Foto Lapar oleh CaraRahasiaTimbulnya rasa lapar bukan berarti anda kekurangan energy atau kalori yang sebenarnya sudah cukup oleh tubuh. Melainkan ada banyak hal yang menyebabkan anda lapar padahal sudah makan. Berikut adalah faktor penyebab anda lapar ketika anda sudah makan dan anda akan dapat dengan mudah mengenali mana lapar yang sebenarnya atau lapar hanya karan nafsu anda saja;

1. Kurang Tidur

Kurangnya tidur di malam hari membuat hormon anda terganggu dan berdampak pada makan secara berlebihan keesokan harinya. Makan secara berlebihan keesokan harinya disebabkan karena berkurangnya energy di malam hari akibat kurang tidur. Cara yang paling ampuh adalah ditangani dengan cukupkan tidur anda selama delapan jam sehari, hal ini guna mencegah makan secara berlebihan.

2. Menggunakan Obat-Obatan

Salah penyebab anda kelaparan adalah penggunaan obat-obatan seperti untuk peradangan sendi, jerawat, atau obat batuk. Obat-obatan yang mengandung steroid ringan bisa membuat anda lapar secara berlebihan.. jika tidak ingin mengalami demikian anda dapat memakan makanan porsi normal sebelum minum obat, karena hal ini tidak akan berdampak apa-apa. Ada baiknya untuk mengunyah rasa lapar anda adalah dengan mengunyah permen karet, meminum secangkir kopi kecil hangat, atau segera gosok gigi.

3. Kurang Minum

Perbedaan antara kelaparan dan kehausan tidak jauh berbeda. Yaitu sama-sama mengalami gejala mengantuk dan lemas. Terkadang hal ini membuat anda beranggapan bahwa anda sedang lapar dan membutuhkan lebih banyak energy. Tapi sebelum anda memakan makanan, ada baiknya anda meminum segelas air putih atau meminum the herbal dan tunggu 10 menit. Apabila setelah minum tubuh anda tidak merasakan hal yang sebelumnya, maka tubuh anda hanya memerlukan cairan karena dehidrasi.

4. Selesai Olahraga

Setelah anda melakukan olahraga fisik yang cukup keras tubuh anda memerlukan asupan energy dan kalori. Namun, bukan berarti anda memasukkan makanan ke dalam tubuh anda secara berlebihan. Sebenarnya tubuh anda memerlukan asupan energy dan kalori yang spesifik.

5. Teman Makan Disebelah Anda

Menurut beberapa penelitian seorang wanita akan mengikuti apa yang temannya makan walaupun mungkin ia masih kenyang. Untuk menghindari makan secara berlebihan ketika anda selesai makan dan teman anda belum selesai menghabiskan makanannya ada baiknya anda berjalan-jalan sebentar guna menahan hasrat anda untuk ikut makan.

6. Melihat dan Menghirup Aroma Makanan

Hasrat makan seseorang muncul akibat dari iklan di tv, brosur, bahkan ada demo masak di tempat anda berjalan-jalan. Dengan mencium aromanya anda memiliki hasrat untuk mencicipi masakan tersebut. Langkah terbaik adalah dengan mengganti tv channel anda atau segera beranjak dari tempat dimana diadakannya demo masakan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY