hal-yang-bikin-pdkt-gagalSiapa bilang PDKT itu hal sepele? Faktanya, eksistensi di dunia kamu sebagai salah satu dari jutaan individu yang mengaku spesies manusia, sangat bergantung pada PDKT (weh lebay). Whoops jangan salah, ini fakta loh. Kalau Bapak kamu dulu gagal PDKT ke Ibu kamu, mungkin saat ini kamu masih dalam bentuk sel, berenang gak jelas dalam buah zakar atau mungkin sudah di saluran wc. Dua-duanya sama pahitnya, bro.

Nah, karena PDKT itu ternyata persoalan hidup dan mati seorang manusia, makanya membahas PDKT itu sama pentingnya dengan membahas kesehatan. Kalau perlu, PDKT juga dibuatkan departemen sendiri seperti Departemen Kesehatan. Mungkin dengan nama DEDEMIT alias Departemen Pedekate Amit-Amit…. Umm, atau apa ajalah.

Intinya nih, PDKT itu gak bisa kamu anggap sepele. Untuk setiap PDKT yang gagal, selalu ada satu anak yang gak jadi hidup (ini lebay lagi). Tapi kenyataannya, kebanyakan cowok di luar sana lebih sering gagal dalam PDKTnya ketimbang sukses. Bahkan beberapa dari mereka sudah kenyang dengan penolakan sampai bermuka cukup tebal untuk tetap mencoba PDKT dengan cara yang sama dan sama lagi, yang tentunya ya berakhir gagal dan gagal lagi.

Nah, karena pentingnya PDKT ini, maka dari itu artikel kali ini akan berfokus pada 7 kesalahan yang dilakukan cowok saat PDKT yang membuat PDKT itu gagal total. Artikel ini bakal cukup panjang, karena dibutuhkan penjelasan yang merinci di setiap poinnya biar yang berIQ tiarap juga masih bisa ngerti. Jadi silahkan dibookmark atau dishare sekalian biar bisa dibaca lagi nanti. Ok?

Tanpa basa dan basi lagi, kita langsung lompat ke poin pertama.

1. Gak Ngerti Apa Itu PDKT

Karena kita ngomongnya soal PDKT, jadi ada baiknya kita samakan dulu apa definisi PDKT. Karena sebenarnya, kebanyakan cowok gagal PDKT justru karena tidak tau yang mana sebenarnya yang dimaksud dengan proses PDKT.

Menurut kamu, apa sih PDKT itu? Tentu aja PDKT itu kepanjangan dari Pedang Kutil Pendekatan, dan lipan arab aja tau ini. Tapi justru karena kepanjangannya adalah ‘pendekatan’, banyak yang jadinya salah kaprah soal apa itu PDKT. Saya baru tau ternyata banyak yang salah kaprah dari respon-respon pembaca di artikel-artikel sebelumnya yang membahas soal cara berkenalan buat yang pemalu ataupun teknik pdkt dasar buat pemula.

Ternyata menurut kebanyakan cowok (dan mungkin juga termasuk kamu), PDKT adalah proses membuat si target tertarik. Jadi menurut mereka, proses ini termasuk juga tahap kenalan. Konsep ini sama salahnya dengan cebok di westafel (heh?) Karena sebenarnya PDKT adalah proses merubah ketertarikan jadi rasa sayang, bukan proses menciptakan ketertarikan. Proses membuat cewek tertarik itu terjadi saat perkenalan. Ini makanya, kenalan itu juga belum bisa dikatakan PDKT.

Karena salah paham ini, banyak cowok yang mengaku gagal PDKT padahal si ceweknya ngasih nomer hp aja ogah. Banyak cowok yang gagal PDKT setelah merasa dicuekin saat chat pertama kali. Ini sebenarnya bukan gagal PDKT, karena PDKTnya aja belum mulai sebenarnya. PDKT dimulai ketika si cewek dengan jelas memberikan respon positif dan memberikan kamu persetujuan untuk melakukan pendekatan. Atau dengan kata lain, si cewek juga tertarik sama kamu.

Jadi kalau telepon kamu pertama kali ditolak, chat kamu pertama kali gak dibalas atau sms pertama kamu dicuekin, ini berarti si cewek tidak setuju kamu deket-deket dan ini bukan PDKT namanya. Nah, definisi PDKT udah ngerti kan? Sekarang kita lompat ke poin berikutnya.

2. Kamu Gak Punya ‘Modal’

Anggap aja PDKT itu sebuah bentuk investasi. Ada hal-hal yang kamu korbankan di dalamnya untuk nantinya bisa dapet untung, kalau bisa sekalian dengan ‘bunga’ (ehem-ehem). Dan layaknya setiap bentuk investasi, selalu ada modal yang diperlukan. Nah, kebanyakan PDKT yang gagal memang karena si cowoknya gak punya modal yang dibutuhkan untuk sebuah PDKT yang sukses.

Di artikel sebelumnya sudah saya bahas soal modal yang wajib dimiliki untuk memikat cewek. Hal-hal yang saya sebutkan di artikel tersebut adalah kualitas yang bikin cewek klepek-klepek sama cowok, hal-hal yang sudah sewajibnya kamu miliki dalam diri kamu sebelum PDKT. Tenang, hal-hal tersebut tidak termasuk materi, harta, kendaraan mewah, muka tampan atau apapun yang tidak kamu miliki saat ini (peace). Hal-hal tersebut adalah kualitas-kualitas yang diinginkan cewek dari cowoknya, yang mana adalah…. Ah, baca aja sendiri artikelnya deh!

Ingat definisi PDKT: PDKT bukan proses untuk membuat cewek tertarik, tapi proses merubah ketertarikan jadi rasa sayang. Artinya, si cewek sudah harus tertarik pada kamu saat kamu mulai PDKT. Nah, bagaimana kamu bisa membuat cewek tertarik kalau tidak ada yang menarik menurut mereka pada diri kamu?

Jadi jangan fokus pada apa yang menurut kamu bisa membuat kamu menarik. Fokus pada apa yang menurut cewek menarik dari cowok, kecuali tujuan kamu memang mau menarik hati batangan lain (wekh jijik). Kabar baiknya, cewek itu mahkluk emosional yang ketertarikannya tidak datang dari hal-hal fisik yang dangkal seperti ketertarikan kita ke mereka pada umumnya. Saran saya, baca aja lagi artikel modal wajib yang harus dimiliki cowok dan tipe cowok yang disukai cewek.

3. Kamu Gak Bikin Penasaran

Okelah, anggap aja kamu saat ini sudah berada dalam proses PDKT. Si target sudah memperlihatkan signal positif, sudah memperlihatkan ketertarikan dan sudah membiarkan kamu dengan leluasa melakukan pendekatan. Tapi ingat, ketertarikan itu hal yang ringkih bro. Gampang didapatkan tapi juga gampang menghilang. Beberapa kesalahan kecil saja bisa bikin ketertarikan itu runtuh dalam sekejap yang mana akan kita bahas dalam beberapa poin ke depan.

Yang pertama adalah kamu kurang bikin penasaran. Ada ungkapan dalam dunia persilatan cinta yang berbunyi “lebih besar pasak daripada tiang” “rasa penasaran adalah fondasi dari ketertarikan”. Itu bukan cuma ungkapan, tapi juga realita dalam berbagai kasus.

Cewek secara psikologis punya rasa penasaran yang besar. Rasa penasaran mereka lebih mudah terangsang, bahkan mengenai hal-hal yang sebenarnya tidak bermanfaat bagi mereka sama sekali. Contohnya aja, kita cowok-cowok tidak pernah perduli sama siapa Raffi Ahmad menikah, sama siapa dia selingkuh dan karena apa dia selingkuh. Kita tidak akan pernah perduli, setidaknya sampai Raffi Ahmad juga memproduksi ‘video tutorial reproduksi’ seperti Ariel-Luna dulu. Tapi cewek menggerayangi topik perselingkuhan si Raffi sampai ke detail-detail paling terkecil, cuma karena media merangsang rasa penasaran mereka dengan drama tersebut.

Saya tau ini adalah karakter psikologis yang konyol. Tapi kabar baiknya, psikologi itu bisa kamu manfaatkan. Semakin kamu membuat seorang cewek penasaran, akan semakin besar ketertarikannya terhadap kamu. Ini yang mendasari metode tarik ulur dalam setiap tips PDKT yang kamu temukan di internet. Karena memang metode tarik ulur berfungsi untuk membuat si cewek terusik dengan rasa penasarannya sampai pada akhirnya tanpa sadar malah mengejar-ngejar kamu.

Kabar buruknya, banyak cowok yang sudah terlalu terbuka pada gebetannya dalam proses PDKT. Pada awalnya, si cewek mungkin tertarik karena belum mengetahui 1 atau 2 hal mengenai si cowok. Tapi karena keterbukaannya yang ceroboh itu, si cewek akhirnya bisa memuaskan rasa penasarannya sampai tidak ada lagi alasan untuk merasa tertarik. Ini adalah awal dan akhir dari sebuah PDKT yang gagal total alias gatal (heh?).

4. Kamu Terlalu Beringas

Perlu kamu mengerti bahwa kita tidak lagi hidup di era manusia gua, dimana kelaki-lakian kamu cuma bisa diukur dari seberapa besar dominasi kamu terhadap cewek. Konsep ‘macho’ ini sudah mati seiring dengan peradaban manusia yang semakin menjauh dari peradaban spesies kera padang gurun (heh? emang ada?).

Intinya, jangan berpikir bisa membuat gebetan kamu jatuh cinta dengan mempraktekkan dominasi yang berlebihan terhadap si doi. Nelpon tiap 15 menit, sms tiap 5 menit, chat tiap 3 menit. Belum lagi larangan ini dan larangan itu dengan dalih ‘cuma nasehatin aja’, padahal jadi pacar aja belum. Belum lagi komunikasi yang selalu searah dan 75% isinya cuma “aku, saya, milikku”. Belum lagi kata-kata kotor dan vulgar yang kadang harus dilontarkan cuma untuk keliatan sedikit ‘garang’ dan ‘cuek’. Kalau semua karakteristik di atas kamu gabung, jadilah gorilla jantan yang bisa bicara. Gak lebih.

Ingat bahwa kamu tidak dalam posisi untuk bersikap teritorial kepada si gebetan dalam tahap ini. Kamu tidak berhak untuk memberikan larangan atau bahkan nasehat tanpa dimintai pendapat. Ingat bahwa kamu belum menjadi apa-apa bagi si doi, jadinya terlalu banyak komunikasi akhirnya akan bikin si doi eneg sendiri. Pada intinya, jangan paksakan ego kamu sebagai laki-laki dalam proses PDKT. Ketidakmampuan kebanyakan cowok dalam menghandle egonya adalah penyebab gagalnya PDKT yang paling sering terjadi.

5. Kamu Kebanyakan Berhayal

Berhayal itu adalah buah dari daya imajinasi yang tinggi. Tidak ada yang salah dengan berhayal sebenarnya. Justru, kebanyakan filsuf dan pemikir adalah individu-individu yang suka berhayal. Kabayan misalnya…

Tapi intinya, berhayal tidak akan jadi masalah kecuali kamu terlalu banyak berhayal soal hubungan kamu sama si gebetan dalam proses PDKT. Kebanyakan berhayal disini pada akhirnya akan bikin kamu kesulitan membedakan yang mana imajinasi dan yang mana realita PDKT kamu. Buat yang IQnya tiarap, saya akan kasih contoh biar gampang dimengerti.

Di siang bolong yang panasnya kayak belahan dubur, dengan listrik yang diputus karena tagihan listrik menggunung dan dengan hp android cina tanpa kuota, akhirnya kamu baringan sambil membayangkan si gebetan. Kamu membayangkan si doi juga sedang berbaring menatap langit-langit sambil memikirkan kamu, momen saat kamu kenalan dan semua obrolan basa-basi bangsat yang dangkal yang selama ini kamu lontarkan ke dia. Lalu si doi tersentak, seakan-akan mendapatkan ilham langsung dari yang Maha Agung, bahwa ternyata si doi mencintai kamu. Lalu si doi mengambil hp dan mengirimkan kamu chat ‘aku cinta kamu, Jupri’…. Tapi sebelum kamu sempat membalas chatnya, khayalan itu buyar karena bunyi kentut kamu sendiri.

Sampai pada titik itu, membayangkan yang lebih nakal sekalipun tidak ada masalah. Tapi bisa saja, kamu malah mengirimkan chat ke si gebetan yang berbunyi ‘aku sebenarnya udah tau kok kalau kamu cinta aku’. Ini karena kamu tidak bisa membedakan yang mana khayalan dan yang mana realita. Beberapa orang mungkin sadar bahwa itu cuma khayalan, tapi menganggap khayalannya sebagai pertanda dari yang Maha Kuasa. Tanda dari Tuhan kok bisa dikarang sendiri yak?

Tapi utamanya, menghayalkan si gebetan merangsang rasa kangen kamu. Padahal mungkin si gebetan kamu sedang sibuk mengerjakan sesuatu yang produktif di luar sana sampai ingat makan aja gak, boro-boro ingat kamu. Tapi karena rasa kangen kamu tadi itu, kamu lalu menghubungi lagi si doi padahal komunikasi terakhir ama dia baru aja terjadi 15 menit yang lalu. Tapi tentu aja kamu lupa, karena kamu sibuk tenggelam dalam khayalan kamu selama 15 menit terakhir dn ketika kamu tersadar tau-taunya berasa kangen aja.

Jika hal seperti ini terus kejadian, kamu akan kesulitan menerapkan metode tarik ulur yang mana bisa jadi awal luluh lantaknya PDKT kamu, kisanak!

6. Kamu Terlalu Baik

Kamu pasti sudah pernah mendengar istilah Mr. Nice Guy dan Mr. Bad Guy dalam urusan percintaan. Yak, saya juga sering menggunakan istilah ini untuk memisahkan antara mereka yang dalam PDKTnya berusaha jadi sosok cowok idaman (Mr. Nice Guy), dan mereka yang konsisten dengan metode tarik ulurnya dalam PDKT (Mr. Bad Guy). Atau secara tidak langsung, istilah ini digunakan untuk mereka yang bakal gagal dalam PDKTnya dan mereka yang bakal sukses dalam PDKTnya.

Memang benar, cewek butuh cowok yang jujur, cowok yang peka terhadap perasaan cewek, cowok yang terbuka, cowok yang mau mendengar, cowok yang rela berkorban, pokoknya semua karakteristik pangeran berambut pirang dan bermuka kotak ala Disney. Tapi mereka tidak butuh itu dalam proses PDKT, bro.

Semua karakteristik di atas adalah bentuk signal positif dalam PDKT yang biasanya dilakukan saat kamu sedang ‘narik’. Biar bisa sukses, kamu harus bisa mengimbanginya dengan signal negatif alias ‘ulur’. Ini kenapa konsep tarik ulur itu seperti Yin dan Yang, dimana keduanya bertolak belakang tapi harus tetap seimbang.

Masalahnya, mengirimkan signal positif alias ‘narik’ terus menerus tanpa ‘ulur’ adalah cara paling cepat bikin cewek ilfil dalam PDKT. Tanpa signal positif sama sekali, tidak akan ada kejutan buat si doi. Tanpa kejutan, tidak akan ada rasa penasaran. Dan seperti yang kamu tau, tanpa rasa penasaran lenyaplah sudah alasan untuk tertarik.

7. Kamu Membosankan

Mungkin kamu sudah melakukan semuanya dengan benar. Kamu sudah ‘narik’ di saat yang tepat, dan ‘ulur’ di saat yang tepat pula. Kamu bahkan sudah melakukan keduanya dengan porsi yang seimbang, persis seperti 4 sehat – 5 sempurna – 6 diare akut.

Tapi si doi makin lama makin kehilangan antusiasmenya. Setiap chat dibalas makin lama, setiap telepon durasinya makin pendek, bahkan terkadang ketiduran saat video call. Kamu sudah melihat ada tanda si doi kehilangan rasa ketertarikannya pada kamu, walaupun kamu sudah melakukan semuanya dengan benar dan super terukur. Apa masalahnya dong?

Kamu membosankan, bro.

Kamu boleh jadi master tarik ulur. Kamu boleh berhasil mengukur masing-masing porsinya dengan perbandingan pasti berdasarkan matematika katak jawa. Tapi kalau tarik ulur kamu membosankan sampai akhirnya bisa diprediksi, ini tidak ada bedanya dengan main layangan: boringnya kebangetan.

Jadi tarik ulur dalam PDKT tidak hanya harus dilakukan, tapi juga harus dilakukan dengan cerdas. Pastikan tarik ulur kamu tidak dengan pola yang dapat diprediksi. Dalam menentukan kapan harus narik dan kapar harus ulur, gunakan perkiraan, jangan gunakan perhitungan pasti. Selipkan beberapa kejutan dalam PDKT kamu dengan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya, sekedar untuk membuat proses PDKT kamu tidak monoton dan makin bikin si doi penasaran.

8. Kamu Gak Tau Caranya

Kamu boleh baca ribuan tips tentang percintaan tapi masih tetap gagal dalam setiap proses PDKT kamu. Ya, ini bisa terjadi. Karena sebenarnya, cara untuk bisa tau cara PDKT yang benar adalah dengan praktek, bukan dengan membaca aja. Bacaan cuma referensi, tapi pengetahuan kamu yang sebenarnya soal PDKT, psikologis cewek yang dapat dimanfaatkan, cara bersikap sampai cara mencari bahan obrolan saat pdkt sangat bergantung pada pengalaman kamu.

Jadi mau tidak mau, kamu harus praktek dulu. PDKT tidak sebaiknya cuma kamu lakukan ke cewek-cewek yang kamu taksir aja (ini saran saya aja ya). Terkadang PDKT harus dilakukan cuma untuk tujuan latihan aja. Karena sayangnya, memang inilah satu-satunya jalan untuk tau cara PDKT yang benar.

Pribadi setiap cowok tentu aja berbeda. Saya tidak sama dengan kamu, kamu tidak sama dengan saya, dan kita tidak sama dengan jutaan cowok jomblo lapuk di luar sana (hehe). Jadinya cara terbaik untuk PDKT itu subjektif berdasarkan karakter kita masing-masing. Semua cara yang saya berikan di setiap artikel asmara adalah panduan, tapi kamu pribadi tidak akan tau cara yang paling benar untuk diri kamu sendiri tanpa praktek dan pengalaman yang cukup. Dan ini, kisanak, adalah alasan gagalnya PDKT cowok yang paling banyak.

Metode yang paling enak yang bisa saya sarankan adalah mengerti proses PDKT lewat buku yang juga membuat saya belajar, yaitu buku Formula Cinta. Buku ini bisa jadi acuan kamu dimana saja, bahkan di tempat dan waktu dimana sinyal dan koneksi internet tidak memungkinkan (ya, kali aja kamu PDKT ke simpanse betina). Buku ini adalah panduan PDKT paling praktis yang bisa kamu gunakan. Dan karena dibahas secara umum, sebagian besar metodenya bisa kamu aplikasikan dalam berbagai situasi. Buat kamu yang tertarik, langsung aja caplok bukunya disini.

* * * * *
Buku Formula Cinta

SHARE
Saya adalah seorang website developer dan penulis konten. Saya membuat situs dan menulis artikel informasi bukan karena dasar uang, tapi lebih kepada dasar keikhlasan berbagi dan memberi pengetahuan kepada sesama umat..... Ah, sudahlah. Ya, saya memang melakukan ini semata-mata untuk uang! Cheers!

LEAVE A REPLY