Wajah berminyak bisa menjadi sangat mengganggu aktivitas Anda, apalagi jika Anda adalah salah satu orang yang terbiasa beraktivitas di luar. Mengatasi wajah berminyak sangat penting karena wajah yang berminyak bisa menjadi sumber penyakit kulit di wajah. Misalnya, debu dan kotoran yang melengket di wajah yang berminyak adalah salah satu faktor utama terjadinya jerawat.  Wajah yang berminyak juga lebih besar potensinya untuk terkena penyakit panu. Apalagi jika setelah beraktivitas tidak melap wajah dengan kain/tisu bersih dan membiarkan kelembapan dan minyak wajah mengering sendirinya bersama debu dan jamur.

Wajah yang berminyak sebenarnya cukup di atasi dengan kebiasaan mencuci muka yang benar. Pada intinya, wajah berminyak akan semakin terlihat lusuh ketika Anda jarang mencuci muka, atau menggunakan produk sabun pencuci muka yang tidak sesuai. Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan antara lain:

Memilih Produk Sabun yang Tepat

Sabun yang mencuci wajah Anda tidak boleh sembarangan. Sebaiknya pilihlah yang memiliki sifat oil control karena dapat membantu menekan produksi minyak berlebihan pada wajah Anda. Jangan fokus pada komersial, tapi carilah kerabat Anda yang juga memiliki tipe kulit wajah yang sama yang sudah menemukan produk yang cocok. Untuk produk wajah, sangat tidak disarankan untuk mencoba tanpa melihat langsung bukti keberhasilannya. Bukti inipun sebaiknya datang dari kerabat Anda, bukan dari pihak sales produk tersebut.

Mencuci Muka Minimal 3 Kali Sehari

Sabun yang memiliki sifat oil control tidak akan banyak memberikan manfaat ketika hanya digunakan sekali sehari. Untuk wajah yang berminyak setidaknya Anda harus mencuci muka minimal 3 kali sehari. Ini karena khusus untuk wajah berminyak, debu dan kotoran sangat mudah menempel dan menutup pori-pori. Usahakan setiap kali Anda baru pulang rumah dari segala aktivitas di luar, cucilah muka Anda dengan sabun oil control. Jika Anda baru saja pulang dari aktivitas di bawah terik matahari, biarkan wajah Anda dalam keadaan suhu yang netral selama 15 menit sebelum mencucinya.

Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Air Buah

Air perasan buah juga sangat baik bagi kulit wajah Anda. Buah memiliki vitamin yang dapat membantu regenrasi sel kulit dan juga mencerahkan kulit dari dalam. Vitamin ini akan semakin baik jika langsung dioleskan ke kulit wajah Anda. Ada beberapa buah yang perasaannya dapat Anda manfaatkan untuk membasuh muka, antara lain sari apel, lemon, dan jeruk nipis. Setelah Anda membasuh wajah dengan air perasan dan sari buah ini, jangan lupa untuk tetap mencuci bersih wajah Anda lagi dengan sabun bersifat oil control.

Gunakan Pembersih Makeup yang Tepat

Wajah yang berminyak juga adalah wajah yang sangat sensitif dengan kandungan asing. Ini karena minyak di wajah yang berlebihan membuat makeup melengket di dalam pori-pori yang kemudian bisa menjadi awal dari jerawat atau iritasi. Sangat penting bagi Anda untuk menemukan produk pembersih makeup yang tepat. Lagi-lagi, sebaiknya produk yang Anda coba sudah Anda pastikan berhasil dari kerabat-kerabat Anda. Jika usia Anda masih di bawah 20 tahun, sangat disarankan untuk tidak menggunakan make up yang tebal dan dengan frekuensi yang tinggi, karena dengan ketidakseimbangan hormon, segala sumbatan kecil pada pori-pori Anda bisa memicu jerawat.

Wajah berminyak bukanlah sebuah masalah yang serius jika Anda tau cara mengatasinya dengan kebiasaan cuci muka yang benar. Tapi ketika wajah berminyak Anda remehkan, ini dapat membawa masalah baru seperti jerawat dan komedo. Tentu saja ini bisa menjadi batu sandungan rasa percaya diri Anda. Jadi biasakanlah untuk selalu mencuci wajah Anda dengan produk sabun yang tepat agar wajah berminyak tidak menjadi kendala lagi.

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY