Menghilangkan penat saat kerja bukan hal yang mudah  jika Anda tidak kreatif untuk membuat Anda nyaman saat bekerja. Pekerjaan terkadang bisa menjadi sangat membosankan dan membuat penat, apalagi bila pekerjaan tersebut sangat monoton. Pekerjaan yang biasanya menyebabkan kepenatan tingkat tinggi adalah pekerjaan di belakang meja. Baik Anda menghadapi catatan-catatan kertas ataupun di depan komputer, kegiatan di belakang meja sangat berpotensi membuat Anda penat dan bosan. Kepenatan ini malah akan membuat kinerja Anda memburuk dan ketelitian Anda menurun. Sementara ironisnya, pekerjaan di belakang meja tidak banyak membutuhkan tenaga secara fisik, tapi membutuhkan tenaga otak untuk ketelitian.

Kami sudah menulis beberapa tips untuk mereka yang bekerja. Pada artikel sebelumnya kami sudah menulis cara untuk meningkatkan semangat kerja. Artikel tersebut juga penting untuk Anda baca ketika kebosanan sudah melenyapkan semangat kerja Anda.

Sebenarnya kepenatan di tempat kerja bisa disebabkan oleh Anda sendiri yang kurang kreatif dengan aktivitas kerja Anda. Beberapa tips di bawah ini dapat Anda gunakan untuik menghilangkan penat di tempat kerja.

Adapun caranya antara lain:

1. Membuat Pekerjaan Menyenangkan

Ini akan sangat mudah bagi mereka dengan daya imajinasi yang tinggi dan kreatif. Anda dapat membuat permainan dari pekerjaan Anda. Banyak bentuk permainan yang bisa Anda ciptakan. Misalnya, Anda mentarget diri Anda untuk menyelesaikan satu pekerjaan tanpa kesalahan sebelum 15 menit. Berusahalah untuk mencapai target tersebut tanpa melakukan kesalahan. Jika Anda gagal, coba lagi lanjutkan pekerjaan yang lain dengan waktu yang sama. Ketika Anda berhasil, naikkan waktunya menjadi 13 menit. Dan seterusnya.

Dengan menyibukkan kepala Anda dengan permainan yang Anda buat sendiri, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

  • Waktu menjadi tidak terasa.
  • Pekerjaan menjadi cepat selesai dengan ketelitian yang lebih tinggi.
  • Kebosanan dan kepenatan dapat dihindari.

Untuk meningkatkan tantangannya, Anda dapat mengajak rekan kerja Anda untuk ikut bergabung dan menjadikannya sebuah kompetisi dengan hadiah/taruhan yang ringan, seperti mentraktir makan siang.

2. Menyelipkan Kegiatan yang Menyenangkan

Tidak semua orang bisa memanfaatkan imajinasinya dengan baik. Jika poin satu di atas tidak membantu Anda, Anda bisa menggunakan carra lain yaitu menyelipkan kegiatan yang menyenangkan di sela-sela pekerjaan Anda. Misalnya, menonton video Youtube setiap 15 menit atau menonton drama Korea (jika Anda suka). Anda juga bisa bermain game di sela-sela pekerjaan Anda. Penting untuk diingat, bahwa jika Anda menggunakan cara ini Anda harus lebih ketat dan peka terhadap waktu. Karena sangat besar kemungkinan Anda kebablasan dan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk beristrahat. Tapi jika kepenatan Anda sudah memuncak, lebih baik menyegarkan pikiran Anda dengan hal yang menyenangkan ketimbang melanjutkan pekerjaan dengan resiko kesalahan yang tinggi karena kurang teliti.

3. Mendengarkan Musik

Musik adalah obat alami bagi pikiran yang sedang lelah. Sebenarnya, musik lebih tepat digunakan untuk menghindari kepenatan ketimbang menghilangkan kepenatan itu sendiri. Sangat disarankan bagi Anda yang bekerja di belakang meja untuk mendengarkan musik saat bekerja. Ini bisa membuat Anda sedikit relax dan membuat waktu berjalan tanpa terasa. Hanya saja Anda harus hati-hati, karena beberapa musik dapat menyebabkan distraksi yang kemudian bisa meningkatkan potensi kesalahan saat Anda bekerja.

Menghilangkan penat kerja sangat penting untuk Anda kuasai, apalagi jika Anda berencana untuk bekerja dalam waktu yang lama di tempat tersebut. Pekerjaan terkadang memang melelahkan, bahkan jika Anda mencintai pekerjaan tersebut. Jika Anda terus memaksakan kepenatan Anda karena alasan tanggungjawab saja, Anda sama saja membuang diri ke dalam jurang depresi. Jadi kreatiflah untuk membuat suasana kerja Anda menyenangkan tanpa harus menciptakan resiko kesalahan dalam pekerjaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY