Cara Menentukan Hardware Untuk PC Gaming Rakitan
Cara Menentukan Hardware Untuk PC Gaming Rakitan

Membeli sebuah perangkat komputer untuk bermain game sebaiknya harus dengan penelitian khusus. Pasalnya perkembangan dunia game semakin hari semakin tinggi. Perangkat yang dibutuhkan juga harus selalu terupdate dan kompatible dengan jenis game yang akan kita mainkan. Sebelum memulai berburu perangkat keras (Hardware) untuk PC rakitan kamu. Terlebih dahulu, carilah sebuah game yang akan Kamu jadikan sebagai target PC rakitan Kamu nantinya.

Setelah game yang Kamu jadikan target permainan, buatlah list yang diperlukan untuk merakit sebuah PC. Berikut daftar hardware standar yang Kamu perlukan untuk merakit PC:

  1. Motherboard
  2. Processor (CPU)
  3. Chasing
  4. Monitor
  5. PSU (Power Supply Unit)
  6. RAM (Random Access Memory)
  7. Hardisk
  8. VGA
  9. DVD
  10. Keyboard & mouse

Yang diatas hanya merupakan list standar yang harus dipenuhi untuk merakit sebuah PC. Namun, untuk merakit PC dengan performa yang lebih maksimal untuk memainkan game yang menjadi target Kamu. Masih membutuhkan jenis dan type khusus dari perangkat-perangkat diatas. Berikut pembagian jenis perangkat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah computer gaming impian Anda.

  • Motherboard

Motherboard adalah induk dari segala komponen hardware yang ada pada PC. Fungsi dari motherboard sebaga tempat atau wadah untuk mengkoneksikan semua perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan PC. Proses jalur pengantaran dan proses data berlangsung pada jalur-jalur lalulintas yang ada papan utama ini. makanya motherboarb atau biasa uga orang sebut sebagai mainboard ini sangat memiliki peranan penting dalam sebuah permainan game.

  • Processor (CPU)

Processor dianggap semua orang adalah otak dari segala aktivitas internal yang ada pada komponen PC. Banyak orang menganggap bahwa kata CPU itu adalah komputer. Padahal CPU (Central Processing Unit) itu sebenarnya adalah sebagai Processor. Fungsi dari CPU ini adalah untuk memproses data dari semua aktivitas yang berjalan dikomputer. Misalnya jika Anda mengetikkan satu huruf pada keyboard. Semua itu akan diproses terlebih dahulu oleh CPU sebelum menyampaikan atau menampilkannya dilayar monitor Kamu. Jadi, jika Kamu pernah mengetik sebuah huruf atau angka dikeyboard namun, angka atau huruf yang Kamu ketik tersebut lamba muncul dilayar monitor. Itu artinya Kamu memiliki CPU yang bermasalah kecepatannya memang dibawah rata-rata. CPU Juga berperan penting dalam permainan sebuah game. Proses untuk menampilkan dan merender gambar bukan hanya dilakukan oleh VGA namun CPU juga berperan penting. Intinya sebelum semuanya tampil dilayar monitor sesuai keinginan Kamu, CPU yang terlebih dahulu memprosesnya.

  • RAM (Random Access Memory)

Kecepatan pengiriman paket data pada mainboard ke processor merupakan fungsi utama dari RAM ini. RAM juga berfungsi sebagai alat pengontrol kecepatan pengiriman paket data dari media penyimpanan yang satu ke median penyimpanan yang lain, misalnya dari hardisk ke flashdisk.

  • VGA (Video Graphic Accelerator)

Perangkat yang satu ini merupakan perangkat yang sangat menentukan kualitas dari permainan sebuah game. VGA dengan performa rendah tidak akan mampu memainkan game yang memiliki resolusi dan ketajaman gambar 3D yang bagus. Makanya para gamers selalu mencari tahu update untuk perangkat yang satu ini. harga yang ditawarkan untuk perangkat yang satu ini juga tidak main-main. Satu perangkat ini biasanya menghampiri satu harga laptop kelas highend. Dan merupakan salah satu perangkat termahal dalam merakit PC gaming.

  • Hardisk

Pemakaian hardisk juga sangat penting. Peranan hardisk disini adalah sebagai media penyimpanan data dan media untuk menjalankan sistem operasi yang kita gunakan untuk bermain game.

  • PSU (Power Supply Unit)

PSU atau yang biasa orang kenal dengan sebutan Power Supply adalah perangkat yang digunakan untuk memberikan arus listrik ke motherboard hingga ke perangkat lainnya. Fungsi PSU adalah untuk mengubah arus listrik dari AC ke DC ataupun sebaliknya. Power supply juga biasanya dibagi berbagai tingkatan dayanya. Semakin tinggi daya suplai powernya, semakin mahal pula harganya.

  • Chasing

Chasing bisa jadi perangkat opsional. Namun, untuk mempercantik tampilan PC Kamu. Beragam chasing sudah dapat didapatkan di pasaran. Jasa pembuatan chasing dalam bentuk fiber dan dibentuk sesuai keinginan juga ada. Fungsi chasing disini adalah sebagai tempat menempelnya semua perangkat keras PC.

  • Monitor

Fungsi dari perangkat yang satu ini tidak lain dan tidak bukan hanya untuk menampilkan gambar. Tapi, jangan salah pilih monitor untuk PC gaming Kamu. Pemilihan monitor PC Gaming juga harus selektif. Karena, kualitas dari setiap Monitor itu berbeda-beda. Jumlah warna yang dapat ditampilkan sebuah monitor berperan penting untuk game yang menjadi target Kamu.

  • DVD

Perangkat yang satu ini juga bisa dikatakan opsional. Karena, perangkat yang satu ini hanya digunakan untuk memutar sebuah kaset DVD atau CD. Biasanya game yang kita beli di toko dalam bentuk CD atau DVD.

  • Keyboard & Mouse

Semua yang telah memiliki perangkat komputer baik itu PC, maupun laptop tidak akan lepas dari perangkat yang satu ini. Karena semua perintah yang terjadi didalam sebuah paket komputer merupakan perintah dari keyboard atau mouse.

Jadi, untuk membeli sebuah PC dengan kualitas high end dan cocok untuk bermain game kelas kakap. Sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu di toko-toko yang menyediakan perangkat PC. Pilihlah dengan cermat hardware tersebut. Jangan sampai hardware tersebut tidak saling kompatible dengan yang lainnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

  1. This design is steller! You obviously know how to keep a
    reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to
    start my own blog (well, almost…HaHa!) Wonderful job.
    I really enjoyed what you had to say, and more than that,
    how you presented it. Too cool!

LEAVE A REPLY