Cepat hamil setelah melangsungkan pernikahan sangat bergantung kepada kesuburan dan pengetahuan suami-sitri mengenai kehamilan. Bagi beberapa orang, mendapatkan kehamilan tidak begitu sulit. Tapi ada juga pasangan yang telah mendambakan kehamilan sejak lama, namun belum mendapatkan momongan bahkan setelah bertahun-tahun menikah dan mencoba. Jika Anda salah satu dari pasangan tersebut, kami telah membuat serangkaian artikel tentang cara cepat hamil yang bisa Anda jadikan acuan dan dasar pengetahuan untuk mencoba segera mendapatkan kehamilan.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas posisi bercinta untuk cepat hamil. Kami juga sudah membahas hal-hal yang perlu diperhatikan untuk cepat hamil berdasarkan golongan darah. Kali ini kami akan membagikan salah satu pengetahuan yang wajib bagi calon Ibu, yaitu cara menghitung masa subur.

Masa subur seorang wanita tidak lama, hanya bertahan sekitar 24 hingga 48 jam saja sebelum menstruasi berikutnya. Dan pada saat ini, satu saja sel sperma yang subur dibutuhkan untuk menjangkau sel telur yang siap dibuahi tersebut. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk cepat hamil adalah berhubungan intim di saat yang tepat dan dengan cara yang tepat. Cara yang bisa dilakukan untuk menghitung masa subur antara lain:

Menghitung Masa Subur Dengan Rumus

Masa subur biasanya terjadi kira-kira dua pekan sebelum hari pertama pada siklus haid Anda berikutnya. Jadi perkirakanlah kapan Anda akan kembali mendapatkan haid pertama dan hitunglah sebanyak 14 hari kebelakang. Masa itulah yang merupakan masa subur Anda.

Masa subur pada umumnya terjadi 2 minggu sebelum Anda menstruasi. Dengan ini, Anda hanya perlu memastikan tanggal haid pertama Anda. Sekitar 14 hari sebelum tanggal tersebut, di saat itulah Anda berada dalam keadaan subur. Karena kesuburan ini hanya bertahan selama 24 sampai 48 jam saja, 13 dan 14 hari sebelum hari haid pertama Anda bisa dikatakan adalah masa subur. Jadi persiapkanlah diri Anda dan suami untuk melakukan hubungan intim sebanyak-banyaknya selama 2 hari tersebut. Tentu saja dengan tidak melupakan segala bentuk konsumsi dan persiapan fisik yang diperlukan.

Lalu bagaimana Anda mengetahui secara pasti kapan masa subur itu datang? Anda mungkin sudah bisa mengira-ngira dengan rumus yang diberikan di atas, tapi apakah ada tanda-tanda yang bisa dikenali saat Anda sedang dalam masa subur?

Ya, ada. Pada wanita terjadi beberapa perbedaan pada tubuh yang kemudian menjadi pertanda datangnya masa subur itu.

Tanda-Tanda Masa Subur Wanita.

1. Perbedaan Pada Payudara

Pada masa subur, wanita mengalami beberapa perubahan pada payudaranya. Puting biasanya menjadi jauh lebih sensitif daripada sebelumnya. Selain itu, payudara juga terasa membengkak dan pada bagian tertentu terasa nyeri bila mendapat tekanan.

2. Perubahan Suhu Basal

Suhu basal adalah suhu tubuh manusia saat baru bangun pagi dan belum memulai aktivitas apa-apa. Ada perbedaan suhu basal pada wanita yang sedang mengalami masa subur. Perbedaan ini terjadi karena adanya pengaruh dari hormon progesteron. Untuk mengenali tanda ini, cobalah untuk mengukur suhu badan Anda saat baru bangun pagi sebelum melakukan aktivitas apapun. Jika suhu basal Anda mencapai 36-37 derajat, maka ini adalah salah satu tanda Anda sedang berada dalam masa subur.

3. Perubahan Dorongan Seksual

Secara alamiah, wanita lebih mudah terangsang pada saat sedang dalam masa subur. Tidak hanya sensitif pada sentuhan, tapi ketika sedang dalam masa subur wanita juga sangat sensitif terhadap apa yang ia dengar, lihat, dan cium. Ini karena dari dalam terjadi perubahaan hasrat dan dorongan seksual. Perubahan ini biasanya terjadi selama 1 atau 2 hari sebagai tanda awal datangnya masa subur tersebut.

Mengetahui Masa Subur dengan Alat Tes

Beberapa tanda pada tubu di atas biasa terjadi dan biasa pula tidak terjadi. Efek tersebut dapat berbeda-beda tergantung faktor genetik dan faktor lingkungan sang wanita. Untuk memastikan, Anda dapat menggunakan alat-alat bantu untuk menghitung masa subur Anda. Beberapa alat yang bisa membantu Anda antara lain:

1. Aplikasi Penghitung Masa Subur

Aplilkasi penghitung masa subur bisa di dapatkan di internet. Sebagian besar aplikasi tersebut memang berbayar, tapi ada juga sebagian kecil yang bisa Anda gunakan gratis. Rata-rata aplikasi penghitung masa subur gratis ini berbentuk halaman situs yang tidak dapat Anda download.

Jika Anda menggunakan Android atau iPhone, banyak tersedia aplikasi yang gratis untuk menghitung masa subur Anda. Kalaupun  Anda mendapatkan aplikasi yang berbayar, Anda cukup menggunakan versi trialnya saja untuk menjadikan tanggalnya sebagai acuan Anda menghitung masa subur di bulan-bulan berikutnya.

2. Alat Tes Ovulasi

Alat tes ovulasi bisa didapatkan di apotik-apotik pada umumnya. Tapi untuk instruksi pemakaian yang lengkap dan variasi alat tes yang lebih akurat, sangat disarankan untuk mencarinya di klinik kehamilan, praktek dokter spesialis infertilitas atau klinik bayi tabung.

Untuk bisa cepat hamil, kepekaan Anda terhadap pengetahuan tentang kehamilan dan kesuburan sangat dibutuhkan, apalagi jika Anda selama ini mengalami kesulitan untuk hamil. Jika Anda sedikit bingung dengan cara penggunaan aplikasi dan alat-alat bantu pengecek ovulasi, hal ini bisa Anda konsultasikan dan tanyakan langsung kepada dokter Anda. Sangat disarankan untuk berlanggan langsung dengan dokter spesialis infertilitas terdekat. Demikian cara menghitung masa subur yang bisa kami berikan. Semoga dapat membantu.

 

 

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY