membuat pacaran tidak membosankanMembuat hubungan tidak membosankan itu sebenarnya bukan sebuah keajaiban dunia. Membuat hubungan kamu kembali berbunga-bunga seperti saat baru jadian sebenarnya perkara yang mudah aja. Memang, jago tidaknya kamu dalam membuat hubungan tidak membosankan sangat bergantung dari seperti apa kepribadian kamu dan sebaik apa kemampuan kamu dalam berhubungan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa manusia aneh yang memang tercipta untuk jadi mahkluk yang membosankan: tidak lucu, tidak banyak bicara, terlalu teratur, benci spontanitas dan mungkin juga benci ketawa. Ada juga yang bahkan tidak tau cara mencari topik obrolan saat kencan sama pacarnya sendiri, sampai-sampai momen kencan cuma diisi dengan kebisuan dua arah dari dua orang yang sama-sama sibuk dengan hapenya masing-masing (kamu pasti pernah lihat fenomena kayak ini kan?) Kalau kamu salah satu dari mereka pribadi-pribadi membosankan dan cenderung bikin eneg seperti ini, kamu butuh sebuah teknik khusus untuk tidak bikin pacar kamu ilfil.

Kabar baiknya, membuat hubungan tidak membosankan tidak hanya bisa dilakukan oleh cowok-cowok pelawak yang tidak terorganisir dan miris masa depan. Kamu masih bisa jadi orang kaku yang menjengkelkan, tapi juga tetap mempertahankan intensitas hubungan kamu seperti baru jadian setengah jam yang lalu (lebay).

Artikel ini saya tuliskan buat kalian para pejuang cinta yang ingin menghindarkan hubungannya dari rasa bosan, tapi terkendala dengan kepribadiannya sendiri yang monoton dan tertutup. Tanpa basa dan basi lagi, kita langsung lompat ke poin pertama.

1. Lebih Pengertian

Pengertian adalah tulang punggung dari sebuah hubungan. Pengertian adalah kesadaran bahwa bukan cuma kamu satu-satunya mahkluk yang tercipta dengan ego dan kebutuhan dalam sebuah hubungan. Mahkluk yang kamu sebut pacar itu juga punya ego dan kebutuhan yang harus dia penuhi. Dan pengertian ini bukan cuma hal yang bisa menghindarkan hubungan dari kebosanan tingkat dewa yang bakal berakhir putus, tapi juga menghindarkan kamu dari kemungkinan membuat pacar ilfil.

Tapi pengertian memang tidak sebaiknya cuma datang dari satu arah. Sebagai cowok yang mana adalah calon pemimpin, memang benar kamu seharusnya lebih banyak mengalah sama si doi. Tapi lagi-lagi, sebagai mahkluk yang juga punya ego yang harus dipuaskan, si doi kamu itu juga harus bisa memberikan kadar pengertian yang sama. Pengertian yang timpang dan cuma datang dari satu arah inilah yang membuat hubungan cuma dipenuhi dengan adu urat leher yang akhirnya cuma jadi hubungan yang melelahkan dan membosankan.

2. Atur Perhatian

Banyak yang percaya bahwa semakin perhatian kamu, semakin jatuh cinta pula si doi sama kamu. Ini pernyataan yang bukan cuma tidak benar, tapi juga tidak logis. Karena memang pada faktanya, perhatian yang berlebihan lah yang seringkali jadi tersangka utama dalam kasus hubungan yang membosankan.

Perhatian tidak seharusnya berlebihan. Nelpon tiap 15 menit, sms tiap 10 menit dan chat tiap 5 menit. Itu belum termasuk permintaan video call dan mention-mention di social media. Hal seperti ini membuat si doi tidak punya kesempatan sama sekali untuk kangen sama kamu, karena kamu mengisi tiap detik waktunya dengan kamu, kamu dan kamu sampai si doi eneg sendiri.

Tapi perhatian juga tidak seharusnya terlalu langka. Tidak ada mahkluk yang mencari pacar cuma untuk sekedar dicuekin setiap hari sampai malam minggu. Ini justru membuat si doi merasa perlu mencari perhatian dari orang lain dan bisa jadi alasan selingkuhnya pacar.

Perhatian harus datang dengan kadar yang seimbang. Siapa bilang konsep tarik ulur cuma teknik saat pdkt aja? Berikan perhatian khusus buat si doi agar merasa nyaman dan disayangi, tapi berikan juga kesempatan buat si doi untuk bisa kangen lagi sama kamu.

3. Manajemen Waktu

Salah satu faktor yang bikin hubungan membosankan adalah ketidakmampuan salah satu pihak mengatur waktu. Gak usah fokus pada kesalahan si doi, kita mulai dulu dari diri kamu sendiri aja. Mungkin kamu lebih sering jalan bareng teman-teman ketimbang pacar sendiri. Mungkin kamu terlalu banyak menghaiskan waktu mengais rejeki sampai bahkan gak sempat nelpon. Atau kamu bahkan lebih banyak menghabiskan waktu kamu main game ketimbang mainin si doi (heh?). Pokoknya, kegagalan kamu mengatur waktu adalah salah satu hal yang bisa bikin hubungan kamu membosankan.

Apakah kamu sudah cukup mengatur waktu buat si doi di antara semua waktu untuk kerja, sekolah, teman dan keluarga?

Jabatan ‘pacar’ datang sepaket dengan tanggungjawab. Tanggungjawab kamu adalah memastikan si doi tetap merasa disayangi, diperhatikan dan dimengerti di antara semua urusan duniawi lain yang harus kamu ladeni. Seberapa baik kamu menangani ini, sebaik itu pula nantinya kamu menangani semua bentuk tanggungjawab besar setelah menikah nanti.

4. Kreatif

Hubungan yang tidak membosankan adalah hubungan yang penuh kreativitas. Saya tidak bilang bahwa hubungan kamu cuma harus diisi dengan kegiatan artistik yang aneh seperti melukis buah-buahan, membuat sepatu dari rotan atau melipat origami Babun Nigeria. Hubungan yang kreatif adalah hubungan yang tidak dipenuhi dengan kegiatan yang membosankan.

Kalau kamu sudah menghabiskan 1 tahun masa pacaran dengan kencan di tempat yang sama setiap malam minggu, hubungan kamu membosankan. Kalau kamu cuma menghabiskan waktu berbulan-bulan dengan kegiatan antar-jemput pacar setiap hari, di waktu yang sama, lewat jalan yang sama, tanpa improvisasi sama sekali, kamu membosanan. Kalau kamu sudah menghabiskan berminggu-minggu nelponan setiap malam dengan topik drama Korea yang sama, episode yang sama, artis yang sama, kamu menjijikkan!

Hidup teratur itu memang wajib, tapi spontan itu juga bukan sesuatu yang haram kok. Cobalah untuk hidup lebih spontan dalam urusan hubungan percintaan kamu. Jangan ragu untuk improvisasi dan mencoba hal-hal baru dengan si doi.

Biar kamu bisa lebih kreatif soal kencan, baca lagi tempat kencan paling romantis.

5. Kembangkan Diri

Setiap manusia seharusnya berkembang seiring dengan bertambahnya umur mereka… Seharusnya ya. Tapi kenyataannya, ada juga orang-orang yang tidak berkembang sama sekali dan masih orang yang sama secara kualitas selama bertahun-tahun lamanya. Ini tidak hanya akan jadi bencana untuk masa depan kamu, tapi juga bisa jadi bencana untuk hubungan percintaan kamu.

Jujur aja, orang yang tidak berkembang dalam hal apapun adalah orang yang membosankan. Dan orang yang membosankan tentu saja cenderung membuat hubungan jadi membosankan. Biar hubungan kamu tidak membosankan, jangan jadi orang berkualitas statis yang membosankan.

Kembangkan diri kamu dalam hal apapun yang kamu geluti dan minati. Kembangkan diri kamu dalam hal wawasan umum dan teknologi. Karena lewat perkembangan-perkembangan ini kamu akan membawa hal-hal yang baru dalam hubungan percintaan kamu dan hal-hal inilah yang membuat hubungan kamu tidak membosankan.

6. Surprise!

Saya tau tidak semua orang suka memberi ataupun diberikan surprise. Saya pribadi juga sebenarnya alergi dengan hal-hal yang berbau surprise. Tapi sayangnya, bagi kebanyakan cewek, surprise adalah cara yang tegas untuk bilang kamu perhatian. Aneh kan?

Sebagai cowok yang bertanggungjawab, sudah sepantasnya kamu tau apa yang dibutuhkan cewek kamu untuk merasa diperhatikan. Jadi jangan ragu memberikan si doi surprise, segeli apapun kamu dengan hal tersebut. Kabar baiknya, surprise ini tidak hanya bisa dilakukan setahun sekali saat si doi ulang tahun. Surprise bisa kamu berikan kapan saja, selama apa yang kamu berikan memang sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan si doi.

Dan bukan cuma itu, surprise juga tidak selalu harus dalam bentuk pemberian. Surprise juga bisa dalam bentuk aksi. Saya pernah memberikan pacar saya (udah lupa pacar yang mana) surprise dalam bentuk tidak mengumpat di jalan selama sehari penuh. Saya tau betul pacar saya waktu itu sangat terganggu dengan umpatan-umpatan ekstrim yang saya lontarkan ke pengendara lain di jalanan, tapi si doi selalu berusaha mengerti bahwa saya punya masalah tempramen. Dan selain itu, si doi juga mengerti bahwa kebanyakan pengendara lain memang pantas diumpat. Jadinya mengumpat di jalan raya itu adalah satu dari sekian banyak hal yang mustahil dilakukan tanpa mabuk lem kastol.

Tapi sebagai bentuk perhatian, saya kejutkan si doi dengan berkendara tanpa umpatan dalam satu hari penuh! Walaupun umpatan-umpatan tersebut saya gantikan dengan geraman marah yang jadinya rada aneh dan awkward dalam mobil. Tapi surprise kecil tersebut menjadi sesuatu yang sangat doi hargai dan saya pun diberikan surprise balasan di kamar kosan saya malam itu… Gak perlu saya ceritakan detailnya deh. Pokoknya, surprise is good, titik.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY