menghadapi pacar pemarahBayangkan aja kamu terjebak skenario seperti ini: kamu kenalan dengan cewek yang dari luar manisnya kayak madu asli Tangerang (heh). Serangkaian serangan PDKT kamu lakukan, dari pagi sampai malam, dari lebaran haji sampai lebaran hantu. Akhirnya perjuangan yang penuh keringat, darah, air mata dan tagihan makan malam itu berbuah hasil yang manis ketika si doi bilang “iya aku mau jadi pacar kamu”.

Tapi setelah 3 minggu pacaran, kulit luar si doi yang manisnya tadi kayak madu Tangerang mulai terkupas. Ternyata dibalik kemanisannya, di dalam si doi seperti cabe rawit asli Papua! Si doi ternyata tempramen dan gampang marah. Sedikit aja kamu salah, si doi menggonggong kayak anjing galak. Makin lama makin parah sampai akhirnya kamu bertanya-tanya “bisa gak ya gue tahan pacaran ama dia?”

Cewek yang tempramen alias pemarah bin galak memang susah kelihatan dari luar. Dalam kebanyakan kasus, cowok baru tau kalau ceweknya pemarah beberapa saat setelah teken kontrak pacaran dilakukan. Buat kamu yang terjebak kasus seperti ini, harap tenang. Karena sebenarnya ada beberapa cara menghadapi pacar kamu yang pemarah itu. Beberapa tips ini diambil dari pengalaman pribadi dan sudah terbukti manjur. Jadi tanpa basa dan basi lagi, kita langsung aja ke poin pertama.

1. Mental Baja

Pacaran sama cewek yang galak bin pemarah, kamu gak bisa cuma bermodal mental kerupuk melempem. Karena terkadang kamu harus berhadapan dengan kata-kata yang lumayan mengiris hati walaupun sebenarnya tidak begitu serius dikatakan oleh si doi. Dalam hal ini, kamu sebagai cowok yang dengan sadar memilih si doi jadi pacar kamu harus berdiri sebagai pihak yang mengerti. Jangan berharap sebaliknya.

Mental baja memang bisa kamu latih seiring berjalannya hubungan kamu dengan pacar yang pemarah. Tapi kalau kamu belum terlatih sebelumnya, jangan heran kalau hubungan kamu dengan si doi seperti neraka dunia yang oenuh dengan sakit hati yang perih, seperti luka gores yang diolesi garam, air jeruk nipis dan mungkin sedikit pasir biar infeksi.

2. Jangan Kebanyakan Bercanda

Bercanda memang adalah barang wajib dalam setiap hubungan. Bukan cuma hubungan pacaran, tapi pertemanan juga. Karena semua mahkluk yang mengaku manusia pasti suka ketawa. Dan tidak ada yang ketawa kecuali kamu patah leher karena balap liar atau becanda.

Tapi, kebanyakan becanda juga bikin annoying. Kebanyakan orang mungkin cuma geleng-geleng lihat orang lain yang kebanyakan becanda. Tapi bagi cewek atau pacar yang pemarah, orang annoying seperti ini biasanya ditanggapi dengan marah. Jadi khusus untuk menghadapi pacar kamu yang galak itu, seimbangkan serius dan becanda. Jangan kebanyakan serius biar gak bete, dan sebaiknya jangan kebanyakan (atau kelewatan) becanda biar gak kena tonjok.

3. Fokus Tepati Janji

Kalau kebanyakan becanda aja bisa bikin kamu kena marah, apalagi kalau kamu melakukan kesalahan fatal seperti lupa janji. Gak ada orang yang suka menjadi korban php. Tapi kebanyakan orang mungkin bisa menghandle kekecewaan seperti itu secara dewasa dengan komunikasi tanpa bentak-bentakan atau jambak-jambakan.

Tapi bagi cewek yang pemarah, semua bentuk perasaan negatif mulai dari kekecewaan, keraguan, bete, pusing, mual sampai mules, semuanya direspon dengan amarah. Jadi perkecil semua kemungkinan salah kamu, terlebih lagi salah-salah yang besar seperti lupa janji.

4. Jangan Ulangi Kesalahan yang Sama

Ini bukan teori yang terbukti secara scientific. Tapi menurut pengalaman saya, mereka yang pemarah itu adalah orang-orang yang punya memori kuat, terutama dalam hal mengingat kesalahan orang lain (XD). Mereka punya segudang daftar kesalahan umat manusia dalam memori mereka, tapi cuma punya satu box kecil berisi daftar kesalahan mereka ke orang lain. Tapi sekali lagi, ini cuma teori belaka.

Jadi, menghadapi pacar kamu yang galak kamu seharusnya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Karena kesalahan yang sama akan membawa amarah yang lebih besar karena si doi mengungkit-ungkit kesalahan kamu sebelumnya. Daripada menjerumuskan diri dalam pertengkaran yang tidak sehat, lebih baik keluarkan usaha yang lebih untuk berhati-hati agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Jangan Ragu Minta Maaf

Saya tidak mengerti kenapa sebagian kecil manusia diluar sana sangat susah mengucapkan kata maaf, bahkan saat mereka tau persis mereka salah. Mungkin bagi mereka mengaku salah berarti mengakui kekurangan, dan mengakui kekurangan sama dengan menginjak-injak harga diri sendiri. Logika yang sedikit tumpul sebenarnya.

Kalau kamu adalah salah satu dari manusia-manusia yang susah minta maaf, sepertinya kamu akan kesulitan menghadapi pacar yang pemarah. Karena salah satu dari sedikit hal yang bisa meredakan marahnya seorang psikopat pemarah adalah dengan meminta maaf. Dan meminta maaf lebih dulu juga akan memancing si doi untuk berhenti bersikap defensive dan juga meminta maaf.

6. Mengaku Salah Sebelum Ketahuan

Kalau kamu salah, jelas ini bikin pacar kamu marah. Tapi apa yang bisa bikin si doi jauh lebih marah? Saat kamu tau kamu salah tapi nunggu ketahuan dulu baru mau ngaku.

Menyembunyikan kesalahan, bagi beberapa orang tidak sesederhana yang kamu pikirkan. Ada orang-orang yang bahkan menganggap ini seperti penghianatan tingkat dewa! Saya tau karena saya pernah pacaran dengan beberapa cewek yang 75% kamus bahasa Indonesianya didominiasi oleh difinisi kata marah.

Jadi untuk meringankan hukuman mental yang akan kamu terima dari si pacar, coba akui kesalahan yang kamu lakukan di belakang dia sebelum kamu ketahuan. Dan jangan lupa berikan penjelasan logis kenapa kamu melakukan kesalahan itu dibarengi dengan bertubi-tubi kata maaf. Mungkin, siksaan psikologis yang akan dijatuhkan ke kamu bisa sedikit diringankan hehe…

7. Pikir Lagi Matang-Matang

Setelah kamu baca semua poin di atas, coba pikir-pikir lagi apakah kamu sanggup hidup dan berhadapan dengan pacar pemarah setiap hari. Saya sudah pernah menjalani huubungan dengan tipe cewek seperti ini beberapa kali, dan hubungan rasanya lebih seperti penjara transparan.

Mungkin karena saya orangnya kurang pedulian dan kurang perfeksionis dalam segala hal. Dan ini bikin saya jadi bulan-bulanan dalam setiap pertengkaran yang terjadi, siapapun yang salah. Jadi kalau kamu merasa pacaran dengan cewek yang pemarah bukan opsi yang bagus, jangan ragu untuk mundur dari PDKT (kalau kamu lagi PDKT) atau minta putus (kalau kamu sudah terlanjur terikat hubungan).

Mudah-mudahan bermanfaat,

Admin cakep, out!

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY