Cara Mendefinisikan Kata oleh CaraRahasiaSalah satu penyebab terbesar mengapa orang-orang berdebat adalah tidak jelasnya definisi sesuatu yang mereka bahas. Yang satu mengatakan sepatu adalah A. Dan yang lain mengatakan sepatu adalah B. Ketidakjelasan dan ketidaksamaan definisi inilah yang kerapkali membuat orang berdebat meski pada pembahasan yang sebenarnya sepele. Maka, untuk membangun sebuha pembahasan atau komunikasi yang baik diperlukan definisi sebagai pembatas pembahasan anda agar tidak melebar selebar-lebarnya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membangun sebuah definisi;

1. Temukan Jenis dan Pembeda

Misalkan anda ingin mendefinisikan kata sepatu. Maka, temukan terlebih dahulu jenis dan pembeda dari kata sepatu tersebut. Jenis dari sepatu adalah alas kaki. Sekarang, apa pembeda sepatu dengan alas kaki-alas kaki lainnya seperti sandal? Pembedanya adalah sepatu menutupi hampir seluruh daerah kaki. Jadi, definisi sepatu adalah alas kaki yang menutupi hampir seluruh daerah kaki. Jenis adalah kesluruhan yang melingkupi bagian-bagian. Sementara pembeda adalah hal yang tidak dimiliki oleh bagian-bagian lain.

2. Temukan Penyusun

Selain dengan menemukan jenis dan pembeda, terdapat cara lain untuk mendefinisikan suatu kata, yaitu dengan menemukan penyusun dari kata yang ingin kita definisikan tersebut. Misalnya kata yang ingin kita definisikan tetap sepatu. Maka temukan apa-apa saja yang menyusun sepatu tersebut. Seperti hak sepatu, kulit kain dan tali. Jadi, sepatu adalah sesuatu yang tersususn dari hak sepatu sebagai alas, kulit kain sebagai penutup kaki dan tali yang berfungsi mengikat kulit kain.

3. Temukan Analogi

Inilah cara mendefinisikan yang paling terakhir. Perlu dipahami bahwa ketiga cara mendefinisikan kata ini telah diatur berdasarkan skala prioritas. Maksudya adalah cara yang pertama adalah cara yang paling sering digunakan dalam forum ilmiah. Baru kemudian cara kedua hingga cara ketiga ini. Cara mendefinisikan kata dengan menemukan analogi adalah dengan mencari perumpaan kata yang ingin kita definisikan. Misalnya sepatu yang berfungsi sebagai pelindung kaki. Carilah suatu hal yang juga berfungsi sebagai pelindung. Misalnnya topi yang berfungsi sebagai pelindung kepala. Jadi, definisi sepatu adalah seperti topi yang melindungi kepala, namun sepatu melindungi kaki. Sekali lagi, cara yang ketiga ini merupakan cara yang paling lemah dan yang paling jarang digunakan dalam mendefinisikan suatu kata.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY