menghadapi pacar yang suka selingkuhSejujurnya, bertahan dengan seorang yang sudah pernah menghianati kamu bahkan bukan sebuah opsi, setidaknya menurut saya. Ketika hubungan kamu masih cuma diikat hubungan pacaran, tidak ada alasan logis untuk bertahan setelah dikhianati. Karena pacaran adalah proses untuk menyaring pacar-pacar yang pantas dijadikan pendamping hidup dan yang pantas dijadikan pengisi waktu.

Tapi hidup memang tidak cuma sekedar soal logika. Terkadang emosional mengambil alih dan berubalah perkara yang seharusnya gampang jadi belibet bin rumit. Ada banyak orang di luar sana yang bahkan setelah penghianatan telak dari sang pacar, masih juga rela bertahan karena rasa cinta yang buesaaar (wekh!). Karena kamu saat ini ada disini saat ini, kemungkinan besar kamu adalah salah satu dari mereka.

Sebenarnya memang ada cara untuk bisa menghadapi pacar yang suka selingkuh dan dengan lambat laun menghilangkan kebiasaan buruknya itu. Pada dasarnya cuma ada beberapa alasan cowok selingkuh dan alasan cewek selingkuh. Bagaimanapun kasus dan jalan ceritanya, alasan selingkuhnya pacar pada akhirnya akan bali ke alasan-alasan yang itu-itu saja. Kalau kamu sudah pernah dikhianati dan kamu masih berpegang teguh pada hubungan tersebut, kamu bisa menggunakan artikel ini sebagai panduan. Tapi saya ingatkan, berhubungan dengan pacar yang tukang selingkuh adalah perang mental yang ketika tidak kuat kamu hadapi malah bisa bikin gila!

Tanpa basa dan basi lagi, kita langsung lompat ke poin pertama.

1. Maafkan Dulu

Kalau kamu memutuskan untuk berusaha berhadapan dengan pacar yang suka selingkuh, sudah sepatutnya usaha itu dimulai dengan memaafkan semua perselingkuhan yang terjadi sebelumnya. Baik perselingkuhan yang pernah kamu dapati ataupun yang tidak kamu dapati. Memaafkan pacar yang selingkuh itu memang sama susahnya dengan naik sepeda roda satu tanpa pedal, tapi kalau kamu serius rasanya memang tidak ada pilihan lain.

Kalau kamu religius, kamu bisa memanfaatkan momen lebaran yang indah ini sebagai motivasi tambahan untuk bisa memaafkan si doi yang dengan brengseknya pernah menghianati kamu. Dan ingat, berurusan dengan pacar yang suka selingkuh akan menuntut kamu untuk sering-sering bersabar dan memaafkan si doi lagi kedepannya. Karena kalau pacar kamu memang doyan selingkuh, maaf yang kamu berikan pada hari ini tidak akan menjadi maaf yang terakhir. Siapkan diri kamu untuk kemungkinan pahit itu kalau kamu memang serius.

2. Pelajari Frekuensinya

Sekarang kita masuk ke serangkaian aktivitas yang mudah-mudahan bisa membantu menghilangkan kebiasaan buruknya pacar kamu yang doyan selingkuh itu. Ingat di poin pertama saya sudah bilang bahwa maaf yang kamu berikan untuk perselingkuhan si doi sebelumnya tidak akan menjadi maaf yang terakhir yang akan kamu berikan. Jelas saja pacar kamu itu akan selingkuh lagi. Pada poin ini, perselingkuhan berikutnya harus bisa kamu jadikan tolak ukur untuk mempelajari beberapa hal yang nantinya bisa kamu gunakan untuk menghentikan kebiasaan buruk pacar kamu itu.
Yang pertama adalah mempelajari frekuensi selingkuh si doi. Atau dengan kata lain, sesering apa si doi selingkuh dan seberapa lama si doi biasanya bertahan tanpa selingkuh?

Semua cowok sebenarnya punya kecenderungan untuk selingkuh (termasuk saya yang bijak dan cakep ini hehe). Tapi yang menjadi pembeda antara satu cowok dan cowok lain adalah frekuensi selingkuhnya. Umumnya cowok kembali kepikiran untuk selingkuh paling tidak setelah 2 tahun dalam hubungan. Saya pribadi punya keinginan selingkuh setelah 4-5 tahun dalam hubungan, yang mana adalah frekuensi yang kecil. Tapi saya juga kenal dengan cowok-cowok dengan frekuensi selingkuh tingkat dewa yang bisa terjadi setiap 3 minggu sekali.

Kenali seberapa cepat pacar kamu kembali terjebak perselingkuhan. Semakin cepat si doi mencari mangsa baru dan semakin sering pula si doi selingkuh.

3. Pelajari Kecenderungannya

Nah, di titik ini kamu seharusnya sudah berhasil mengetahui seberapa sering dan seberapa cepat pacar kamu itu terjebak dalam selingkuh. Sekarang waktunya kamu mempelajari kecenderungan pacar kamu soal selingkuh. Biar lebih gampang saya berikan contoh deh. Anggap aja cowok kamu sering nyari mangsa baru paling tidak setiap 6-7 bulan dalam hubungan normal. Nah, pertanyaannya sekarang apa yang terjadi pada bulan ke-6 dan ke-7 itu yang bikin pacar kamu mau nyari mangsa baru?

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Saya akan coba list beberapa kemungkinannya berdasarkan yang paling sering terjadi dalam sebuah hubungan:

  • Hubungan kamu membosankan
  • Si doi ilfil sama kamu
  • Si doi kurang dapat perhatian dari kamu
  • Si doi kurang dapat pengertian dari kamu
  • Si doi memang brengsek aja (kemungkinan yang ini juga bisa jadi)

Jadi bisa aja hubungan kamu seringkali mencapai titik membosankannya di bulan ke-6 dan ke-7. Setelah si doi kedapatan selingkuh dan kalian terlibat drama telenovela pertengkaran yang bengis, hubungan kamu tereset lagi. Tapi 6-7 bulan setelah itu, hubungan kamu jadi sama membosankannya lagi seperti sebelumnya. Kalau ini adalah kecenderungannya, coba baca tips membuat hubungan tidak membosankan.

Atau mungkin juga kamu selalu berhasil membuat si doi ilfil di bulan ke-6 dan ke-7 dalam hubungan. Mungkin pasca pertengkaran hebat karena perselingkuhan, kamu berdua setuju untuk membuka lembaran baru dengan seperangkat peraturan pacaran yang baru. Dan mungkin kamu cuma butuh waktu 6-7 bulan untuk melupakan semua aturan baru tersebut dan kembali menjadi pacar manja kekanak-kanakan yang bikin eneg. Ini bisa saja dan sudah pernah terjadi pada saya sendiri. Kalau kecenderungannya seperti ini, coba baca hal yang bikin pacar ilfil..

Tapi ada juga kemungkinan pahit dimana apapun yang kamu lakukan, apapun yang kamu usahakan, si doi tetap saja jadi monster penghianat brengsek di waktu yang sama. Kalau keadaannya seperti ini, rasanya tidak banyak yang bisa kamu lakukan untuk merubah si doi. Pilihannya cuma putus atau dimadu seumur hidup.

4. Pelajari Kelemahan si Doi

Sebenarnya masih ada faktor yang bisa kamu pelajari dulu dari si doi sebelum melepaskan semua harapan palsu kamu. Yaitu dengan mempelajari kelemahan yang bikin si doi gampang tertarik ke orang lain. Dengan mengetahui ini, kamu bisa menghindarkan si doi dari situasi yang bisa menyerang kelemahannya itu, atau kamu bisa memberikan apa yang dibutuhkan si doi untuk menutupi kelemahannya itu. Kalau otak ngeres kamu rada keram karena penjelasan di atas, biar saya kasih contoh.

Kebanyakan cowok punya kelemahan dalam hal… ehem… seksual. Jangan salahkan kami, salahkan hormonnya bung. Cowok punya kelemahan mudah tertarik pada cewek-cewek yang lebih ‘seksi’. Dan terkadang kepala kami memang agak kesulitan membedakan antara ‘nafsu’ dan ‘cinta’. Ini adalah kutukan karena punya dua kepala…

Kelemahan lain yang bisa aja dimiliki pacar kamu adalah matrealistis. Kelemahan yang satu ini kebanyakan dimiliki oleh cewek-cewek. Ada ketertarikan yang muncul ketika melihat sosok cowok yang mapan secara finansial. Pada dasarnya ketertarikan ini adalah barang yang wajar, karena uang dan strata sosial adalah 2 hal yang menjanjikan keamanan untuk cewek-cewek di zaman edan seperti sekarang ini. Zaman sekarang, cinta bahkan sudah tidak cukup cuma untuk sekedar bikin onde-onde, bung. Cuman sayang aja man, kalau rasa aman itu tidak bisa kamu berikan dan hanya bisa doi dapatkan dari orang lain.

Masih banyak lagi kelemahan-kelemahan yang lain seperti pergaulan yang salah. Ada juga orang-orang yang selingkuh justru karena dikompori oleh sahabat-sahabatnya sendiri. Atau mungkin kebiasaan buruk seperti kecanduan alkhol dan ketergantungan obat-obatan yang bikin si doi selalu membuat keputusan yang salah. Pokoknya ada banyak bentuk kelemahan yang bisa dimiliki pacar kamu yang bikin doi suka selingkuh. Dan si doi bisa aja punya lebih dari satu kelemahan. Sebagai pacar, sudah menjadi tugas kamu untuk mengetahui semua kelemahan ini.

5. Jauhkan dari Semua Faktor Penyebab Selingkuh

Belajar memang menjengkelkan. Sejak poin 2 sampai 4, kita belum melakukan apa-apa kecuali mempelajari si doi yang lagi selingkuh. Saya tau ini menjemukan dan menggemaskan. Tapi sekarang sudah waktunya kita melakukan sesuatu berdasarkan dari apa yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Pada titik ini kamu sudah tau sesering apa si doi selingkuh, apa kecenderungan yang bikin si doi selingkuh dan apa kelemahan yang bikin si doi susah menghindari selingkuh. Dari semua informasi yang kamu dapatkan ini, saya yakin kamu sudah tau apa yang harus kamu lakukan sekarang. Tapi buat kamu anak-anak keturunan Zimbabwe yang mungkin masih gak ngeh, saya akan kasih contoh.

Anggap aja pacar kamu terbukti suka selingkuh di usia hubungan 7-8 bulan, mulailah lakukan sesuatu yang tidak biasa di bulan ke 6,7,8 sampai 9. Lakukan semuanya dengan serba ‘over’. Ajak si doi kencan lebih sering, beri si doi perhatian yang lebih banyak, beri si doi pengertian yang ekstra. Pada bulan-bulan tersebut, isi kepala si doi dengan keberadaan kamu sampai tidak ada lagi space untuk orang lain. Setelah lewat bulan-bulan tersebut, perlakukan lagi si doi seperti biasa untuk menimbulkan efek penasaran. Ini karena efek tarik ulur juga masih mempan bahkan dalam level pacaran.

Anggap aja pacar kamu terbukti lemah terhadap cewek-cewek seksi, kamu punya banyak pilihan (yang beberapa diantaranya memang sedikit ekstrim). Pertama, tampil lebih seksi untuk si doi. Sederhananya, kalau kamu sudah cukup seksi, tidak ada alasan buat si doi untuk melirik cewek seksi lain kan? Tapi pilihan ini kurang praktikal tentunya, apalagi kalau kamu cewek berhijab. Tapi kamu masih bisa berusaha memastikan si doi jauh dari pergaulan yang banyak ketemu dengan cewek-cewek berok mini yang suka pamer ketek…

Kecuali kalau pekerjaan pacar kamu selalu berurusan dengan SPG. Satu-satunya pilihan mungkin cuma putus dan cari pacar baru yang pekerjaannya cuma berurusan dengan mesjid dan panti asuhan.

6. Siap Untuk Kembali Memaafkan

Tapi ingat, apapun yang sudah kamu pelajari dari si doi dan apapun yang sudah kamu lakukan untuk menghindarkan si doi dari selingkuh, kemungkinan gagal PASTI selalu tetap ada. Ini adalah risiko nyata berhubungan dengan pacar yang suka selingkuh. Karena pacar kamu bisa aja bukan cuma suka, tapi bahkan hobi selingkuh.

Kamu bisa aja salah mempelajari si doi. Atau bisa aja apa yang kamu lakukan belum cukup untuk menahan si doi selingkuh. Atau mungkin juga kamu sudah mempelajari semuanya dengan betul dan sudah melakukan yang terbaik yang kamu bisa, tapi si doi masih aja tetap selingkuh. Semua kemungkinan masih bisa terjadi karena ketika berurusan dengan manusia, tidak ada yang namanya ilmu pasti.

Jadi siapkan diri kamu untuk kembali memaafkan.

7. Mau Putus Atau Tetap Berjuang?

Memaafkan itu wajib. Karena dendam itu cuma seru dalam film aja. Dalam kehidupan nyata, dendam itu bisa bikin kamu gila! Jadi kalau kamu masih tetap gagal setelah semua usaha yang kamu lakukan, coba untuk tetap memaafkan si doi setulusnya.

TAPI, memaafkan tidak berarti kamu tetap harus lanjut dengan si doi. Sekarang sudah waktunya kamu menanyakan kembali pertanyaan yang sama yang kamu tanyakan pada diri kamu ketika pertama kali si doi kedapatan selingkuh: apa kamu mau putus atau tetap berjuang?

Seperti yang saya sampaikan di paragraf pertama artikel ini, tidak ada alasan untuk tetap bertahan pada pacar pasca perselingkuhan. Ada jutaan lawan jenis lain yang ada di luar sana, yang mana salah satunya mungkin adalah jodoh kamu yang asli. Menghabiskan waktu dengan orang sama yang terus menghianati kamu sangat tidak efisien dan logis sebenarnya. Kalau kamu memang berhasil menghilangkan kebiasaan selingkuh pacar kamu dengan cara di atas, kamu masih punya tugas untuk mempertahankan keberhasilan kamu itu. Tapi kalau kamu sudah gagal, saya sarankan untuk tidak menunggu terlalu lama untuk bilang putus.

Semoga membantu,

Admin cakep, out!

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY