Meningkatkan minat baca anak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan jika Anda tidak bersungguh-sungguh. Ini karena pada dasarnya anak-anak lebih tertarik kepada segala bentuk kegiatan yang melibatkan fisik. Seperti bermain lari-larian atau petak umpet. Ini jauh lebih menarik daripada membaca bagi kebanyakan anak. Tugas Anda sebagai orangtua adalah dengan kreatif membuat membaca sebagai kegiatan yang dapat menarik buat mereka, apalagi jika mereka masih dalam tahap belajar membaca. Walaupun beberapa anak memang secara genetik memiliki ketertarikan lebih kepada kegiatan membaca, kebanyakan anak membenci kegiatan ini. Kecintaan anak Anda terhadap bacaan sangat tergantung dari peranan Anda sebagai orangtua pada masa awal pertumbuhannya.

Berikut ini beberapa tips dan cara meningkatkan minat baca anak Anda. Baca baik-baik agar dapat Anda praktekkan langsung.

1. Mulailah Dengan Huruf Berwarna

Anak-anak sangat tertarik dengan segala sesuatu yang berwarna. Ketertarikan mereka terhadap warna warni ini akan bertahan hingga mereka berumur 9-10 tahun. Mereka tidak perlu keserasian kombinasi warna. Segala bentuk kombinasi warna yang mencolok sangat menarik perhatian mereka. Jadi awalilah dengan mengajak anak-anak Anda membaca huruf-huruf yang berwarna. Lego-lego huruf dan scrabble yang berwarna sangat baik untuk mengawali kecintaan mereka kepada aksara. Tempelkan di kamar atau ruang bermain mereka huruf-huruf dengan berbagai warna dan sesekali ajaklah mereka untuk mengkombinasikan huruf-huruf tersebut menjadi kata.

2. Lanjutkan Dengan Bacaan Bergambar

Warna yang bergambar juga sangat disukai anak-anak. Ini karena mereka baru menyerap segala bentuk baru yang mereka lihat. Kartun-kartun dengan bentuk yang tidak lazim seperti Spongebob Squarepants dan Minion adalah figur yang tepat untuk menarik perhatian anak. Selain karena bentuknya yang tidak biasa, kedua tokoh tersebut juga memiliki warna mencolok yang mudah dikenali oleh anak. Berikanlah mereka bacaan berupa buku atau majalah yang bergambar. Komik juga tidak salahnya. Yang salah ketika Anda berpikir bahwa komik dan bacaan bergambar hanya akan membuat anak Anda malas belajar. Padahal dari segala bentuk gambar tersebut anak Anda dapat mengambil banyak pelajaran baru. Membaca komik dan majalah bergambar juga akan menimbulkan kecintaan anak terhadap bacaan.

3. Ajak Anak Anda Menulis

Kecintaan untuk membaca juga datang dari kecintaan anak menulis. Dengan gemar menulis, anak Anda menjadi peka dengan segala bentuk bacaan yang ia temui, tidak hanya di sekitar rumah atau sekolah, bahkan di jalan dan di tempat-tempat umum lainnya. Ajaklah anak Anda untuk sering menulis. Anda bisa menyuruh mereka menyalin kata-kata dalam buku bergambar kesukaan mereka. Atau Anda dapat membuat kegiatan menulisnya diselingi dengan permainan. Kreativitas Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan disini. Pada intinya, dengan mencintai tulisan anak Anda akan mencintai bacaan. Dan mencintai bacaan akan sangat berguna bagi mereka di masa depan nanti.

Minat baca anak tidak datang dengan sendirinya. Memang ada beberapa anak yang terlahir dengan bakat dan ketertarikan terhadap huruf dan bacaan. Tapi 80% kegemaran membaca anak berasal dari pengaruh orangtua dan lingkungan di sekitarnya ketika ia tumbuh. Maka pastikan Anda mengarahkan anak Anda untuk membaca sejak dini dan pastikan ia berada dalam lingkungan yang mendukung hal tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY