Home » Kesehatan » 15 Tips Mencegah Tidur Siang

15 Tips Mencegah Tidur Siang

menghilangkan kebiasaan tidur siang oleh cararahasiaBagi mereka yang lahir di tahun 80-an sampai 90-an pasti ingat dengan kebiasaan tidur siang yang ditanamkan hampir semua orangtua generasi saat itu, entah untuk alasan apa. Tidak sedikit bahkan bocah-bocah lugu waktu itu yang menjadi korban pemaksaan budaya tidur siang oleh orangtuanya, sampai harus mendapat larangan keluar rumah atau main game Sega kalau tidak tidur siang (tanpa bermaksud curcol). Kebiasaan yang tertanam sejak kecil itu kemudian jadi sulit hilang bahkan ketika kita sudah dewasa dan sudah bekerja. Masalahnya, di zaman yang serba sibuk sekarang ini, persaingan bisnis dan dunia kerja tidak lagi mengizinkan kita untuk ngorok di siang hari.

Kenapa Tidur Siang Tidak Disarankan?

Kebiasaan tidur siang membuat kita menjadi mengantuk di siang hari, di saat sebenarnya kita harus berkonsentrasi pada pekerjaan. Bukan hanya itu, pola hidup kita saat ini membuat kebiasaan tidur siang bisa menyebabkan insomnia ataupun kesulitan mendapatkan tidur berkualitas di malam hari. Kalau kamu juga kesulitan menghilangkan kebiasaan tidur siang, tips yang akan saya berikan pasti bisa membantu.

Cara Mencegah Tidur Siang

Mencegah rasa kantuk di siang hari bisa dilakukan dengan beberapa cara. Hasil yang dicapai setiap orang dari masing-masing tips bisa saja berbeda, maka untuk amannya saya berikan 15 cara mengatasi dan mencegah mengantuk di siang hari. Tipsnya antara lain:

1. Tidur Malam yang Berkualitas

Tidur berkualitas dibutuhkan untuk bisa tetap segar di siang hari. Tidur yang berkualitas ini juga harus dibarengi dengan jumlah waktu tidur yang cukup, karena walaupun berkualitas tidur 1 jam sehari saja tentu akan membuat kamu pingsan disiang hari. Jadi tetapkan jadwal tidur kamu dengan tegas dan dapatkan tidur yang cukup dan nyenyak untuk mencegah kantuk siang hari.

2. Cegah Insomnia

Insomnia adalah alasan paling umum seseorang membutuhkan tidur siang. Tidak hanya tidur siang saja sebenarnya. Ketika kamu kesulitan tidur di malam hari, kamu akan berusaha menggantikannya kapanpun kamu merasa mengantuk. Bisa saja pagi hari, siang hari ataupun sore hari. Ini tentu saja tidak sehat dan justru semakin memperburuk kinerja dan kondisi kesehatan kamu. Untuk mencegah insomnia, pelajari dulu penyebab insomnia yang paling umum terjadi pada semua orang.

3. Pola Makan Sehat

Apa yang kamu makan dan kapan kamu memakannya secara tidak langsung juga mempengaruhi pola tidur. Pola makan yang tidak sehat, mulai dari menu makanan yang buruk serta waktu makan yang super acak akan membuat kamu mengantuk tidak pada waktunya. Salah satu yang paling penting untuk diingat adalah menghindari kebiasaan ngemil makanan manis.

4. Olahraga Rutin

Olahraga yang teratur atau rutin pada dasarnya adalah tiket kamu untuk bisa hidup sehat lebih lama. Bergerak adalah bagian dari kebutuhan dasar tubuh manusia. Memenuhi kebutuhan ini dengan porsi yang cukup akan membuat metabolisme kamu semakin lancar, membuat tubuh dan organ-organnya berfungsi secara maksimal. Secara tidak langsung, efek ini membuat pola tidur kamu jauh lebih teratur dari sebelumnya. Jadi please mas bro dan mbak sis, berolahragalah!

5. Hindari Kerja Berat

Ini tidak berarti kamu malas. Tapi bekerja dengan konsentrasi yang konstan dan lama jauh lebih produktif daripada memforsir pikiran dan fisik kamu untuk waktu yang tidak lama. Ketika kamu menghabiskan energi yang tidak perlu saat bekerja, kantuk bisa saja datang lebih cepat dari yang diperkirakan. Kamu kemudian akan menghabiskan sisa shift kamu bekerja seperti zombie.

6. Penerangan yang Baik

Kalau kamu sering mengantuk di siang hari, mungkin saja ini karena kamu mencoba bekerja dalam kegelapan ala agen rahasia. Ruangan yang kurang penerangan cenderung membuat mata mengantuk dan badan menjadi lemas. Jadi lebih baik kamu kesilauan daripada kegelapan, tentu saja agar tidak tertidur disiang hari saat bekerja.

7. Sirkulasi Udara yang Baik

Ventilasi sangat penting untuk ruang kerja karena konsumsi otak kamu akan oksigen adalah salah satu faktor yang menentukan vitalitas. Ketika otak kekurangan oksigen, kamu akan kesulitan untuk berpikir dan berkonsentrasi. Efek jangka panjangnya, kamu akan merasa mengantuk bahkan setelah kamu minum 2 gallon kopi hitam. Jadi ingat selalu untuk memastikan lancarnya sirkulasi udara di ruangan kerja kamu.

8. Tetap Bersosialisasi

Kerja sih kerja, tapi jangan lupa untuk bersosialisasi. Ya, mengobrol dengan teman kerja kamu juga penting, tidak hanya untuk menjaga kamu tetap bangun, tapi juga menjaga kamu tetap waras. Bersosialisasi dapat menghindarkan kamu dari rasa mengantuk disiang hari yang biasanya disebabkan karena kejenuhan kerja.

9. Tetap Fun!

Fun adalah kata kunci penting. Jangan biarkan diri kamu terjerembab stress karena pekerjaan, tagihan listrik atau ditinggal kawin pacar. Stress memberikan kecenderungan kepada seseorang untuk selalu memilih tidur daripada beraktivitas. Kecenderungan ini bisa mendorong kamu untuk merasa mengantuk pada saat sedang kerja. Jadi dengarkan musik, nonton video, ludahi kopi atasanmu atau apa saja yang bisa membuat kamu tetap fun.

10. Jauhi Penyakit

Beberapa penyakit, seperti flu atau migrain dapat menyebabkan lesu, lelah dan akhirnya mengantuk. Menghindari penyakit tentunya penting tidak hanya agar kamu tidak mengantuk, tapi pada dasarnya agar kamu tetap hidup. Jadi hindarkan diri kamu dari SEGALA kondisi yang bisa membuat kamu sakit.

11. Konsumsi Air Lebih Banyak

Ini sudah pernah saya sebutkan beberapa kali di artikel-artikel yang menyangkut “mengantuk”. Dehidrasi adalah salah satu penyebab rasa lesu dan mengantuk di tempat kerja. Ini wajar terjadi karena konsentrasi pada pekerjaan bisa saja membuat kamu lupa minum. Tapi sesuatu yang wajar tidak selamanya baik. Jadi minumlah air lebih banyak pada saat bekerja.

12. Gunakan Kafein

Hitler dulu menyuntikkan dirinya dengan kafein agar tidak tidur berhari-hari saat perang. Saya tidak menyarankan kamu juga melakukannya, karena kamu hanya akan kerja 8 jam dan bukan untuk merebut negara lain. Cukup konsumsi kopi yang kamu sukai. Jika kopi berkafein rendah kurang “nendang”, kamu bisa coba kopi lain dengan kadar kafein lebih tinggi. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan respon tubuh kamu terhadap dosis kafein tersebut.

13. Hindari Makan Banyak

Pria sejati adalah pria yang makannya banyak. Ya, itu memang betul, tapi hanya berlaku di zaman purba. Di zaman modern dan serba otomatis sekarang ini, pria yang makan banyak adalah pria malas. Kenapa begitu? Karena makan terlalu banyak membuat kamu mengalami food coma. Ini menyebabkan kamu malas dan mengantuk. Maka jadilah pria modern yang sejati dengan makan secukupnya.

14. Merokok?

Saya tahu merokok buruk bagi kesehatan. Tapi hubungannya dengan kebiasaan tidur siang, rokok adalah solusi yang baik (bagi perokok tentunya). Bagi seorang perokok, tidak merokok justru akan mendatangkan rasa kantuk dan lemas. Pada dasarnya ini disebabkan oleh faktor psikis karena ketergantungan terhadap nikotin.

15. Pejamkan Mata

Terkadang memang sulit membedakan antara mengantuk dan mata lelah. Mata lelah tidak selalu menuntut kamu untuk tidur. Ketika kamu terlalu lama menatap monitor atau berkonsentrasi pada neraca-neraca keuangan yang membosankan, kamu hanya perlu memejamkan mata selama 5 sampai 15 menit untuk mengistrahatkannya. Lakukan ini setiap 30 menit atau 1 jam untuk menghindarkan kamu dari kelelahan mata yang terlalu berat.

* * * * * * * * * * * * *

Update Terbaru Admin!

Mau tau rahasia memikat cewek di bawah 7 MENIT?
Mau tau cara membuat cewek melakukan APA SAJA yang kamu mau dibawah 7 HARI? Temukan rahasianya disini.
Artikel ini hanya akan dipasang selama 3 hari. Buruan ambil infonya!
* * * * * * * * * * * * *

Penulis: Anonima EM

Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

1 jawaban

  1. ini apakah boleh dipilih saja atau harus dilakukan semuanya?
    kalau cuma beberapa poin saja boleh dilakukan rasanya saya sangguppp

Masukkan Jawaban

Alamat email kamu tidak akan kami tampilkan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*