cara membuat online shop tanpa situs oleh cararahasiaMau jualan online tapi merasa gaptek sebenarnya bukan sebuah kendala. Membuat situs memang membutuhkan pengetahuan khusus, dan begitu pula dengan mengelolanya. Kamu selalu bisa mempekerjakan pembuat situs memang, tapi ini berarti penambahan modal lagi. Lalu apakah ini kemudian jadi alasan untuk tidak mulai jualan online? Kalau kamu memang niat, berjualan di dunia maya tidak harus selalu dengan situs sebenarnya. Pada artikel ini akan saya berikan beberapa opsi untuk memulai usaha online kamu sendiri tanpa harus ribet soal situs.

Tapi jangan salah, namanya juga jualan online tentu saja tetap harus butuh koneksi internet. Tidak perlu koneksi internet paling kencang nan super. Cukup modem gsm atau setidaknya ponsel kamu berlanggan paket internet atau punya quota internet. Opsi di bawah ini tidak terbatas kepada barang-barang tertentu yang bisa kamu jual. Semuanya juga bisa. Baik, langsung saja kita masuk ke poin pertama.

1. BlackBerry Messenger (BBM)

Banyak yang bilang Blackberry sudah kuno, sudah ketinggalan zaman dan perusahaannya pun sudah diambang kehancuran. Saya tidak mau berdebat soal itu, karena yang saya bicarakan disini bukan Blackberrynya tapi Blackberry Messengernya. Diantara banyak chatting platform yang sekarang beredar, BBM masih paling banyak digunakan apalagi setelah BBM juga sudah bisa diinstal di smartphone lain selain Blackberry.

Karena itu, Blackberry Messenger alias BBM ini adalah aplikasi wajib bagi kamu yang ingin mulai usaha online. Jika perlu, ID BBM kamu langsung saja diganti dengan nama toko online kamu. Jadikan BBM ini sebagai media komunikasi utama untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan pelanggan. Karena semua histroy chat kamu tersimpan di BBM, jadinya tidak akan sulit untuk mendata pesanan pelanggan, tanggal transfer ataupun status kiriman mereka.

Untuk toko online baru, BBM adalah opsi terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tapi ketika toko online kamu sudah semakin besar, mungkin akan muncul beberapa kesulitan karena BBM terkenal memiliki keterbatasan dengan jumlah kontak lebih dari 1000. Ketika kontak BBM kamu sudah mulai mencapai angka 1000, BBM akan semakin lemot dan sering hang/crash.

2. WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu chatting platform yang baik untuk toko online. Ini karena WhatsApp lebih fleksible dengan menggunakan integrasi nomer telepon saja. Jadi nomer telepon yang menggunakan WhatsApp yang terdaftar di kontak ponsel kamu secara otomatis langsung masuk juga ke dalam kontak WhatsApp. Ini jauh lebih hemat dan fleksible, karena dengan koneksi internet kamu sudah bisa chatting gratis plus bertukar-tukar file dengan kontak-kontak WhatsApp.

WhatsApp ini baik dijadikan opsi kedua atau bahkan pelengkap BBM untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Walaupun saat ini WhatsApp sudah mulai kehilangan popularitasnya, tapi WhatsApp masih bisa memberikan kemudahan bagi para pedagang online.

3. Sosial Media

Sosial media juga bisa kamu jadikan sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan. Tapi dengan keadaannya saat ini, sosial media sebenarnya lebih cocok dijadikan media promosi yang mengarahkan pelanggan kamu ke BBM atau WhatsApp tadi untuk berkomunikasi lebih lanjut.

Memilih sosial media sebaiknya yang paling banyak digunakan orang, bukan hanya sosial media yang terbatas digunakan segelintir orang saja, misalnya Path. Ini tentu karena sebagai penjual kamu harus meraih sebanyak-banyaknya pelanggan. Sosial media yang paling baik digunakan sebagai sarana promosi adalah Facebook dan Twitter.

Saat ini Facebook memang sedang gencar-gencarnya memerangi akun-akun dan fanpage yang berjualan online tanpa membeli iklan. Ya, pemiliknya memang orang Yahudi jadi mau bilang apa lagi. Jadi ketika menggunakan Facebook, hindari penggunaan kata “Online Shop” sebagai nama akun kamu. Selain itu, jangan terlalu agresif memaparkan barang-barang jualan kamu dengan men-tag terlalu banyak orang terlalu sering. Ini bisa membuat akun kamu ditutup oleh Facebook. Ingat bahwa promosi kamu di Facebook hanya untuk memudahkan pelanggan kamu meng-add BBM atau WhatsApp kamu.

Saran-Saran Lain Untuk Online Shop

1. Untuk ponsel yang digunakan sebaiknya ponsel yang berbasis qwerty. Dengan qwerty kamu bisa mengetik lebih cepat dan lebih efisien ketimbang jika menggunakan touch screen. Ponsel yang kamu gunakan juga sebaiknya tidak terlalu besar agar bisa dibawa kemana-mana dengan mudah agar kamu bisa melayani pelanggan dengan lebih cepat.

2. Gunakan fitur autoteks agar dapat berkomunikasi dengan pelanggan dengan mudah. Misalnya kamu bisa membuat autoteks “daftarharga” untuk langsung menampilkan list harga dagangan kamu kepada pelanggan tanpa harus mengetiknya secara manual setiap kali diminta.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY