Membuat artikel yang baik, apakah itu untuk situs/blog (postingan) atau media lain seperti kolom majalah, membutuhkan skill. Tentu saja semua orang hanya ingin membaca inti dari tulisan kamu. Tapi tanpa pemaparan yang menarik, pembaca terancam tertidur atau terserang penyakit bosan akut. Karena artikel saya sendiri lebih sering tampil di berbagai situs, maka tips kali ini akan saya fokuskan untuk penulisan postingan di situs kamu atau situs warta sosial lain seperti kompasiana.

cara menulis artikel yang baik oleh cararahasia

Kenapa Harus Menarik?

“Kenapa tidak to the point saja? Kenapa harus buang-buang tenaga untuk membuat artikel luar biasa?”

Memang harus to the point. Membuat artikel yang baik dan menarik tidak harus bertele-tele. Kamu harus bisa merangkai kata-kata dengan baik, memaparkan inti artikel kamu secara berstruktur untuk memastikan pembaca menyelesaikan artikel tersebut dan tidak malah pergi di tengah artikel. Kalau artikel kamu cukup bagus, pembaca mungkin akan membagikan artikel kamu di akun sosial medianya, dan ini berarti semakin banyak pembaca!

Pilih Pembaca Atau Robot?

SEO tentu bukan sebuah kata asing lagi bagi seorang pemilik situs. Tapi SEO ini adalah hal yang selalu membuat tulisan kamu malah tidak bisa dinikmati oleh para pembaca. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh penulis artikel situs adalah menyelipkan terlalu banyak kata kunci (keyword) di dalam postingannya, membuat artikelnya nyampah dan super aneh ketika dibaca.

Pada artikel ini akan saya berikan 7 cara menulis postingan yang enak dibaca tanpa harus mengorbankan faktor SEO.

[checklist]

  • Berpikir Sebelum Menulis

[/checklist]

Menulis tidak hanya sekedar menyampaikan sebuah ide atau pesan kepada pembaca. Menulis untuk manusia itu sama seperti memberi mereka makan; banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari selera, tata krama dalam menulis, gaya bahasa dan sebagainya. Jangan menulis seperti memberi makan seekor kucing; cuma dicampur di dalam mangkuk lalu diletakkan di atas lantai.

[checklist]

  • Buat Kerangka Artikel

[/checklist]

Kerangka artikel adalah hal yang sangat langka dibuat sebelum menulis, padahal sebuah artikel tanpa kerangka bagaikan makan garam tanpa sayur (sayur tanpa garam udah biasa). Saya pribadi membuat kerangka artikel berdasarkan pertanyaan yang akan timbul dari artikel yang akan saya tulis.

Misalnya kamu akan menulis artikel yang judulnya “Cara Menembus Internet Positif“. Pertanyaan-pertanyaan yang kemudian bisa muncul antara lain kenapa situs diblokir internet positif? kenapa internet positif harus ditembus? lalu diakhiri dengan bagaimana cara menembus internet positif?

Tulislah artikel kamu berdasarkan jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut agar apa yang kamu bahas informatif dan super lengkap untuk pembaca.

[checklist]

  • Selipkan Humor

[/checklist]

Ada 2 alasan umum kenapa seorang penulis tidak menyelipkan humor dalam artikel atau postingannya:

1. Karena menggunakan bahasa yang baku,

2. Karena takut tidak lucu.

Pertama, tidak salah kalau kamu menggunakan bahasa baku jika tema situs kamu lebih sedikit serius. Tapi menggunakan bahasa baku tidak berarti tidak bisa melucu. Hanya saja bentuk humornya mungkin agak berbeda. Misalnya kamu menulis menggunakan kata “Anda” untuk pembaca, tentu saja kamu tidak bisa cengengesan hehe seenaknya di tengah artikel. Gunakan humor yang sesuai dengan gaya penulisan yang baku, misalnya dengan hiperbola atau sarkasme.

Kedua, untuk membuat artikel kamu lebih enak dibaca tidak perlu membuat pembaca tertawa sampai korpol apalagi kayang. Tidak masalah jika humor kamu tidak dianggap lucu oleh pembaca karena dengan hanya menyadari bahwa kamu berusaha membuat mereka tertawa sudah bisa membuat pembaca lebih santai membaca tulisan kamu, terlepas dari tulisan kamu memang lucu atau tidak.

[checklist]

  • Gunakan Perspektif Diri Kamu

[/checklist]

Jangan takut gunakan kata “saya” di dalam artikel. Jika perlu, gunakan pengalaman kamu sebagai referensi tambahan di dalam artikel. Saya bahkan sering sekali menceritakan kisah pendek pengalaman saya yang berhubungan dengan apa yang akan saya tulis. Menulis dari sudut pandang kamu sendiri bisa membuat pembaca merasa lebih personal dan dekat, dan ini tentunya membuat mereka membaca dengan lebih nyaman.

[checklist]

  • Jangan Takut Kepanjangan

[/checklist]

Membuat artikel yang menarik memang bisa saja dilakukan cukup dengan 300 kata. Tapi membuat artikel yang kongkrit dan komplit mustahil hanya dengan 300 kata saja (kecuali dengan bantuan gambar atau video). Jangan pernah takut artikel kamu kepanjangan. Takutlah artikel kamu membosankan. Karena jangan salah, artikel sepanjang 300 kata pun bisa memuakkan.

[checklist]

  • Gunakan Headings

[/checklist]

Headings adalah hal yang wajib untuk setiap postingan, kecuali kamu memposting puisi yang membuat geli. Headings sangat berguna untuk membuat tulisan kamu berstruktur dan tersusun berdasarkan apa yang kamu bahas. Ini lebih wajib lagi jika kamu menulis artikel yang berhubungan dengan cara atau tips yang mana biasannya berisi dengan langkah demi langkah. Bukan hanya itu, headings pada artikel juga baik untuk SEO. Maka dari itu banyak disarankan untuk memasukkan kata kunci artikel kamu di salah satu Headings 2 atau Headings 3.

Tips Bonus Untuk SEO:

Berhentilah berpikir bahwa banyak kata kunci di artikel menentukan tinggi tidaknya peringkat kamu di hasil pencarian Google. Saat ini, dengan semua algoritmanya, Google sudah tidak segoblok dulu lagi. Banyak sekali faktor yang bisa mengangkat sebuah artikel ke halaman pertama hasil pencarian, dan bukan cuma jumlah kata kunci di dalam artikel tersebut.

Saya pribadi menyebutkan kata kunci dalam artikel saya 1 kali setiap 300 kata. Ini lebih adil untuk pembaca dan tidak juga terlalu buruk untuk bot Google. Untuk setiap artikel, perkuat faktor SEO lain seperti meta description. 

Kesimpulan

Bagus tidaknya tulisan kamu memang tidak bisa dilatih hanya lewat teori, tapi langsung praktek. Lebih banyak membaca, menyimpulkan dan menulis akan mengasah kemampuan menulis kamu. Nah, kenapa tidak dimulai dengan membuat kesimpulan untuk artikel ini sendiri? 😀 (ini sudah hampir 1000 kata. Saya capek!)

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY