sifat-cowok-yang-disukai-cewekKalau kamu sudah biasa membaca artikel-artikel asmara cararahasia, saya yakin kamu sudah tau fakta bahwa cewek tidak memilih cowok hanya berdasarkan pertimbangan materi, fisik ataupun status sosial. Cewek memilih cowok berdasarkan sifat dan kualitasnya sebagai pejantan. Dan ini adalah pengetahuan dasar buat mereka yang sudah khatam soal psikologi cewek dari artikel saya ataupun langsung dari buku Formula Cinta.

Salah satu pertanyaan mendasar berikutnya adalah sifat-sifat cowok yang mana sih yang bisa bikin cewek meleleh kayak mentega di aspal panas?

Kalau kamu tanya cewek langsung, mereka mungkin akan menjawab dengan statemen umum yang konyol seperti “aku suka cowok yang sayang” atau “aku suka cowok yang lembut” Saya tidak menyalahkan mereka, karena faktanya memang mereka memilih cowok berdasarkan faktor psikologis yang tidak mereka sadari… kecuali kalau mereka juga sudah baca artikel-artikel saya (nyet!).

Pada dasarnya, ada 10 sifat cowok yang disukai semua cewek. Sebenarnya ada banyak kualitas cowok yang disukai cewek yang bisa kamu tarik dari buku Formula Cinta atau buku-buku psikologi cewek yang lain. Tapi 10 poin ini adalah 10 sifat dan kualitas cowok yang bbsudah saya buktikan bisa menjadi magnet buat cewek-cewek di sekitar kamu.

Saya gak mau panjang lebar disini cuma untuk bikin jari-jari saya kriting di pertengahan artikel. Jadi tanpa basa-basi lagi, kita langsung aja jungkir ke poin pertama.

1. Percaya Diri

Berbeda dari kebanyakan postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas sifat cowok yang disukai cewek dari poin yang paling penting. Bicara soal itu, kita gak bisa menempatkan sifat lain di nomer 1 kecuali kepercayaan diri. Ini sebenarnya bukan lagi sebuah rahasia yang cuma diketahui oleh sejumput cowok-cowok cerdas nan beruntung (kayak saya weits), tapi sudah menjadi pengetahuan umum buat para pemburu cinta.

Di setiap pembahasan soal cinta dan PDKT, kepercayaan diri selalu diangkat sebagai poin yang penting. Mulai dari artikel-artikel cinta, buku-buku tentang PDKT sampai seminar-seminar tentang percintaan yang kemahalan. Ini karena kepercayaan diri memang sebuah pesona yang tidak dapat ditolak oleh wanita manapun.

Walaupun fakta ini sudah diketahui hampir semua mahkluk berpenis yang sudah dewasa, tapi tidak semua cowok punya kada kepercayaan diri yang bisa membuat cewek meleleh. Ini karena kepercayaan diri memang bukan sesuatu yang dibawa lahir.

Kepercayaan diri adalah sesuatu yang harus dikembangkan dalam diri seseroang. Ada banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri, salah satunya adalah kursus public speaking. Tapi karena kursus atau seminar public speaking biasanya dibandrol dengan harga yang brengsek, kamu juga bisa referensi di internet tentang cara mengembangkan kepercayaan diri kamu lewat latihan sehari-hari.

2. Rendah Hati

Ada 1 hal pembeda yang memisahkan antara cowok-cowok keren yang berprestasi dan cowok-cowok nyampah yang gak punya pencapaian: kerendahan hati. Normalnya, kebanyakan orang berusaha mendapatkan penghargaan dari orang lain dengan cara mengembar emborkan pencapaian mereka. Apalagi di zaman yang ‘serba sosmed’ seperti sekarang ini, pakai celana dalam yang agak mahalan dikit aja biasanya langsung dishare.

Tentu kamu akan dapat penghargaan dari para penjilat dengan cara memamerkan semua pencapaian kamu. Tapi pada kenyataannya, mereka yang merasa perlu memamerkan pencapaiannya adalah orang-orang yang justru tidak punya banyak pencapaian. Tapi mereka yang punya banyak pencapaian justru merasa tidak perlu pamer, karena menurut standar mereka pencapaian itu ‘udah biasa’.

Cewek justru sangat tertarik pada cowok yang rendah hati, dibandingkan dengan cowok yang lebih banyak ngomong tapi kurang bukti. Cewek selalu tertarik pada cowok yang punya banyak pencapaian tapi lebih kalem karena mereka ini adalah berkesan misterius.

3. Supel

Ini juga adalah salah satu sifat cowok yang paling disukai cewek sebenarnya. Tapi jangan samakan supel dengan pergaulan yang luas. Supel berarti gampang bergaul. Lihai dalam hal basa basi, ramah dalam menyapa, punya standar yang tinggi masalah norma kesopanan dan gampang beradaptasi dalam pergaulan dengan orang-orang yang baru. Supel tidak harus punya pergaulan yang luas. Karena ada juga orang-orang yang pergaulannya luas tapi brengseknya minta ampun kan?

Kenapa supel jadi salah satu karakteristik yang harus kamu miliki untuk memikat wanita? Karena cewek tentu juga mempertimbangkan karakter cowok-cowok yang bisa diajak bergaul. Cewek tertarik pada cowok yang bisa diandalkan untuk berbasa-basi dengan orangtuanya biar dapat restu. Karena tentunya kamu tidak bisa PDKT ke orangtua cewek kamu cuma dengan modal diam sambil melototin hp kan?

4. Tegas

Jangan samakan sifat tegas dengan tempramen. Ini berbeda bung. Sifat tegas itu sangat erat kaitannya dengan jiwa kepemimpinan dan prinsip yang kuat. Tempramen itu cuma terkait dengan psikopat.

Tegas adalah sifat cowok yang bisa bikin cewek klepek-klepek. Ketegasan ini bahkan sebaiknya kamu aplikasikan ke gebetan kamu jika diperlukan. Karena pada umumnya, cowok akan melakukan apapun demi gebetannya, bahkan hal-hal yang sebenarnya tidak ia rasa benar. Faktanya, cewek malah suka sama cowok yang bisa dengan tegas bilang ‘tidak’ selama ada alasan pembenaran yang tepat.

Kebanyakan cewek mungkin tidak akan mikir sejauh ini, secara mereka lebih hobi berdrama ketimbang berlogika. Tapi secara instingtual, cewek akan memilih cowok-cowok yang punya karakter jiwa kepemimpinan. Tentunya karena cowok bakal jadi kepala keluarga dan pembuat keputusan tunggal. Jadinya seorang cowok yang tegas pada prinsip adalah cowok yang menarik di mata cewek, baik mereka sadari atau tidak.

5. Perhatian

Tidak ada cewek yang rela jadi pacar cuma untuk dicuekin siang malam. Oke, cowok yang cuek memang menarik dan misterius, tapi hanya pada kadar tertentu. Kalau kebanyakan jadinya bukan cuek, tapi masa bodoh atau mungkin rada tolol.

Tapi ingat, perhatian itu tidak sesederhana sms “sudah makan belum?”. Perhatian tidak harus ditunjukkan dengan cara konyol seperti itu. Perhatian bisa kamu perlihatkan dengan hal-hal sederhana seperti mengingat ulang tahun si doi misalnya. Bahkan saya pernah beberapa kali jadian cuma karena saya mengingat betul apa yang cewek-cewek pernah ceritakan ke saya; ya, setiap alur cerita dan setiap tokoh tidak penting di dalamnya.

Saya tau mendengarkan cerita cewek itu terkadang sama membosankannya dengan mendengarkan siaran berita TVRI. Dan seringkali, apa yang mereka ceritakan tidak ada hubungan dan efeknya untuk kamu, bahkan untuk dia sendiri (ini namanya ngegosip, bung). Tapi kalau kamu sedikit saja berusaha mendengarkan tanpa mengutak-atik hp kamu, saya yakin kamu bisa mengingat apa yang cewek ceritakan. Karena pengalaman ini saya jadi mengerti betapa cewek merasa diperhatikan hanya dengan didengarkan, dan betapa langkanya cowok yang benar-benar mau mendengarkan celotehan mereka.

6. Pengertian

Jangan samakan perhatian dan pengertian. Bahasa Indonesia kita yang dangkal biasanya bikin kita bingung apa itu pengertian dan apa itu perhatian. Perhatian sebenarnya adalah bentuk dari pengertian. Karena kamu harus mengerti bahwa perhatian itu adalah kebutuhan si cewek. Tapi perhatian belum tentu pengertian, karena memperhatikan saja belum tentu mengerti kan? …. Lalu apa perbedaan pengertian, perhatian dan kesurupan? (makin bingung!)

Oke, lupakan saja paragraf di atas. Intinya, pengertian itu adalah sifat cowok yang disukai cewek. Pengertian berarti kamu tau kapan harus mempertahankan ego dan kapan harus membiarkan si cewek memuaskan egonya. Ini diaplikasikan bahkan dalam hal-hal yang kecil. Kamu kebanyakan ngomong aja sudah salah satu bentuk dari ke-tidak pengertian-an (heh??). Karena seharusnya kamu mengerti bahwa lawan bicara kamu juga pengen ngomong dan bukan cuma mau manggut-manggut aja dengerin kamu.

Kalau kamu sudah membiasakan diri mengerti orang lain dalam hal-hal yang kecil, pengertian sama gebetan atau sama pacar jadi persoalan yang sesederhana kotoran kuku, bro.

7. Dewasa

Cewek adalah mahkluk yang butuh dilindungi dan diayomi… kecuali cewek petarung UFC yang mungkin cuma butuh diayomi. Tapi intinya, cewek butuh cowok yang dewasa maka dari itu kedewasaan adalah barang wajib yang harus kamu miliki untuk memikat cewek.

Jangan langsung patah hati cuma karena kamu masih di bawah umur, bro. Ingat fakta bahwa tua itu pasti, tapi dewasa adalah pilihan. Ini karena kedewasaan itu tidak ada hubungannya dengan usia sebenarnya. Kamu boleh aja lahir 2 bulan setelah dinosaurus terakhir di muka bumi, tapi masih aja bersifat tidak dewasa. Sebaliknya, kamu boleh aja baru lahir kemarin sore dan sudah bersikap sangat dewasa dalam menghadapi permasalahan hidup, walaupun masih belum bisa ngomong dan masih pakai popok…….. Oke, gak juga sih. Tapi intinya saya rasa kamu udah dapet deh.

Dewasa berarti kamu bisa melihat permasalahan dari sudut pandang yang lebih luas. Dan kamu juga bisa menyampingkan emosi dan menempatkan diri di tempat orang lain yang juga terlibat masalah tersebut. Jadinya kamu bisa memberikan solusi yang lebih baik dan lebih adil untuk semua orang.

Percaya deh, kedewasaan itu adalah sifat yang harus dikembangkan, bukan sifat yang datang bareng uban. Biasakan untuk melatih diri kamu menahan emosi dalam sebuah masalah, karena hanya dengan kepala dingin kamu bisa melihat permasalahan tersebut dengan sudut pandang seorang pria dewasa yang keren dan digilai cewek (hahai).

8. Bijak

Kamu tidak sebaiknya menyamakan kemampuan berbahasa dan sifat bijak. Saya ulangi, kamu tidak sebaiknya menyamakan kemampuan berbahasa dan sifat bijak.

Lah, bukannya emang beda bos?

Iya emang beda bos, tapi secara tidak sadari, kebanyakan orang menganggap oknum-oknum yang pandai berbahasa adalah orang-orang yang bijak. Cuma karena orang itu pandai merangkai kata-kata bijak, tidak berarti dia bijak, bro. Tidakkah Mario Teguh sudah memberikan contoh terbaik soal kemunafikan?

Kamu mungkin tidak sepandai Mario Teguh dalam hal retorik, public speaking atau mungkin kemampuan merangkai kata-kata bijak. Tapi kamu bisa aja JAAAAUUUUH lebih bijaksana daripada si botak. Ya, kamu.

Bijaksana itu punya definisi yang luas. Tapi pada dasarnya, bijaksana adalah tau kapan harus berpandangan positif terhadap hidup, dan kapan harus berpandangan negatif buat jaga-jaga. Orang bijak itu berpikir positif soal keselamatan saat naik motor, tapi tetap pakai helm karena tau adanya kemungkinan negatif. Jadi serba positif juga tidak akan bikin kamu jadi orang bijak, tapi justru jadi orang teledor.

Cowok yang tau kapan harus berpikir positif dan kapan harus berpikir negatif adalah cowok yang menarik buat cewek. Sebagai calon kepala keluarga, kebijaksanaan adalah sifat yang wajib dimiliki cowok, terlebih karena setiap keputusan dia nantinya akan berpengaruh langsung kepada semua anggota keluarganya.

9. Pengayom

Mungkin kamu perhatian, mungkin kamu juga pengertian. Dan mungkin aja kamu juga dewasa bahkan juga bijaksana. Tapi belum tentu kamu seorang pengayom. Seorang pengayom adalah orang yang cukup peduli untuk melibatkan diri. Cukup peduli untuk membantu menyelesaikan masalah dan memberikan solusi terbaik. Sekedar memperhatikan, mengerti dan tau solusi tidak akan membantu siapapun kecuali kamu benar-benar ikut melibatkan diri.

Cewek sangat suka pada cowok yang aktif melibatkan dirinya ketika terjadi masalah di sekitarnya. Tidak cuma sekedar memberikan solusi verbal tapi cuma duduk tenang menonton orang-orang lain berusaha menyelesaikan masalahnya dengan cara yang salah.

Dalam kata lain, seorang pengayom adalah seorang yang bersedia menggunakan kedewasaan dan kebijaksanaannya untuk membantu penyelesaian masalah. Bukan cuma seorang yang mengkritik “mereka seharusnya gini, mereka sebaiknya gini, mereka salah gak boleh gitu, bla bla bla” tapi cuma ngomong di belakang.

10. Setia

Kesetiaan juga adalah sifat cowok yang disukai oleh banyak wanita. Tapi ironinya, sifat cowok yang satu ini justru cuma dimiliki segelintir cowok. Well, cewek itu indah-indah, mau gimana lagi? (hehe)

Tapi serius, kesetiaan adalah salah satu faktor yang paling dipertimbangkan seorang cewek saat memilih cowok. Kesetiaan ini bisa terlihat tidak cuma dari histori percintaan kamu di masa lalu. Kesetiaan juga bisa dilihat dari seberapa lama kamu bersahabat dengan sahabat kamu, seberapa lama kamu bekerja di perusahaan yang sama, atau bahkan seberapa lama kamu menggeluti hobi yang sama.

Cowok yang cenderung plin plan dalam hidupnya adalah cowok-cowok yang cenderung tidak setia, dan cewek pun tau ini. Saya contohnya, punya kebiasaan menyimpan semua hp-hp lama saya dengan baik. Saya tidak pernah menjual hp apapun yang pernah saya beli, setertinggal apapun hp tersebut. Saya melakukan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa hp tersebut kepada saya selama penggunaannya. Alasan yang sederhana sebenarnya, tapi beberapa cewek pernah mengaku menyukai saya karena kesetiaan tersebut (walaupun mereka akhirnya menemukan fakta yang terbalik setelah pacaran hehe).

Tapi intinya, sifat setia cowok yang bisa diukur cewek dari luar tidak lepas dari kesetiaan kamu terhadap hal apapun di sekitar kamu, bahkan terhadap benda-benda mati sekalipun. Melatih penghargaan kamu terhadap apapun yang pernah berjasa dalam hidup kamu adalah sebuah bentuk kesetiaan, yang ketika kamu terus kembangkan akan menjadi magnet kuat yang menarik semua cewek kepada kamu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY