menghitung masa subur dengan suhu basalMenghitung masa subur tidak hanya bisa dilakukakan dengan kalender kehamilan saja. Ada beberapa cara lain yang juga digunakan untuk mengetahui masa subur wanita. Salah satu cara tersebut adalah dengan memantau suhu tubuh. Pada artikel ini akan diterangkan cara mengetahui masa subur Anda dengan menghitung suhu basal.

Mungkin Anda baru pertama kali menemui kata suhu basal ini. Memang, istilah suhu basal bukan istilah yang sering dipakai sehari-hari. Kita mulai dulu dengan mengetahui apa itu suhu basal.

Definisi Suhu Basal

Suhu basal ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui masa subur. Ini karena ada perbedaan yang jelas terjadi pada suhu tubuh wanita saat sedang berada dalam masa subur atau masa ovulasi.

Untuk melakukan perhitungan suhu tubuh ini, gunakan termometer basal dan letakkan pada bagian bawah lidah. Penggunaan termometer ini sebaiknya selama paling lama 5 menit dan gunakanlah dengan keadaan mulut tertutup.

Tubuh memilik suhu antara 35 hingga 36 derajat Celsius dalam keadaan normal. Ketika masa subur datang, suhu akan turun ke angka 37 hingga 38 derajat Celsius. Saat inilah masa subur itu terjadi. Masa ovulasi dapat bertahan hingga 3 sampai 4 hari. Perubahan suhu yang terjadi ini juga disebabkan oleh produksi hormon progesteron. Setelah masa ovulasi telah lewat, suhu badan akan kembali turun ke angka normal.

Untuk dapat mendeteksi masa subur Anda dengan perhitungan suhu tubuh ini, pencatatan wajib dilakukan. Untuk hasil yang lebih akurat, pencatatan sebaiknya dilakukan selama 2 hingga 3 bulan berturut-turut untuk melihat dengan seksama perbedaan suhu badan di hari-hari yang sama di bulan yang berbeda.

Menghitung masa subur lewat suhu tubuh memiliki tingkat keberhasilan dan keakuratan sebesar 80%. Faktor keberhasilan dan keakuratan yang lebih tinggi bisa dicapai dengan mengkombinasikan perhitungan suhu badan ini dengan perhitungan menggunakan sistem kalender atau alat bantu kalender kehamilan seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya.

Ingat bahwa suhu tubuh Anda dapat berubah karena banyak faktor, misalnya karena penyakit atau kebiasaan merokok serta mengkonsumsi alkohol. Sebisanya, pastikan terlebih dulu tidak ada faktor lain yang bisa menyebabkan suhu badan Anda berubah sebelum melakukan perhitungan ini.

 

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY