Menurunkan berat badan bukanlah sebuah perkara yang mudah. Hampir semua orang pernah mengalami masalah berat badan setidaknya sekali seumur hidupnya. Berat badan yang berlebihan bisa datang dari faktor apa saja. Bisa dari faktor pola makan, pola hidup hingga faktor genetik. Pada dasarnya, faktor genetiklah yang paling berpengaruh terhadap berat badan. Ini juga yang pada akhirnya membuat beberapa orang lebih mudah menurunkan berat badannya ketimbang orang kebanyakan. Tapi faktor yang paling banyak membuat orang mengalami obesitas adalah faktor pola makan dan pola hidup.

Mereka yang cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya duduk, tentu saja memiliki kecenderungan untuk gemuk lebih besar daripada orang lain. Ini akan semakin besar potensinya jika orang tersebut memiliki nafsu makan yang besar. Ketika pola hidup yang dijalani tidak membakar banyak kalori setiap harinya, karbohidrat yang banyak akan menjadi masalah. Jika orang tersebut juga memiliki bakat gemuk secara genetik, maka lengkaplah semua faktor pencetus yang pada akhirnya bisa membawa orang tersebut kepada kegemukan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Ada yang memilih jalan pintas dengan operasi sedot lemak, ada yang memilih percaya takhayul diet seperti diet mayo Indonesia misalnya. Jika Anda memiliki modal yang cukup dan siap dengan segala resikonya, tidak ada yang menghalangi Anda untuk melakukannya. Hanya saja, ketika Anda berusaha menurunkan berat badan secara alami, ini pada dasarnya akan membantu Anda untuk juga mempertahankan berat badan Anda pada angka yang ideal. Kami akan jelaskan alasannya di bawah.

Salah satu cara menurunkan berat badan yang alami adalah dengan berolahraga. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang paling tepat untuk menurunkan berat badan. Di antaranya adalah:

1. Membakar Lemak Jogging / Bersepeda

Kata kuncinya adalah ‘pembakaran’. Ya, kedua olahraga ini tidak menitikberatkan pada pembentukan otot, tapi pada pembakaran lemak. Jogging dan bersepeda adalah olahraga yang paling tepat untuk membakar semua tumpukan lemak Anda sedikit demi sedikit. Sebagai bonusnya, jogging dan bersepeda sangat baik untuk pernapasan dan stamina Anda. Pada dasarnya, kedua olahraga ini adalah olahraga yang digunakan untuk menjaga vitalitas, kebugaran dan stamina di semua cabang olahraga (kecuali golf tentunya).

Jogging dan berseoeda sebaiknya dilakukan pada siang atau sore hari. Jogging dan bersepeda yang dilakukan pada pagi hari biasanya lebih menitikberatkan untuk menjaga stamina. Pada siang atau sore hari, olahraga ini dapat membakar kalori Anda secara maksimal dengan bantuan panas matahari. Sangat disarankan pula untuk melakukannya dengan mengenakan jaket parasut yang bertudung (hoody). Ini agar pembakaran bisa lebih dimaksimalkan tanpa harus mengekspos kepala Anda di bawah terik matahari.

Walaupun terdengar ringan, tapi jogging dan bersepeda jauh lebih melelahkan saat dilakukan di siang hari. Jadi sangat disarankan untuk tidak memaksakan diri Anda jika Anda baru saja memulai. 15 menit adalah waktu yang cukup adil untuk Anda di permulaan. Cobalah untuk menjadikannya rutinitas agar sedikit demi sedikit porsi bersepeda dan jogging Anda dapat ditingkatkan.

2. Membakar Lemak Perut Dengan Sit Up

Sebenarnya olahraga yang melatih otot tidak begitu banyak membantu ketika Anda berencana menurukan berat badan. Tapi jika berhubungan dengan penumpukan lemak di perut, sit up adalah solusinya.

Perut adalah salah satu bagian tubuh yang paling mudah membengkak ketika berat badan Anda naik. Sama halnya dengan paha dan lengan. Bagian tubuh ini juga adalah salah satu yang paling sulit diturunkan ketika sudah membengkak. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam berolahraga dan menjaga pola makan untuk akhirnya bisa mengecilkan perut. Olahraga sit up yang dilakukan dengan benar juga dapat membakar lemak, terutama pada bagian perut bawah dan pinggang.

Ada 2 cara melakukan sit up pada dasarnya. Untuk melatih otot, cara sit up yang paling tepat adalah dengan meluruskan kaki dan mengangkat badan tidak sampai tegak. Ini pun harus dilakukan dengan tempo yang tidak terlalu cepat agar otot perut betul-betul dapat merasakan kontraksi di setiap gerakannya. Tapi untuk membakar lemak, sit up yang benar adalah dengan menekuk kaki dan mengangkat badan hingga posisi yang terdekat dengan lutut. Ini harus dilakukan dengan tempo yang cepat agar lebih banyak pembakaran yang terjadi.

Tapi perlu Anda ingat bahwa otot perut adalah salah satu bagian tubuh yang juga paling mudah cedera. Jadi jangan paksakan diri Anda untuk melakukan sit up dengan jumlah yang diluar kemampuan Anda. Lakukanlah secara rutin dan tambah porsinya sedikit demi sedikit.

3. Menurunkan Berat Badan Dengan Berenang

Berenang adalah kombinasi dari pembakaran dan pembentukan otot yang paling sempurna. Berenang adalah salah satu olahraga yang mengharuskan Anda menggerakkan semua bagian tubuh Anda. Setiap bagian tubuh tersebut memiliki peranan untuk menggerakkan tubuh Anda di dalam air. Setiap gaya berenang memiliki kekhususan masing-masing.

Untuk menurunkan berat badan, salah satu gaya yang paling disarankan adalah gaya dada. Tidak terlalu banyak membutuhkan tenaga dari otot, tapi secara konstan membutuhkan kombinasi gerakan tangan, otot dada dan kaki Anda di setiap gerakannya.  Yang perlu Anda ingat adalah bahwa pada saat berenang Anda tidak akan merasakan lelah karena Anda berada dalam suasana air yang sejuk. Jangan tertipu, karena pada dasarnya berenang sama beratnya dengan olahraga lain seperti bulu tangkis atau sepakbola. Hanya saja karena gerakannya yang konstan, berenang tidak memiliki faktor stressor yang tinggi seperti olahraga lain. Terkadang tanpa sadar, seseorang dapat berenang terlalu lama hingga akhirnya mengalami kesakitan otot setelah berenang.

Jadi aturlah waktu berenang Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Sangat disarankan untuk melakukan gerakan dada sebanyak yang Anda bisa lalu diakhiri dengan gaya kupu-kupu untuk melatih otot bahu dan mengakhiri pembakaran lemak Anda dengan gerakan yang sedikit berat.

Olahraga adalah hal yang wajib dan tidak dapat dipisahkan dari program menurunkan berat badan Anda. Jadikanlah olahraga sebagai rutinitas dan gaya hidup sehingga ketika Anda sudah berhasil mendapatkan tubuh ideal, Anda akan bisa mempertahankannya untuk waktu yang lama. Ingatlah tanpa merubah gaya hidup, Anda dapat menjadi gemuk kembali kapan saja. Dengan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup, tidak hanya bentuk tubuh yang ideal saja yang Anda dapatkan, tapi juga kesehatan jasmani secara keseluruhan. Demikian artikel cara menurunkan berat badan dengan olahraga. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY