Mengajar anak belajar mengaji adalah bagian dari tanggunjawab Anda sebagai orangtua. Apalagi, Al-Quran tidak hanya sebagai bacaan wajib muslim, tapi juga tuntunan hidup dalam segala aspek. Mulai dari cara beribadah sampai cara bersikap dan bersosialisasi dalam lingkungan sosial hingga rumah tangga. Anak yang pandai mengaji adalah fondasi generasi baru yang taat akan agama dan tidak mudah terpengaruh efek negatif dari perkembangan teknologi yang pesat. Tapi mengaji bukanlah sebuah hal yang menyenangkan bagi anak-anak, terutama jika mereka tidak mengetahui kenapa mereka harus mengaji. Anak-anak tentunya akan lebih senang dengan segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan permainan. Jadi mengajak anak Anda untuk gemar mengaji akan menjadi tantangan tersendiri sebagai orangtua muslim.

Pada artikel ini akan kami berikan beberapa tips dan cara mengajar anak belajar mengaji.

1. Buatlah Mengaji Sebagai Hal yang Menyenangkan

Permainan adalah fokus utama anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Jangan salahkan mereka. Ini karena benak mereka memang terbentuk seperti itu. Jadi sangat salah jika sebagai orang tua Anda memaksa anak-anak Anda belajar. Cara yang lebih tepat adalah dengan membuat mereka belajar dari setiap permainan yang mereka mainkan. Ini akan membutuhkan kreativitas Anda sebagai orangtua tentunya.

Seperti halnya belajar matematikan atau bahasa Inggris, membantu anak belajar mengaji akan jauh lebih mudah ketika Anda membuat mengaji itu sebagai hal yang menyenangkan. Masukkan permainan kedalam aktivitas belajar bermain mereka. Misalnya, setelah membantu mereka menghapal beberapa huruf, buatlah kuis yang melibatkan seluruh anggota keluarga untuk berlomba menyebutkan huruf yang muncul. Beri sang anak aplaus yang tinggi sangat mereka berhasil menjawab huruf yang muncul dengan benar. Anda dapat membuat berbagai macam permainan dengan ini.

2. Libatkan Anak-Anak Lain

Belajar mengaji bersama tentu akan lebih menyenangkan untuk anak ketimbang harus belajar sendiri. Kebanyakan orangtua zaman sekarang lebih memilih memberikan guru mengaji privat untuk anak mereka. Terkadang bagi anak mengaji sendirian akan menjadi membosankan. Ada baiknya jika Anda melibatkan anak-anak lain dalam aktivitas belajar mengaji anak Anda. Ini bisa Anda lakukan dengan mengumpulkan anak-anak tetangga untuk belajar mengaji bersama atau memasukkan ke sekolah belajar mengaji pada sore hari.

3. Perlihatkan Kebiasaan Membaca Al-Quran

Kecintaan anak kepada sebuah aktivitas terkadang dimulai dari orangtuanya. Sangat lumrah jika seorang anak berusaha meniru semua tingkah laku Ayah atau Ibunya. Ini adalah bentuk pembelajaran yang mereka bisa ambil dari dua sosok yang sangat mereka cintai. Jadi buatlah mereka gemar mengaji dengan memperlihatkan kepada mereka kebiasaan Anda membaca Al-Quran. Kebiasaan membaca Al-Quran ini baik Anda perlihatkan kepada mereka setiap hari selepas sholat magrib atau isya.

Bisa membaca Al-Quran adalah kewajiban yang diemban setiap umat nabi muhammad. Jangan remehkan kewajiban mengajar anak membaca Al-Quran ini. Karena seperti apa kepribadian muslim yang terbentuk saat ia dewasa nanti akan Anda pertanggungjawabkan pula di hari kiamat nanti. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

3 COMMENTS

  1. Belajar mengaji harus dimulai dari lingkungan rumah, kebiasaan mengaji yang diperlihatkan orang tua dan lingkungan di rumah akan menumbuhkan keinginan belajar mengaji pada anak. Jadikan mengaji menjadi hal yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar anak.

LEAVE A REPLY