cara download buku di google books oleh cararahasiaSudah seberapa sering kamu terjebak dilemma saat sedang cari buku di Gramedia? Dapat buku yang sinopsisnya bagus, tapi tersegel. Sementara kamu tau bahwa beli buku yang tersegel itu sama seperti beli kucing dalam karung. Dan sudah seberapa sering kamu mencoba mengecek isi buku yang tidak tersegel tapi lantas diusir sama pegawai Gramedia seperti lalat di atas dagangan? Padahal terkadang kamu cuma butuh sedikit referensi dari buku-buku tertentu dan sayang kalau harus dibeli. Sebenarnya ada solusi buat masalah ini, asalkan kamu tau caranya.

Google books adalah jawabannya. Ketika kamu sedang menyusun tugas atau mungkin makalah dan membutuhkan referensi dari buku-buku tertentu, kamu bisa ambil dari Google Books tanpa harus bayar. Silahkan coba buka Google Books sekarang dan cari buku yang kamu mau. Kebanyakan buku-buku yang didistribusikan secara meluas ada di Google Books, mulai dari buku luar negeri sampai dalam negeri.

Tapi masalah baru muncul: kamu tidak bisa mendownload buku dari Google Books. Google Books dilindungi oleh sistem yang tidak memungkinkan kamu untuk mengambil referensi dari buku-buku seenaknya karena ini seperti merobek halaman buku yang kamu mau di Gramed lalu dibawa pulang. Tapi untungnya, Google Books hanya dilindungi oleh mesin yang tentunya bisa diakali. Berikut ini beberapa pilihan cara untuk download buku dan referensi dari Google Books.

[checklist]

  • Google Books Downloader

[/checklist]

Google Books Downloader berfungsi untuk mendownload buku langsung dari halaman Google Books dan menyimpannya di komputer dalam bentuk PDF. Silahkan ambil disini.

Untuk menjalankan program ini, kamu harus punya Microsoft.net Framework 3.5 ke atas di komputer kamu. Installernya bisa langsung kamu ambil disini.

Karena tidak semua buku di Google Books menyediakan versi Ebook, jadi kebanyakan buku halamannya tersedia dalam bentuk gambar. Google Books Downloader akan secara otomatis mengkonversi file apapun yang kamu download menjadi PDF. Kalau kamu berniat mencopas buku yang baru saja kamu download, silahkan cari software-software di Google dengan kata kunci “PDF to MS Word Converter”.

[checklist]

  • Leechvideo

[/checklist]

Leechvideo sebenarnya secara spesifik dibuat sebagai tool pendownload video, tapi leechvideo membuat satu tool dan subdomain khusus untuk mendownload buku dari Google Books. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan url buku yang ingin kamu download di kolom yang tersedia disini (UPDATE: books.leechvideo.com sering kali down dan tidak dapat diakses. Jika ini terjadi saat kamu buka, tunggu beberapa saat lagi atau gunakan cara lain).

[checklist]

  • Greasemonkey

[/checklist]

Greasemonkey adalah  plugin Firefox yang bisa digunakan untuk merubah terjemahan Firefox terhadap file-file web tertentu (bingung kan? sama). Pokoknya, greasemonkey bisa kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan selama kamu bisa menemukan script yang sesuai. Untuk mendownload buku dengan Greasemonkey, berikut langkahnya.

1. Buka browser Firefox.

2. Kemudian install Greasmonkey lalu install Google Book Downloader Userscript.

3. Restart Firefox kamu.

4. Cari buku di Google Books. Pada bagian sidebar kiri kamu akan melihat tombol download.

5. Klik tombol download dan pilih halaman-halaman buku yang ingin kamu download.

Kalau ternyata script Greasemonkey membuat lambat Firefox kamu, coba tutup tab yang tidak diperlukan atau restart Firefox langsung.

[checklist]

  • Clickbook

[/checklist]

Kalau kamu mencari software yang bisa mendownload dan langsung memprint mereka dalam bentuk PDF, ClickBook bisa jadi solusi. Hanya saja, ClickBook sebenarnya memang bukan program gratisan. Tapi setidaknya ClickBook menyediakan versi Trial yang bisa kamu gunakan beberapa kali secara gratis. Dan karena program ini sudah agak lama, ClickBook hanya bisa dioperasikan oleh sistem operasi Windows 95/98/ME/NT/2000/2003/XP/Vista. Silahkan langsung klik disini untuk detail lebih lanjut.

[checklist]

  • Tanpa Software

[/checklist]

Ada cara klasik untuk mengakali Google Books sebenarnya. Caranya dengan menggunakan browser bawaan Windows yang super payah yaitu Internet Explorer. Berikut langkahnya:

1. Buka Internet Explorer sebagai administrator. Kemudian masuk ke halaman Google Books yang ingin kamu download.

2. Setelah semua halamannya kamu buka, masuk ke windows explorer kamu dan navigasi ke “C:\Documents and Settings\%admin_name%\Local Settings\Temporary Internet Files\”

3. Pada folder tersebut kamu akan menemukan semua halaman hasil scan yang sudah kamu buka sebelumnya. Kamu tinggal mengumpulkan halaman-halaman tersebut, memindahkannya ke folder lain dan menyusunnya sesuai urutan.

4. Sebelum melakukan ini, disarankan untuk menghapus dulu semua isi di folder “Temporary Internet Files” agar memudahkan kamu nantinya menemukan gambar-gambar halaman buku yang kamu sudah buka.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

3 COMMENTS

  1. terimakasih tipsnya, . sangat mendetail dan menarik utk diterapkan.
    tapi menurut saya, entah kenapa lebih menarik tulisan about penulis nya ya,. hehe.
    salam sukses !

  2. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn additional
    bucks every month. You can use the best adsense alternative for any type of website (they approve all websites), for
    more info simply search in gooogle: boorfe’s tips monetize your website

LEAVE A REPLY