh kecewa, kamu boleh sakit hati plus nangis-nangis kayak kucing yang kesirem air hehe (pernah liat kan). Tapi hal yang kamu harus ingat, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, Cuma ya asal jangan gagal melulu bro! keburu banyak yang jadi penyuka sesama jenis haha.

Well, salah satu momen PDKT yang paling sering kejadian itu adalah gak di respon gebetan. Padahal udah ngelakuin aksi-aksi memukau dari satu pohon ke pohon lain (lho kok pohon sih? Emangnya ahsudahlah). Atau yang awalnya direspon tapi gak ada alasan doi malah ngejauh, giliran ngerespon yang ada si dia Cuma ngomong “iya, ok, oh, yup, hmm atau udah dulu ya lagi makan malam nih sama pacar”.

Kamu-kamu yang ngalamin kejadian kayak gitu, pasti kamu pengen tahu kenapa kan? Nah, biar kamu gak ngejar gebetan kayak lagi ngejer maling, nih 8 hal yang bikin gebetan gak ngerespon kamu. Kecuali kamu udah jadi anggota LGBT haha.

PDKT yang Bikin Kamu Lupa Diri, Dikira Sudah Suka Padahal Dianya Malah Keganggu

Kebanyakan cowok yang lagi PDKT itu over kePD-an. Bikin bingung sih emang karena katanya cowok itu harus PD, gak boleh kayak ayam yang lagi kena flu burung. Cuma kamu harus ingat jadi cowok juga jangan over, jangan sampe kamu malah lupa diri. Yang masih PDKT tapi udah manggil-manggil sayang, ujung-ujungnya gebetanmu pasti bakal ngerasa keganggu dan gak bakal ngerespon kamu lagi. Deketin cewek itu santai-santai aja bro tapi jangan kelewat santai juga entar dikira kamu gak serius.

Udah PDKT Berbulan-Bulan Tapi Kalau Gebetan Masih Nganggep Kamu Teman ya Gak Bakal Direspon Lebih Jauh Bro!

Kalo kamu udah lumayan deket sama gebetan, itu berarti dia udah bisa nerima keberadaanmu. Tapi kalo udah gini kamu jangan jadi kegeeran, gak selamanya dia nerima kamu itu udah berarti dia suka sama kamu. Kamu harus tahu dia nerima kamu itu bisa karena dia nganggepmu Cuma sebagai teman. Miris sih bro Cuma ya mau gimana lagi, kalau doi udah nyaman temenan sama kamu sampe kamu kamu kerutan juga gak bakal direspon lebih bro!

Kalau Awalnya Ngerespon Tapi Lama-Lama Menghindar Bisa Jadi Emang Latar Belakang Kalian Beda Banget

Dari banyak kasus (hehe kayak pak Pol aja ya?) paling sering itu gebetan yang tadinya ngerespon tapi lama kelamaan doi malah jadi cuek bahkan cenderung menghindar. Kalau udah gini sih saya saranin kamu supaya ngecek latar belakang kalian berdua.

Klasik memang tapi sampe sekarang perbedaan latar belakang, entah itu tentang Agama, suku sampe yang paling klasik pendidikan dan strata sosial masih jadi pertimbangan sebagian orang. Ini juga yang bikin gebetanmu gak ngerespon. Awalnya dia ngerespon mungkin karena gak tahu kamu, tapi giliran udah ngenal jauh dan gak setara doi juga bakal menjauh bro.

Bisa Juga Karena Faktor Umur yang Terlalu Jauh Biar Gak Dikira Pacaran Sama Om-Om Doi Bakal Ngindar Lah

Sama seperti alasan latar belakang, masalah umur juga termasuk klasik. Tapi kalau diliat dari realita, ya ini termasuk salah satu hal yang bikin gebetan gak ngerespon kamu bro. Alasannya sih sederhana aja biar gak dikira ladi PDKT sama om-om hehe, becanda bro serius amat kayak ikan kering.

Tidak dipungkiri, perbedaan usia yang jauh bakal bikin hubungan lumayan ribet. Bisa karena visi misi atau karena obrolanmu tapi yang paling sering sih biar gak jadi sorotan orang-orang.

Gebetan Bakal Tertarik Kalau Masih Banyak Hal yang Gak Dia Tahu Dari Kamu Tapi Kalau Sebaliknya Ya Wajar Dia Gak Ngerespon Lagi

Ngobrol sama gebetan, entah itu waktu lagi chat atau waktu lagi kencan di pinggir dermaga pelabuhan sambil ngitung ombak emang rasanya nyenengin banget bro. Cuma kamu juga sebaiknya gak langsung asal ngejawab pertanyaan gebetanmu, kenapa? nah, dari pengalaman nih bro! cewek itu biasanya ngasih pertanyaan yang ngejebak. Sebenarnya sih sah-sah aja biar doi bisa ngenal kamu lebih dalam, cuma ini juga bisa bikin dia ilang selera. Karena kalau kamu udah ngasih tahu semua tentang diri kamu, sayangnya cewek itu biasa jadi gak tertarik lagi. Kalau udah gak tertarik ya ngapain ngerespon kamu lagi, iya kan?

Mau Usahamu Sekeras Batu atau Segede Rumahnya Bos First Travel Kalau Kamu Bukan Tipenya Tetep Aja Dia Gak Bakal Ngerespon

Namanya juga manusia yang gak Cuma punya pikiran dan penilaian yang beda tapi juga punya tipe yang sesuai selera. Kalau kamu bukan termasuk tipenya dia, semua usahamu buat bikin dia takluk bakal sia-sia bro. Yang ada dia mah nikmatin aja, tapi kamu yang menderita. Miris memang tapi gebetanmu bakal ngeles “kan aku gak minta”. Banyak-banyak ngelus dada ya bro, yang penting jangan trauma apalagi jadi suka cowok duh amit-amit deh.

Kamu Pengennya A Tapi Dia Pengennya Z Buat Masa Depannya, Kalau Udah Gini Wajar Dia Ngindar

Gak Cuma perbedaan latar belakang yang bikin gebetanmu gak ngerespon, tapi perbedaan prinsip juga bisa bikin dia kabur bro! Entah itu dari sifat kamu atau dari rencana masa depanmu. Misalnya gini, kamu itu pengennya gak lama-lama pacaran, kalau udah klop kamu pengen nikah. Bagus sih sebenarnya tapi kalau dianya belum siap atau masih pengen nikmatin masa mudanya? Kalian gak bakal bersatu bro. Masih bagus sih dia gak ngerespon, tapi kalau nanti giliran udah mau nikah dianya malah kabur? Lebih nyakitin kan?

Walaupun Kamu Udah Ngejarnya Mati-Matian Tapi Kalau Dianya Justru Naksir yang Lain Jelas Dong Dia Gak Bakal Ngerespon Kamu

Namanya juga tentang hati dan perasaan, yang kata orang gak ada yang bisa mastiin. Bisa aja lagi deket sama seseorang tapi dianya deket sama kita justru buat jadi penghubung untuk bisa deket-deket sama teman. Kalau udah gini ya gebetan kamu juga gak bakal ngerespon lebih bro! yang ada malah kamu dan dia bakal ngomongin temen kamu. Banyak-banyak sabar ya bro! cari yang lain aja gak usah pake alasan-alasan alay yang “aku maunya Cuma dia” terus nenggak shampoo.

Minta Solusi Kejebak Friendzone Sama Si Target

Ane jelasin dari awal ya gan, biar jelas semuanya.

Saat ospek, ane liat doi dan langsung jatuh cinta ama doi, tapi setelah masuk kuliah, ane masuk kelas pagi dan mengambil D3, sedangkan doi S1 malam malam.

Setelah lulus D3 ane lanjut S1 malam, dan sekelas dengan doi, ane jurusan S1 Sistem Informasi pas masuk kelas malam. Saat belajar di kelas bahasa pemrograman java, ane bisa jawab semua pertanyaan dosen, dan doi pun terheran-heran dengan ane karena bisa jawab. Akhirnya doi minta nomor saya, minta bantuan ngerjain tugas akhir.

Selama bantuin tugas akhirnya doi bikin program java, saya sering ber2an di kampus/di sevel. Tapi ane salah PDKT, yang mengakibatkan ane masuk FRIENDZONE, setelah ane mengungkapkan perasaan ane.

Sempet putus kontak selama 2 minggu, karena ane ga bisa terima kenyataan. Tapi ane kemudian minta maaf atas perilaku ane yang tidak dewasa, jadinya ane baikan dengan doi, dan mulai bantuin doi sampai sekarang.

Pertengahan july 2017 doi pernah nanya ke ane: “Andaikan gw udah punya cowo, lu masih mau bantuin gw apa kaga”, doi nanya lewat whatsapp, tapi ane ga jawab, ane bilang “nanti yaa pas ketemuan”.

Hati ane ga tenang, jadinya ane jelasin dari awal sampai sekarang kepada sahabatnya, sahabatnya cowo, namanya Dwi (ane manggilnya bang dwi), dan sudah menikah.

Kata bang dwi, doi bilang ke dia (bang dwi): “Eh cong, sekarang lagi ada cowo yang deketin gw”
Bang dwi jawab: “Siapa namanya?, kenalin dong”
Doi: “iya, nanti gw kenalin”.

Itu saat ane ama bang dwi ketemuan di kampus, dan pada hari itu juga sebenarnya ane ngajak doi ketemuan, tapi doi nunda ketemuan, doi bilang “Sorry jangan hari ini, gw lagi galau :'(”

Abis itu ane jawab begini:
“Oh ya, sebelumnya lu bilang kalo ‘seandainya gw dah punya cowo, lu masih mau bantuin apa kaga?’

Gw sebenarnya mau bilang langsung ke elu, tatap muka, kalo lewat chat, ga gentle gw. Tapi lu selalu nunda ketemuan

Gw jawab ya.
MMasalah lu udah punya cowo apa belum, itu urusan lu, dan masalah lu, bukan masalah gw.
Gw disini bantuin lu sebagai teman. Okay

Doi jawab: “Lu kok ngomongnya gitu? Gw hari ini nunda ketemu karna ga tahan sama pikiran gw, gw lagi pengen sendiri di kamar.”

Setelah itu ane telepon doi, ane jelasin semua nya, dan intinya doi lagi galau. Ane ga tau galau nya kenapa, apa mungkin karena masalah doi katanya ada yang PDKT ama dia, tapi kenyataannya malah sebaliknya.

Setelah itu, ane ga lagi chattingan ama dia, sampai sekarang. Biasanya ane chatting nawarin bantuan ke dia, disinilah ane kenapa masuk friendzone, jadinya ane ga lagi chat dia.

Nah menurut agan, gimana? Ane rencana tuk berubah, dari gaya pakaian, dan tentu sifat yang lebih dewasa+lebih misterius andaikan ketemu lagi ama doi.

Doi ultah 8 september, apa perlu ane tembak pada tgl ultahnya? Atau nanti aja dan memulai hubungan dari awal lagi terus memperdalam hubungan ane? Ane rasa ini ane lagi reset hubungan ama doi.

Ane umur 21 Tahun

Ciri” doi:
Umur: 34 Tahun (8 september jadi 35)
Plegmatis
Orang sunda

Selama ngerjain tugas akhirnya dia, ane terlalu terbuka tentang kepribadian ane, dan doi juga terbuka tentang kepribadian doi. Sering curhat masalah apapun termasuk mantan, tapi setelah ada orang lain PDKT ama doi, hubungan ane ama dia lama-lama kurang membaik.

10 Sifat Cowok yang Paling Disukai Cewek

sifat-cowok-yang-disukai-cewekKalau kamu sudah biasa membaca artikel-artikel asmara cararahasia, saya yakin kamu sudah tau fakta bahwa cewek tidak memilih cowok hanya berdasarkan pertimbangan materi, fisik ataupun status sosial. Cewek memilih cowok berdasarkan sifat dan kualitasnya sebagai pejantan. Dan ini adalah pengetahuan dasar buat mereka yang sudah khatam soal psikologi cewek dari artikel saya ataupun langsung dari buku Formula Cinta.

Salah satu pertanyaan mendasar berikutnya adalah sifat-sifat cowok yang mana sih yang bisa bikin cewek meleleh kayak mentega di aspal panas?

Kalau kamu tanya cewek langsung, mereka mungkin akan menjawab dengan statemen umum yang konyol seperti “aku suka cowok yang sayang” atau “aku suka cowok yang lembut” Saya tidak menyalahkan mereka, karena faktanya memang mereka memilih cowok berdasarkan faktor psikologis yang tidak mereka sadari… kecuali kalau mereka juga sudah baca artikel-artikel saya (nyet!).

Pada dasarnya, ada 10 sifat cowok yang disukai semua cewek. Sebenarnya ada banyak kualitas cowok yang disukai cewek yang bisa kamu tarik dari buku Formula Cinta atau buku-buku psikologi cewek yang lain. Tapi 10 poin ini adalah 10 sifat dan kualitas cowok yang bbsudah saya buktikan bisa menjadi magnet buat cewek-cewek di sekitar kamu.

Saya gak mau panjang lebar disini cuma untuk bikin jari-jari saya kriting di pertengahan artikel. Jadi tanpa basa-basi lagi, kita langsung aja jungkir ke poin pertama.

1. Percaya Diri

Berbeda dari kebanyakan postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas sifat cowok yang disukai cewek dari poin yang paling penting. Bicara soal itu, kita gak bisa menempatkan sifat lain di nomer 1 kecuali kepercayaan diri. Ini sebenarnya bukan lagi sebuah rahasia yang cuma diketahui oleh sejumput cowok-cowok cerdas nan beruntung (kayak saya weits), tapi sudah menjadi pengetahuan umum buat para pemburu cinta.

Di setiap pembahasan soal cinta dan PDKT, kepercayaan diri selalu diangkat sebagai poin yang penting. Mulai dari artikel-artikel cinta, buku-buku tentang PDKT sampai seminar-seminar tentang percintaan yang kemahalan. Ini karena kepercayaan diri memang sebuah pesona yang tidak dapat ditolak oleh wanita manapun.

Walaupun fakta ini sudah diketahui hampir semua mahkluk berpenis yang sudah dewasa, tapi tidak semua cowok punya kada kepercayaan diri yang bisa membuat cewek meleleh. Ini karena kepercayaan diri memang bukan sesuatu yang dibawa lahir.

Kepercayaan diri adalah sesuatu yang harus dikembangkan dalam diri seseroang. Ada banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri, salah satunya adalah kursus public speaking. Tapi karena kursus atau seminar public speaking biasanya dibandrol dengan harga yang brengsek, kamu juga bisa referensi di internet tentang cara mengembangkan kepercayaan diri kamu lewat latihan sehari-hari.

2. Rendah Hati

Ada 1 hal pembeda yang memisahkan antara cowok-cowok keren yang berprestasi dan cowok-cowok nyampah yang gak punya pencapaian: kerendahan hati. Normalnya, kebanyakan orang berusaha mendapatkan penghargaan dari orang lain dengan cara mengembar emborkan pencapaian mereka. Apalagi di zaman yang ‘serba sosmed’ seperti sekarang ini, pakai celana dalam yang agak mahalan dikit aja biasanya langsung dishare.

Tentu kamu akan dapat penghargaan dari para penjilat dengan cara memamerkan semua pencapaian kamu. Tapi pada kenyataannya, mereka yang merasa perlu memamerkan pencapaiannya adalah orang-orang yang justru tidak punya banyak pencapaian. Tapi mereka yang punya banyak pencapaian justru merasa tidak perlu pamer, karena menurut standar mereka pencapaian itu ‘udah biasa’.

Cewek justru sangat tertarik pada cowok yang rendah hati, dibandingkan dengan cowok yang lebih banyak ngomong tapi kurang bukti. Cewek selalu tertarik pada cowok yang punya banyak pencapaian tapi lebih kalem karena mereka ini adalah berkesan misterius.

3. Supel

Ini juga adalah salah satu sifat cowok yang paling disukai cewek sebenarnya. Tapi jangan samakan supel dengan pergaulan yang luas. Supel berarti gampang bergaul. Lihai dalam hal basa basi, ramah dalam menyapa, punya standar yang tinggi masalah norma kesopanan dan gampang beradaptasi dalam pergaulan dengan orang-orang yang baru. Supel tidak harus punya pergaulan yang luas. Karena ada juga orang-orang yang pergaulannya luas tapi brengseknya minta ampun kan?

Kenapa supel jadi salah satu karakteristik yang harus kamu miliki untuk memikat wanita? Karena cewek tentu juga mempertimbangkan karakter cowok-cowok yang bisa diajak bergaul. Cewek tertarik pada cowok yang bisa diandalkan untuk berbasa-basi dengan orangtuanya biar dapat restu. Karena tentunya kamu tidak bisa PDKT ke orangtua cewek kamu cuma dengan modal diam sambil melototin hp kan?

4. Tegas

Jangan samakan sifat tegas dengan tempramen. Ini berbeda bung. Sifat tegas itu sangat erat kaitannya dengan jiwa kepemimpinan dan prinsip yang kuat. Tempramen itu cuma terkait dengan psikopat.

Tegas adalah sifat cowok yang bisa bikin cewek klepek-klepek. Ketegasan ini bahkan sebaiknya kamu aplikasikan ke gebetan kamu jika diperlukan. Karena pada umumnya, cowok akan melakukan apapun demi gebetannya, bahkan hal-hal yang sebenarnya tidak ia rasa benar. Faktanya, cewek malah suka sama cowok yang bisa dengan tegas bilang ‘tidak’ selama ada alasan pembenaran yang tepat.

Kebanyakan cewek mungkin tidak akan mikir sejauh ini, secara mereka lebih hobi berdrama ketimbang berlogika. Tapi secara instingtual, cewek akan memilih cowok-cowok yang punya karakter jiwa kepemimpinan. Tentunya karena cowok bakal jadi kepala keluarga dan pembuat keputusan tunggal. Jadinya seorang cowok yang tegas pada prinsip adalah cowok yang menarik di mata cewek, baik mereka sadari atau tidak.

5. Perhatian

Tidak ada cewek yang rela jadi pacar cuma untuk dicuekin siang malam. Oke, cowok yang cuek memang menarik dan misterius, tapi hanya pada kadar tertentu. Kalau kebanyakan jadinya bukan cuek, tapi masa bodoh atau mungkin rada tolol.

Tapi ingat, perhatian itu tidak sesederhana sms “sudah makan belum?”. Perhatian tidak harus ditunjukkan dengan cara konyol seperti itu. Perhatian bisa kamu perlihatkan dengan hal-hal sederhana seperti mengingat ulang tahun si doi misalnya. Bahkan saya pernah beberapa kali jadian cuma karena saya mengingat betul apa yang cewek-cewek pernah ceritakan ke saya; ya, setiap alur cerita dan setiap tokoh tidak penting di dalamnya.

Saya tau mendengarkan cerita cewek itu terkadang sama membosankannya dengan mendengarkan siaran berita TVRI. Dan seringkali, apa yang mereka ceritakan tidak ada hubungan dan efeknya untuk kamu, bahkan untuk dia sendiri (ini namanya ngegosip, bung). Tapi kalau kamu sedikit saja berusaha mendengarkan tanpa mengutak-atik hp kamu, saya yakin kamu bisa mengingat apa yang cewek ceritakan. Karena pengalaman ini saya jadi mengerti betapa cewek merasa diperhatikan hanya dengan didengarkan, dan betapa langkanya cowok yang benar-benar mau mendengarkan celotehan mereka.

6. Pengertian

Jangan samakan perhatian dan pengertian. Bahasa Indonesia kita yang dangkal biasanya bikin kita bingung apa itu pengertian dan apa itu perhatian. Perhatian sebenarnya adalah bentuk dari pengertian. Karena kamu harus mengerti bahwa perhatian itu adalah kebutuhan si cewek. Tapi perhatian belum tentu pengertian, karena memperhatikan saja belum tentu mengerti kan? …. Lalu apa perbedaan pengertian, perhatian dan kesurupan? (makin bingung!)

Oke, lupakan saja paragraf di atas. Intinya, pengertian itu adalah sifat cowok yang disukai cewek. Pengertian berarti kamu tau kapan harus mempertahankan ego dan kapan harus membiarkan si cewek memuaskan egonya. Ini diaplikasikan bahkan dalam hal-hal yang kecil. Kamu kebanyakan ngomong aja sudah salah satu bentuk dari ke-tidak pengertian-an (heh??). Karena seharusnya kamu mengerti bahwa lawan bicara kamu juga pengen ngomong dan bukan cuma mau manggut-manggut aja dengerin kamu.

Kalau kamu sudah membiasakan diri mengerti orang lain dalam hal-hal yang kecil, pengertian sama gebetan atau sama pacar jadi persoalan yang sesederhana kotoran kuku, bro.

7. Dewasa

Cewek adalah mahkluk yang butuh dilindungi dan diayomi… kecuali cewek petarung UFC yang mungkin cuma butuh diayomi. Tapi intinya, cewek butuh cowok yang dewasa maka dari itu kedewasaan adalah barang wajib yang harus kamu miliki untuk memikat cewek.

Jangan langsung patah hati cuma karena kamu masih di bawah umur, bro. Ingat fakta bahwa tua itu pasti, tapi dewasa adalah pilihan. Ini karena kedewasaan itu tidak ada hubungannya dengan usia sebenarnya. Kamu boleh aja lahir 2 bulan setelah dinosaurus terakhir di muka bumi, tapi masih aja bersifat tidak dewasa. Sebaliknya, kamu boleh aja baru lahir kemarin sore dan sudah bersikap sangat dewasa dalam menghadapi permasalahan hidup, walaupun masih belum bisa ngomong dan masih pakai popok…….. Oke, gak juga sih. Tapi intinya saya rasa kamu udah dapet deh.

Dewasa berarti kamu bisa melihat permasalahan dari sudut pandang yang lebih luas. Dan kamu juga bisa menyampingkan emosi dan menempatkan diri di tempat orang lain yang juga terlibat masalah tersebut. Jadinya kamu bisa memberikan solusi yang lebih baik dan lebih adil untuk semua orang.

Percaya deh, kedewasaan itu adalah sifat yang harus dikembangkan, bukan sifat yang datang bareng uban. Biasakan untuk melatih diri kamu menahan emosi dalam sebuah masalah, karena hanya dengan kepala dingin kamu bisa melihat permasalahan tersebut dengan sudut pandang seorang pria dewasa yang keren dan digilai cewek (hahai).

8. Bijak

Kamu tidak sebaiknya menyamakan kemampuan berbahasa dan sifat bijak. Saya ulangi, kamu tidak sebaiknya menyamakan kemampuan berbahasa dan sifat bijak.

Lah, bukannya emang beda bos?

Iya emang beda bos, tapi secara tidak sadari, kebanyakan orang menganggap oknum-oknum yang pandai berbahasa adalah orang-orang yang bijak. Cuma karena orang itu pandai merangkai kata-kata bijak, tidak berarti dia bijak, bro. Tidakkah Mario Teguh sudah memberikan contoh terbaik soal kemunafikan?

Kamu mungkin tidak sepandai Mario Teguh dalam hal retorik, public speaking atau mungkin kemampuan merangkai kata-kata bijak. Tapi kamu bisa aja JAAAAUUUUH lebih bijaksana daripada si botak. Ya, kamu.

Bijaksana itu punya definisi yang luas. Tapi pada dasarnya, bijaksana adalah tau kapan harus berpandangan positif terhadap hidup, dan kapan harus berpandangan negatif buat jaga-jaga. Orang bijak itu berpikir positif soal keselamatan saat naik motor, tapi tetap pakai helm karena tau adanya kemungkinan negatif. Jadi serba positif juga tidak akan bikin kamu jadi orang bijak, tapi justru jadi orang teledor.

Cowok yang tau kapan harus berpikir positif dan kapan harus berpikir negatif adalah cowok yang menarik buat cewek. Sebagai calon kepala keluarga, kebijaksanaan adalah sifat yang wajib dimiliki cowok, terlebih karena setiap keputusan dia nantinya akan berpengaruh langsung kepada semua anggota keluarganya.

9. Pengayom

Mungkin kamu perhatian, mungkin kamu juga pengertian. Dan mungkin aja kamu juga dewasa bahkan juga bijaksana. Tapi belum tentu kamu seorang pengayom. Seorang pengayom adalah orang yang cukup peduli untuk melibatkan diri. Cukup peduli untuk membantu menyelesaikan masalah dan memberikan solusi terbaik. Sekedar memperhatikan, mengerti dan tau solusi tidak akan membantu siapapun kecuali kamu benar-benar ikut melibatkan diri.

Cewek sangat suka pada cowok yang aktif melibatkan dirinya ketika terjadi masalah di sekitarnya. Tidak cuma sekedar memberikan solusi verbal tapi cuma duduk tenang menonton orang-orang lain berusaha menyelesaikan masalahnya dengan cara yang salah.

Dalam kata lain, seorang pengayom adalah seorang yang bersedia menggunakan kedewasaan dan kebijaksanaannya untuk membantu penyelesaian masalah. Bukan cuma seorang yang mengkritik “mereka seharusnya gini, mereka sebaiknya gini, mereka salah gak boleh gitu, bla bla bla” tapi cuma ngomong di belakang.

10. Setia

Kesetiaan juga adalah sifat cowok yang disukai oleh banyak wanita. Tapi ironinya, sifat cowok yang satu ini justru cuma dimiliki segelintir cowok. Well, cewek itu indah-indah, mau gimana lagi? (hehe)

Tapi serius, kesetiaan adalah salah satu faktor yang paling dipertimbangkan seorang cewek saat memilih cowok. Kesetiaan ini bisa terlihat tidak cuma dari histori percintaan kamu di masa lalu. Kesetiaan juga bisa dilihat dari seberapa lama kamu bersahabat dengan sahabat kamu, seberapa lama kamu bekerja di perusahaan yang sama, atau bahkan seberapa lama kamu menggeluti hobi yang sama.

Cowok yang cenderung plin plan dalam hidupnya adalah cowok-cowok yang cenderung tidak setia, dan cewek pun tau ini. Saya contohnya, punya kebiasaan menyimpan semua hp-hp lama saya dengan baik. Saya tidak pernah menjual hp apapun yang pernah saya beli, setertinggal apapun hp tersebut. Saya melakukan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa hp tersebut kepada saya selama penggunaannya. Alasan yang sederhana sebenarnya, tapi beberapa cewek pernah mengaku menyukai saya karena kesetiaan tersebut (walaupun mereka akhirnya menemukan fakta yang terbalik setelah pacaran hehe).

Tapi intinya, sifat setia cowok yang bisa diukur cewek dari luar tidak lepas dari kesetiaan kamu terhadap hal apapun di sekitar kamu, bahkan terhadap benda-benda mati sekalipun. Melatih penghargaan kamu terhadap apapun yang pernah berjasa dalam hidup kamu adalah sebuah bentuk kesetiaan, yang ketika kamu terus kembangkan akan menjadi magnet kuat yang menarik semua cewek kepada kamu.

6 Alasan Cewek Menjauh dari Gebetannya

alasan-gebetan-menjauhDalam setiap proses PDKT, ada kemungkinan si cewek bisa tiba-tiba menjauh dari gebetannya. Masalahnya, cowok terkadang tidak sadar apa yang menyebabkan cewek tiba-tiba menarik diri dari si gebetan. Padahal di awal-awal PDKT, semuanya terisi dengan signal lampu hijau. Hari demi hari si doi memberikan signal positif seakan-akan dilamar saat itu juga pun pasti nerimo. Lalu apa yang bikin gebetan kamu tiba-tiba menjauh?

Bicara masalah PDKT kita bicara masalah psikologis cewek. Bedanya, cewek memilih cowok berdasarkan kriteria yang membingungkan dan yang sebenarnya tidak mereka sadari secara langsung. Sementara cowok memilih cewek berdasarkan kriteria dangkal yang rata-rata bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi wajar aja kalau kamu sedikit kebingungan disini, karena cewek memang tidak berpikir seperti kamu.

Tapi menjauhnya si gebetan dari kamu bukannya tidak berasalan. Berdasarkan pengalaman, pengamatan dan ratusan referensi dari situs lain (wekh!), disini akan saya berikan 6 alasan paling utama kenapa cewek menjauh dari gebetannya dalam proses PDKT. Enam poin di postingan ini bisa kamu jadikan bahan untuk membenahi diri kamu dalam PDKT biar gak selamanya jadi manusia yang ditinggalkan terus, bahkan sebelum hubungan (hehe miris banget ya).

Tanpa basa dan basi lagi, kita langsung lompat ke poin pertama.

1. Kenalan Kamu Gak Berkesan

Salah satu momen paling penting yang akan menentukan berhasil tidaknya perburuan kamu adalah momen kenalan. Di SEMUA postingan soal PDKT sudah sering saya sebutkan betapa krusialnya momen kenalan saat PDKT. Kalau kamu tidak berhati-hati dalam hal ini, PDKT kamu seterusnya bakal jadi mengejar matahari: gosong iya, mataharinya gak dapat-dapat.

Di postingan sebelumnya soal hal yang bikin PDKT gagal, sebenarnya sudah saya jelaskan secara rinci seperti apa seharusnya kamu berpikir dalam PDKT. Biar gampang, saya ulangi lagi: bbPDKT adalah proses merubah ketertarikan menjadi sayang bin cinta, bukan proses menciptakan ketertarikan. Karena, target kamu resmi disebut gebetan setelah si doi memberi lampu hijau buat kamu untuk pendekatan. Ini berarti kamu memang harus sudah berhasil membuat si doi tertarik saat berkenalan biar kamu bisa PDKT.

Biar kamu tidak salah langkah di momen penting ini, baca lagi cara berkenalan dengan cewek buat cowok pemalu.

2. Kamu Gak Menarik

Jujur aja, cewek gak sekedar tertarik pada cowok cuma karena muka kamu kayak penyanyi Korea, artis India, penjaga toko bahan bangunan atau apapun itu. Bedanya dengan cowok yang sudah bisa bilang ‘cinta mati’ cuma karena lihat ketek licin.

Ada beberapa hal dalam diri cowok yang pada umumnya adalah kualitas yang dicari oleh cewek. Kualitas-kualitas ini mungkin ada pada kamu, atau mungkin juga tidak. Kabar baiknya, semua kualitas ini bukan kualitas yand dibawa lahir melainkan kualitas yang bisa kamu kembangkan dalam diri kamu sendiri lewat pengorbanan membetekan yang dinamakan ‘latihan’. Apa saja kualitas cowok yang bikin cewek jungkir balik karena cinta? Baca lagi tipe-tipe cowok yang disukai cewek.

Nah, terkadang cewek memang tertarik karena kenalan kamu yang super berkesan. Memang si cewek sudah memberikan kamu lampu hijau untuk PDKT lebih jauh. Tapi sejalan PDKT, si doi menemukan fakta bahwa kamu sama sekali tidak punya kualitas diri yang bisa bikin dia jatuh cinta. Jadilah sosok yang tadinya kamu sebut gebetan mulai menjauh lagi.

Memang ada beberapa cowok yang punya SEMUA kualitas ini tanpa dia sadari. Dan sayangnya ada juga beberapa cowok yang terlahir dan tumbuh tanpa pernah memiliki secuil saja salah satu dari kualitas ini. Mungkin aja kamu salah satu dari mereka yang punya kualitas, mungkin juga kamu salah satu dari mereka yang tidak punya kualitas. Jadi daripada bertaruh, lebih baik mulai sekarang kembangkan kualitas-kualitas tersebut dalam diri kamu.

3. Kamu Kurang Pede

Pede sebenarnya adalah salah satu kualitas yang harus dimiliki cowok sebagai xxmodal awal pdkt. Ini adalah salah satu dari beberapa kualitas wajib yang saya sebutkan di poin sebelumnya. Pede atau percaya diri sayangnya gak bisa dipalsukan. Dalam artian, kamu gak bisa belagak pede kalau kamu orangnya memang gak pede. Dan sebaliknya, kamu gak bisa belagak pemalu kalau pada dasarnya kamu memang orang yang pede. Cewek secara instan bisa menangkap aura pede atau gak pede dari kamu.

Gak pede adalah salah satu alasan kenapa gebetan kamu tiba-tiba menjauh. Cowok yang gak pede biasanya lebih cerewet saat komunikasi via telepon, sms atau chat. Padahal saat ketemuan langsung, si cowok lebih banyak diam, nunduk atau sekedar utak-atik hpnya yang sebenarnya juga gak ada pulsa ataupun kuotanya. Ini juga kalau si cowok berani ngajak si cewek ketemuan atau jalan bareng.

Idealnya, komunikasi langsung dalam PDKT itu lebih baik ketimbang komunikasi tidak langsung. Efek yang bisa kamu hasilkan dengan berbicara langsung, dengan raut muka dan bahasa tubuh akan jauh lebih baik ketimbang efek yang kamu timbulkan cuma dari chat atau teleponan.

Kalau kamu kekurangan nyali untuk ngajak si gebetan jalan atau ngobrol langsung tanpa perantara, kamu gak harus menunggu lama sebelum gebetan kamu jadi ilfil.

4. Kamu Terlalu Agresif

Dalam setiap perbincangan soal PDKT, poin ini pasti selalu saya angkat. Kenapa? Karena ini adalah kesalahan yang paling umum dilakukan cowok dalam PDKT. Memang, secara natural cowok punya tendensi untuk mendominasi dan bersikap teritorial terhadap kepunyaan mereka. TAPI, kamu sudah salah kalau menganggap cewek yang masih dalam status gebetan sudah menjadi milik kamu.

Bersikap agresif biasanya terlihat dari beberapa perlakuan kamu ke si doi selama PDKT. Kalau kamu nelpon tiap 3 menit dan chat tiap 40 detik, itu sudah termasuk terlalu agresif. Coba berikan kesempatan buat si doi untuk kangen lagi sama kamu. Atau tunggu sampai si doi memulai percakapan terlebih dulu.

Bukan cuma itu. Seburuk-buruknya PDKT adalah ketika kamu sudah mulai bersikap posesif tanpa alasan yang jelas. Cemburu buta itu wajar, tapi mengekang cewek yang belum jadi pacar kamu cuma karena rasa cemburu adalah cara yang paling cepat bikin gebetan ilfil sama kamu.

5. Kamu Terlalu Baik

Baik itu ada batasannya, terutama dalam persoalan PDKT. Kamu pasti sudah pernah mendengar ungkapan ‘nice guys finish last’ kan? Kalau kamu menghabiskan masa remaja kamu di dalam belantara, mungkin belum pernah. Tapi intinya, PDKT adalah sebuah kompetisi. Dan di dalam semua bentuk kompetisi, bersikap terlalu baik cuma akan bikin kamu kalan telak.

Saat ini kamu masih seorang jomblo yang berusaha PDKT ke target. Seperti yang saya bilang di poin sebelumnya, kamu tidak ada hak untuk cemburu atau bersikap posesif agresif terhadap si target. Begitu pula sebaliknya, si target juga tidak ada hak untuk menjadikan kamu ojek gratisan berbahan bakar cinta.

Melampaui batas-batasan ini pada akhirnya akan bikin salah satu dari kalian ilfil duluan. Si target tidak berkewajiban untuk mendengarkan kecemburuan kamu, dan kamu juga tidak berkewajiban mengantar jemput si doi. Jadi jangan bersikap terlalu baik atau murah hati yang bisa menyebabkan si doi keluar batas.

6. Kamu Membosankan

Kamu bisa saja menciptakan momen kenalan yang terbaik sepanjang sejarah spesies manusia. Kamu boleh saja mahkluk yang paling jago dalam persoalan tarik ulur. Tapi kenyataan pahit tetap ada: sebaik apapun kamu ber-PDKT, si doi tidak akan bisa tahan lama kalau kamu membosankan.

Membosankan berarti kamu tidak pandai berinovasi dalam persoalan bahan pembicaraan saat ngobrol. Mungkin si doi sudah berhasil kamu buat kangen setengah mati dengan teknik tarik ulur kamu. Tapi begitu ngobrol, kamu lagi-lagi membahas 30 hal yang sama yang sudah dibahas sebelumnya. Atau kamu mungkin sudah berhasil membuat si doi kangen pengen ketemu, tapi setiap kali ketemuan pasti di tempat makan yang sama.

Beberapa orang memang terlahir membosankan: tidak pandai basa-basi dan garingnya minta ampun. Kamu mungkin salah satu dari mereka. Tapi tidak akan pernah ada yang berubah kalau kamu tetap seperti itu. Jadi gunakan waktu kamu sebaik-baiknya untuk mengembangkan kemampuan sosial kamu agar tidak jadi individu yang membosankan.

Biar tidak bingung, kamu bisa mengambil acuan di artikel sebelumnya yang bertajuk membuat hubungan tidak membosankan.

10 Langkah Memutuskan Tanpa Bikin Pacar Sedih

memutuskan-pacar-tanpa-bikin-sedihCara memutuskan pacar memang adalah perkara sederhana yang tidak perlu diajarkan bahkan dibahas. Semua orang yang minimal punya mulut, tenggorokan yang berfungsi dan intelejensi yang setidaknya setingkat di atas Simpanse Bau Bau, pasti mampu bilang kata putus. Tapi cara memutuskan pacar tanpa bikin si doi sedih, ini baru topik yang nyaris mustahil.

Berhadapan dengan perpisahan, tentu ada kesedihan. Ini terutama terjadi pada pihak yang merasa ditinggalkan. Sebagai pacar yang diputuskan, apapun alasan putusnya, tentu saja berada pada pihak yang merasa ditinggalkan. Tapi sebenarnya, dengan sedikit pengorbanan kamu bisa memutuskan si doi tanpa meninggalkan luka hati yang infeksi. Nah, pada artikel ini akan saya bongkar 10 tahap yang bisa kamu lakukan untuk memutuskan pacar tanpa bikin si doi sedih.

Ambil kertas, pulpen, penggaris, jangkar atau apapun yang kamu butuhkan buat mencatat. Atau kalau kamu bukan salah satu mahkluk primitif kelahiran tahun 85 ke bawah, bookmark atau screenshoot sebenarnya lebih gampang (hehe). Tanpa basa dan basi lagi, kita langsung lompat ke poin pertama.

1. Ekstra Sabar

Kalau kamu serius mau memutuskan si doi tanpa membuat dia sedih, sebagai konsekuensinya kamu bakal makan ati. Karena yang namanya putus cinta, sakitnya pasti bakal terasa. Setidaknya untuk salah satu pihak. Jadi tanyakan dulu pada diri kamu, apa kamu yakin pengen sakit hati demi melindungi perasaan si doi?

Kalau kamu bilang ‘tidak’, silahkan klik tanda silang di sudut kanan atas, lalu telepon si doi dan teriakkan “Kita putus nyet!” karena tidak lagi ada yang bisa saya bantu.

Tapi kalau kamu bilang ‘ya’, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah bersabar. Bagi kebanyakan cowok, kata bersabar saja sudah cukup menyakitkan, apalagi aplikasinya. Tapi ada beberapa hal yang harus kamu pastikan dulu sebelum memutuskan si doi. Untuk ini, sebesar apapun keinginan kamu untuk putus, kamu harus bisa menekan keinginan tersebut dalam-dalam untuk sementara. Ini berarti kamu masih akan lanjut dalam hubungan yang bikin makan ati, tapi itulah konsekuensi dari jawaban ‘ya’ yang kamu berikan tadi.

2. Kumpulkan Alasan

Kedua, telan mentah-mentah semua kekesalan kamu terhadap si doi. Apapun bentuk perlakukan buruk atau kebiasaan buruk pacarxx yang bikin kamu mau putus, telan dulu mentah-mentah. Jangan buru-buru mengungkapkan kekesalan kamu dengan membabi buta, karena semua informasi ini harus kamu simpan dan tumpuk dulu untuk nantinya di muntahkan bersamaan.

Pacar kamu tidak akan pernah mengetahui seberapa signifikan efek dari perlakukan atau kebiasaan buruknya terhadap kamu kalau kamu mengeluh tiap kali itu terjadi. Yang ada, kamu kesannya jadi pacar yang doyan ngomel aja. Jadi kumpulkan dulu semua alasan putus kamu ini, catat baik-baik dan tunggu kesempatan yang paling baik untuk mengungkapkannya. Momen tersebut akan kita bahas di poin-poin berikutnya.

3. Kumpulkan Ketidakcocokan

Mungkin pacar kamu tidak punya kebiasaan buruk menjijikkan yang bisa bikin kamu ilfilxx. Mungkin pacar kamu juga tidak pernah memperlakukan kamu dengan buruk sampai bikin kamu eneg. Bahkan pacar kamu mungkin aja pacar paling pengertian dan perhatian yang pernah kamu punya, tapi hari demi hari kamu makin eneg dan makin ilfil aja sama doi.

Tenang. Ini tidak berarti kamu dipelet sama orang lain. Gak usah kepedean dulu lah. Ini bisa berarti bahwa kamu dan si doi sebenarnya bukan pasangan yang cocok. Ada banyak ketidakcocokan antara kamu dan si doi, yang secara logis kamu akui dan akhirnya bikin rasa cinta kamu nyemplung ke sumur tetangga.

Kalau memang seperti ini keadaannya, bersabarlah wahai kisanak. Kumpulkan semua ketidakcocokan itu dalam memori kamu. Baik itu ketidakcocokan dalam prinsip, cara berpikir, budaya, adat, standar norma atau apapun itu. Akan datang harinya ketika semua ketidakcocokan itu kamu muntahkan sekaligus ke muka si doi.

4. Kurangi Perhatian

Salah satu hal yang akan memudahkan si doi menerima keputusan pisah kamu nantinya adalah kurangnya rasa cinta. Jadi mulai dari tahap ini kamu akan mulai fokus membuat si doi mulai kehilangan rasa cintanya pada kamu sedikit demi sedikit. Caranya gimana?

Perhatian adalah salah satu dari beberapa faktor paling penting dalam sebuah hubungan percintaan. Kurang perhatian bisa xxbikin pacar ilfil bahkan tanpa kamu sengaja. APALAGI, kalau disengaja.

Tapi penting untuk kamu ingat bahwa mengurangi perhatian kepada si doi sebaiknya kamu lakukan berangsur-angsur. Jangan buat keadaan dimana kamu kelihatan dengan sengaja menjauh dari si doi. Buat keadaan dimana sepertinya kamu tidak bisa memperhatikan si doi seperti dulu karena paksaan keadaan. Buat kamu-kamu yang IQnya rada tiarap, biar saya beri contoh.

Dulu kamu nelpon si doi tiap 3 jam. Ini karena hari-hari kamu cuma diisi dengan baringan, main game, atau baringan sambil main game. Jangan tiba-tiba mengurangi frekuensi nelpon kamu jadi 7 jam sekali, padahal kegiatan kamu sama minimnya seperti dulu. Coba sibukkan diri kamu dengan kegiatan baru. Kegiatan baru ini bisa jadi alasan kenapa kamu tidak memperhatikan si doi seperti dulu. Karena kurangnya perhatian kamu disebabkan oleh paksaan keadaan, tidak ada alasan buat si doi untuk berpikir kamu sengaja melakukan ini.

5. Biarkan si Doi Terus Selingkuh (Kalau Emang Selingkuh)

Percaya atau tidak, ada juga orang-orang yang kekeh untuk tetap melanjutkan hubungan bahkan setelah tau pacarnya suka selingkuhxx. Bukan cuma itu, ada juga yang bahkan tetap mau melanjutkan hubungan setelah tau pacarnya SEDANG selingkuh. Saya tidak tau seburuk apa wawasan mereka sampai-sampai tidak tau ada jutaan mahkluk lain di luar sana yang berkelamin sama dengan pacarnya dan mungkin bukan tukang selingkuh. Tapi percaya atau tidak, orang-orang ini memang ada dan MUNGKIN kamu salah satunya (hayoooo).

Tidak ada kata terlambat untuk kembali ke jalan yang benar bung. Kalau kamu akhirnya menyadari bahwa keputusan kamu untuk bertahan itu salah, belum terlambat untuk memperbaikinya. Cara terbaik dan paling mudah untuk membuat si doi lebih gampang melepaskan kamu adalah dengan membiarkan si doi tetap berselingkuh.

Bukan cuma itu. Pastikan si doi menghabiskan lebih banyak waktu sama selingkuhannya ketimbang kamu. Pastikan si doi menumbuhkan rasanya sayangnya ke si selingkuhan dengan cepat, karena dengan begitu si doi bisa kehilangan perasaannya kepada kamu juga dengan cepat. Kalau kamu melakukannya dengan benar, kamu mungkin tidak akan perlu repot memutuskan karena diputuskan duluan sama si doi hehe…

Tapi kalau kasus kamu tidak berhubungan dengan perselingkuhan sama sekali, silahkan acuhkan saja poin ini dan langsung lompat ke poin berikutnya.

6. Kurangi Komunikasi

Kalau di poin sebelumnya kamu sudah mengurangi kadar perhatian kamu, sekarang sudah saatnya mengurangi komunikasi. Ini bukan cuma sekedar bikin si doi kehilangan perhatian dari kamu, tapi juga bakal bikin si doi lebih cepat melupakan kamu.

Komunikasi yang saya maksud adalah bentuk komunikasi apapun itu, mulai dari chat, sms, ketemuan, telepati, apapun itu. Semakin sedikit komunikasi yang kalian jalin setiap harinya, semakin mudah si doi melupakan kamu dan akan semakin mudah buat si doi untuk menerima putus tanpa perasaan sedih.

7. Cari Masalah

Kalaupun kamu sudah mengurangi kadar perhatian kamu dan sudah mengurangi komunikasi sampai nyaris membuat si doi lupa kalau udah punya pacar, ini tidak berarti kamu boleh putus tanpa masalah. Putus tanpa ada masalah bisa bikin si doi kebingungan dan akhirnya menyimpulkan hal-hal salah yang bisa bikin si doi sakit hati. Kamu bisa aja dituduh selingkuh sama si doi!

Jadi cari masalah yang cukup masuk akal untuk memulai. Masalah ini tentunya tidak akan jadi masalah yang membuat kalian putus, tapi cukup untuk jadi masalah yang akan memicu masalah yang lebih besar. Jadi tidak usah terlalu ribet membuat skenario drama ini dan drama itu. Temukan masalah kecil yang cukup masuk akal saja.

8. Perbesar Masalah

Sekarang kamu sudah punya satu masalah kecil yang siap untuk dibesar-besarkan. Tapi gimana caranya?

Di poin pertama dan kedua kamu sudah mengumpulkan semua hal yang bikin kamu ilfil dan eneg sampai mau putus sama si doi. Apapun alasan-alasan itu, inilah waktunya untuk dimuntahkan.

Jadikan masalah kecil tersebut sebagai batu loncatan untuk mengungkit semua masalah yang lalu yang bikin kamu gemes sama si doi. Tidak usah perduli kalau masalah-masalah yang lalu itu tidak ada hubungan dengan masalah yang baru. Justru, semakin tidak relevan masalah yang kamu ungkit, akan semakin memudahkan kamu di tahap berikutnya.

Terutama buat cewek, mengungkit masa lalu adalah hal yang super sensitif. Ini bisa membantu kamu pada tahap berikutnya yang bakal kita bahas sebentar lagi.

9. Pastikan si Doi Marah Besar

Sayang sekali, segala bentuk perpisahan pastinya tetap akan meninggalkan rasa sedih. Ini adalah fakta yang terjadi bahkan pada hubungan-hubungan yang paling rusak sekalipun. Tapi rasa sedih bisa digantikan dengan perasaan lain yang menurut saya lebih baik: marah.

Di artikel soal xxcara move on dari mantan sudah saya sebutkan soal cara mentransformasi kesedihan kamu saat ditinggal mantan menjadi kemarahan. Ini penting, karena kesedihan bisa membuat orang gak bisa tidur. Sementara kemarahan malah bikin orang makin pulas tidur karena kecapean ngotot. Sedih bisa bikin kamu kamu sama mantan, sementara marah akan bikin kamu jijik sama mantan. Secara mendasar, marah sama mantan lebih baik daripada sedih karena mantan. Ini akan sangat membantu dalam proses move on.

Dalam kasus ini, kita akan melakukan hal yang sama tapi tidak pada diri kita, tapi pada si doi. Menerima kenyataan putus akan lebih mudah buat si doi ketika dia dalam keadaan marah. Jadi buatlah situasi menjengkelkan dimana kamu bisa membuat si doi marah besar. Seberapa marahnya si doi akan memudahkan kamu pada tahap berikutnya.

10. Lemparkan Kata Putus!

Tergantung situasi, tahap ini sebenarnya bisa kamu lakukan bisa juga gak. Karena pada kebanyakan kasus (khususnya cowok), mereka melakukan tahap kesembilan dengan begitu perfect sampai-sampai udah diputusin sama si pacar sebelum sempat bilang putus. Kalau keadaanya seperti ini, kamu jadinya gak perlu repot-repot lagi. Kasus ditutup.

Tapi kalau si doi lebih fokus pada kemarahannya ketimbang memikirkan soal putus, waktunya kamu yang memutuskan. Saya tidak bisa mendikte apa yang sebaiknya kamu katakan untuk putus, karena apa yang sebaiknya kamu katakan sangat bergantung pada situasi dan kondisi.

Yang penting, dalam kondisi dimana kamu sedang terjerat pertengkaran yang hebat sama si doi, tidak ada lagi alasan untuk menyatakan putus dengan cara yang lembut. Tidak lagi ada alasan buat romantisme untuk keterakhir kalinya. Ini justru cuma bakal menenangkan si doi, membuat si doi malah kesulitan menerima keputusan kamu. Jadi katakan putus, hentikan bicara lalu tinggalkan tkp (cool).

Kalau kamu melakukan semua langkah di atas dengan benar, si doi seharusnya tidak akan merasa berat melepaskan kamu.

8 Hal yang Bikin PDKT Gagal

hal-yang-bikin-pdkt-gagalSiapa bilang PDKT itu hal sepele? Faktanya, eksistensi di dunia kamu sebagai salah satu dari jutaan individu yang mengaku spesies manusia, sangat bergantung pada PDKT (weh lebay). Whoops jangan salah, ini fakta loh. Kalau Bapak kamu dulu gagal PDKT ke Ibu kamu, mungkin saat ini kamu masih dalam bentuk sel, berenang gak jelas dalam buah zakar atau mungkin sudah di saluran wc. Dua-duanya sama pahitnya, bro.

Nah, karena PDKT itu ternyata persoalan hidup dan mati seorang manusia, makanya membahas PDKT itu sama pentingnya dengan membahas kesehatan. Kalau perlu, PDKT juga dibuatkan departemen sendiri seperti Departemen Kesehatan. Mungkin dengan nama DEDEMIT alias Departemen Pedekate Amit-Amit…. Umm, atau apa ajalah.

Intinya nih, PDKT itu gak bisa kamu anggap sepele. Untuk setiap PDKT yang gagal, selalu ada satu anak yang gak jadi hidup (ini lebay lagi). Tapi kenyataannya, kebanyakan cowok di luar sana lebih sering gagal dalam PDKTnya ketimbang sukses. Bahkan beberapa dari mereka sudah kenyang dengan penolakan sampai bermuka cukup tebal untuk tetap mencoba PDKT dengan cara yang sama dan sama lagi, yang tentunya ya berakhir gagal dan gagal lagi.

Nah, karena pentingnya PDKT ini, maka dari itu artikel kali ini akan berfokus pada 7 kesalahan yang dilakukan cowok saat PDKT yang membuat PDKT itu gagal total. Artikel ini bakal cukup panjang, karena dibutuhkan penjelasan yang merinci di setiap poinnya biar yang berIQ tiarap juga masih bisa ngerti. Jadi silahkan dibookmark atau dishare sekalian biar bisa dibaca lagi nanti. Ok?

Tanpa basa dan basi lagi, kita langsung lompat ke poin pertama.

1. Gak Ngerti Apa Itu PDKT

Karena kita ngomongnya soal PDKT, jadi ada baiknya kita samakan dulu apa definisi PDKT. Karena sebenarnya, kebanyakan cowok gagal PDKT justru karena tidak tau yang mana sebenarnya yang dimaksud dengan proses PDKT.

Menurut kamu, apa sih PDKT itu? Tentu aja PDKT itu kepanjangan dari Pedang Kutil Pendekatan, dan lipan arab aja tau ini. Tapi justru karena kepanjangannya adalah ‘pendekatan’, banyak yang jadinya salah kaprah soal apa itu PDKT. Saya baru tau ternyata banyak yang salah kaprah dari respon-respon pembaca di artikel-artikel sebelumnya yang membahas soal cara berkenalan buat yang pemalu ataupun teknik pdkt dasar buat pemula.

Ternyata menurut kebanyakan cowok (dan mungkin juga termasuk kamu), PDKT adalah proses membuat si target tertarik. Jadi menurut mereka, proses ini termasuk juga tahap kenalan. Konsep ini sama salahnya dengan cebok di westafel (heh?) Karena sebenarnya PDKT adalah proses merubah ketertarikan jadi rasa sayang, bukan proses menciptakan ketertarikan. Proses membuat cewek tertarik itu terjadi saat perkenalan. Ini makanya, kenalan itu juga belum bisa dikatakan PDKT.

Karena salah paham ini, banyak cowok yang mengaku gagal PDKT padahal si ceweknya ngasih nomer hp aja ogah. Banyak cowok yang gagal PDKT setelah merasa dicuekin saat chat pertama kali. Ini sebenarnya bukan gagal PDKT, karena PDKTnya aja belum mulai sebenarnya. PDKT dimulai ketika si cewek dengan jelas memberikan respon positif dan memberikan kamu persetujuan untuk melakukan pendekatan. Atau dengan kata lain, si cewek juga tertarik sama kamu.

Jadi kalau telepon kamu pertama kali ditolak, chat kamu pertama kali gak dibalas atau sms pertama kamu dicuekin, ini berarti si cewek tidak setuju kamu deket-deket dan ini bukan PDKT namanya. Nah, definisi PDKT udah ngerti kan? Sekarang kita lompat ke poin berikutnya.

2. Kamu Gak Punya ‘Modal’

Anggap aja PDKT itu sebuah bentuk investasi. Ada hal-hal yang kamu korbankan di dalamnya untuk nantinya bisa dapet untung, kalau bisa sekalian dengan ‘bunga’ (ehem-ehem). Dan layaknya setiap bentuk investasi, selalu ada modal yang diperlukan. Nah, kebanyakan PDKT yang gagal memang karena si cowoknya gak punya modal yang dibutuhkan untuk sebuah PDKT yang sukses.

Di artikel sebelumnya sudah saya bahas soal modal yang wajib dimiliki untuk memikat cewek. Hal-hal yang saya sebutkan di artikel tersebut adalah kualitas yang bikin cewek klepek-klepek sama cowok, hal-hal yang sudah sewajibnya kamu miliki dalam diri kamu sebelum PDKT. Tenang, hal-hal tersebut tidak termasuk materi, harta, kendaraan mewah, muka tampan atau apapun yang tidak kamu miliki saat ini (peace). Hal-hal tersebut adalah kualitas-kualitas yang diinginkan cewek dari cowoknya, yang mana adalah…. Ah, baca aja sendiri artikelnya deh!

Ingat definisi PDKT: PDKT bukan proses untuk membuat cewek tertarik, tapi proses merubah ketertarikan jadi rasa sayang. Artinya, si cewek sudah harus tertarik pada kamu saat kamu mulai PDKT. Nah, bagaimana kamu bisa membuat cewek tertarik kalau tidak ada yang menarik menurut mereka pada diri kamu?

Jadi jangan fokus pada apa yang menurut kamu bisa membuat kamu menarik. Fokus pada apa yang menurut cewek menarik dari cowok, kecuali tujuan kamu memang mau menarik hati batangan lain (wekh jijik). Kabar baiknya, cewek itu mahkluk emosional yang ketertarikannya tidak datang dari hal-hal fisik yang dangkal seperti ketertarikan kita ke mereka pada umumnya. Saran saya, baca aja lagi artikel modal wajib yang harus dimiliki cowok dan tipe cowok yang disukai cewek.

3. Kamu Gak Bikin Penasaran

Okelah, anggap aja kamu saat ini sudah berada dalam proses PDKT. Si target sudah memperlihatkan signal positif, sudah memperlihatkan ketertarikan dan sudah membiarkan kamu dengan leluasa melakukan pendekatan. Tapi ingat, ketertarikan itu hal yang ringkih bro. Gampang didapatkan tapi juga gampang menghilang. Beberapa kesalahan kecil saja bisa bikin ketertarikan itu runtuh dalam sekejap yang mana akan kita bahas dalam beberapa poin ke depan.

Yang pertama adalah kamu kurang bikin penasaran. Ada ungkapan dalam dunia persilatan cinta yang berbunyi “lebih besar pasak daripada tiang” “rasa penasaran adalah fondasi dari ketertarikan”. Itu bukan cuma ungkapan, tapi juga realita dalam berbagai kasus.

Cewek secara psikologis punya rasa penasaran yang besar. Rasa penasaran mereka lebih mudah terangsang, bahkan mengenai hal-hal yang sebenarnya tidak bermanfaat bagi mereka sama sekali. Contohnya aja, kita cowok-cowok tidak pernah perduli sama siapa Raffi Ahmad menikah, sama siapa dia selingkuh dan karena apa dia selingkuh. Kita tidak akan pernah perduli, setidaknya sampai Raffi Ahmad juga memproduksi ‘video tutorial reproduksi’ seperti Ariel-Luna dulu. Tapi cewek menggerayangi topik perselingkuhan si Raffi sampai ke detail-detail paling terkecil, cuma karena media merangsang rasa penasaran mereka dengan drama tersebut.

Saya tau ini adalah karakter psikologis yang konyol. Tapi kabar baiknya, psikologi itu bisa kamu manfaatkan. Semakin kamu membuat seorang cewek penasaran, akan semakin besar ketertarikannya terhadap kamu. Ini yang mendasari metode tarik ulur dalam setiap tips PDKT yang kamu temukan di internet. Karena memang metode tarik ulur berfungsi untuk membuat si cewek terusik dengan rasa penasarannya sampai pada akhirnya tanpa sadar malah mengejar-ngejar kamu.

Kabar buruknya, banyak cowok yang sudah terlalu terbuka pada gebetannya dalam proses PDKT. Pada awalnya, si cewek mungkin tertarik karena belum mengetahui 1 atau 2 hal mengenai si cowok. Tapi karena keterbukaannya yang ceroboh itu, si cewek akhirnya bisa memuaskan rasa penasarannya sampai tidak ada lagi alasan untuk merasa tertarik. Ini adalah awal dan akhir dari sebuah PDKT yang gagal total alias gatal (heh?).

4. Kamu Terlalu Beringas

Perlu kamu mengerti bahwa kita tidak lagi hidup di era manusia gua, dimana kelaki-lakian kamu cuma bisa diukur dari seberapa besar dominasi kamu terhadap cewek. Konsep ‘macho’ ini sudah mati seiring dengan peradaban manusia yang semakin menjauh dari peradaban spesies kera padang gurun (heh? emang ada?).

Intinya, jangan berpikir bisa membuat gebetan kamu jatuh cinta dengan mempraktekkan dominasi yang berlebihan terhadap si doi. Nelpon tiap 15 menit, sms tiap 5 menit, chat tiap 3 menit. Belum lagi larangan ini dan larangan itu dengan dalih ‘cuma nasehatin aja’, padahal jadi pacar aja belum. Belum lagi komunikasi yang selalu searah dan 75% isinya cuma “aku, saya, milikku”. Belum lagi kata-kata kotor dan vulgar yang kadang harus dilontarkan cuma untuk keliatan sedikit ‘garang’ dan ‘cuek’. Kalau semua karakteristik di atas kamu gabung, jadilah gorilla jantan yang bisa bicara. Gak lebih.

Ingat bahwa kamu tidak dalam posisi untuk bersikap teritorial kepada si gebetan dalam tahap ini. Kamu tidak berhak untuk memberikan larangan atau bahkan nasehat tanpa dimintai pendapat. Ingat bahwa kamu belum menjadi apa-apa bagi si doi, jadinya terlalu banyak komunikasi akhirnya akan bikin si doi eneg sendiri. Pada intinya, jangan paksakan ego kamu sebagai laki-laki dalam proses PDKT. Ketidakmampuan kebanyakan cowok dalam menghandle egonya adalah penyebab gagalnya PDKT yang paling sering terjadi.

5. Kamu Kebanyakan Berhayal

Berhayal itu adalah buah dari daya imajinasi yang tinggi. Tidak ada yang salah dengan berhayal sebenarnya. Justru, kebanyakan filsuf dan pemikir adalah individu-individu yang suka berhayal. Kabayan misalnya…

Tapi intinya, berhayal tidak akan jadi masalah kecuali kamu terlalu banyak berhayal soal hubungan kamu sama si gebetan dalam proses PDKT. Kebanyakan berhayal disini pada akhirnya akan bikin kamu kesulitan membedakan yang mana imajinasi dan yang mana realita PDKT kamu. Buat yang IQnya tiarap, saya akan kasih contoh biar gampang dimengerti.

Di siang bolong yang panasnya kayak belahan dubur, dengan listrik yang diputus karena tagihan listrik menggunung dan dengan hp android cina tanpa kuota, akhirnya kamu baringan sambil membayangkan si gebetan. Kamu membayangkan si doi juga sedang berbaring menatap langit-langit sambil memikirkan kamu, momen saat kamu kenalan dan semua obrolan basa-basi bangsat yang dangkal yang selama ini kamu lontarkan ke dia. Lalu si doi tersentak, seakan-akan mendapatkan ilham langsung dari yang Maha Agung, bahwa ternyata si doi mencintai kamu. Lalu si doi mengambil hp dan mengirimkan kamu chat ‘aku cinta kamu, Jupri’…. Tapi sebelum kamu sempat membalas chatnya, khayalan itu buyar karena bunyi kentut kamu sendiri.

Sampai pada titik itu, membayangkan yang lebih nakal sekalipun tidak ada masalah. Tapi bisa saja, kamu malah mengirimkan chat ke si gebetan yang berbunyi ‘aku sebenarnya udah tau kok kalau kamu cinta aku’. Ini karena kamu tidak bisa membedakan yang mana khayalan dan yang mana realita. Beberapa orang mungkin sadar bahwa itu cuma khayalan, tapi menganggap khayalannya sebagai pertanda dari yang Maha Kuasa. Tanda dari Tuhan kok bisa dikarang sendiri yak?

Tapi utamanya, menghayalkan si gebetan merangsang rasa kangen kamu. Padahal mungkin si gebetan kamu sedang sibuk mengerjakan sesuatu yang produktif di luar sana sampai ingat makan aja gak, boro-boro ingat kamu. Tapi karena rasa kangen kamu tadi itu, kamu lalu menghubungi lagi si doi padahal komunikasi terakhir ama dia baru aja terjadi 15 menit yang lalu. Tapi tentu aja kamu lupa, karena kamu sibuk tenggelam dalam khayalan kamu selama 15 menit terakhir dn ketika kamu tersadar tau-taunya berasa kangen aja.

Jika hal seperti ini terus kejadian, kamu akan kesulitan menerapkan metode tarik ulur yang mana bisa jadi awal luluh lantaknya PDKT kamu, kisanak!

6. Kamu Terlalu Baik

Kamu pasti sudah pernah mendengar istilah Mr. Nice Guy dan Mr. Bad Guy dalam urusan percintaan. Yak, saya juga sering menggunakan istilah ini untuk memisahkan antara mereka yang dalam PDKTnya berusaha jadi sosok cowok idaman (Mr. Nice Guy), dan mereka yang konsisten dengan metode tarik ulurnya dalam PDKT (Mr. Bad Guy). Atau secara tidak langsung, istilah ini digunakan untuk mereka yang bakal gagal dalam PDKTnya dan mereka yang bakal sukses dalam PDKTnya.

Memang benar, cewek butuh cowok yang jujur, cowok yang peka terhadap perasaan cewek, cowok yang terbuka, cowok yang mau mendengar, cowok yang rela berkorban, pokoknya semua karakteristik pangeran berambut pirang dan bermuka kotak ala Disney. Tapi mereka tidak butuh itu dalam proses PDKT, bro.

Semua karakteristik di atas adalah bentuk signal positif dalam PDKT yang biasanya dilakukan saat kamu sedang ‘narik’. Biar bisa sukses, kamu harus bisa mengimbanginya dengan signal negatif alias ‘ulur’. Ini kenapa konsep tarik ulur itu seperti Yin dan Yang, dimana keduanya bertolak belakang tapi harus tetap seimbang.

Masalahnya, mengirimkan signal positif alias ‘narik’ terus menerus tanpa ‘ulur’ adalah cara paling cepat bikin cewek ilfil dalam PDKT. Tanpa signal positif sama sekali, tidak akan ada kejutan buat si doi. Tanpa kejutan, tidak akan ada rasa penasaran. Dan seperti yang kamu tau, tanpa rasa penasaran lenyaplah sudah alasan untuk tertarik.

7. Kamu Membosankan

Mungkin kamu sudah melakukan semuanya dengan benar. Kamu sudah ‘narik’ di saat yang tepat, dan ‘ulur’ di saat yang tepat pula. Kamu bahkan sudah melakukan keduanya dengan porsi yang seimbang, persis seperti 4 sehat – 5 sempurna – 6 diare akut.

Tapi si doi makin lama makin kehilangan antusiasmenya. Setiap chat dibalas makin lama, setiap telepon durasinya makin pendek, bahkan terkadang ketiduran saat video call. Kamu sudah melihat ada tanda si doi kehilangan rasa ketertarikannya pada kamu, walaupun kamu sudah melakukan semuanya dengan benar dan super terukur. Apa masalahnya dong?

Kamu membosankan, bro.

Kamu boleh jadi master tarik ulur. Kamu boleh berhasil mengukur masing-masing porsinya dengan perbandingan pasti berdasarkan matematika katak jawa. Tapi kalau tarik ulur kamu membosankan sampai akhirnya bisa diprediksi, ini tidak ada bedanya dengan main layangan: boringnya kebangetan.

Jadi tarik ulur dalam PDKT tidak hanya harus dilakukan, tapi juga harus dilakukan dengan cerdas. Pastikan tarik ulur kamu tidak dengan pola yang dapat diprediksi. Dalam menentukan kapan harus narik dan kapar harus ulur, gunakan perkiraan, jangan gunakan perhitungan pasti. Selipkan beberapa kejutan dalam PDKT kamu dengan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya, sekedar untuk membuat proses PDKT kamu tidak monoton dan makin bikin si doi penasaran.

8. Kamu Gak Tau Caranya

Kamu boleh baca ribuan tips tentang percintaan tapi masih tetap gagal dalam setiap proses PDKT kamu. Ya, ini bisa terjadi. Karena sebenarnya, cara untuk bisa tau cara PDKT yang benar adalah dengan praktek, bukan dengan membaca aja. Bacaan cuma referensi, tapi pengetahuan kamu yang sebenarnya soal PDKT, psikologis cewek yang dapat dimanfaatkan, cara bersikap sampai cara mencari bahan obrolan saat pdkt sangat bergantung pada pengalaman kamu.

Jadi mau tidak mau, kamu harus praktek dulu. PDKT tidak sebaiknya cuma kamu lakukan ke cewek-cewek yang kamu taksir aja (ini saran saya aja ya). Terkadang PDKT harus dilakukan cuma untuk tujuan latihan aja. Karena sayangnya, memang inilah satu-satunya jalan untuk tau cara PDKT yang benar.

Pribadi setiap cowok tentu aja berbeda. Saya tidak sama dengan kamu, kamu tidak sama dengan saya, dan kita tidak sama dengan jutaan cowok jomblo lapuk di luar sana (hehe). Jadinya cara terbaik untuk PDKT itu subjektif berdasarkan karakter kita masing-masing. Semua cara yang saya berikan di setiap artikel asmara adalah panduan, tapi kamu pribadi tidak akan tau cara yang paling benar untuk diri kamu sendiri tanpa praktek dan pengalaman yang cukup. Dan ini, kisanak, adalah alasan gagalnya PDKT cowok yang paling banyak.

Metode yang paling enak yang bisa saya sarankan adalah mengerti proses PDKT lewat buku yang juga membuat saya belajar, yaitu buku Formula Cinta. Buku ini bisa jadi acuan kamu dimana saja, bahkan di tempat dan waktu dimana sinyal dan koneksi internet tidak memungkinkan (ya, kali aja kamu PDKT ke simpanse betina). Buku ini adalah panduan PDKT paling praktis yang bisa kamu gunakan. Dan karena dibahas secara umum, sebagian besar metodenya bisa kamu aplikasikan dalam berbagai situasi. Buat kamu yang tertarik, langsung aja caplok bukunya disini.